5 Aplikasi Screen Recording for PC Gratis, No Watermark

Aplikasi Screen Recording for PC

Mau bikin video tutorial ? Butuh aplikasi screen recording for PC/ laptop buat merekam layarnya ?

Lewat postingan ini, saya kasih 5 rekomendasi, list aplikasi perekam layar laptop ataupun PC.

Berita bagusnya, kelima aplikasi/ software yang saya rekomendasiin gratis. Dan yang lebih menarik, meskipun gratis tapi video yang dihasilkan tidak mengandung watermark.

Sehingga video kamu tampak lebih profesional, bukan amatiran. Kuy, langsung simak aja 5 software yang saya rekomendasiin…

5 Aplikasi Screen Recording PC/ Laptop Gratis Tanpa Watermark 

Jika kamu membutuhkan aplikasi screen recorder (perekam layar) gratis tanpa Watermark, maka 5 pilihan aplikasi yang ada di bawah ini bisa kamu instal di laptop atau PC kamu:

1# EaseUS Screen Recorder (Paling Recommend)

 
EaseUS Screen Recorder

Berikut beberapa alasan kenapa software ini paling kami rekomendasikan:

Sangat simpel dan mudah digunakan. Dengan GPU acceleration technology, softaware ini bisa merekam gameplay, live streaming dan aktivitas PC/ Laptop lainnya tanpa nge-lag. Meskipun kalian menggunakan PC/ Laptop dengan spek rendah.

Bisa dischedule proses recordingnya. Jadi kalian tinggal set kapan mulai dan kapan stop, kemudian software ini akan me-record aktivitas layar secara otomatis sesuai schedule yang sudah kalian set.

Software ini terintegrasi dengan dengan snipping tool untuk menscreenshot dari berbagai browser. Kalian juga bisa membuat animated gif dengan software ini dan bisa kalian masukkan ke power point, menguploadnya ke sosmed ataupun mengirimnya via email.

Jadi bisa dikatakan software ini adalah all in one untuk kebutuhan screen recording kalian.

2# Screen Presso 

Apabila kamu tertarik menggunakan aplikasi screen recording komputer Screen Presso, maka terdapat dua software yang dapat dipilih, yaitu versi gratis dan berbayar. 

Untuk penggunaan versi gratis maka kamu hanya dapat menggunakan beberapa fitur yang terbatas dan jumlahnya pun jauh lebih sedikit. 

Berbeda dengan penggunaan software versi berbayar, kamu bisa menikmati berbagai fitur yang ditawarkan. 

Hanya saja, apabila kamu ingin membuat perekaman video yang standar saja (bukan video yang ribet bin rumit) maka menggunakan versi gratisnya saja pun sudah cukup. 

Kelebihan yang dimiliki Screen Presso yaitu bisa melakukan perekaman audio maupun webcam secara bersamaan dengan layar. 

Software ini (versi gratis ataupun berbayar) juga mengizinkan penggunaan secara komersial, sehingga kamu lebih leluasa untuk mengerjakan project-project yang sifatnya bisnis. 

Selain itu terdapat fitur share pada beberapa sosial media dan terdapat fitur workspace, label, library, maupun sortir. 

Bagaimana? Apakah sesuai dengan fitur yang sedang kamu butuhkan?

Oya, jika kamu tertarik menginstalnya, kamu bisa dapatkan softwarenya di Link Ini

3# Apowersoft Free Online Screen Recorder – Screen Recorder Berbasis Browser

Aplikasi screen recorder versi dekstop gratis tanpa watermark selanjutnya yang bisa kamu pilih yaitu Apowersoft Free Online Screen Recorder. 

Jika dilihat dari namanya, aplikasi ini memang menjadi aplikasi perekam layar yang dapat berjalan melalui browser. 

Ada beberapa kelebihan yang dimiliki yaitu seperti terdapat banyak plugin yang dapat memudahkan kamu ketika menggunakannya. 

Selain itu juga dapat melakukan pemilihan format video pada saat proses perekaman selesai, video yang dihasilkan pun tidak terdapat watermark. Kamu juga dapat menikmati fitur edit video secara langsung yang ada di aplikasi. 

Kamu bisa menentukan format sendiri sesuai yang dibutuhkan, karena tersedia pilihan ekspor pada format AVI, MOV, WMV, MP4 maupun yang lainnya. Namun sayangnya aplikasi ini mempunyai kekurangan yaitu software ini kurang tepat apabila digunakan bagi seorang gamers. 

Kamu bisa CLICK HERE, untuk mengunduh softwarenya.

4# TinyTake

Software screen recorder ini juga tanpa watermark. Terdapat dua pilihan, yaitu versi berbayar dan versi gratis. Ketika ingin menggunakan versi gratis, pastinya fitur yang ditawarkan tidak sebanyak seperti versi berbayar. 

Bagi kamu yang baru tahap belajar, maka tidak ada masalahnya apabila mencoba menggunakan versi yang gratis terlebih dahulu. Namun apabila penasaran dengan fitur menarik apa saja yang terdapat di dalam software perekam layar ini, maka kamu dapat menggunakan versi berbayar. 

Selain itu, versi berbayar menawarkan waktu recording yang jauh lebih lama dibandingkan versi gratis. Ada beberapa kelebihan yang dimiliki oleh software ini yaitu untuk hasil rekamannya tidak terdapat watermark, sehingga sangat tepat bagi kamu yang ingin membuat tutorial yang akan kamu upload ke YouTube.

Tidak hanya itu saja, karena ada beberapa pilihan cloud untuk penyimpanan sebesar 2 GB, proses perekaman layar dapat dilakukan dengan sangat mudah yaitu hanya  mengklik satu tombol saja. 

Namun sayangnya, di balik dari kelebihan tersebut terdapat beberapa kekurangan, yaitu tidak dilengkapi dengan fitur edit video ketika hasil rekaman sudah selesai. 

Selain itu penggunaan versi gratis hanya dapat melakukan perekaman video hingga 5 menit saja. Sehingga sangat kurang tepat apabila digunakan oleh para gamers.

5# Open Broadcaster Software atau OBS Studio

Bagi para YouTuber pastinya tidak asing lagi dengan software perekam layar laptop seperti OBS Studio atau seringkali dikenal dengan sebutan Open Broadcaster Software. Banyak sekali orang yang menggunakannya, baik itu youtuber pemula, bahkan sampai youtuber profesional. 

Para pembuat tutorial sekelas perusahaan pun banyak yang menggunakan software yang satu ini. Alasannya, karena kelebihan yang satu ini, yaitu terdapat berbagai pilihan sistem operasi seperti Mac OS, Linux, atau Windows.

Tampilannya juga cukup sederhana, sehingga bagi pemula dapat menggunakannya dengan mudah tanpa kebingungan. 

Kelebihan lainnya yaitu tersedia berbagai forum resmi dengan berbagai pilihan bahasa, proses pengembangan tergolong cepat, tersedia versi 64 bit maupun 32 bit, tampilan bisa diganti karena ada pilihan bagian menu tema, tersedia fitur streaming atau Live broadcast. 

Meskipun mempunyai banyak kelebihan seperti penjelasan di atas, namun masih ada beberapa kekurangan yang bisa dijumpai. Salah satunya yaitu untuk bahasa Indonesia belum tersedia, sehingga sedikit kebingungan ketika ingin menggunakan aplikasi ini.

Dari kelima aplikasi screen recording for pc di atas, mana yang paling cocok untuk project kamu ?

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel