Inilah Tipe-Tipe Visa Australia (Yang Populer di Indonesia)

Inilah Tipe-Tipe Visa Australia (Yang Populer di Indonesia) - Dijamin pengajuan Visa Australia kamu akan ditolak. Dan biaya pengajuan yang kurang lebih AUD 145 (contoh untuk visa subclass 600) akan melayang sia-sia.

Jika...

Ya. Jika kamu salah mengajukan tipe visa !

jenis tipe visa australia

Dan apesnya, jenis atau tipe Visa Australia itu ternyata buaanyak banged. Jumlahnya ada 70-an lebih. Tentu ini bisa bikin pusing para aplikan (jika tidak tahu), bagaimana cara memilih tipe Visa Australia yang sesuai dengan tujuan kunjungan mereka.

Nah jika kamu termasuk yang lagi berencana ngajuin Visa Australia, cek detail tipe-tipenya sebagaimana yang sebentar lagi akan dishare oleh blog ternama terkait dokumen resmi "PakarDokumen.com"... (jujur ini saya sekalian promosi ya).

Ini semua agar kamu tidak salah pilih tipe Visa Australia yang harus kamu ajukan. Sehingga kesalahan pemilihan tipe visa berujung pada penolakan alias pengajuan visa kamu di-reject.

Dan bukan hanya impianmu ke Australia akan melayang, biaya visa yang sudah kamu bayarkan juga menguap tak bersisa. Karena tidak ada istilah refund, baik itu visa disetujui maupun ditolak.

Mari kita langsung, di bawah ini tipe-tipe Australia yang biasanya orang Indonesia pakai.

Visa Australia - Tipe Visa Kunjungan

visa turis australia

Tipe visa kunjungan atau tipe subclass-600. Mungkin tipe visa Australia ini paling poluler dikalangan masayarakat Indonesia.

Tipe  ini masih dibagi lagi menjadi subclass-600 kunjungan wisata/ turis, subclass-600 kunjungan bisnis dan subclass-600 kunjungan dengan sponsor keluarga yang tinggal di Australia.

Visa Subclass 600 Kunjungan Turis

Visa ini ditujukan bagi mereka yang akan rekreasi dalam waktu singkat di Australia, atau mengunjungi kerabat atau teman. Masa berlaku visa ini minimal 3 bulan dan paling lama 12 bulan.

Untuk kasus tertentu bisa sampai setahun bahkan 3 tahun.

Visa Subclass 600 Kunjungan Bisnis

Visa ini diperuntukkan bagi kalian yang berkunjung ke Australia dalam rangka kegiatan bisnis.

Hanya saja yang kalian perhatikan, kegiatan bisnis dengan visa ini adalah kegiatan bisnis yang tidak menghasilkan uang, pengadaan barang ataupun jasa.

Contoh penggunaan visa ini adalah keperluan meeting dengan rekan bisnis di Australia, melakukan presentasi penawaran kerjasama bisnis kepada calon rekan usaha di Australia...Dll.

Visa Subclass 600 Kunjungan Keluarga Sebagai Sponsor

Jika kamu punya keluarga yang sudah menjadi warga tetap Australia, dan mengundangmu ke sana dengan dana dari keluarga kamu tersebut, maka kamu bisa menggunakan visa ini.

Visa Bekerja Sementara

Visa bekerja sementara ini terbagi 2, yaitu: Subclass 400 dan 403.

Visa subclass 400 yaitu visa kerja sementara untuk jenis pekerjaan dengan keterampilan spesial khusus yang membutuhkan skill tingkat tinggi.

Visa subclass 403 adalah visa kerja sementara karena ada hubungan kerjasama antara pemerintah Indonesia dengan Australia. Visa ini khusus bagi kamu yang dipekerjakan oleh pemerintah untuk suatu kegiatan di Australia atau sebagai agen perwakilan dari pemerintah RI.


Visa Transit - Subclass 771

Sesuai namanya, visa ini digunakan jika kamu ingin melakukan pelayaran atau penerbangan tetapi harus transit terlebih dahulu di Australia.

visa australia transit

Visa Australia Untuk Study

Sebelumnya Visa Australia untuk keperluan study terbagi menjadi 8 subclass. Namun mulai July 2016, pemerintah Australia menyederhanakan hanya ada 2 tipe Visa Australia untuk keperluan study atau belajar. Yaitu tipe subclass 500 dan 590.

Visa Subclass 500

Yaitu visa bagi pelajar yang akan belajar di Australia apapun bidang study/ jurusannya, apapun level jenjang pendidikan yang akan ditempuh.

Visa Subclass 590

Sedangkan Visa 590 yaitu visa yang diperuntukan bagi wali si pelajar itu sendiri.

Visa Berobat atau Perawatan Medis - Subclass 602

Seperti namanya, sudah mafhum bahwa visa ini diperuntukkan bagi mereka yang akan melakukan kunjungan ke Australia untuk keperluan berobat atau perawatan medis.

Visa Kerja di Australia

visa kerja di australia


Untuk bisa bekerja di Australia, ada 2 skema umum jenis visa yang bisa kamu dapatkan. Yaitu:

Visa Kerja Australia Dengan Point Test

Yaitu visa yang diberikan oleh pemerintah Australia untuk pekerja-pekerja terampil asing yang bekerja di Australia tanpa didukung atau disponsori pihak perusahaan.

Agar bisa memperoleh visa ini, pekerja harus bisa lulus tes yang diadakan pemerintah Australia. Tes inilah yang dinamakan dengan point test. Sehingga visa ini juga terkenal dengan sebutan visa point test. Visa point test ini sendiri masih dibagi-bagi lagi menjadi beberapa subclass.


Visa Kerja Australia Dengan Sponsor

Visa ini ditujukan bagi mereka, pekerja ahli yang ada di wilayah Australia atau di luar Australia tapi punya skill khusus yang dibutuhkan pihak Australia, sehingga pihak Australia menawari mereka pekerjaan lewat perusahaan Australi untuk bekerja di sana.

Visa kerja dengan sponsor ini juga masih dibagi-bagi lagi menjadi beberapa subclass.

Visa Bekerja dan Berlibur di Australia

Visa ini ditujukan untuk kamu yang ingin liburan di Australia sekaligus bekerja. Visa ini adalah bentuk kerja sama antara pemerintah RI dan Australia.

Persyaratan umum visa ini adalah untuk kamu yang usianya antara 18-31 tahun, belum pernah mengikuti program bekerja dan berlibur di Australia sebelumnya, pendidikan minimal setingkat perguruan tinggi atau minimal pernah 2 tahun kuliah.

Program ini menjadi salah satu favorit pemuda Indonesia. Karena dengan bekerja dan berlibur, mereka bisa tinggal liburan lebih lama di negeri kangguru ini.

Inilah tipe-tipe visa Australia yang populer untuk warga kita. Nah jika kamu ingin apply visa lainnya, ini saya akan memberi kunci, "trik" agar tidak salah memilih tipe yang nantinya kamu ajukan.

Tips Agar Tidak Salah Memilih Tipe Visa Australia (Penting !)

Sangat melelahkan dan menyita waktu jika kamu harus melihat satu-persatu jenis visa Australia. Kemudian setelah itu baru kamu pilih yang sekiranya cocok dengan tujuan kunjunganmu.

Untuk lebih menghemat waktu dan pikiran, plus kemungkinan tepatnya lebih tinggi, kamu tinggal cek kesesuain tipe visa kamu dengan tujuan kunjunganmu denga cara berikut...

Kunjungi laman imigrasi Australia dengan alamat berikut ini: 

https://immi.homeaffairs.gov.au/visas/getting-a-visa/visa-finder

Nanti akan muncul 7 kategori utama visa dan 1 kategori other visa, tampilan laman seperti di bawah ini...

menentuka tipe visa australia

Dari kategori di atas, silakan pilih salah satu yang menurutmu paling sesuai dengan tujuan kunjungan kamu ke Australia.

Setelah kamu pilih salah satu, selanjutnya akan muncul beberapa pertanyaan yang tinggal kamu jawab. 

Dari jawaban-jawaban yang kamu berikan, laman tersebut nantinya akan memilihkan visa yang palin cocok dengan tujuan kunjungan mu.

Ini berdasarkan jawaban-jawaban yang kamu berikan dari beberapa pertanyaan yang muncul.

Demikian itulah cara cepat dan tepat bagaimana menentukan tipe Visa Australia yang cocok dengan tujuan visit kamu. 

Untuk jenis tipe Australia secara lengkap, bisa langsung kamu cek di website imigrasi Australia di alamat...

https://immi.homeaffairs.gov.au/visas/getting-a-visa/visa-listing

Akhir kata, semoga info Visa Australia ini  membantu.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel