Cara Membuat Grafik di Excel Dengan 2 Data (Ternyata Mudah)


Cara Membuat Grafik di Excel Dengan 2 Data (Ternyata Mudah) - Ketika ada 2 jenis data dengan besaran yang berbeda dan akan dibuat grafik untuk membandingkan 2 data tersebut, maka cara membuat grafiknya tentu beda dengan 1 jenis data.

Sebagai contoh...
  • Membuat grafik untuk membandingkan data OMZET vs PROFIT dalam 1 tahun kalender penjualan.
  • Bikin grafik guna membandingkan data kalibrasi TIMBANGAN A vs TIMBANGAN B untuk tiap berat anak timbangan yang sama.
  • Buat grafik perbandingan jumlah LULUSAN SMA vs LAPANGAN KERJA dalam rentang waktu 2011-2019
Nah, untuk membuat grafik dengan 2 data yang satuannya berbeda, berikut ini akan saya jabarkan caranya di postingan ini.

Langkah-langkah cara membuat grafik di excel dengan 2 data berbeda jenis dalam artikel ini akan menggunakan data perbandingan OMZET vs PROFIT sebagai contoh kasusnya.

Contoh 2 Data Berbeda Jenis: OMZET dan PROFIT

Berikut ini 2 jenis data berbeda yang akan kita jadikan contoh untuk pembuatan grafik di excel. Sebut saja ONLEN SHOP bernama "Joni Kicau Berkah" yang menjual suplemen dan vitamin burung secara onlen.

Onlen shop "Joni Kicau Berkah" akan membandingkan data omzet vs profit selama rentang waktu 1 tahun kalender penjualan 2019. Di bawah ini datanya...

Cara Membuat Grafik di Excel Dengan 2 Data-CONTOH

Dari contoh 2 data yang berbeda (omzet VS profit), akan kita buat grafik excelnya. Grafik yang akan kita pakai di sini sebagai contoh adalah grafil dalam bentuk garis atau Chart Line.

Step by Step Cara Membuat Grafik di Excel Dengan 2 Data 

STEP-1 Blok Semua Data
Blok semua data (termasuk month, omzet dan profit). Dalam contoh ini blok dari Cell B5 sampai D17 (lihat gambar di bawah).


Cara Membuat Grafik di Excel Dengan 2 Data


STEP-2 Bikin Grafik Garis (Chart Line)
Untuk membuat grafiknya, ikuti langkah-langkah di bawah ini...

Klik INSERT > Klik Gambar Grafik Garis  > Pilih Salah Satu Model Grafik Garis



Sekarang sudah jadi grafik excel dengan 2 data.

Pada grafik di atas, data di sumbu vertikal yang tampak hanya data Omzet. Untuk mempercantik tampilan dan agar grafik lebih mudah dipahami, sumbu vertikal data profit juga sebaiknya ditampilkan.

Sehingga dalam 1 grafik muncul 2 data pada sumbu vertikal.

Langkah-langkahnya sebagai berikut...

Select/ Klik kiri mouse pada grafik profit (warna orange) > Klik kanan > Format Data Series > Secondary Axis

Nah, sekarang lihat gambar grafik di atas ! muncul dua sumbu unuk 2 data, Omzet dan Profit.

STEP 3 - Tulis Judul Grafik
Untuk caranya...

Klik kiri mouse pada Chart Title > Ganti tulisan Chart Title dengan tulisan sesuai judul data yaitu: Data Penjualan 2019 - Joni Kicau Berkah. Hasilnya seperti di bawah..



Mau Bikin Grafik Excel 2 Data dengan model lain ?

Jika kamu ingin membuat model grafik berbeda, misal grafik diagram batang (column chart), caranya sama. Hanya saja di STEP-2 yang kamu pilih bukan grafik garis tapi grafik diagram batang (column chart).

Namun sebagai catatan, untuk menampilkan 2 sumbu data dalam 1 grafik pada diagram batang, maka diagram batang akan saling menumpuk. Sehingga kadang 1 grafik batang yang lain tidak tampak, karena tertumpuk.

Solusi terbaik adalah membuat grafik dengan model combo. Yaitu, dalam 1 sheet grafik ada 2 model grafik. Dalam contoh kasus ini, misal data omzet (diagram batang) dan data profit (grafik garis).


Beginilah para pemirsaah..cara membuat grafik di excel dengan 2 data yang berbeda jenis.

Simak artikel lain tentang editing dokumen dan data di blog PakarDokumen.com, Blog paling lengkap dan akurat membahas dokumen resmi (Visa, Paspor, STNK-SIM-BPKB) dan pengolahan dokumen.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel