21 Game Online PC: Gratis dan Ringan (RECOMMENDED)

Apa yang terbayang padamu ketika mendengar game online? Kebanyakan dari kamu biasanya hanya membayangkan keasyikannya saja. Padahal…

Game online ini sudah muncul sejak tahun 1960 dan terus berkembang, tidak hanya asyik buat dimainkan. Tapi jika kamu benar-benar profesional, bisa lho dijadikan sebagai ladang cari uang.

Game online PC Laptop Komputer

Sekarang ada perlombaan tersendiri untuk para gamer. Jadi ada kesempatan buat kamu yang hobi nge-game untuk menjadikan game sebagai karir/ pekerjaan tetap. Dengan menjadi gamer profesional atau menjadi atlet E-Sport.

Juga, kamu bisa menjadi youtuber khusus membahas game. Btw, banyak lho youtuber game yang tajir melintir. 

Misal saja, Felix Kjellberg atau populer dengan nama youtube PewDiePie berpenghasilan USD 15 Juta atau sekitar 200 Miliar lebih pertahun (sumber: Forbes). Untuk youtuber game tanah air, kamu bisa tengok penghasilan Jess No Limit (Tobias Justin), yang menurut situs SocialBlade, bisa mencapai 5 Miliar lebih per bulannya.

Pilihan Main Game, di PC atau Smartphone ?

Bagi kamu yang hanya nge-game “sekedarnya, buat iseng, buat ngisi waktu luang, senang tapi tidak terlalu hobi-hobi banget” nge-game dari smartphone saya rasa sudah cukup.

Namun bagi kamu yang benar-benar maniak game, tentu kurang nendang kalau cuma nge-game lewat HP. Memainkan game lewat PC ataupun laptop, tentu lebih asyik, lebih dapet feel-nya.

Namun kendalanya, beberapa game online itu tidak gratis alias harus bayar. Juga kadang terlalu berat dimainkan bagi kamu para pemilik laptop/ PC kelas kentang, yang miskin spek.

Nah, di sini saya akan berbagi daftar 14 game online PC yang bisa dimainkan secara gratis. 

Juga saya rekomendasikan 7 game online dengan ukuran cukup ringan. Sehingga kamu tidak perlu upgrade ataupun beli PC baru dengan spek lebih tinggi untuk bisa memainkannya.

Daftar 14 Game Online PC Gratis 

Game online PC gratis

Pada kesempatan kali ini akan dijelaskan mengenai daftar game PC yang bisa kamu mainkan secara online dan gratis. 

Tentunya dengan demikian kamu bisa memainkan game kesukaan tanpa harus bayar. Untuk lebih tepatnya silahkan simak daftar game online gratis berikut ini: 

1# DOTA 2 – Tergolong Ringan (Untuk Jenis Game MOBA)

Game MOBA (Multiplayer Online Battle Arena) merupakan salah satu game yang sangat populer dimainkan para milenial. Game ini menawarkan tingkat penguasaan hero dan kerjasama tim untuk memenangkan pertandingan atau pertarungan. 

Salah satu game MOBA yang populer saat ini adalah DOTA 2. Sangking serunya, game ini menjadi salah satu permainan yang dipertandingkan pada event-event e-sport. Game ini termasuk game online PC gratis dan tergolong ringan untuk dimainkan. 

2# Fortnite – Game PC Gratis Dengan Fitur Build

Saat ini game dengan genre Battle Royale berhasil mendominasi game populer baik di konsol maupun PC. Salah satu game tersebut adalah Fortnite yang selalu ramai diperbincangkan. 

Terlebih sebelum muncul versi mobile, game ini adalah game PC. 

Fortnite menjadi populer karena menawarkan sensasi permainan yang lebih menarik dengan fitur build. Saat ini kamu bisa mengunduh game ini secara online dan gratis.

Kalau kamu ingin memainkan game ini di PC maka sangat cocok sekali karena lebih ringan dan lancar. 

3# Apex Legends – Game Gratis Dengan Banyak Karkater

Apex legends merupakan salah satu game dengan genre Battle Royale. Game ini berhasil menarik perhatian para gamer dan terbukti sudah dimainkan oleh jutaan pemain. 

Game gratis ini hadir dengan menawarkan pengalaman yang menarik. 

Berbeda dengan game Fortnite dan PUBG karena hanya menampilkan satu karakter saja. Kalau di game Apex Legends ini sudah tersedia 8 karakter dan pastinya setiap karakter memiliki kemampuan yang berbeda-beda. 

4# Rainbow Six Siege – Bisa Dimainkan Online atau Offline

Game Rainbow Six Siege merupakan salah satu game PC yang sangat berpengaruh di masa pandemi. Walau dalam masa karantina, ternyata ada game PC yang berpengaruh terhadap para penontonnya. 

Terlebih saat ini sudah banyak sekali turnamen Rainbow Six Siege yang sudah populer beberapa tahun belakangan. Dalam game ini para pemain bisa bermain secara daring atau luring. Tentunya ada banyak pilihan yang bisa kamu mainkan di Rainbow Six Siege. 

Dalam permainan ini kamu akan bertemu dengan 10 pemain jadi 5 vs 5. Jadi ada yang berperan sebagai polisi dan teroris. 

5# Star Wars Battlefront II

Game Star Wars Battlefront II merupakan salah satu game yang laris di pasaran. Memang sebelumnya sempat mendapatkan kritikan namun pihak developer segera melakukan evaluasi untuk memberikan yang terbaik. 

Game online PC RPG ini menawarkan sebuah pertempuran yang sangat menegangkan sehingga membuat kamu semakin menantang. Selain itu kamu wajib mengikuti narasi di setiap elemennya. 

6# Call of Duty: Black Ops 4 

Game online PC selanjutnya yang bisa kamu nikmati dan rasakan sensasinya adalah game Call of Duty: Black Ops 4. Pada game ini terdapat fitur battle royale dan ada juga mode campaign. Tentunya didukung dengan cerita yang tidak membosankan. 

Keunikan yang ada pada game Call of Duty terletak pada skill saat bermain dan senjata yang digunakannya. Tentunya dengan spesifikasi yang ringan, kamu bisa mendapatkan sensasi keseruan bermain game pertempuran seperti Call of Duty. 

7# Forza Horizon 4 – Game Balapan Jalanan

Game PC yang tidak kalah serunya dengan game-game genre lain adalah game Forza Horizon 4. Game balap ini memang berhasil menarik perhatian para gamer. Hal ini tak lain dengan rilisnya seri terbaru dari game Forza Horizon. 

Game ini termasuk game sukses karena mendapatkan penilaian positif. Terlebih saat ini Forza telah merilis kembali game dengan judul Forza Street. Tentunya kabar gembira dari game ini adalah bisa kamu mainkan secara gratis. 

Saat ini kamu bisa memainkan game ini di PC, sementara untuk versi android dan iOS masih dalam penggarapan. Game ini akan membawa kamu dalam kehidupan balapan jalanan dan bertemu dengan berbagai kendaraan yang keren. 

8# League of Legends – Game PC Ringan Pesaing Dota 2

Game League of Legends (atau lebih sering LOL) merupakan salah satu game MOBA. Game ini termasuk game online PC terbaik dan menjadi rival abadi game DOTA 2. Selain itu game 3D League of Legends ini lebih ringan dibandingkan dengan game DOTA 2. 

League of Legends bagian dari permainan e-spot yang sering ada turnamen dengan skala besar. Kamu yang tertarik untuk memainkannya bisa mengunduhnya di Garena. 

9# Rising Force Online Remastered

Rising Force Online Remastered merupakan salah satu game lawas yang kini dirilis kembali. Semua itu tidak lepas dari semakin menjamurnya game-game PC online dengan 3D Fantasy MMORPG. 

Game Online PC MMORPG (Massively Multiplayer Online Role-Playing) ini memiliki gameplay dengan PvP (Player vs Player) dengan skala besar. Game ini memang sangat populer dan sudah bertahan selama lebih dari satu dekade di Indonesia bahkan seluruh dunia. 

10# Valorant

Game Valorant merupakan salah satu game dengan jenis first person shooter. Dalam game ini terdapat penguasa yang mengontrol game tersebut. Setiap penguasa ini memiliki peran dan tugas masing-masing. 

Ketika peran bisa dijalankan dengan baik tentu permainan ini akan sangat mudah dimainkan. Peranan yang ada dalam game ini itu seperti menjadi support, entry fragger, in game leader, flanker, dan menjadi sniper. 

11# Counter Strike: Global Offensive 

Counter Strike: Global Offensive merupakan salah satu game dengan genre FPS yang telah memiliki mode yang bervariasi. Game online PC ini termasuk game yang seru untuk dimainkan. 

Game ini membutuhkan tombol keyboard yang normal dan sesuai dengan perintahnya. 

Kalau masih awal-awal kamu bisa bermain di Deathmatch untuk latihan menembak, bergerak, dan lainnya. Kalau memang sudah cukup menguasai kamu bisa mencoba pindah ke mode casual. 

Kalau sudah mencapai level 3 kamu bisa bermain mode competitive. Pada mode ini permainan akan lebih seru karena 5 vs 5 pemain dan akan memperebutkan kemenangan terbanyak dari 30 round yang ada. 

12# Fortnite Battle Royale 

Saat ini sudah banyak para developer yang berusaha untuk memberikan game-game seru agar dimainkan oleh banyak gamer. Salah satu game yang saat ini banyak penggemarnya adalah Fortnite Battle Royale. 

Jadi selain PUBG, kini sudah ada Fortnite yang bergenre Battle royale. Pada game ini kamu akan dipaksa untuk bisa bertahan hidup melawan dan perang satu sama lainnya dan menyisakan satu pemenang tunggal. 

Game ini menggabungkan berbagai elemen seperti mencari barang untuk bertahan hidup, menjelajah, dan pertempuran. Tentunya untuk bisa bertahan hidup tidak hanya di alam saja tetapi juga bisa menghalau serangan lawan yang sangat banyak. 

13# PlayerUnknown’s Battleground (PUBG) 

PlayerUnknown’s Battleground (PUBG) merupakan salah satu game buatan dari Bluehole yang bisa kamu mainkan baik secara mobile maupun PC. PUBG menjadi salah satu game yang sangat menantang. Juga termasuk paling populer.

Kalau kamu ingin memenangkan game ini maka harus lebih konsentrasi dan fokus agar tidak gagal ditengah jalan. Tentunya untuk meraih chicken dinner kamu harus bisa bertahan hidup sampai akhir pertandingan. 

14# World of Tanks 

Game World of Tanks merupakan salah satu game pertempuran tank yang sangat seru dan menantang. Terlebih bagi kamu yang bosan dengan game pertempuran tembak-tembakan dengan orang. Sekarang kamu bisa mencoba peperangan dengan tank dan saling tembak. 

Game online PC ini termasuk game gratis dengan menghadirkan voice pack grils and panzer. Tunggu apa lagi silahkan coba dan rasakan sensasi pertempurannya. 

7 Game Online Ringan Cocok Buat PC Spek Rendah 

Game online PC ringan

Selanjutnya, pembahasan ini hanya cocok bagi kamu yang termasuk kaum pemilik PC fakir spek, PC cap kentang atau laptop dengan spesifikasi rendah. 

Walau saat ini kebanyakan game-game menuntut spesifikasi PC yang tinggi, namun nyatanya masih banyak game yang bisa kamu mainkan di PC dengan spesifikasi rendah. 

Penasaran? 

Selengkapnya silahkan kamu cek 7 game online berikut ini :

1# Team Fortress 2 – Cikal Bakal Game-Game Online Populer Saat Ini

Game Team Fortress 2 merupakan salah satu game FPS yang populer dimainkan oleh para gamers. Banyak yang menyebutkan kalau game ini termasuk cikal bakal lahirnya berbagai game modern. 

Termasuk game lawas yang memberikan sensasi pertempuran yang sangat seru. Selain itu menjadi salah satu game yang menginspirasi pada game modern saat ini. Kalau kamu ingin memainkan game ini maka harus memiliki spesifikasi PC :

  • OS : Windows 7 
  • Processor : 1.7 GHZ
  • RAM : 512 MB

Tentunya game ini sangat cocok untuk kamu mainkan pada komputer dengan spesifikasi rendah. 

2# GTA San Andreas Multiplayer 

Kalau mendengar game GTA San Andreas tentunya akan teringat dengan story yang mendalam dan sangat seru untuk dimainkan. Dimana game ini sudah menghadirkan open world yang luas sekali. 

Game GTA ini termasuk game lawas yang menawarkan grafis yang cukup memukau. Sebagai game lawas, game ini tergolong sangat ringan untuk hardware komputer saat ini. 

Kalau kamu ingin memainkan game GTA maka tidak perlu membutuhkan spesifikasi PC yang tinggi. Minimal memiliki Spesifikasi: 

  • OS : Microsoft Windows 2000
  • Processor : 1 Ghz, AMD Athlon Processor
  • RAM : 256 MB 
  • Graphics : 64 MB

3# Ragnarok Online – Game PC Ringan Favorit Kaum Hawa 

Rekomendasi game PC dengan spesifikasi PC ringan maka kamu bisa memainkan game Ragnarok Online. Game ini sebagian besar dimainkan oleh para wanita. 

Game ini menawarkan proses grinding dan level yang membuat kamu tidak cepat bosan. Tentunya ada banyak karakter yang bisa kamu sesuaikan dengan skill apa saja. 

Untuk memainkan game ini kamu tidak perlu spesifikasi yang tinggi, setidaknya : 

  • OS : Windows XP
  • Processor : pentium 4 atau XP 2000
  • Graphics : Nvidia Geforce FX 5600
  • RAM : 256 MB

4# GunBound 

Kalau kamu termasuk generasi 2000-an pastinya mengenal yang namanya game GunBound. 

Game ini merupakan game turn based multiplayer yang awalnya hadir di PC. Saat ini kamu juga bisa memainkan game ini di perangkat mobile. 

Selain game ragnarok, game GunBound ini juga mampu bertahan di tengah gempuran hadirnya game-game online keluaran terbaru.

Tentu ini menjadi bukti bahwa game ini memang menarik. Kamu bisa memainkannya di laptop spek rendah : 

  • OS : Microsoft Windows 2000
  • Processor : 1 Ghz, AMD Athlon Processor
  • RAM : 256 MB 
  • Graphics : 64 MB

5# Adventure Quest World 

Adventure Quest World merupakan salah satu game yang bisa kamu mainkan secara santai. Permainan MMORPG ini memang menawarkan sesuatu yang menarik dengan menjelajah dunia fantasi 2d. Ditambah lagi dengan aksi para multiplayer. 

Pada game ini kamu akan merasakan sensasi pertempuran membasmi para monster. Ketika kamu sudah berhasil mengalahkan para monster ini, maka kamu akan mendapat poin.

Agar kamu bisa menghancurkan monster-monster ini maka bisa memanfaatkan serangan mantra dan serangan dengan jarak dekat.

Untuk mendapatkan pengalaman, sensasi berantem melawan monster, kamu cukup menyediakan laptop atau komputer dengan spek :

  • OS : Windows 7 
  • Processor : 1.7 GHZ
  • RAM : 512 MB

6# Overcooked 2 

Sebagaimana Adventure Quest World, Overcooked 2 juga sangat populer dan berhasil mendapatkan penghargaan best family game. 

Hanya dalam waktu 4 bulan saja (dari launchingnya), game ini berhasil mendapatkan penghargaan tersebut. 

Banyak para pemain yang memberikan penilaian sempurna akan game memasak tersebut. Game ini menawarkan gameplay yang sangat menarik karena kamu akan merasakan sensasi menggoreng, memotong, dan menyatukan bahan dalam satu piring dan lainnya. 

Ada hal unik lain pada game ini adalah bisa dimainkan 4 pemain dan mode multiplayer online. Nah, untuk bisa memainkannya minimal kami memiliki spesifikasi PC : 

  • OS : Windows 7 64 bit
  • CPU : AMD A8 5600k atau intel i3-2000 
  • RAM : 4GB

7# Rocket League 

Uniknya game ini, yaitu game yang menggabungan sepak bola dan mobil. Game ini termasuk game PC benchmark hardware lama dengan spesifikasi rendah. 

Minimal komputer untuk memainkan game ini :

  • OS : Windows 7 
  • Processor : 2.5 Ghz 
  • RAM : 5 GB
  • Graphics : AMD Radeon Rx 270X atau NVIDIA GeForce 760

Demikianlah penjelasan mengenai daftar rekomendasi Pakar Dokumen untuk game online PC gratis dan ringan yang bisa kamu pilih. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel