10 Aplikasi Edit Video PC/ Laptop, Untuk Pemula Hingga Pro

aplikasi edit video pc

10 Aplikasi Edit Video PC/ Laptop, Untuk Pemula Hingga Pro - Tulisan ini saya tujukan buat kamu yang masih pemula dalam dunia editing video. Bagi yang sudah pro, silakan minggir dulu 🙏

Loh kok judulnya "...Untuk Pemula Hingga Pro ? "

Sebentar, lanjut dulu bacanya ya...

Pemula di sini saya bagi jadi 2:

Pertama, Pemula yang sekarang atau kedepannya tidak akan berkutat dengan pengeditan video dalam aktivitas hariannya.

Kedua, Pemula yang sekarang dan kedepannya akan sering berkecimpung dengan aktivitas editing video.

Contoh pemula jenis pertama adalah kamu yang saat liburan mengabadikan momen-momen dengan video kamera atau HP. Kemudian untuk mempercantik tampilan video (agar terlihat wow saat diposting di medsos), kamu perlu melakukan beberapa editing.

Contoh pemula jenis kedua adalah kamu seorang youtuber baru dan memiliki cita-cita sebagai seorang youtuber pro dengan penghasilan fantastis. Belajar editing video adalah hal wajib, kecuali kamu punya dana lebih untuk menyewa jasa editing video, atau berpartner dengan orang yang terbiasa melakukan editing video.

Selanjutnya kita sepakat untuk artikel ini, pemula pertama kita sebut Pemula A dan pemula jenis pertama sebagai Pemula B.

Jika semua masih kamu lakukan sendiri, tentu mau tidak mau kamu harus punya skill editing video (paling tidak hingga level intermediate).

Saya yakin, bahkan haqqul yaqin, mereka yang level editing video-nya sudah pro, pasti sudah memiliki pilihan software yang pas dan cocok.

Untuk itu, sekali lagi, tulisan ini buat kamu yang masih pemula. Baik Pemula A ataupun Pemula B.

Cari Aplikasi Edit Video Terbaik Untuk Laptop ? Camkan ini !

Percayalah ! jangankan pemula, di antara mereka para profesional, pun tetap akan bingung ketika ditanya aplikasi edit video terbaik. 

Kalaupun mereka menjawab pertanyaan ini "Apa Software Edit Video Terbaik ? ", maka jawaban antara profesional satu dengan lainnya pasti akan berbeda-beda.

Masih belum percaya dengan fakta di atas ?

Situs-situs besar dan terpercaya untuk masalah teknologi, seperti pcmag.com, tomsguide.com, mashable.com, softwaretestinghelp.com mereka memberikan penilaian yang berbeda ketika merangking software-software edit video.

Lalu Bagaimana Cara Memilih Software Edit Video ? (yang tepat)

Cara Memilih Software Edit Video

Nah, ketika pertanyaannya seperti ini, ini baru tepat namanya.

Yap, betul ! mindsetmu sudah benar, ketika pertanyaannya adalah bagaimana cara memilih software edit video yang tepat. Alih-alih menanyakan apasih software editing video terbaik.

Dan tema utama dari artikel ini adalah untuk membantu kamu menyederhanakan proses pemilihan aplikasi edit video yang paling pas, paling tepat, paling cocok untuk kamu gunakan.

Kemudian setelah memahami cara memilihnya, saya sediakan beberapa pilihan software yang bisa kamu coba. 

Sebelum masuk ke proses pemilihan software editing video secara detail, baca dulu sekilas gambaran umum isi artikel yang akan saya bahas selanjutnya...

Ini Garis Besar Pemilihan Aplikasi Edit Video

Oya, dari tadi udah intro ngalor ngidul, lupa mengingatkan. Semua yang kita bahas di sini adalah software edit video untuk pc/ laptop/ komputer. Bukan aplikasi editing video di smartphone ataupun tablet !

Sebelumnya, di atas, saya sudah bahas terlebih dahulu mindset yang benar dalam menentukan aplikasi untuk mengedit video di komputer/ laptop.

Setelah mindsetmu benar, baru selanjutnya saya bantu untuk proses step by step bagaimana cara menentukan aplikasi edit video terbaik versi kamu. Alias yang paling cocok dan tepat untuk kamu. Di bagian ini kamu harus benar-benar serius dan paham. Karena inti artikel ada di sini.

Setelah kamu paham betul bagaimana cara memilihnya, saya sediakan beberapa opsi software-software pilihan. Sehingga kamu tidak perlu buang-buang waktu, capek-capek, ngehabisin pulsa, buat googling macam-macam aplikasi edit video.

Btw, biar kamu lebih percaya bahwa kamu tidak perlu googling lagi, daftar aplikasi edit video yang saya sertakan di sini, sudah saya rangkum dari berbagai situs-situs top teknologi dan beberapa influencer youtube tanah air yang pakar dalam hal editing video.

Situs-situs besar itu seperti yang sudah saya sebutin di awal-awal tulisan, tapi ga ada salahnya saya ulang lagi, seperti mashable.com, pcmag.com, tomsguide.com, softwaretestinghelp.com, techradar.com dan techadvisor.co.uk.

3 Step Memilih Aplikasi Edit Video Laptop Terbaik (Versi Kamu)

Perjelas Kebutuhanmu

Kamu harus meng-clear-kan terlebih dahulu, tujuan kamu menggunakan aplikasi edit video, jenis dan tipe video seperti apa yang akan kamu buat.

Dengan memperjelas tujuan dan jenis atau model video apa yang akan kamu buat, maka kamu juga bisa mendefinisikan dengan jelas kebutuhanmu.

Sebagaimana kamu memilih pisau. Tentu jenis dan model pisau untuk kebutuhan berkebun akan berbeda dengan pisau untuk memotong daging.

Kenali Dulu Fitur Dasar Dari Aplikasi Edit Video Secara Umum

Setiap aplikasi editing video, memiliki beberapa fitur unggulan yang berbeda. Namun, hampir setiap software editing video memiliki fitur-fitur basic yang hampir sama seperti: pengaturan suara, meng-adjust brigthness, trimming/ memotong segmen, penggabungan potongan video, me-rotate video dan menambahkan beberapa efek spesial.

Pertimbangkan Hal-Hal Ini !

  • Setelah itu semua, pertimbangkan hal-hal di bawah ini sebelum memutuskan software mana yang akan kamu pilih:
  • Mau sofware yang gratisan atau yang berbayar. Pemula (terutama pemula A) sebaiknya pakai yang gratisan.
  • Kalaupun berbayar, sesuaikan harga software dengan budged kamu.
  • Spek laptop/ komputer yang kamu punya. Kalau laptopmu termasuk golongan laptop kentang, tentu kamu harus pakai aplikasi edit video yang ringan.
  • Operating sistem dari laptop kamu. Ada software edit video yang bisa di OS apapun, tapi ada yang hanya bisa di Mac ataupun hanya bisa di Windows.
  • Format file input dan output (Seperti: MP4, 3GP, MPEG, AVI..etc). Software yang bisa menerima dan menghasilkan berbagai jenis file, tentu lebih layak dipertimbangkan daripada yang hanya mau menerima atau menghasilkan file tertentu.
  • User interface. Tentu semua orang menginginkan tampilan user interface sederhana mungkin, yang mudah diakses dan digunakan. Tetapi tetap bisa melakukan editing tingkat advance.
  • Support system dan ketersediaan free trial. Bagi pemula B, hal ini perlu dipikirkan. Pilihlah aplikasi yang ada free trial-nya. Sebelum memastikan membeli, kamu bisa mencobanya terlebih dahulu secara gratis. Coba dulu versi gratisan beberapa software, nanti kamu bisa merasakan mana yang lebih cocok. Itulah yang bisa kamu pilih.
Jika kamu masih belum paham ketiga langkah di atas, sebaiknya baca ulang pelan-pelan hingga bener-bener paham.

Ketiga langkah di atas juga bisa diaplikasikan untuk pemilihan software-software lainnya.

Di bawah ini sudah saya list, 5 software/ aplikasi edit video yang cocok untuk level pemula A dan 5 Aplikasi yang cocok untuk pemula B.

5 Aplikasi Edit Video di Komputer Untuk Pemula

Aplikasi Edit Video di Komputer Pemula

Perlu kamu tahu, daftar 5 aplikasi edit video ini bukan berarti yang nomor 1 yang paling bagus. Tidak ada yang paling bagus ataupun yang paling jelek.

Kembali lagi, semuanya tinggal cocok-cocokan.

Untuk bisa tahu mana yang paling pas buat kamu, tentu kamu harus mencobanya. Dengan adanya daftar ini, akan lebih menyederhanakan langkah kamu dalam pencarian software editing video yang paling pas versi kamu.

Kamu tidak perlu googling dan mencoba semua aplikasi yang kamu temui hingga capek. Cukup coba beberapa atau semua dari 5 aplikasi berikut ini. Dan btw, kelima aplikasi ini sudah saya sarikan dari review-review web besar dan rekomendasi-rekomendasi para youtuber.

Mari kita jelaskan satu persatu...

1# Olive Video Editor - Gratis Tanpa Watermark

Sesuai dengan mottonya, Fast-Powerfull-Free. Ya, Olive merupakan aplikasi edit video yang mudah, cepat digunakan dan benar-benar powerfull. User interface sederhana, easy to use. Berita bagusnya lagi, aplikasi ini gratis.

Namun, meski gratis, Olive tidak menyematkan watermark pada video hasil editing.

Alasan ini juga yang bikin banyak content creator pemula memilih olive sebagai software edit video untuk proyek-proyek mereka.

(+) Kelebihan Olive Video Editor

  • Tanpa watermark.
  • Open source, gratis selamanya.
  • Sangat cocok untuk penggunaan harian, pengeditan yang simpel-simpel.
  • Aplikasi cukup ringan tapi tetap mampu mengolah video dengan resolusi tinggi.
  • Tersedia versi intaller dan portable.

(-) Kekurangan Olive Video Editor

  • Tidak cocok untuk pengeditan video yang kompleks
  • Hingga saat ini masih dalam versi alpha. Ini yang ditakutkan banyak editor, karena gratis, bisa saja perusahaan pengembang tidak melanjutkan dan merilis update-nya.

( ) Rekomendasi Spesifikasi Minimal Laptop 

Olive bisa diinstall di minimal di Windows 7, Mac Versi X 10.12 k dan juga Linux Ubuntu 18.04 atau Mint 19. Tersedia dalam versi installer dan versi portable.

Ukuran file sekitar 34 - 37Mb untuk Windows (tergantung 32 or 64 bit, versi installer or portable) dan berukuran 64MB untuk OS Mac.

Sedangkan minimum spek hardware tidak disebutkan. Hanya saja, dibeberapa forum, banyak yang memberi review kalau laptop kentang dengan ram 2 Gb masih sangat lancar, tanpa nge-lag untuk mengedit video dengan Olive.


2# Movavi Video Editor Plus - Ga Perlu Lama Belajarnya

Jika kamu malas buat mempelajari cara pakai sebuah software, maka Movavi cocok buat kamu pakai untuk editing video.

Yang bikin Movavi digemari para youtuber dan vlogger adalah user interface yang mudah digunakan. Untuk menguasai menu-menu basic kamu cuma perlu waktu 20-30 menit.

Toh begitu, kadang para profesional yang sudah terlanjut enak dengan kesimpelan software ini, masih tetap setia menggunakannya.

Rekomendasi saya, software ini cocok bagi kamu yang mengedit video dengan level tengah-tengah. Tidak terlalu pemula, tidak juga seorang editor profesional.

(+) Kelebihan Movavi Video Editor Plus

  • Interface yang mudah digunakan, sehingga pemula dengan cepat bisa menguasainya.
  • Memiliki banyak koleksi untuk pembuatan judul dan transisi
  • Bisa export hasil editing ke berbagai jenis file video
  • Tersedia free trial
  • Untuk versi bebayar, tergolong murah di antara software editing video lainnya, 39.95 USD untuk lisensi 1 tahun dan cuma 59.95 USD untuk life time license.
  • Sangat ringan

(-) Kekurangan Movavi Video Editor Plus

  • Tidak adanya audio meter
  • Tidak ada LUT Support
  • Tidak ada opsi pengeditan teks untuk tingkat advance

( ) Spesifikasi Laptop/ Komputer Minimal

  • Windows 2000/ XP/ Vista/ 7/ 8
  • Prosesor minimal 1GHz, baik INTEL atau AMD
  • Ram minimal 265 untuk Windows XP dan 2000, 512 untuk Windows Vista dan 1 GB untuk Windows 7 atau 8
  • Hardisk minimal 2GB
  • Resolusi grafis 1024x768,32 bit

3# Wondershare Filmora 9 - Dipakai Banyak Youtube Pemula Indo

Mungkin inilah aplikasi yang paling banyak dipakai oleh para youtuber pemula tanah air. Makanya sangat gampang cari tutorialnya di youtube dengan bahasa Indo.

Wondershare filmora memiliki interface yang cukup mudah, enak dilihat mata. Menyediakan cukup banyak efek bagus, tools untuk pengeditan teks yang cukup lengkap. 

Aplikasi ini cocok untuk editor pemula hingga menengah. Jika ingin fitur-fitur yang advance, aplikasi ini sedikit tertinggal dengan pesaingnya seperti cyberlink powerdirector, adobe premiere.

(+) KelebihanWondershare Filmora

  • Ramah harga untuk pemula karena versi student plan harga cuma 7.99 USD, untuk individual plan 39.99/bulan dan 59.99 USD untuk life time plan individu.
  • Termasuk software level pro yang cukup mudah dipakai. 
  • Bisa langsung upload ke youtube dan vimeo

(-) Kekurangan Wondershare Filmora

  • Untuk free version ada watermarknya
  • Tidak ada motion trackingnya
  • Grading Colour terbatas, seperti waveform, curve, colour wheel di sini tidak tersedia
  • Tidak ada free hand masking tool

( ) Rekomendasi Spek Komputer 

  • Filmora 9 bisa dipakai di Windows ataupun Mac. 
  • Untuk Windows minimal versi 7 yang 64-bit, sedang Mac minimal 10.7
  • Ram minimal 4 GB untuk Windows dan 8 GB untuk Mac
  • CPU minimal Intel i3 2 GHz untuk Windows dan Intel i5 2 GHz untuk Mac
  • GPU minimal NVIDIA GeForce GTX 700, Intel HD Graphics 5000, AMD Radeon R5
  • Hardisk minimal ada space kosong 10 GB

4# Videopad - Ringan Paling Cocok Buat Laptop Spek Rendah

Dibanding yang nomor 1-3, videopad ini secara fitur paling minim. Fitur-fitur basic sih tetep mumpuni. Namun untuk fitur-fitur pengeditan tingkat pro sangat kurang.

Berita baiknya, ini lebih memudahkan untuk para pemula. Apalagi buat kamu yang hanya ingin mengedit video secara sederhana dan alakadarnya.

Juga, videopad ini sangat ringan. Bayangin saja, file installernya cuma sekitar 2.9 MB. Sangat cocok buat kalian wahai para pemilik laptop kentang yang fakir spek.

(+) Kelebihan Videopad

  • Ukuran file sangat ringan 2.9 MB
  • Tersedia versi gratisannya
  • Hasil editing bisa diexport ke berbagai format file
  • Mudah digunakan
  • Video tracking unlimited

(-) Kekurangan Videopad

  • Kurang maksimal untuk editing video tingkat advance

( ) Rekomendasi Minimal Spek Laptop Untuk Videopad

  • Minimal Windows XP dan versi sesudahnya yang , Untuk Apple minimal Mac X 10.5
  • Untuk Windows pakai yang 64-bit
  • CPU Intel Core 2 atau AMD Athlon 64 X2 
  • RAM 2GB 
  • Display 1024x768

5# Apple iMovie - Fans Apple Tidak Perlu Cari yang Lain

Bagi kamu Apple Fansboy, pengguna Mac, jika kamu pemula dalam urusan video editing, saya rasa tidak perlu mencari aplikasi editing video lainnya.

Apple sudah menyediakan aplikasi edit video yang sangat powerful, interface sangat intuitive, mudah digunakan. Untuk level pemula, kamu cukup gunakan Apple iMovie !

(+) Kelebihan Apple iMovie

  • Seperti produk Apple lainnya, simpel - beautiful - useful interface
  • Adanya matching colour, sehingga mampu menghasilkan video yang terlihat konsisten
  • Tersedia template-template yang berkelas, terkesan pro
  • Audio tools yang sangat lengkap (dibanding applikasi editor video lainnya kelas pemula)
  • Video tracking unlimited

(-) Kekurangan Apple iMovie

  • Tidak bisa untuk OS lain selain dari Apple, pengguna Windows, Linux tentu tidak bisa pakai
  • Tidak tersedia 360 derajat video editing
  • Video track, terbatas hanya 2 track

( ) Rekomendasi Spek Laptop Minimal Apple iMovie

  • Laptop Mac dengan prosesor 1 GHz Power PC G4, PowerPC G5, atau Intel Core (Rekomendasi minimal RAM 512 MB untuk dukungan HDV)
  • Minimal OS Mac X 10.3.9, Tetapi untuk editing maksimal saya rekomendasikan Mac OS X 10.4.4
  • QuickTime 7.0.4
Saya kira keterangan-keterangan di atas cukup jelas, sehingga kamu lebih mudah mengambil keputusan untuk memilih aplikasi edit video mana yang akan kamu gunakan.


5 Software Edit Video Laptop, Pemula - Pro

Software Edit Video Laptop profesional

Sedikit berbeda dengan 5 aplikasi sebelumnya, di bawah ini saya rekomendasikan buat kamu para pemula yang memang kedepannya bercita-cita menjadi seorang editor video profesional.

1# Apple Final Cut Pro X - Sempurna Untuk Profesional

Bagi kamu yang bercita-cita menjadi profesional dalam hal editing video, yang make money dari aktivitas seputar video editing, maka Final Cut Pro X menjadi pilihan yang cukup sempurna.

Sejak peluncuran pertama hingga saat ini, Final Cut Pro, seakan menjadi standar industri bagi para profesional video editor (bersama dengan Adobe Premiere Pro dan Cyberlinks Powerdirector sebagai kompetitor)

Dengan keunggulan fitur canggih tetapi user interface yang simpel, menjadikan final Cut Pro X standout dari para kompetitornya.

Namun....

Harganya juga terbilang wow ! yaitu 299.99 USD

(+) Kelebihan Apple Final Cut Pro X

  • User Interface yang intuitive (mudah dipahami dan diakses)
  • Integrasi yang baik antar program
  • Tersedia fitur-fitur untuk editing tingkat advance
  • Sangat cocok bagi pemula yang sebelumnya menggunakan Apple iMovie yang ingin naik ke kelas pro
  • Output video berkualitas tinggi

(-) Kekurangan Apple Final Cut Pro X

  • Harga relatif mahal 299.99 USD
  • Hanya tersedia untuk pengguna OS Mac Apple
  • Bagi kamu yang benar-benar pemula, akan kebingungan dengan fitur-fitur advance

( ) Rekomendasi Spek Laptop Minimal Apple Final Cut Pro X

  • Minimal OS Mac X 10.13.6
  • Minimal 4GB RAM, namun sangat direkomendasikan minimal 8GB RAM
  • Kartu grafis minimal Intel HD Graphic 3000 256MB, namun rekomendasi terbaik minimal 1GB untuk keperluan editing 3D Title, 360 derajat video editing

2# Adobe Premiere Pro - Software Edit Video Sejuta Umat

Selain Final Cut Pro, mungkin ini software edit video yang juga banyak digunakan diberbagai industri per-film-an dan video editing.

Adobe Premiere Pro dikeluarkan dalam versi CS (Creative Suite). Kemudian di tahun 2013, mengeluarkan versi cloud, yaitu CC (Creative Cloud) dengan pembayaran berbasis langganan.

Nilai lebih dari Adobe Premiere Pro adalah tidak terbatas untuk satu OS saja. Karena bisa diinstal diberbagai OS seperti Mac, Windows dan Linux. Kelebihannya ini menempatkan software ini sebagai software editing video sejuta umat untuk kelas intermediate hingga profesional.

(+) Kelebihan Adobe Premiere Pro

  • Kualitas maksimal dalam hal video mauopun audio editing
  • Cocok digunakan untuk berbagai OS
  • Support berbagai jenis file video
  • Real time untuk pengeditan konten video
  • Tersedia versi trial gratis

(-) Kekurangan Adobe Premiere Pro

  • Harga relatif mahal dengan sistem berlangganan, termurah 14.99 USD/bulan atau  179.88/tahun untuk penggunaan sekolah dan universitas. Sedang harga tertinggi 29.99/bulan atau 359.88/tahun untuk kelas bisnis/ corporate.
  • Butuh spek laptop/ komputer yang tinggi

( ) Rekomendasi Spek Laptop Minimal Adobe Premiere Pro

  • Minimal OS Windows 7 atau Mac OS X 10.11
  • Windows 64-bit
  • Minimal RAM 8 GB, namun lebih dianjurkan 16GB
  • Tersedia hardisk kosong minimal 8GB
  • Minimal Display 1280x800 dan sangat direkomendasikan 1920x1080

3# Cyberlinks PowerDirector - Jembatan Bagi Semi Profesional

Bisa diibaratkan, Cyberlink PowerDirector ini adalah jembatan bagi semi profesional ke profesional video editor.

Boleh dibilang, ini adalah sofware pilihan paling tepat bagi kamu yang levelnya intermediate.

(+) Kelebihan Cyberlinks PowerDirector

  • Interface yang clear
  • Tergolong cepat untuk proses rendering
  • Terbaik untuk pengeditan Video 360 derajat
  • Bisa digunakan untuk screen recording
  • Pengeditan 3D dan 4K yang mumpuni

(-) Kekurangan Cyberlinks PowerDirector

  • Terlalu banyak opsi menu, yang sering bikin bingung pengguna
  • Colour Matching kurang maksimal

( ) Rekomendasi Spek Laptop Minimal Adobe Premiere Pro

  • Minimal OS Windows 7
  • Windows 64-bit
  • RAM 4 GB
  • VGA atau kartu grafis minimal 128MB

4# Sony Vegas Pro - Cocok Buat Vlogger or Instagramer

Ya, Sony Vegas Pro, termasuk software editing video untuk kelas profesional yang tidak kalah dari Final Cut Pro, Adobe Premiere Pro maupun Cyberlinks PowerDirector.

Cukup populer penggunaanya di kalangan youtuber tanah air. Dan untuk kamu pemula, berita bagusnya juga tersedia versi free trial, yang bisa kamu gunakan selama 30 hari.

(+) Kelebihan Sony Vegas Pro

  • Sangat cocok untuk kamu yang ingin atau saat ini menjadi youtuber maupun instagramer
  • Sound work nya, bisa dibilang terbaik dibanding para kompetitor
  • Tersedia banyak tutorialnya (bertebaran di youtube, seperti halnya wondershare filmora)
  • Tersedia banyak efek-efek kreatif

(-) Kekurangan Sony Vegas Pro

  • Tidak tersedia untuk komputer Apple/ OS Mac
  • Tidak bisa menyimpan video dalam format AVCHD

( ) Rekomendasi Spek Laptop Minimal Sony Vegas Pro

  • Minimal OS Windows 7, 64-bit
  • Prosesor 2 GHz
  • RAM 4 GB dan sangat direkomendasikan menggunakan RAM 8GB
  • Minimal Display 1280x800 dan sangat direkomendasikan 1920x1080
  • Minimal tersedia space kosong hardisk 500MB

5# HitFilm Express 14 - Video Effect Sekelas Film Hollywood

Bagi kamu yang malas dengan model pembelian berlangganan ala Adobe Premiere Pro, maka HitFilm Express 14 bisa menjadi alternatif terbaik.

Plus efek-efek kelas film Hollywood yang banyak tersedia, membuat HitFilm Express memiliki tempat tersendiri di hati para editor video.

Juga alternatif terbaik untuk aplikasi edit video kelas profesional dengan harga pemula.

(+) Kelebihan HitFilm Express 14

  • Harga relatif terjangkau bahkan ada versi gratisnya. Harga mulai 9 USD (termurah) hingga 39 USD, untuk pemakaian selamanya (tanpa harus bayar langganan)
  • Update tersedia cukup sering
  • Memiliki basis komunitas online yang berkembang pesat

(-) Kekurangan HitFilm Express 14

  • Tidak kompatibel dengan XML dan AAF
  • Tidak tersedia multicam editor
  • Waktu rendering yang tergolong lelet, lama

( ) Rekomendasi Spek Laptop Minimal HitFilm Express 14

  • Minimal OS Windows 8, 64-bit. OS Mac 10.14 Mojave atau OS X 10.12 Sierra, Mac OS 10.15 Catalina
  • Prosesor Intel Generasi 4 atau AMD yang ekuivalen
  • RAM 4 GB dan sangat direkomendasikan menggunakan RAM 8GB
  • VGA NVIDIA GeForce 600 (Kepler), Intel HD Graphics 5000 (GT3), AMD Radeon R5 240
  • Hardisk kosong minimal 1GB, namun untuk editing video 4K perlu 2GB

Inilah 5 pilihan aplikasi/ software video editor yang bisa kamu coba gunakan untuk pemula yang serius ingin menjadi profesional.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel