Visa Australia, Panduan Detail (Persyaratan+Cara Daftar) Online or Offline

Visa Australia, Panduan Detail (Syarat+Cara Daftar) Online or Offline - Hallooo bro and sis, selamat datang di blog PakarDokumen.com. Blog paling akurat dan update membahas dokumen-dokumen resmi.

visa australia

Kali ini kami mau share cara apply Visa Australia. Oke, langsung saja simak di postingan ini bagaimana cara apply Visa Australia sendiri, jadi bukan melalui travelagent atau biro jasa.

Bagi kalian yang belum pernah membuat Visa Australia, untuk apply visa tidak dilakukan di Kedutaan Besar, layaknya negara-negara lain pada umumnya. Tetapi kalian harus datang ke kantor perwakilan/ agency resmi yang ditunjuk pemerintah Australia untuk pengurusan visa yang bernama VFS Global.

Membuat Visa Australia Lewat VFS Global

visa australia - daftar vfs global

Kalian bisa cek VFS Global melalui website dengan alamat www.vfsglobal.com. Selain Australia, ada beberapa negara lainny yang pengurusan visanya juga di urus melalui VFS Global ini.

Untuk membuat permohonan Visa Australia lewat VFS Global, kalian bisa  melalui 2 cara, Yaitu:
  1. By of appointment atau dengan perjanjian terlebih dahulu. Jadi kalian sudah Buat janji terlebih dahulu bahwa kalian akan datang untuk apply visa tersebut.
  2. By walk-in atau kalian langsung datang ke VFS Global tanpa janji temu terlebih dahulu. 

Sebelumnya siapkan semua berkas persyaratan dengan lengkap. Semua berkas persyaratan disiapkan dalam bentuk asli juga fotokopiannya. Kemudian bawa berkas yang sudah lengkap tadi ke kantor VFS Global.


Lokasi VFS Global (Tempat Apply Visa Australia) di Indonesia

Lokasi kantor VFS Global ada di Jakarta dan Denpasar-Bali. Untuk yang di Jakarta, alamatnya di Mall Kuningan City, Lantai 2, Jakarta Selatan.

Sedang yang di Denpasar beralamat di Benoa Square, Lantai No.3 – Kedonganan, Kuta Bali.


Jam Operasional Pembuatan Visa Australia

Layanan operasional pembuatan Visa Australia di VFS Global, mulai Senin – Jum’at: Pukul 08.30 – 16.00. Dengan rincian jadwal layanan sebagai berikut:
  • Penyerahan permohonan pembuatan visa by appointment (janji temu): Pukul 08.30-16.00
  • Penyerahan permohonan visa walk in (tanpa janji temu): Pukul 08.30-16.00
  • Waktu janji prioritas (khusus di luar jam layanan resmi): Pukul 16.00-18.00
  • Pengambilan hasil pengajuan visa bagi travel agent:Pukul 08.30-12.00
  • Pengambilan hasil pengajuan visa bagi individu: Pukul 14.00-16.00


Langkah-Langkah Apply Visa Australia Melalui VFS Global

Datang ke kantor VFS Global, bisa dengan cara janji temu atau tanpa janji temu. Yang jelas jika dengan janji temu, kita lebih enak bisa datang sesui waktu yang ditentukan tidak harus nunggu antri lama (kalau ternyata lagi banyak permohonan visa).

Sesampai di kantor VFS Global, kita akan ditanya oleh bagian security. Pertanyaannya dua hal:
  1. Daftar Visa Australia by appointment atau walk in ?
  2. Daftar sebagai individu atau sebagai travel agent ?

Setelah itu kita akan diberi nomor antrian atau tiket sesuai dengan jawaban kita. Karena tiket atau nomor antrian yang by appointment dan walk-in dibedakan. Juga ruangan/ loket pendaftaran bagi individu dan travel agent dibedakan.

Selanjutnya masuk ke ruangan dan terus kita akan diarahkan ke ruangan yang bagian negara Australia. Di sana ada banyak meja, sekitar ada 10-15 loket meja pelayanan.  Sehingga dengan peng-antri yang cukup banyakpun kita tidak terlalu menunggu lama. Mungkin sekitar 45 menit hingga 1 jam kita sudah dilayani.

Setelah nama kita dipanggil, kita serahkan berkas-berkas persyaratannya dan si petuga akan segera mengecek semua kelengkapan berkas kita.

Mereka mengecek apakah dokumen sudah lengkapa, apakah data kita yang ada di dokumen aslinya sudah sesuai dengan  foto copynya, apakah penulisan nama kita di dokumen satu dengan dokumen yang lain sudah sama, apakah dokumen-dokumen sudah sesuai dengan ketentuan.

Memang untuk dokumen persyaratan Visa Australia itu sangat banyak. Di mana dokumen persyaratan terbagi menjadi 2, yaitu: Required Document dan Recommended Document.

Yang required tentu harus ada, kalau tidak ada pasti pengajuan visa kamu ditolak. Sedang yang recommended siapkan sebanyak-banyaknya, semakin banyak dokumen pendukung semakin besar peluang visa kamu disetujui.

Ingat ya, semua dokumen asli harus disertai dengan fotokopiannya. Jika kalian lupa fotokopi salah satu dokumen, di VFS Global, di luar ruangan pengajuan visa juga terdapat fasilitas servis yang berisi seperti jasa fotokopi, jasa foto dan jasa print yang dilengkapi dengan internet.

Ya memang harga foto, biaya fotokopi dan ongkos nge-print di situ lebih mahal. Tapi ya kalau lagi butuh, daripada cari-cari jauh di luar mendingan di situ.

Setelah semua berkas syarat-syarat Visa Australia sudah dicek sama petugas,  lalu kita akan diarahkan ke loket pembayaran. Yang perlu kalian perhatikan, untuk bayar mereka hanya terima pembayaran cash atau pakai credit card. Kita tidak bisa pakai kartu debit.

Sebelum membayar kita dikasih nomor antrian kecil. Kemudian kita tunggu di kursi antrian depan kasir. Setelah kita dipanggil, baru kita mendatangi kasir dan melakukan pembayaran.
Untuk biaya pembuatan Visa Australia tipe kunjungan (Kunjungan turis dan bisnis) sebesar 145 Dollar Australia. Plus fee layanan untuk VFS Global sebesar 200 ribuan.

Setelah melakukan pembayaran, petugas kasir akan memberi kita struk bukti bayar. Di struk bukti bayar ini ada nomor resi pengajuan visa kita.

Nomor resi ini bisa kita gunakan untuk mengecek status proses pengajuan visa kita sudah sampai mana. Mengeceknya dengan memasukkan nomor resi di kolom cek visa yang tersedia di website VFS Global.

Kira-kira proses menunggu hasil pengajuan permohonan Visa Australia adalah 5 hari kerja. Pemberitahuan apakah visa kamu di-reject atau disetujui (granted) dikirim via email yang sudah kita cantumkan di formulir pendaftaran visa.

Jika hasil status visa kita adalah GRANTED alias disetujui, kita akan menerima 4 lembar keterangan-keterangan tambahan dari kedutaan besar Australia. Isinya seputar apa-apa saja yang nanti harus di bawa ke Australia dan peraturan bea-cukai dan imigrasi Australia.

Jika dalam 5 hari kerja (atau seminggu) kita belum menerima balasan email tentang hasil pengajuan visa, kita tidak usah khawatir. Karena secara resmi, proses pengajuan visa bisa memakan waktu hingga 14 hari kerja.

Membuat Visa Australia Online

visa australia - via online

Selain melalui VFS Global, kamu juga bisa membuat Visa Australia secara online. Berikut tipe-tipe Visa Australia yang bisa dilakukan secara online.

Tipe-Tipe Visa Australia yang Bisa Apply Via Online bagi warga Indonesia

  • Visa Australia untuk tujuan bekerja dan berlibur, Visa ini dilabeli Subclass 462 
  • Visa Australia untuk keperluan Medical Treatment (Visa Perawatan Medis), berlabel Subclass 602 
  • Visa Australia untuk transit dari perjalanan laut (pelayaran) atau udara (penerbangan), label visa ini Subclass 771
  • Visa Australia tipe kunjungan, Subclass 600 – Visa Subclass 600 baik untuk keperluan kunjungan wisata atau turis, kunjungan bisnis, kunjungan dengan dana sponsor keluarga.

Cara Pengajuan Permohonan Visa Australia Online

  • Buka situs imigrasi pemerintah Australia di laman https://online.immi.gov.au/lusc/login
  • Buat akun di laman tersebut. Setelah itu kamu login.
  • Klik menu New Application, pilih visa yang sesuai dengan keperluan kunjungan.
  • Isi lengkap formulir dengan data-data yang diminta. Formulirnya sangat banyak (untuk ukuran pengajuan visa), hingga 20 lembar. So…tenang dan sabar ya saat mengisi. Bagi yang sudah terbiasa (kayak tukang biro jasa) bisa selesai sekitar 40an menit. Tapi bagi kamu yang baru mungkin bisa makan waktu hingga 3 jam. Terutama yang bahasa Inggrisnya ngandelin translate-an syaikh google.
  • Upload berkas dokumen yang diminta. Baik dokumen REQUIRED ataupun RECOMMENDED. Semakin banyak dokumen RECOMMENDED yang kamu upload semakin besar peluang visamu disetujui.
  • Setelah semuanya kamu isi dan upload, selanjutnya pilih menu PAYMENT. Lakukan pembayaran menggunakan credit card/ kartu kredit. Biayanya bervariasi tergantu tipe visa yang kamu ajukan. Untuk tipe visa subclass 600 (kunjungan turis, bisnis atau sponsor keluarga) sebesar AUD 145. 
  • Tunggu  sekitar 3- 5 hari (meski di website tercantum, lama proses 19-27 hari), nanti kamu akan mendapat balasan email apakah visa disetujui atau ditolak.

Apa Saja Persyaratan Visa Australia ?

visa australia - berkas persyaratan

Untuk Visa Australia, baik daftar lewat VFS Global atau secara online, persyaratan sama saja. Yang membedakan cuma 3 hal ini:
  1. Pengajuan visa lewat VFS Formulir yang sudah diisi harus diprint out dan bersama dengan dokumen lain diserahkan ke VFS Global. Sedang jika lewat online, formulir langsung diisi secara online.
  2. Pengajuan Visa Australia online, berkas persyaratan dalam bentuk scan pdf atau beberapa dalam bentuk jpg (seperti foto bisa pakai file pdf atau jpg). Untuk pengajuan lewat VFS Global dokumen harus asli + fotokopi untuk setiap dokumen.
  3. Biaya lewat VFS Global lebih mahal sekitar Rp.200 ribuan. Ini sebagai fee service pihak VFS.

Berikut semua berkas persyaratan permohonan Visa Australia baik online maupun offline (VFS Global):
  • Paspor yang masih lama expirednya, harus di atas 6 bulan dari tanggal expired.
  • E-KTP, Akte Lahir dan Surat Nikah (jika single, maka tidak perlu).
  • KK (Kartu Keluarga)
  • Pas foto size 35x45 mm.
  • Berkas-berkas terkait keuangan, ada 3 yang wajib: Slip gaji (3 bulan terakhir), Surat referensi Bank dan rekening koran (3 bulan terakhir)
  • Surat keterangan kerja (pakai bahasa Inggris) harus pakai kop perusahaan. Bagi pemilik bisnis, pakai SIUP dan NPWP.
  • Surat undangan dari pihak yang berada di Australia (bagi kunjungan bisnis, ini wajib). Bagi tujuan wisata atau turis tidak wajib, tapi dengan adanya surat ini sangat membantu memudahkan visamu disetujui.
  • Bukti pemesanan hotel (cari yang pembayarannya bisa dilakukan saat di sana). Ini biar kalau visa kamu ditolak kamu tidak kehilangan biaya hotel.
  • Jadwal perjalanan, rencana perjalanan selama nanti berada di negeri kangguru.
  • Surat resmi bukti kepemilikan aset seperti sertifikat tanah, surat kepemilikan logam mulia, BPKB kendaraan.
  • Formulir pengajuan visa.

Ingat ya mas gan, mbak sist...diterima tidaknya pengajuan Visa Australia, sama sekali bukan ditentukan oleh tingkat ke-tamvan-nan atau ke-cantiq-kan kamu. Tapi seberapa lengkap dan akurat dirimu dalam memenuhi persyaratan dan ketentuan.

Demikianlah panduan lengkap dan detail bagaimana mengajukan permohonan Visa Australia lewat VFS Global maupun online. Selamat berlibur di Negeri Kangguru !

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel