Cara Membuat Daftar Pustaka + CONTOH-CONTOH

Cara Membuat Daftar Pustaka + CONTOH-CONTOH  - Mengapa, apa sih perlunya kita membuat daftar pustaka ? Seberapa penting kita mencantumkan referensi penulisan di daftar pustaka ?

cara membuat daftar pustaka


Ya..salah satu prinsip yang selalu diikuti oleh penulis utama blog ini (Agan Dores, red) adalah selalu mulai sesuatu dari "Why". Untuk setiap hal, hampir selalu saya tanyakan..

Mengapa ?

Buat Apa ?

Apa pentingnya ?

Apa alasannya ?

Termasuk urusan daftar pustaka ini. Jadi apa sih fungsi dari Daftar pustaka itu sendiri ?

Di artikel ini akan saya ungkap secara lengkap semua hal tentang daftar pustaka. Dari mulai pengertian, gaya-gaya penulisan daftar pustaka, aturan penulisan daftar pustaka.

Dan di akhir artikel saya kasi contoh-contoh daftar pustaka, yang bisa jadi bahan inspirasi kalian dalam pembuatan daftar pustaka.

0# Pengertian Daftar Pustaka dan Fungsinya

Lihat gambar berikut ini...

cara membuat daftar pustaka - contoh

Seperti itulah yang dimaksud dengan daftar pustaka. Jadi yang namanya daftar pustaka itu adalah sebuah daftar yang berisi sejumlah referensi atau rujukan yang digunakan untuk suatu karya tulis.

Terutama karya ilmiah, untuk penulisannya tidak boleh asal tulis. Misal ada teori-teori atau data-data penelitian terkait dengan karya tulis tersebut, harus merujuk dari sumber-sumber yang valid, yang terbukti kredibilitasnya.

Misal kita akan membuat karya tulis dengan tema peningkatan omzet UKM kabupaten Cirebon dengan menggunakan digital marketing. Terus dalam karya tulis tersebut kita menampilkan data-data terkait UKM.

Data-data terkait UKM yang kita cantumkan tersebut harus ada sumbernya dari mana. Misal bersumber dari Dinas UMKM & Koperasi Kabupaten Cirebon.

Nah sumber rujukan itu nantinya harus kita masukkan ke dalam daftar pustaka bersama dengan sumber-sumber referensi lainnya.

Selain untuk menunjukkan kredibilitas karya tulis kita, daftar pustaka juga sebagai bentuk penghargaan kepada sumber referensi yang kita ambil datanya atau kita kutip beberapa tulisannya. Sehingga kita terbebas dari yang namanya plagiarism atau tukang plagiat.

Misal di karya tulis kita ada sejumlah foto-foto atau gambar yang berasal dari orang lain, maka kita harus mencantumkan sumber asli dari gambar tersebut. Atau bisa juga kita meminta ijin dari si pemilik gambar. Untuk menampilkan sumber rujukan, kita bisa mencantumkan sumber referensi tersebut di dalam daftar pustaka.

Jadi kesimpulannya, fungsi penting adanya daftar pustaka itu ada 2:
  1. Menjaga kredibilitas tulisan kita, dengan menunjukkan bahwa tulisan kita merujuk ke sumber terpercaya yang terdaftar di daftar pustaka.
  2. Menghindari adanya tuduhan plagiarisme, karena kita menggunakan karya pihak lain tanpa menyebutkan sumbernya.

Jika kalian saat ini sedang bikin sebuah karya tulis, mungkin itu skripsi, jurnal ataupun buku, maka wajib bagi kalian untuk menyiapkan halaman daftar pustaka. Yang biasanya diletakkan di halaman bagian akhir dari sebuah karya tulis ilmiah ataupun buku.

Format penulisan daftar pustaka tidak sembarangan. Ada aturannya. Berikut ini tata cara penulisan daftar pustaka atau referensi dari berbagai sumber.

1# Tata Cara Membuat Daftar Pustaka Dari Jurnal

Yang namanya jurnal sendiri terbagi 2, yaitu: Jurnal Cetak dan Jurnal Online. Masing-masing tentu beda cara menuliskan daftar pustakanya.

Jurnal biasanya digunakan untuk sumber referensi penulisan karya tulis ilmia seperti thesis, skripsi ataupun jurnal itu sendiri.

Penulisan daftar pustaka dari jurnal umumnya mengikuti 2 model baku, yaitu model APA dan MLA. Sekilas tentang keduanya...

APA (American Psychological Association), seperti namanya, standar penulisan daftar pustaka mengikuti gaya yang diterbitkan oleh asosiasi psikologi Amerika ini.

MLA (Modern Language Association), lembaga ini juga sama-sama berasal dari Amerika.

Cara Membuat Daftar Pustaka Dari Jurnal - Standar APA

Format penulisan daftar pustaka - standar APA: Nama Terakhir, Inisial. (Tahun). Judul Artikel. Nama Jurnal, Volume(edisi bila ada), Range Halaman. https://doi.org/yyyy (bila ada)

Maksud dari doi dari https://doi.org/yyyy adalah Digital Object Identifier. Karena beberapa jurnal ada yang punya DOI dan ada yang tidak.

Contoh Daftar Pustaka Dari Jurnal - APA Style

Berikut ini beberapa contoh penulisan daftar pustaka APA Style mulai dari 1 penulis dan 2 penulis lebih...

Contoh Daftar Pustaka Jurnal 1 Penulis

contoh daftar pustaka - gaya APA 2
Contoh Daftar Pustaka Jurnal 2 Penulis
contoh daftar pustaka - gaya APA 3
Contoh Daftar Pustaka Jurnal 4 Penulis

Cara Menulis Daftar Pustaka Jurnal - Standar MLA

Dibanding APA Style, MLA tentu lebih simpel, ga ribet. Berikut ini formatnya...

Format Daftar Pustaka MLA Style: Nama Terakhir, Nama Pertama."Judul artikel". Nama Jurnal Volume.edisi(Tahun publikasi):Media Penerbitan (cetak/online).

Langsung kita lihat beberapa contohnya...

daftar pustaka mla style 1 penulis
Daftar Pustaka 1 Penulis
daftar pustaka mla style 2 penulis
Daftar Pustaka MLA Standar - 2 Penulis
Daftar Pustaka Jurnal Gaya MLA - 3 Penulis Lebih
Daftar Pustaka Jurnal Gaya MLA - 3 Penulis Lebih

2# Cara Bikin Daftar Pustaka Sumber Dari Internet (Website)

Tak berbeda dari sumber jurnal, cara menulis daftar pustaka dari internet kali ini akan menggunakan 2 format. Yaitu, Standar APA dan MLA.

Format Penulisan Daftar Pustaka Dari Website - Standar APA

Nama Website. Tanggal Posting Artikel. Judul Artikel. Waktu Akses. URL Website
Contoh...

PakarDokumen.com. (2020, 25 April). Cara Membuat Daftar Pustaka Dari Berbagai Sumber. Diakses pada 20 Juni 2020, dari https://www.pakardokumen.com/cara-membuat-daftar-pustaka


Format Daftar Pustaka Dari Website - Standar MLA

Judul Artikel. Nama Situs. Tanggal Artikel Diposting. Waktu Akses. URL Situs 
Contoh...

Cara Membuat Kaya Raya Dengan Rebahan. PakarDokumen.com. (2020, 21 April). Diakses pada 21 Juli 2020, dari https://www.pakardokumen.com/format-daftar-pustaka-dari-blog


3# Bagaimana Cara Menulis Daftar Pustaka Dari Buku

Format penulisan daftar pustaka dengan sumber dari sebuah buku sebagai berikut..
Nama Terakhir, Nama Awal. Tahun Terbit. Judul Buku (Ditulis Miring): Tempat Terbit (Nama Kota). Nama Penerbit.
Untuk contoh penulisannya seperti di bawah ini...

Handoyo, Mohamad Rusdi. 2009. Teknik Pemrograman Komputer Bahasa C. Cirebon: Pakar Dokumen Publishing Company.

4# Membuat Daftar Pustaka Yang Baik Dan Benar Dari Makalah

Bagi kalian yang belum tahu, membuat daftar pustaka dari makalah itu berbeda dengan daftar pustaka dari buku. Hal yang mencolok adalah, penulisan nama di daftar pustaka dengan sumber dari makalah tidak dibalik.

Untuk lengkap formatnya seperti ini...
Nama. Tahun. Judul Makalah. Makalah
Biar lebih gampang, contohnya bisa kamu contek...

Agan Dores. 2020. Tips Mudah Maintenance Komputer. Makalah 

Perlu kamu ingat, di setiap akhir selalu cantumkan kata "Makalah". Seperti contoh di atas. Ini menunjukkan bahwa sumber daftar pustaka dari makalah. Bukan dari buku.

5# Cara Membuat Daftar Pustaka Dari Artikel Blog

Sebetulnya antara blog, situs, website itu beda-beda tipis. Jadi untuk format penulisan daftar pustaka yang bersumber dari blog sama dengan sumber website.

Jadi...baik format ataupun contohnya, bisa kamu lihat lagi di nomor 2. Yang membahas tata cara membuat daftar pustaka dengan sumber dari internet atau website.

6# Penulisan Daftar Pustaka Dari Modul Kuliah

Penulisan daftar pustaka dari modul kuliah tak jauh beda (bahkan sama persis dengan penulisan dari buku). Hanya saja kadang modul kuliah tidak tercantum nama penerbitnya. Sehingga yang ditulis adalah nama universitas atau kampus yang mengeluarkan modul tersebut.

Untuk formatnya seperti berikut...
Nama Terakhir, Nama Depan. Tahun Penerbitan. Judul Modul Kuliah (tulis miring ya..). Kota Tempat Terbit: Nama Universitas/ Kampus.
sebagai contoh...

Al-Cireboni, Ahmad Miftah. 2019. Modul Mata Kuliah Digital Marketing. Cirebon: Cirebon Institute of Technology.


7# Membuat Daftar Pustaka Di Ms Word Secara Otomatis

Nah, setelah kamu-kamu sekalian tahu bagaimana format daftar pustaka dari berbagai sumber, saatnya kamu membuatnya di MS Word.

Agar tidak capek, saya akan berikan caranya yang otomatis. Di mana, selain ga bikin capek, juga dijamin ke-tepatan-nya. Alias, pasti baik dan benar hasilnya.

Karena tinggal kamu input data-data sumber daftar pustaka, maka si MS Word ini akan secara otomatis yang menyusun formatnya. Selain itu juga akan mengurutkan otomatis sesuai urutan abjad.

Yuk kita liat caranya...

Pertama, Buka lembar kerja MS Word/ halaman kosong MS Word.

Kedua, Klik References > Pilih Style (tersedia banyak, bukan cuman APA dan MLA) > Manage Sources


Ketiga, Setelah klik Manage Sources selanjutnya klik New > Pilih Type of Source (sumber daftar pustaka)


cara membuat daftar pustaka di word otomatis

Keempat, Isikan data-data sumber daftar pustaka yang akan kamu masukkan ke dalam halaman daftar pustaka > Klik OK

Kelima, Ulangi langkah 1 sampai empat di atas untuk memasukkan semua sumber daftar pustaka.

Keenam, Setelah semua sumber daftar pustaka kamu input, untuk menampilkan daftar pustaka di lembar MS Word caranya yaitu...

Klik References > Bibliography > Insert Bibliography

Lebih gampangnya, lihat gambar di bawah ini sebagai contohnya...

contoh cara bikin daftar pustaka otomatis di word

Saya rasa sudah cukup komplit artikel penulisan format daftar pustaka dari berbagai sumber. Dan jika kamu teliti dan cerdik, inti dari artikel ini ada di nomor 6, cara membuat daftar pustaka otomatis di MS Word.

Tapi setidaknya dengan membaca lengkap, kalian akan lebih memahaminya. Pun saat menggunakan penulisan daftar pustaka otomatis menggunakan Microsoft Word.

8# Contoh-Contoh Daftar Pustaka

Agar semakin paham dan bisa dijadikan referensi jika kalian ingin membuat daftar pustaka, di bawah ini contoh-contoh penulisan daftar pustaka...

contoh-contoh daftar pustaka
Source: Scribd.com

contoh penulisan daftar pustaka
Source: scribd.com

Sekarang giliran kalian buat praktek cara membuat daftar pustaka yang sudah disertai contoh-contoh seperti di atas.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel