Jaringan Komputer: Pengertian, Manfaat dan Jenisnya

Belum tahu apa itu jaringan komputer ? Nih, misal..Empat sekawan Doni, Jodi, Didi dan Randi teman 1 kos. Mereka mau nge-game bareng Need for Speed Underground, game balapan mobil yang cukup populer pertengahan dekade 2000.

Game ini game offline, tapi mereka maunya main bareng pakai laptop masing-masing. Agar bisa maen bareng, tapi pakai masing-masing laptop, mereka harus menghubungkan laptop mereka. 

Akhirnya keempat sekawan tersebut menghubungkan laptop mereka dan nge-game bareng dengan masing-masing laptop. Komputer atau laptop yang terhubung antara satu dengan yang lain seperti ini, dinamakan Jaringan Komputer.

Selain bisa buat nge-game bareng, dengan laptop yang saling terhubung mereka bisa saling mengakses folder. Misal, si Doni bisa lihat folder-folder dan isi folder laptop si Jodi, Didi ataupun Randi. Begitu pula sebaliknya.


Lalu Apa Pengertian Jaringan Komputer ?

jaringan komputer

Setelah kamu membaca artikel pembuka dan melihat gambar di atas, kamu bisa menarik kesimpulan apa itu jaringan komputer bukan ?

Intinya yaitu: komputer yang saling terhubung antara satu dengan lainnya, sehingga bisa saling berbagi data ataupun resource. 

Internet yang sekarang sedang kamu nikmati (buat baca artikel ini) juga termasuk salah satu jenis jaringan komputer.

Untuk menghubungkan antara 1 komputer dan komputer lainnya, bisa menggunakan 2 cara: 

  1. Tanpa kabel. Yang juga sering disebut nirkabel atau wireless
  2. Jaringan dengan kabel. Wired Network.

Manfaat Jaringan Komputer

Saat menggunakan berbagai jenis perangkat elektronik, seperti saat ini. Baik itu pada suatu lembaga, organisasi, perusahaan maupun bidang lainnya pasti bisa merasakan manfaat dari penggunaan jaringan komputer.

Ada banyak sekali manfaat jaringan komputer yang bisa diperoleh, termasuk bagi kelangsungan hidup usaha/ bisnis/ kegiatan kantor, lembaga, organisasi ataupun perusahaan.

Untuk lebih jelasnya, berikut ini manfaat yang bisa diperoleh dari adanya jaringan komputer, diantaranya:

1. Bisa Berbagi Data Dengan Aman

Misal, indomart atau alfamart. Antara gerai indomart dan alfamart di dekat rumah kamu dengan gerai-gerai lain yang tersebar di seluruh Indonesia, itu memiliki jaringan komputer yang dikendalikan oleh kantor pusatnya.

Manfaatnya untuk mendistribusikan data-data. Misal data-data penjualan, data-data barang dan pengumuman-pengumuman kebijakan. 

Nah, biasanya hanya orang-orang tertentu yang diberi akses ke data-data tersebut dengan memberinya password.

Jadi mereka bisa mendistribusikan dan saling share data dengan aman, karena hanya orang-orang tertentu yang berkepentingan yang bisa melakukannya. Tidak sembarang orang bisa mengakses data-data perusahan.

2. Mempermudah untuk Berbagi Dokumen  

Jaringan juga lebih memudahkan bagi para masyarakat ketika ingin berbagi dokumen yang lebih aman. Caranya yaitu dengan menggunakan private email, sehingga tidak akan ada orang lain yang bisa mengetahui aktivitas perusahaan maupun organisasi. 

Setiap perusahaan memang mempunyai banyak dokumen maupun file penting yang harus dilihat antara divisi maupun bagian yang lainnya. Dengan adanya jaringan, maka proses berbagi menjadi lebih mudah dan cepat. 

Dengan demikian, maka pihak perusahaan tidak perlu membawa setumpuk dokumen untuk diserahkan ke client atau ke divisi. Biasanya untuk pengiriman pesan dapat dilakukan melalui surat elektronik atau yang lebih dikenal sebagai email. 

Ternyata fungsi dari email ini dapat dijadikan sebagai pengganti dari kartu pos. Melalui email, maka dapat mempersingkat waktu ketika kirim pesan, karena hanya cukup sekali klik, maka pesan sudah tersampaikan kepada penerimanya. 

3. Dapat Menggunakan Media Sosial 

Facebook, yang sekarang menjadi medsos paling populer di dunia, awalnya hanyalah jaringan komputer lokal, sebagai media sosial khusus untuk menghubungkan para mahasiswa di Harvard College.

Setelah melihat ada potensi luar biasa jika dikembangkan, barulah si Mark Zuckerberg dan tim nya mengelola Facebook hingga menjadi medsos raksasa seperti sekarang ini. Yang digunakan sekitar 2.5 miliar orang di dunia.

Kalau dahulu di awal hanya menggunakan jaringan komputer lokal untuk Universitas Harvard, sekarang (karena penggunanya dari seluruh dunia) Facebook menggunkan jaringan komputer berupa internet. Karena tentu sudah tidak mungkin lagi kalau Facebook untuk tetap menggunakan jaringan lokal.

4. Bermain Game Bareng (Mabar)

Jika kamu mau main bareng (Mabar) tentu kamu harus pakai jaringan komputer. Entah itu jaringan lokal (seperti contoh di awal: main bareng game offline antar teman kos-kosan) ataupun main bareng game online.

Bedanya kalau mabar online, yang kamu gunakan adalah jaringan komputer yang berupa internet. 

Apa Saja Jenis-Jenis Jaringan Komputer ?

Jaringan komputer atau seringkali disebut sebagai terminal komunikasi memang mempunyai berbagai jenis. Dan pembagian jenisnyapun dirinci berdasarkan kriteria atau kategori-kategori. 

Berikut ini lebih jelasnya:

A. Jenis Jaringan Berdasar Media Transmisi

Jenis jaringan berdasarkan media transmisi/ media penghubungnya ada 2, yaitu: 

1. Jaringan Komputer Nirkabel atau Wireless Network 

Wireless network tidak membutuhkan kabel sebagai media transmisinya. Hal ini dikarenakan pertukaran data atau informasi antar komputer hanya membutuhkan gelombang elektromagnetik saja. 

2. Jaringan Komputer Berkabel Atau Wired Network 

pengertian dari Wired Network yaitu jaringan yang membutuhkan kabel untuk dijadikan sebagai media transmisi datanya.

Sementara kabel tersebut mempunyai fungsi sebagai penghubung komputer dengan jenis komputer yang lainnya supaya komputer yang terhubung bisa saling bertukar data atau terhubung pada internet.

B. Jenis Jaringan Berdasar Jangkauan Geografis

Berdasarkan dari jangkauan geografisnya, jaringan pada komputer memiliki 3 jenis, diantaranya seperti berikut ini: 

1. Local Area Network (LAN)

LAN menjadi jaringan komputer yang hanya mencakup wilayah atau area yang kecil saja. Secara umum jenis jaringan LAN ini lebih banyak digunakan pada kantor, warnet maupun sekolah.

Sebagai contoh penggunaan printer di kantor. Di kantormu, misal ada 10 komputer. Namun untuk mengeprint cukup pakai 1 printer dipakai bareng-bareng.

Dengan adanya jaringan lokal atau LAN, kantormu tidak perlu menyediakan 10 printer untuk masing-masing komputer. Cukup menghubungkan tiap komputer ke printer tersebut. Jadi setiap komputer yang terhubung ke printer bisa menge-print. 

2. Metropolitan Area Network atau MAN 

Jaringan Metropolitan Area Network atau MAN ini menjadi jaringan komputer yang berada pada antar kota tertentu maupun dalam satu kota. Untuk kecepatan transfer datanya pun tergolong cukup tinggi. 

Hal ini dikarenakan jaringan MAN menghubungkan berbagai lokasi. Misalnya seperti pemerintahan, kampus, perkantoran, maupun yang lainnya. 

Misal di Jakarta, 1 universitas memiliki banyak kampus di berbagai lokasi. Sebagai contoh Universitas Gunadarma yang saat ini memiliki 9 kampus, Kampu A, B, C, D, E, F, G, H, J. Masing-masing kampus tersebut lokasinya berbeda-beda.

Data-data milik Universitas Guna Darma, bisa terdistribusi dan diakses oleh tiap-tiap kampus menggunakan jaringan MAN, Metropolitan Area Network.

3. Wide Area Network atau WAN 

Jenis jaringan komputer yang satu ini mempunyai jangkauan yang sangat luas, karena dapat mencangkup benua dan negara. Sementara media transmisinya yang seringkali digunakan yaitu berupa satelit maupun kabel bawah laut.

Internet yang kamu pakai sekarang termasuk dalam jenis WAN ini.

C. Jenis Jaringan Berdasar Fungsi 

Jika dilihat dari segi fungsinya, Terminal komunikasi mempunyai 2 jenis saja, diantaranya seperti berikut: 

1. Jaringan Client Service 

Jenis jaringan ini mempunyai fungsi untuk menjadi server, yang mana server inilah yang dapat mengatur dan mengontrol para pengguna komputer yang sudah terhubung di dalam jaringan tertentu. 

Pengguna dari komputer disebut sebagai client. Sementara kelebihan dari jaringan client server ini yaitu mempunyai pengelolaan jaringan dan akses yang jauh lebih cepat. 

Jaringan tersebut juga mempunyai fitur backup, dengan begitu keamanan dari data bisa lebih terjaminkan. Para pengguna tidak perlu merasa khawatir, karena data tidak bisa diambil orang lain, sebab keamanan jaringan client server tidak lagi diragukan. 

Misal jaringan yang dipakai di kantor kamu, ini menggunakan server. Yang mana si server ini bisa mengatur komputer-komputer lain yang terhubung dengan jaringan.

2. Jaringan Peer To Peer

Jaringan peer to peer ini hanya akan menjadi penghubung diantara dua komputer saja. tujuannya  agar dapat melakukan komunikasi secara langsung pada komputer yang lainnya tanpa harus menggunakan perantara. 

Berbicara mengenai biaya instalasi, untuk jaringan ini memang tergolong terjangkau karena hanya menggunakan kabel sebanyak 1 buah saja. 

Jadi misal kamu menghubungkan laptop kamu dengan laptop teman kamu, maka ini termasuk jenis jaringan peer to peer.

D. Jenis Jaringan Berdasar Distribusi Sumber Data

Jenis dari jaringan komputer berdasarkan dari distribusi Sumber data terdapat dua jenis diantaranya: 

1. Jaringan Terdistribusi 

Jenis jaringan yang terdiri beberapa komputer induk disebut sebagai jaringan komputer terdistribusi. Hal ini berbeda pada jenis jaringan terpusat karena di dalam jaringan terdistribusi seluruh host yang sudah terhubung di dalam jaringan dapat berperan sebagai komputer induk. 

Hal ini pun sebagaimana peran dari komputer induk pada jaringan pusat. Distribusi data yang terjadi di dalam jaringan komputer terdistribusi tidak hanya terdiri dari satu komputer induk atau server saja. 

Bahasa gampangnya, untuk jaringan terdistribusi, setiap komputer anggota bisa bertindak sebagai admin selayaknya anggota grup WA yang tiap anggota bisa berlaku sebagai admin. 

2. Jaringan Terpusat 

Pengertian dari jaringan terpusat yaitu jenis dari jaringan komputer yang terdiri dari komputer terminal dan komputer induk satu atau bahkan lebih. Komputer induk itu sendiri mempunyai fungsi sebagai sumber data sesuai yang dibutuhkan komputer. 

Peran dari komputer induk inilah sebagai penyimpan seluruh data-data atau program aplikasi yang mana kemudian akan didistribusikan melalui terminal komputer. Terminal komputer inilah yang berfungsi sebagai perantara pengguna dalam mengakses komputer induk.

E. Jenis Jaringan Berdasar Topologi

jenis topologi jaringan

Jika dilihat dari jenis jaringan berdasarkan topologinya, ternyata Terminal komunikasi ini terdapat 6 pembagian, yaitu: 

1. Topologi Star 

Topologi jaringan komputer Star adalah jaringan yang mempunyai node inti, terletak di bagian tengah dan berfungsi untuk menghubungkan node-node yang lainnya. 

Penggunaan dari tipologi Star bisa terus berjalan, walaupun terdapat kabel yang putus atau mengalami kerusakan. Dengan menggunakan jaringan topologi star inilah maka tidak mengganggu aktivitas dari jaringan yang lainnya.

Akan tetapi kekurangannya yaitu penggunaan yang jauh lebih ribet, karena penggunaan kabel yang terlalu banyak. 

2. Topologi Bus 

Topologi bus adalah jaringan komputer tertua diantara topologi yang lainnya. Namun mempunyai kinerja yang lebih sederhana jika dibandingkan dengan jenis topologi yang lainnya.

Penggunaannya pun sangatlah mudah, yaitu hanya membutuhkan satu kabel panjang saja, terminator pada bagian ujung kabel dan terminal. Dari segi penggunaannya, topologi bus ini dianggap jauh lebih praktis karena tidak membutuhkan banyak kabel yang bikin bengkak biaya. 

Namun sayangnya kekurangan yang dimiliki topologi bus ini yaitu jaringan akan ikut terputus apabila kabel rusak atau putus.

3. Topologi Ring 

Sesuai dengan namanya, bahwa bentuk dari rangkaian jaringan topologi ring ini mempunyai bentuk seperti cincin. Topologi ring dapat mengalirkan data yang jauh lebih mudah dan cepat saat digunakan. 

Tidak hanya itu saja, keuntungan jaringan ini adalah biaya yang dibutuhkan pun tergolong sangat terjangkau. 

Namun ada juga kekurangannya, yaitu apabila kabel terputus maka hal ini dapat mengganggu kinerja dari komputer. 

4. Topologi Mesh 

Penggabungan antara topologi ring dengan topologi star disebut sebagai topologi mesh. Kelebihan yang dimiliki yaitu jalur pengiriman yang sangat banyak, sehingga data bisa diproses lebih cepat. 

Namun sayangnya saat menggunakan topologi mesh ini Kamu harus mengeluarkan banyak biaya. 

5. Topologi Tree 

Jika kamu menggunakan topologi Tree ini maka bisa menciptakan data terpusat berdasarkan dari pembuatan manajemen data dan tingkatannya. 

Untuk proses pembuatannya pun juga lebih mudah. Namun perlu diketahui bahwa jenis topologi Tree masih berada dalam pengembangan server agar lebih luas lagi. 

6. Topologi Extended Star 

Jenis topologi yang terakhir ini merupakan hasil dari pengembangan topologi star.

Berbagai Macam Perangkat Untuk Membuat Jaringan Komputer

Perangkat untuk membuat suatu jaringan komputer sangat banyak, namun untuk masing-masing dari peran serta fungsinya tidak sama. Sementara perangkat jaringan saling mendukung antara kinerja satu dengan yang lainnya. 

Supaya bisa melihat kinerja dari masing-masing jaringan maka dibutuhkan pemantauan jaringan. Apabila terdapat satu perangkat yang tidak terhubung pada jaringan komputer, maka perangkat yang lainnya pun juga terganggu. sehingga tidak bisa berfungsi sebagaimana mestinya. 

Berikut ini perangkat jaringan komputer (minimal) yang perlu kamu ketahui sebagai pemula : 

1. Server

Server merupakan perangkat keras yang menyediakan service atau layanan terhadap komputer klien yang sudah terhubung dengannya. 

Biasanya komputer server ini sudah dibekali dengan spesifikasi yang tinggi sebagai profesornya. Misalnya seperti RAM 16GB yang dipadukan dengan Intel Xeon. 

Secara umum, komputer server mempunyai kegunaan sebagai penyedia data informasi yang hendak dikirimkan maupun disebarkan melalui jaringan. Cara kerjanya yaitu untuk seluruh data akan dihubungkan melalui jaringan sistem jaringan supaya dapat menuju ke komputer client. 

Supaya dapat mengurangi tingkat panas yang terdapat pada komputer server, disarankan bagi kamu untuk meletakkan server pada ruangan yang mempunyai sistem pendingin udara.

2. Modem 

Perangkat keras seperti modem ini dapat menjadikan PC atau komputer terkoneksi pada jaringan internet. 

Kamu bisa menemukan berbagai jenis modem di pasaran, karena untuk masing-masing perangkat modem mempunyai kualitas yang berbeda. 

Cara kerja dari modem yaitu menghantarkan perubahan data sinyal agar menjadi analog, selanjutnya kembali menjadi data sinyal digital. Dengan begitu maka komputer bisa dijalankan.

Pada saat mode memperoleh sinyal analog, maka secara otomatis merubah menjadi signal digital. Setelah itu menghantarkannya ke komputer. 

3. Router 

Fungsi dari router yaitu sebagai penghubung dua maupun lebih jaringan. Biasanya perangkat keras ini menghubungkan jaringan dengan topologi bus, topologi bintang, maupun topologi cincin. 

Seseorang yang menggunakan router maka bisa bertukar informasi maupun data. Router seringkali digunakan pada protokol jaringan router TCIP atau IP. 

Tidak hanya itu saja, karena untuk router juga menjadi server Access dan perangkat yang bisa menjadikan koneksi terhubung LAN ke bagian layanan telekomunikasi. Jenis router ini seringkali disebut sebagai Digital Subscriber Line atau router DSL.

4. WLAN Card atau LAN 

LAN Card bisa menghubungkan satu komputer ke bagian komputer yang lainnya. Akan tetapi untuk jenis jaringan komputer ini harus menghubungkan komputer menggunakan bantuan kabel terlebih dahulu. 

Cara kerja dari LAN card ini mengubah aliran data berbentuk paralel ke bentuk serial. Untuk melakukan fungsinya tersebut maka data dikirimkan melalui kabel UTP switch hardware yang mempunyai fungsi hampir sama seperti HUB. 

5. Switch

Jaringan lokal pada perangkat komputer yang lebih banyak disebut sebagai switch. Fungsi utama dari perangkat ini yaitu sebagai penerima sinyal, mengirimkan data jaringan server ke jaringan perangkat yang lainnya. 

Kelebihan dari switch ini lebih cerdas ketika membagi sinyal koneksi. Artinya bahwa switch ini bisa menjadikan beberapa komputer supaya memperoleh kecepatan internet yang setara.

Semoga penjelasan tentang jaringan komputer atau computer network di atas bisa kamu pahami.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel