CARA MENGHAPUS AKUN GOOGLE PERMANEN (Lenyap Selamanya)

cara menghapus akun google secara permanen

CARA MENGHAPUS AKUN GOOGLE PERMANEN (Lenyap Selamanya) - Menghapus akun google ada dua, menghapus sementara dan menghapus secara permanen.

Maksud sementara adalah akun hanya hilang dari suatu device (HP, Laptop atau Tablet). Jadi pas dibuka atau ditambahkan ke device lainnya akun masih bisa digunakan. Sementara kalau hapus permanen, akun google hilang selamanya. Tidak bisa digunakan dengan device lainnya.

Misalnya kamu menghapus salah satu akun google dari smartphone android kamu. Jika kamu hapusnya sementara, maka akun tersebut masih bisa kamu buka atau aktifkan di device kamu yang lain. Entah kamu buka di smartphone yang lain atau dibuka di laptop.

Bahasa lainnya, menghapus akun google sementara hanyalah mencopot akun google dari suatu perangkat (device) dan masih bisa dipasang atau dibuka lagi di perangkat yang lain.


Sedangkan kalau kamu hapusnya permanen, maka akun itu benar-benar hilang. Mau kamu buka di perangkat yang lain juga tidak bisa. Karena memang sudah hilang terhapus permanen.

Berikut ada 2 cara menghapus akun google secara permanen. Bisa lewat smartphone atau HP, bisa juga lewat komputer atau laptop.

Cara Menghapus Akun Google Permanen Via HP/ Smartphone

Untuk bisa menghapus akun google permanen melalui HP/ Smartphon, bisa kalian cek tahap-tahap prosesnya seperti gambar di bawah ini:


Pertama, Pilih menu Settings (atau Pengaturan) di smartphone android kalian. Selanjutnya pilih menu Account (atau Akun). Kebetulan saya sendiri pakai Samsung, untuk menu akun digabung dengan menu Account dan backup.


cara menghapus akun google permanen lewat HP/ smartphone


Kedua, Setelah masu menu Akun (Account), pilih akun google yang akan dihapus. Pada contoh kali ini saya akan menghapus akun didikaan@gmail.com.

Saya pilih didikaan@gmail.com, lalu akan muncul tampilan seperti nomor 5. Di tampilan no.5, pilih menu Google Account.

Kemudian akan tampil seperti nomor. 6 di bawah dan pilih "Delete a service or your account" atau kalau setelah smartphone kamu bahasa Indonesia maka pilih "Hapus layananan atau akun".


cara menghapus akun google permanen di HP/ smartphone

Setelah masuk menu "Delete a service or your account", pilih Delete your account. Seperti yang ditunjukkan oleh no.7 di bawah. Kemudian tinggal ikuti proses selanjutnya hingga akhirnya akun kita benar-benar didelete, dihapus permanen.




Cara Menghapus Akun Google Permanen Via Laptop atau Komputer

Setelah sebelumnya saya tunjukkan caranya lewat HP atau Smartphone, cara berikut yaitu dengan membuka melalui laptop.

Pertama, Klik bagian lingkaran pojok kanan atas pada tampilan browser google kamu. Selanjutnya pilih "Manage your google Account" .

cara menghapus akun google permanen di laptop / komputer

Kedua, Setelah pilih menu tersebut akan muncul menu seperti di bawah ini...Lalu pilih menu "Data & personalization"

cara menghapus akun google permanen di laptop

Ketiga, Kemudian pilih "Delete a service or your account", jika pengaturan akun google kamu menggunakan bahasa Indonesia, maka pilih menu "Hapus layanan atau Akun".


Kelima, Setelah memilih Delete a service or your account, lalu tampil seperti di bawah ini. Kemudian pilih Delete your account.


Keenam, Sebelum men-delete akun kita, google meminta kita login ke akun kita dengan password. 
Selanjutnya akan memastikan bahwa kita akan bertanggung jawab dengan segala pembayaran (transaksi) yang menggunakan akun yang akan kita hapus. 

Sehingga 2 kotak kecil di bagian paling bawah (letaknya di atas tombol Delete Account), harus kita centang keduanya. Baru kemudian kita pilih Delete Account


Sekarang akun google kita terhapus secara permanen selama-lamanya. Kita tidak akan bisa membuka akun google tersebut, meski kita menggunakan laptop atau HP lain untuk login.

Beginilah cara menghapus akun google secara permanen, di laptop ataupun lewat HP/ Smartphone android.

Mungkin sebagian kalian ada yang bertanya...

Kenapa Perlu Menghapus Akun Google Secara Permanen?

Masing-masing orang punya alasan yang berbeda-beda. Salah satunya adalah dia ingin menghapus akun beserta jejak data-data digital (jejah data-data dia online) selama dia online / berselancar di dunia maya menggunakan akun tersebut.

Misal kita terbiasa membuka situs yang aneh-aneh dan kita ingin jejak kita terhapus, tidak diketahui selamanya. Maka pilihan paling tepat adalah menghapus akun google yang biasa kita gunakan.

Karena ingat, menyembunyikan aktivitas internet kita dengan incognito mode hanya menghapus jejak kita di browser yang kita gunakan. Sementara aktivitas kita tetap terekam di My Google Activity.

Semoga artikel cara menghapus akun google secara permanen ini, bisa kamu pahami dengan clear dan bisa kamu ikuti.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel