Contoh Surat Pengunduran Diri (Bermacam Profesi)

Contoh Surat Pengunduran Diri (Bermacam Profesi) - Kamu sudah memantapkan diri buat resign dari perusahaan sekarang ? Jika memang sudah benar-benar yakin dan mantap, maka hal paling penting yang perlu kamu siapkan adalah prosesi resign atau pengunduran diri.

contoh surat pengunduran diri

Meski di beberapa perusahaan tidak ada aturan tertulis yang mewajibkan, namun menyampaikan surat pengunduran diri adalah salah satu bagian wajib dari prosesi kamu keluar dari suatu perusahaan.

Dan kita semua tahu, kabar pengunduran diri ke bos atau rekan kerja adalah satu hal yang cukup berat. Apalagi kalau kita cukup akrab dan mendapat kepercayaan kuat dari bos selama kita bekerja di perusahaan tersebut.

Namun sebagai profesional, kadang keputusan berat tetap kita ambil.

Pentingnya Surat Pengunduran Diri

Surat pengunduran diri yang sopan, baik dan tepat adalah hal yang membedakan karyawan profesional dan karyawan abal-abal.

Satu ciri karyawan profesional adalah menjaga hubungan jangka panjang dengan mantan bos dan rekan kerja. Termasuk saat keluar dari perusahaan, dia akan pamit, keluar dengan cara baik-baik. Tidak say goodbye begitu saja.

Toh, siapa tahu mantan rekan atau mantan bos kita, bisa bekerja bareng lagi di perusahaan yang berbeda.

Di artikel ini, akan saya berikan contoh-contoh surat pengunduran diri untuk berbagai bidang pekerjaan dan tinggal kalian contek.

Tapi sebelumnya akan dibahas dulu bagian-bagian penting dari surat pengunduran diri. Hal-hal apa yang harus ditulis, mana-mana saja yang harus dihindari. Berikut daftar isi dari artikel ini:

Daftar Isi Contoh Surat Pengunduran Diri

1# Hal Yang Harus Ditulis di Surat Pengunduran Diri
2# 1 Hal Yang Harus Dihindari di Surat Pengunduran Diri
3# Waktu Yang Tepat Untuk Menyampaikan Pengunduran Diri
4# Hal Yang Harus Dilakukan Sebelum Keluar Dari Perusahaan
5# Struktur Dasar Format Surat Pengunduran Diri
6# Contoh-Contoh Surat Pengunduran Diri Berbagai Profesi

Okay, mari kita ulas satu per satu dari keenam daftar isi di atas...stay tune !

1# Hal Yang Harus Ditulis di Surat Pengunduran Diri

Sebagai profesional, baik saat masuk dan keluar dari pekerjaan haruslah dilakukan secara baik-baik.

Agar surat pengunduran diri kamu memberi kesan baik ke atasan dan rekan-rekan kerja, berikut ada hal-hal yang harus kamu cantuman saat menulis surat pengunduran diri:

Nama dan Posisi

Kamu harus mencantumkan nama terang dan posisi (jabatan) yang kamu pegang saat mengundurkan diri.

Niatan Pengunduran Diri

Nyatakan dengan terang, jelas, bahwa maksud/ niatan dari surat kamu adalah untuk mengundurkan diri.

Sebutkan Kapan Kamu Akan Terakhir Bekerja

Ini harus kamu informasikan. Dan sebaiknya jangan mendadak. Kamu lebih tahu situasi dan kondisi pekerjaan kamu sekarang.

Kalau perusahaan lagi banyak kerjaan, idealnya kamu info pengunduran diri sebulan sebelumnya. Kalau pekerjaan lagi slow, bisa 2 minggu sebelumnya. Dan 2 minggu inilah angka minimal ideal.

Jika perusahaan kamu memiliki aturan kapan waktu pengunduran diri, maka tinggal kamu ikuti.

Siap Menghandle Masa Tansisi

Nyatakan bahwa kamu tidak lepas  bagitu saja pekerjaan yang sedang kamu pegang saat ini.

Di masa tenggang (masa antara pengajuan pengunduran diri dan keluar perusahaan), kamu siap untuk membuat laporan, rangkuman dan hal-hal apa yang diperlukan ke depan untuk meneruskan pekerjaan yang saat ini lagi kamu tangani.

Informasi Kontak

Sebagaimana sudah saya sebutkan sebelumnya, bahwa pekerja profesional adalah pekerja yang selalu membina hubungan jangka panjang dengan mantan atasan, mantan rekan dan mantan bawahan.

Untuk itu informasikan kontak sebetulnya tidak wajib, tapi sangat saya sarankan. Ini penting jika suatu saat bos, atau teman sejawat ingin menghubungi kalian. Yang bisa jadi si mantan bos atau mantan rekan menawarkan suatu kesempatan menguntungkan di lain waktu, di lain tempat.

Informasi kontak bisa beruba email atau nomor HP. Bisa juga lengkap keduanya.

2# 1 Hal Yang Harus Dihindari di Surat Pengunduran Diri

Bagaimanapun, apapun kondisi kamu selama bekerja dan saat akan mengundurkan diri, 1 hal yang harus dihindari saat menulis surat pengunduran diri adalah JANGAN KOMPLAIN !


tips resign dari pekerjaan

Ya, betul...jangan memasukkan kalimat yang bernada komplain. Entah itu komplain dengan atasan, mengkritik kinerja rekan kerja ataupun, komplain masalah gaji, komplain kondisi fasilitas kantor dll.


3# Waktu Yang Tepat Untuk Menyampaikan Pengunduran Diri

Sebagaimana telah saya singgung sebelumnya, waktu ideal pengunduran diri adalah 1 bulan sebelum benar-benar keluar dari perusahaan. Ini dilakukan terutama jika di perusahaan yang bersangkutan lagi overload kerjaan.

Dan setidaknya minimal 2 minggu sebelum benar-benar resign. Namun jika perusahaan sudah memiliki aturan tata cara pengunduran diri (termasuk soal waktu), ya kita tinggal ikuti saja.

Hal Penting, yang perlu kita lakukan sebelum menyampaikan surat pengunduran diri adalah berbicara terlebih dahulu kepada bos/ atasan kita perihal niat pengunduran diri.

4# Hal Yang Harus dilakukan Sebelum Keluar/ Resign Dari Perusahaan

Inti konsep dari pengunduran diri dari sebuah perusahaan adalah Masuk ataupun keluar perusahaan harus memberikan kesan positif.
Jadi ketika keluar kita tidak begitu saat say goodbye, kita memiliki tanggung jawab agar pekerjaan yang sedang kita kerjakan memiliki transisi yang baik dengan orang yang akan menghandle pekerjaan yang akan kita tinggalkan.

Siapkan laporan, siapkan data-data akurat yang tertata, siapkan plan atau rencana kedepan. Serahkan semua itu ke karyawan selanjutnya dengan bimbingan kamu sambil kamu menunggu waktu terakhir kamu di perusahaan tersebut.

5# Struktur Dasar Format Surat Pengunduran Diri

Di bawah ini adalah struktur dasar format surat pengunduran diri, dalam format kertas dan juga format email.

Struktur ini adalah struktur dasar yang masih bisa kamu modifikasi. Kamu sesuaikan dengan kondisi di kantor atau perusahaanmu sekarang. Yang penting hal-hal inti tidak boleh kamu lewatkan.

# Format Contoh Surat Pengunduran Diri Versi Kertas

Di bawah ini format dasar surat pengunduran diri versi hard file/ kertas:

contoh surat pengunduran diri - format kertas

Sebagai catatan: Penunjukan surat bisa ke HRD atau ke Atasan Anda. Tergantung kebiasaan yang berlaku di perusahaan Anda.

Surat versi kertas ini adalah versi resmi yang akan dijadikan sebagai tanda bukti, arsip HRD bahwa kamu benar-benar secara resmi telah mengajukan resign dari perusahaan.

# Format Contoh Surat Pengunduran Diri Versi Email


Sebagai catatan: Penunjukan email bisa kepada atasan atau HRD, tergantung yang biasa berlaku di perusahaan. 

Dan harus kamu sesuaikan jika email dikirim ke atasan dan CC ke HRD, maka isi email juga (Kepada Yth.) juga kamu tunjukkan ke atasan. Ini berlaku juga sebalikanya jika penunjukan email ke HRD.

6# Contoh-Contoh Surat Pengunduran Diri Berbagai Profesi

Setelah kamu membaca dan memahami ketentuan dan format surat pengunduran diri, sekarang kamu bisa lihat-lihat contoh-contoh surat pengunduran diri dari berbagai macam profesi.

Contoh-contoh surat ini bisa kamu jiplak total, bisa juga kamu modifikasi sesuai dengan kondisi dan situasi yang berlaku di perusahaan kamu saat ini.

Misal jika di perusahaan kamu untuk keperluan email harus menggunakan bahasa inggris, maka surat pengunduran diri di atas tinggal kamu alih bahasakan menjadi bahasa Inggris dan kamu tulis sesuai format aturan bahasa Inggris.

# Contoh Surat Resign Yang Baik dan Benar

Contoh Surat Resign Yang Baik dan Benar


# Contoh Surat Pengunduran Diri Kerja

Contoh Surat Pengunduran Diri Kerja


# Contoh Surat Pengunduran Diri Kerja Dengan Alasan

Ada kalanya diperlukan alasan saat kita akan mengundurkan diri. Di bawah ini contoh resign kerja dengan alasan.

contoh surat pengunduran diri kerja dengan alasan


# Contoh Surat Pengunduran Diri Kerja Dari Pabrik

Contoh Surat Pengunduran Diri Kerja Dari Pabrik

# Contoh Surat Pengunduran Diri Kerja Bahasa Inggris dan Artinya

Contoh Surat Pengunduran Diri Kerja Bahasa Inggris dan Artinya

Arti dalam bahasa Indonesia surat di atas kurang lebih sebagai berikut :

surat resign bahasa inggris dan artinya

# Email Resign Kerja Dalam Bahasa Inggris

contoh email pengunduran diri bahasa inggris
Inilah contoh-contoh surat pengunduran diri kerja dari berbagai macam profesi. Dengan memahami konsep dasar dan teknik penulisan surat resign yang baik dan benar, saya optimis kamu sudah bisa membuat sendiri secara profesional.

Ditambah dengan contoh-contoh di atas, bisa sebagai sumber inspirasi. Lebih memudahkan kalian ketika akan menyusun surat resign kerja/ pengunduran diri.

Semoga kamu sukses berkarir dan beraktualisasi di tempat kerja atau di tantangan yang baru.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel