Cara Cek IMEI iPhone: Resmi or Tidak, Asli or Palsu ?

Cara Cek IMEI iPhone: Resmi or Tidak, Asli or Palsu ?, Ini sangat penting terutama bagi kamu yang mau beli iPhone. Agar tidak dapat iPhone palsu. Atau asli tapi ilegal, barang BM (Black Market).

cara cek imei iphone
Cek IMEI iPhone Guna Memastikan Keaslian dan ke-resmi-annya
Sejak kemunculannya, iPhone menjadi rajanya smartphone. iPhone benar-benar merupakan cerminan dari karakter seorang Steve Jobs (sang founder).

Bisa dikatakan iPhone adalah gabungan dari science, teknologi dan seni yang terwujud dalam satu buah produk yang wow. Sama halnya dengan produk-produk keluaran Apple lainnya.

Selain kualitas teknis dan design iPhone yang di atas rata-rata, iPhone juga memberi dampak psikologis bagi pemiliknya. Ada semacam perasaan bangga, rasa menjadi manusia elit...dst.

Makanya wajar, para Apple fan boy rela berjejer antri (bahkan ada yang malanya rela tidur di depan toko ketika besok produk rilis) di setiap peluncuran seri terbaru.

Resiko iPhone Palsu or Ilegal

Kepopuleran iPhone dengan fan base-nya yang kuat seringkali dimanfaatkan oleh produsen dan penjual nakal. Yaitu dengan menjual produk palsu. Kadang juga mereka jual produk asli tapi secara ilegal masuk Indonesia (demi menghindari pajak). Yang sering kita kenal dengan barang BM.
Tentu sangat beresiko, jika kalian beli barang palsu. Apalagi barang BM. Karena smartphone BM sejak 18 April 2020 diblokir pemerintah. Tidak bisa digunakan, meski kamu lagi tajir pulsa.
Untuk itu sebelum beli iPhone, pastikan kamu hanya beli yang asli dan resmi. Selain beli dari toko resmi jaringan Apple, kamu juga harus memastikan keaslian dan ke-resmi-annya dengan cek IMEI iPhone.

Apa sih IMEI itu ? IMEI adalah....

Oya, omong-omong sebelum kita share bagaimana cara cek IMEI di iPhone, saya akan kasih tahu mengenai IMEI.

IMEI kependekan dari International Mobile Equipment Identity. Untuk term smartphone, IMEI adalah kode produksi dari sebuah smartphone.

Cara gampangnya, IMEI itu akta lahir sebuah ponsel. Jadi antara satu HP dan HP lainnya tidak mungkin nomor IMEI-nya sama.

Hanya saja IMEI dihitung dari slot SIM card. Jadi kalau ponsel kita punya 2 sim card, maka ada 2 buah IMEI di HP kita.

Berikut beberapa cara cek IMEI iPhone yang bisa kamu lakukan...

Cara Cek IMEI iPhone

Ada beberapa metode pengecekan IMEI iPhone. Di postingan ini akan saya urai 5 cara mengecek IMEI iPhone. Dan cara ini bisa dipakai untuk iPhone seri 3G sampai seri terakhir (per tulisan ini dibuat - April 2020).

Yuk langsung kita bahas satu persatu caranya...

1# Cek IMEI Lewat Sistem Pengaturan iPhone

Untuk cek IMEI bisa melalui sistem pengaturan yang ada di iPhone. Untuk caranya, ikuti step-step berikut ini...

Klik Settings > General > About > IMEI 

Untuk lebih jelasnya, bisa kamu lihat ilustrasi caranya seperti di bawah ini (perhatikan urutan langkahnya dari langkah 1 sampai 4 :

cara cek imei iphone - sistem settings 1

cara cek imei iphone - sistem settings 2
NOTE : 
Jika settingan bahasa di iPhone mu pakai bahasa Indonesia, maka tinggal menyesuaikan. Yaitu, Klik Pengaturan > Umum > Mengenai > Tampil nomor IMEI


2# Cara Cek IMEI iPhone Via iTunes

Cara lain untuk melihat IMEI iPhone bisa lewat iTunes. Berikut step-step nya....
  • Buka laptop Mac, kemudian sambungkan iPhone ke laptop Mac.
  • Setelah tersambung, buka iTunes
  • Di aplikasi iTunes, klik simbol ponsel
  • Pilih summary
  • Pilih phone number dan klik-klik phone number sampai muncul IMEI

Bisa lihat-lihat gambar berikut, untuk lebih jelasnya...

cara cek imei iphone - itunes


3# Mengecek IMEI iPhone Dengan Kode Dial Number

Selanjutnya kita juga dapat mengecek nomor IMEI melalui Dial Code. Untuk dial code, caranya dengan mengetik pada keypad iPhone  *#06# 


cek imei iphone dengan kode dial number


4# Cara Cek IMEI Dari Slot Sim Card

Lewat slot SIM Card, kita bisa mengecek IMEI iPhone. Ini berlaku untuk hampir semua versi iPhone. Dari mulai iPhone 3G hingga yang terbaru iPhone 11.

Cuma beda posisi saja letak nomor IMEI nya. Perhatikan gambar IMEI di slot sim card berikut...

nomor IMEI iPhone di Slot sim card

5# Mengecek IMEI iPhone Dari Dus Box-nya

Pada dus box iPhone kamu, sebetulnya juga ada nomor IMEI nya. Kamu bisa melihatnya di bagian belakang dus box.

imei iPhone di belakang dus box

Cara Cek iPhone Palsu atau Asli Dari No. IMEI

Sekarang, setelah tahu nomor IMEI iPhone kamu, kamu tinggal mengecek apakah IMEI yang tercantum di sistem setting (yg dicek dengan cara no.1) atau yang dicek lewat iTunes (cara no.2) sama dengan IMEI yang ada di slot sim card.

Jika ada perbedaan, maka bisa dipastikan iPhone kamu adalah palsu, tidak ori. Atau mungkin rekondisi.

Bagaimana Cara Cek IMEI iPhone Resmi atau Ilegal ?

Selain mengecek keaslian iPhone, kamu juga harus memastikan apakah iPhone kamu adalah iPhone resmi atau ilegal.

Maksud resmi di sini adalah masuk ke Indonesia lewat impor jalur yang dilegalkan pemerintah. Bukan lewat jalur selundupan atau black market (demi menghindari pajak).

Cek ke-resmi-an iPhone ini  PENTING SEKALI !!!
Pasalnya, setelah tanggal 18 April 2020, semua smartphone (termasuk iPhone), yang tidak resmi akan diblokir pemerintah. Tidak bisa dipakai telepon, SMS, internet.
Tapi ingat, ini untuk iPhone yang diaktifkan setelah tanggal 18 April 2020. Jadi, jika kamu beli iPhone bekas yang sudah aktif sebelum tanggal 18 April 2020, meski tidak resmi, masih diampuni oleh pemerintah. Masih bisa dipakai, tidak diblokir fungsinya.

Untuk mengecek resmi tidaknya iPhone, kamu bisa cek no IMEI nya di database Kemenperin (Kementrian Perindustrian).

Cari nomor IMEI iPhone kamu. Setelah tahu no IMEI nya, masukkan nomor IMEI tersebut di situs Kemenperin  https://imei.kemenperin.go.id/

Jika nomor IMEI terdaftar, maka iPhone bisa diaktifkan. Jika tidak, maka akan diblokir. Tidak bisa buat telepon, SMS, internetan. Kecuali internet pakai Wifi.


Di atas adalah contoh saya mengecek IMEI di situs Kemenperin. Dan Alhamdulillah HP saya resmi, karena statusnya IMEI terdaftar di database kemenperin.

Seperti inilah langkah-langkah cara cek IMEI iPhone untuk mengetahui apakah Asli atau Palsu, Resmi atau Tidak.

Semoga bisa membantu...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel