3 Cara Mengubah Word ke PDF di Laptop or HP (CEPAT-MUDAH)

3 Cara Mengubah Word ke PDF di Laptop or HP (CEPAT-MUDAH)  - Sebagai tukang biro jasa, hal yang lumrah, jadi makanan sehari-hari adalah berurusan dengan dokumen-dokumen.


Bicara tentang dokumen, seringkali saya butuh format tertentu untuk keperluan tertentu. Cuman kadang untuk beberapa dokumen dari klien, saya butuh format tertentu, tapi si klien punya-nya format yang lain.

Menyuruh si klien mengganti format dokumen yang saya butuhkan tentu bukan sebuah service yang "bijak". Jadi demi atas nama pelayanan, tentu saya terima saja dan mengubahnya sendiri.

Salah satu contoh yang sering terjadi adalah ketika butuh dokumen dalam format PDF, tapi si klien punya format Word.

Cara mengubah word ke PDF, yang paling sering saya gunakan ada 2. Dengan cara ini sudah lebih dari cukup, saya tidak membutuhkan cara lainnya. Selain simpel, mudah dan cepat, 2 cara yang sering saya gunakan ini juga tidak butuh koneksi internet.

Ya..cara mengubah Word ke PDF di laptop yang saya gunakan selalu offline !

Berikut 2 cara mengubah Word ke PDF di laptop secara offline yang juga bisa kamu pakai jika sewaktu-waktu membutuhkan.

Ups...Bonus: Saya sertakan tips konversi Word ke PDF lewat online di akhir artikel. Meski terus terang saya jarang pakai cara ini.

1# Termudah ! Cara Mengubah Word ke PDF di Laptop Langsung Dengan MS Word

Inilah cara pertama yang paling sering saya pakai. Microsoft telah menyediakan format penyimpanan Word ke PDF sejak MS Office Versi 10.

Berikut ada 3 cara mengubah file Word ke PDF dengan MS Word:

CARA 1 - Konversi Word ke PDF Dengan "Save As" MS Word

Langkah-langkahnya sebagai berikut:

Buka File Dokumen Word (Yang akan diubah ke PDF) > Klik File > Save As > Pilih PDF

cara mengubah file word ke pdf di laptop 1

CARA 2 - Mengubah Word ke PDF Dengan Fitur Print 

Caranya seperti di bawah ini:

Buka File Dokumen Word (Yang mau dirubah ke PDF)  > Klik File > Print > Microsoft Print to PDF

cara mengubah file word ke pdf di laptop ms word

CARA 3 - Convert  Word ke PDF Dengan Menu Export

Caranya tak kalah simpel:

Buka File Dokumen Word (Yang akan di-convert ke PDF) > Klik File > Export > Create PDF/XPS


2# Mengubah Word ke PDF di Laptop (Offline) Pakai Nitro PDF

Nitro PDF adalah alternatif terbaik dari Adobe Acrobat Pro. Karena Nitro PDF banyak tersebar di internet dan bisa kamu download secara legal dan free.

Menu unggulan Nitro PDF, selain bisa konversi dari MS office (termasuk Word) dan sebaliknya, Nitro PDF juga bisa digunakan untuk mengedit dokumen PDF.

Untuk mengubah Word ke PDF di laptop menggunakan Nitro PDF caranya cukup simpel, tentu pertama kamu harus cari softwarenya dulu via google. Kemudian kamu instal. Setelah instal, berikut cara untuk mengubah Word ke PDF pakai Nitro PDF...

STEP 1 - Klik Menu Create PDF
Pada task bar atas Nitro PDF, terdapat menu create. Pilih PDF > From File



STEP 2 - Upload dari folder, file Word yang akan di-convert ke PDF


STEP 3 - Mensetting ukuran file  (smaller, medium, larger) dan lokasi folder 
Setting apakah file PDF yang sudah jadi nanti berukuran small, medium atau large. Tentukan juga folder, di mana nanti file PDF hasil konversi akan tersimpan.



STEP 4 - Mengkonversi file Word ke PDF Dengan Klik Tombol "Create"
Setelah disetting, klik OK. Kemudian untuk mengkonversi Word ke PDF, pilih tombol Create yang letaknya di bawah, di kiri tombol Cancel

File Word pun kini sudah terkonversi menjadi file PDF.

Jadi dengan 2 cara ini: Cara mengubah Word ke PDF di Laptop lewat MS Office dan Nitro PDF, saya rasa kita tidak perlu lagi mencari-cari cara lain. Karena cara ini works dan sangat mudah.

Tetapi....

Masih ada alternatif lain. Yang barangkali, cara alternatif ini bisa jadi lebih kamu sukai. Mungkin terasa lebih mudah bagi kamu.

So..apa salahnya kalau kamu coba pakai cara ini.

3# Convert Word ke PDF di Laptop dan HP Secara Online

Untuk kamu yang terbiasa nyalain laptop sambil online, tips ini tentu akan sangat cuoocok. Kamu bisa mengubah file Word ke PDF secara online lewat cara ini.

Juga, cara ini bisa kamu gunakan untuk mengubah file word ke pdf lewat smartphone kamu. Lebih jelasnya, simak caranya sebagai berikut:

Pakai website converter Word ke pdf Online

Ada banyak website converter online. Website ini selalu dilengkapi dengan converter Word ke PDF. Beberapa website converter file online yang saya rekomendasikan adalah:
  1. ilovepdf.com
  2. pdf2go.com
  3. freepdfconvert.com
  4. pdf2doc.com
Secara umum, mengubah file Word ke PDF lewat situs-situs online ini cukup mudah, rata-rata hanya perlu 3 langkah:
  1. Upload file Word ke website tersebut
  2. Konversikan
  3. Download hasilnya
Hanya, yang kalian harus perhatikan adalah biasanya ada waktu tunggu di setiap tahap. Di mana cepat tidaknya waktu tunggu tergantung juga dari kecepatan koneksi internet yang kalian miliki.

Jadi pastikan, tunggu sampi proses upload completed baru kalian pilih tombol konversi. Terus pastikan juga proses konversi 100% completed, baru kamu download.

Contoh Praktek Membuat File Word Menjadi PDF Pakai Smartphone

Situs yang saya rekomendasikan adalah ilovepdf.com. Situs ini sebagai tool online untuk semua file atau dokumen yang terkait dengan pdf. Mengkonversi file dari dan ke PDF, proteksi file PDF, me-repair file-file PDF, menggabung dan memisahkan antar satu file dengan file PDF yang lain.

Karena fokus kita adalah cara mengubah file Word ke PDF, maka di sini saya hanya tunjukkan cara mengubah Word ke PDF via HP kamu dengan situs ilovepdf.com ini...

STEP-1 Buka situs ilovepdf.com 

Jika kalian membuka ilovepdf.com, maka akan muncul situsnya dalam bahasa Inggris. Tapi jika yang kalian buka adalah ilovepdf.com/id, maka yang muncul adalah situs ilovepdf dalam versi bahasa Indonesia.

Terserah kamu pilih yang mana, senyaman-nya saja sesuai kebiasaanmu. Kalau saya sendiri untuk urusan gadget dan laptop, lebih enak pakai bahasa inggris.

STEP-2 Pilih menu Word ke PDF

Ketika membuka situs ilovepdf.com, akan muncul berbagai macam menu. Kamu pilih menu Word ke PDF.

STEP-3 Unggah file Word dan Convert ke PDF

Selanjutnya kamu unggah file Word yang akan kamu ubah ke PDF. Setelah terunggah, klik tomblo konversi dan tunggu hingga file word terkonversi ke PDF.

Cara Mengubah Word ke PDF di HP

STEP-4 Download Hasil Konversi PDF dari Word

Tidak menunggu lama (kurang dari 1 menit), file Word kamu sudah berubah menjadi PDF. Sekarang tinggal kamu download file PDF tersebut.

Cara Mengubah Word ke PDF di HP ilovepdf

Bagaimana kawan ? Mudah - Simpel dan Cepat bukan ?

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel