List Komponen Komputer: Perangkat Keras, Lunak & Fungsinya

Cara kerja komputer mirip cara keja otak manusia dalam mengendalikan tubuh. Komputer terdiri dari komponen-komponen yang secara garis besar terbagi menjadi 2: hardware dan software. 

komponen komputer hardware software


Pada awal kemunculannya, komputer memiliki bentuk yang sangat besar, bahkan memakan tempat yang cukup banyak. Hampir segede almari pakaian.

Kini seiring perkembangan zaman memiliki bentuk yang kecil, bahkan bisa masuk kantong kita. Ya, karena pada dasarnya smartphone yang kita pakai termasuk komputer, dalam versi mini.

Keberadaan komputer ini sangat bermanfaat untuk memenuhi semua kebutuhan manusia. 

Banyak hal yang bisa kamu lakukan dengan memanfaatkan komputer. Seperti, bisa mengedit foto, menggambar, memutar video, analisis data, dan masih banyak lagi lainnya.

Pada dasarnya pekerjaan yang sebelumnya terasa berat, memanfaatkan komputer bisa lebih ringan. 

Apabila ingin menjalankan sebuah komputer maka dibutuhkanlah komponen komputer seperti perangkat keras (Hardware) dan perangkat lunak (Software). Dengan adanya dua perangkat ini maka komputer baru bisa berfungsi. 

Komputer terdiri dari perangkat keras (Hardware) dan perangkat lunak (Software)

Perangkat keras atau hardware merupakan salah satu bagian fisik dari sebuah komputer. Perangkat keras ini bisa raba dan dilihat karena berbentuk fisik. Perangkat keras ini juga sudah terbagi dengan beberapa bagian. 

Bagian-bagian hardware secara umum terdiri dari:

        A. Unit Pemrosesan

        B. Unit Penyimpanan

        C. Unit Masukan

        D. Unit Keluaran

        E. Casing

Selain hardware terdapat pula perangkat lunak atau software yang merupakan sebuah program yang berfungsi untuk mengatur fungsi kerja dari hardware. 

Software secara general terdiri dari :

        A. Operating System (Windows, Macintosh, Linux)

        B. Software-software seperti: Office, Photoshop, Coreldraw

Tentunya kedua komponen komputer di atas (hardware dan software) saling berkaitan agar bisa menjalankan fungsi komputer. 

Daftar Komponen Komputer, Perangkat Keras (Hardware) 

Perangkat keras merupakan komponen fisik dari komputer dan digunakan untuk menjalankan berbagai perintah yang diprogram. Jadi jelas bahwa komponen komputer ini bisa disentuh dan raba. 

Pada kesempatan kali ini akan dijelaskan mengenai beberapa komponen komputer perangkat keras yang perlu kamu ketahui. 

Penasaran? Silahkan simak penjelasannya berikut ini: 

A. Komponen Komputer Untuk Pemrosesan 

1# Processor/ CPU (Central Processing Unit)

hardware komputer cpu

Processor atau CPU merupakan perangkat keras yang memiliki peran yang sangat penting pada sistem kerja sebuah komputer. 

Bisa dikatakan kalau CPU ini adalah otak dari komputer. untuk menjalankan berbagai perintah yang diberikan oleh orang yang mengoperasikan. 

Dan berbicara processor atau CPU, merk terbesarnya adalah 2 ini: Intel dan AMD.

2# Motherboard

Motherboard merupakan papan sirkuit yang digunakan sebagai tempat berbagai komponen elektronik agar saling terhubung. 

Keberadaan motherboard ini akan menghubungkan komponen komputer satu dengan lainnya seperti processor, RAM, hardisk, kartu grafis dan lain-lain. 

3# RAM

Random Acces Memory (RAM) merupakan salah satu perangkat keras yang memiki peran penting sebagai tempat untuk penyimpanan data. 

Tapi bukan seperti hardisk ya, karena penyimpanan data ini bersifat sementara, yaitu saat pemrosesan data saja. Atau dengan kata lain, fungsinya sebagai penyimpan data saat komputer dioperasikan.

Kalau komputer di restart maka data tersebut hilang.

4# ROM

ROM merupakan salah satu perangkat keras berupa chip memori. ROM ini sendiri tidak sama dengan RAM walau memiliki kemiripan namun tetap berbeda. 

ROM menyimpan memori yang ada pada komputer yang sifatnya permanen. Tentunya semua data yang sudah tersimpan pada ROM maka tidak mudah hilang. 

Maka dari itu keberadaan ROM ini digunakan untuk menyimpan berbagai perangkat lunak yang memiliki hubungan dengan perangkat keras komputer. 

5# VGA/ GPU

VGA adalah hardware yang mengatur berapa tingkat resolusi kualitas gambar. Apabila spesifikasi VGA komputer kamu semakin besar maka kualitas gambar yang dihasilkan juga semakin bagus. 

Intinya fungsi VGA atau GPU adalah mengolah semua hal yang berhubungan dengan urusan grafis. So, sangat wajar jika program-program grafis perlu VGA/ GPU yang spesifikasinya juga tinggi.

6# Sound Card

Sound Card merupakan hardware yang memiliki fungsi untuk mengolah suara dan audio. 

Suara yang keluar dari headset dan speaker merupakan hasil kerja dari sound card. Perangkat ini terhubung pada komputer melalui slot PCI dan ISA. 

Saat ini demi memenuhi kebutuhan teknologi sudah ada sound card yang memiliki slot USB. Nah, sound card ini lebih sering dikenal sebagai sound card eksternal. 

B. Komponen Komputer Unit Penyimpanan 

1# Hardisk (HDD) dan SSD

Hardisk atau HDD merupakan salah satu perangkat keras pada komputer yang digunakan untuk penyimpanan data. Didalamnya terdapat piringan magnetis yang digunakan untuk memperbesar kapasitas data. 

Seiring perkembangan teknologi , kini sudah terdapat inovasi baru yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan para pengguna. Media penyimpanan komputer yang lebih canggih, inovasi baru dari HDD adalah SSD atau Solid State Drive. 

Sebelum ada SSD semua penyimpanan pada komputer masih menggunakan HDD. Tentu dengan adanya SSD ini pastinya menimbulkan rasa penasaran apa perbedaan antara HDD dan SSD? 

Perbedaan mencolok dari HDD dan SSD adalah SSD jelas harganya lebih mahal. Tapi dengan SSD komputer bekerja dengan lebih halus (tidak seberisik komputer yang pakai HDD). Juga dengan SSD komputer lebih dingin, tidak sepanas yang pakai HDD. SSD juga lebih tahan terhadap goncangan.

SSD ini merupakan media penyimpanan yang berbasis sirkuit dan sudah tersusun dari berbagai chip memori yang saling berkaitan tanpa ada piringan cakram. Sebenarnya fungsi komponen komputer HDD dan SSD ini sejatinya sama, namun cara kerjanya yang berbeda. 

Kalau HDD memanfaatkan perpaduan antara sistem elektrik dan mekanik untuk mendukung performanya. Sementara SSD ini mengandalkan sistem full elektrik dan tidak ada part yang bergerak. 

Merek-merek SSD terbaik yang bisa kamu pilih di pasaran (saat ini) seperti Samsung 970 Evo Plus, Crucial P1, Samsung 970 Pro, dan masih banyak lainnya. 

Jika budget kamu lebih minim, kamu bisa mencari HDD di pasaran dengan berbagai merek populer seperti Seagate Backup Plus Slim, Western Digital My Passport Ultra, SanDisk Extreme Portable External.

2# CD/DVD ROM

Perangkat keras selanjutnya yang tidak kalah pentingnya adalah CD ROM dan DVD ROM. Secara garis besar keduanya merupakan media yang digunakan pada komputer untuk bermain game, nonton film, musik dan lainnya. 

CD ROM merupakan sebuah media yang digunakan untuk membaca CD saja. CD ini memiliki 2 tipe yaitu ATA/IDE dengan kecepatan membaca 100 sampai 133 Mbps. Selanjutnya ada tipe SCSI yang memiliki kecepatan membaca sampai 150 Mbps. 

Kalau DVD ROM merupakan sebuah media yang digunakan untuk membaca data yang ada di CD/ DVD. Antara CD dan DVD tentu lebih bagus DVD, karena DVD memiliki kapasitas penyimpanan lebih besar. Kalau CD hanya 700 MB, sedangankan DVD 4 GB.

CD ROM dan DVD ROM ini memiliki perbedaan:

CD ROM hanya bisa membaca media penyimpanan  CD R dan CD RW. 

DVD ROM bisa membaca semuanya, baik ituCD R, CD RW, DVD R dan DVD RW.

Maksud R dan RW yaitu: R hanya bisa sekali di isi data, sedangkan RW bisa diisi, dihapus dan diisi lagi. 

C. Komponen Komputer Unit Masukan

1# Power Supply

Powers Supply atau PSU adalah sebuah komponen komputer yang memiliki fungsi untuk memberikan tegangan dan arus listrik untuk semua komponen komputer yang sudah terpasang di papan induk. 

Arus listrik yang dihasilkan oleh power Supply ini berupa arus AC yang selanjutnya diubah jadi arus DC. Kalau semua komponen perangkat keras sudah terpasang pada PC maka tidak bisa menerima arus AC tetap hanya menerima arus DC. 

2# Keyboard

Keyboard memiliki fungsi sebagai alat untuk memasukkan berbagai huruf, karakter, dan angka untuk melakukan perintah sesuai keinginan penggunanya. 

Keyboard pada umumnya menggunakan jenis QWERTY. Coba cek keyboard kamu, untuk tombol huruf, pasti tidak dimulai urut sesuai abjad (ABC…) tapi (QWERTY…) betul bukan ?

Selain itu ternyata ada jenis keyboard lainnya yang bisa kamu gunakan seperti keyboard KLOCKENBERG dan DVORAK. Namun kebanyakan keyboard yang digunakan ini QWERTY. 

3# Mouse

Mouse merupakan salah satu unit input yang digunakan untuk memindahkan pointer. Mouse ini sangat praktis dan biasanya akan disandingkan dengan keyboard. Saat ini sudah banyak sekali kita temui jenis dan varian mouse. 

Mouse ini ada yang menggunakan kabel dan tanpa menggunakan kabel. Tentunya kamu bisa memilih sesuai dengan kebutuhan kamu. Dan tentu yang tanpa kabel (wireless mouse) lebih mahal dibanding yang masih pakai kabel.

4# Lan Card dan Wlan Card

LAN (Local Area Network) merupakan jaringan komputer yang kemampuannya hanya mampu di wilayah kecil saja seperti pada suatu gedung dan kampus. Nah, dengan adanya LAN ini kamu bisa melakukan saling bertukar alat secara bersamaan. 

WLAN (Wireless Local Area Network) merupakan sebuah teknologi komunikasi data yang sudah tidak menggunakan kabel. WLAN ini menggunakan teknologi sinyal radio sehingga kamu sebagai pengguna tidak tergantung pada lokasi dan tempat. 

Teknologi WLAN ini akan memungkinkan kamu untuk membentuk jaringan komputer yang tidak bisa dijangkau dengan kabel. Pastinya lebih menguntungkan dibandingkan menggunakan LAN.

Kamu juga bisa baca : Semua Hal Tentang Jaringan Komputer 

D. Part Komputer Unit Keluaran 

1# Monitor

Monitor merupakan perangkat keras komputer yang berfungsi sebagai layar tampilan. Nah, apa yang tampil di layar ini merupakan hasil dari prosesing data dan informasi yang masuk, yang diolah CPU dan VGA kemudian ditampilkan di Monitor.

Monitor komputer ini memiliki beberapa jenis ukuran sehingga kamu bisa memilih sesuai dengan kebutuhan. Ukuran monitor dinyatakan dalam inch. Misal monitor 12 inch, 14 inch..dst.

2# Speaker

Speaker adalah perangkat keras yang berfungsi untuk merubah sinyal elektrik menjadi frekuensi suara. Hal ini bertujuan untuk memberikan getaran pada komponen membran. 

Nah, membran ini nantinya akan memberikan getaran pada udara dan menjadi gelombang audio sehingga bisa ditangkap oleh manusia. 

Kalau di manusia, speaker ini ibarat seperti mulutnya manusia.

E. Part-Part Komputer Unit Casing 

1# Casing

Pada perangkat komputer casing merupakan komponen yang berfungsi untuk melindungi semua perangkat yang ada di dalamnya. 

Tentunya dengan adanya casing komponen komputer seperti CPU tidak mudah kotor, berdebu, tidak khawatir terbentur dan konsleting listrik. 

Selain itu casing ini mampu memberikan nilai estetika lebih rapi dan elegan. Terlebih casing yang sudah dilengkapi dengan lampu LED dan tempered glass. 

Tentunya kamu sebagai pengguna juga merasa lebih puas terhadap komputer yang kamu miliki. 

2# Heat Sink (Kipas or Liquid cooler}

Ketika beroperasi, CPU akan menghasilkan panas sehingga membutuhkan pendinginan agar bisa bekerja dengan baik. Memang saat bekerja CPU akan merubah energi listrik menjadi energi panas sehingga sangat dibutuhkan pendinginan untuk mengatur suhu aman. 

Saat ini ada pendingin kipas dan pendingin cairan. Keduanya ini sebenarnya beroperasi dengan prinsip yang sama. Pendingin ini akan menyerap panas dan menjauhkan dari perangkat keras. 

Pendingin kipas bekerja dengan memisahkan panas dari IHS CPU dari pasta termal menuju pelat dasar konduktif. Nah, dari sinilah ada energi termal yang bergerak ke pipa panas yang sudah terpasang. Dalam hal ini panas bergerak dari heatsink yang letaknya lebih tinggi dari motherboard. 

Setelah itu ada lagi pendingin cairan untuk mendinginkan CPU. Prinsipnya mirip dengan pendingin udara. Cairan pendingin ini nantinya akan menyerap panas dari pelat dasar yang bergerak dari blok air. Cairan pendingin ini terus bergerak dari dua tabung menuju radiator. 

Sebenarnya kedua sistem pendingin ini sangat efektif ketika diterapkan dengan tepat. Namun keduanya memiliki kelebihan pada kondisi yang berbeda. Tentu kamu bisa memilih sesuai dengan kebutuhan. 

Perbedaan RAM, ROM dan Hardisk

Mungkin kamu agak sedikit bingung dengan fungsi RAM, ROM dan Hardisk. Untuk lebih memudahkan begini penjelasannya… 

Untuk ROM ini berfungsi sebagai tempat penyimpanan permanen dan sangat susah diotak atik pengguna komputer. Contohnya program BIOS pada komputer, ini disimpan dan diinstal di ROM. 

Untuk HP/ Smartphone, program yang diinstal di ROM ini berasal dari pabrikan, pengguna tidak bisa mengotak-atik lagi ROM ini. Karena sudah setingan pabrik.

Hardisk itu untuk penyimpanan data seperti file dan tempat program di instal. Misal kamu punya file musik, video, word..dll, itu disimpan di hardisk. 

Juga tempat untuk menginstal program/ software komputer. Misal seperti office, autocad, coreldraw..dll ketika kamu instal, itu tempat menginstallnya ada di hardisk.

Sedangkan RAM, itu tempat menyimpan data sementara. Berfungsi saat digunakan untuk menjalankan software atau aplikasi. 

Kalau diibaratkan, hardisk dan RAM itu seperti laci dan meja. Hardisk sebagai lacinya dan RAM sebagai mejanya. 

Kita menyimpan buku tulis di laci. Kemudian ketika kita ingin menulis, kita mengambil buku dari laci, menaruh buku di meja dan baru kita menulis di buku tersebut.

Sama juga dengan hardisk dan RAM. Misal kita punya file musik. Kita menyimpannya di hardisk, kemudian saat kita membukanya, kita putar file musik itu di software pemutar audio misal winamp. Nah saat memutar file musik ini dengan software winamp, maka yang bekerja adalah RAM.

Sofware - Komponen Komputer Perangkat Lunak

Tentunya setiap perangkat pasti harus memiliki memiliki sistem operasi yang nantinya akan memudahkan kamu dalam menggunakannya sehari-hari. 

Sistem operasi ini sebagai perangkat lunak utama memiliki peran penting dalam pengaturan semua sumber daya di perangkat komputer. Sebagai penghubung utama antara komponen utama seperti software tambahan, hardware, dan pengguna. 

Sistem operasi ini menjadi pengatur hardware, menjalankan perintah, mengatur software-software lain yang diinstal. 

A. Sistem Operasi/ Operating System (Software Utama)

komponen komputer software operating system

Pada kesempatan kali ini akan dijelaskan mengenai beberapa jenis-jenis sistem operasi pada komputer. Selengkapnya bisa simak penjelasan berikut ini: 

1# Sistem Operasi Windows

Sistem operasi Windows menjadi salah satu sistem yang paling banyak penggunanya di dunia. 

Sebenarnya windows ini hasil dari revolusi MS DOS yang awalnya hanya tulisan saja. Setelah sistem MS DOS berhenti, maka Microsoft mengeluarkan Windows. Dan hingga kini selalu menjadi pilihan banyak pengguna. 

Windows ini dipilih karena memiliki banyak kelebihan seperti lebih user friendly, proses instalasi lebih mudah dan tersedia banyak aplikasi. 

2# Macintosh/ Mac OS 

Macintosh atau Mac OS merupakan sistem operasi yang hanya bisa digunakan pada komputer Apple. Memang pengguna Mac OS ini lebih sedikit dibandingkan Windows. Mengingat produk Apple menjadi salah satu produk yang terkenal dengan harga yang mahal. 

Mac OS ini memiliki banyak kelebihan seperti lebih stabil, aman dari virus, tidak mudah diretas dan cocok untuk multimedia. 

3# Linux

Linux merupakan salah satu sistem operasi yang baru dikenalkan pada tahun 1991. Linux ini bersifat open source yang membuat kamu sebagai pengguna bisa bebas modifikasi dan distribusi tanpa harus lisensi. 

Mengingat Linux lebih fleksibel maka para pengguna sering memasang dan mengkonfigurasi untuk membangun sistem sendiri. Para pengguna Linux, kebanyakan mereka-mereka yang paham teknologi. 

B. Software- Software Lain Sesuai Kebutuhan

Software Office merupakan salah satu software umum yang sering digunakan untuk mengolah berbagai dokumen dan lainnya. Software office ini terdiri dari Word, Excel, Power Point, dan masih banyak lainnya. 

Selain itu ada banyak software lain sesuai jenis kebutuhan. Misal photoshop dan coreldraw untuk desain grafis. Autocad dan autodesk untuk gambar teknik. Dan software-software berbagai macam jenis game yang bisa diinstal di komputer. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel