Cara Membuat Highlight Instagram Sesuai Kebutuhan

Tentu kalian sudah tidak asing mendengar Instagram. Salah satu platform media sosial terbesar ini berulang kali membuat inovasi baru. Misalnya saja ada fasilitas bernama highlight.

Fasilitas tersebut tentunya sangat berguna sekali bagi para pengguna Instagram yang tidak mau kehilangan momen storynya. Pasalnya story Instagram hanya bisa menampilkan selama 24 jam, setelah itu akan hilang.

Berbeda dengan story, Highlight Instagram mampu membuat story kalian bertahan lama lebih dari 24 jam. Fasilitas ini ditempatkan pada halaman utama profil pengguna Instagram, tepatnya berada dibagian bawah bio Instagram.

Nah biar kalian dapat membuat story bertahan lama, berikut ini cara membuat Highlight Instagram yang kami kutip dari Wantek.ID, namun sebelumnya kenali dulu persyaratannya:

Syarat Membuat Highlight

Kalian tidak bisa membuat highlight di Instagram tanpa memenuhi persyaratan. Syarat-syarat tersebut antara lain kalian sebagai pengguna wajib membuat story lalu mengunggahnya.

Setelah berhasil mengunggah ke story IG, tentu kalian tidak diperbolehkan menghapus storynya. Pasalnya saat kalian hapus story tersebut maka storynya tidak akan masuk ke dalam menu arsip.Sedangkan fasilitas arsip inilah yang kalian butuhkan untuk membuat highlight/sorotan IG. Jadi kalian wajib membiarkan story tersebut tayang selama 24 jam.

Cara Membuat Highlight Di Instagram

Fitur highlight biasanya dimanfaatkan untuk menyimpan story-story IG agar bertahan lama hingga lebih dari 24 jam. Secara tidak langsung saat kalian membuat sorotan ini, otomatis kalian mengizinkan pengikut dapat melihat story lama kalian.

Meskipun demikian, kalian tetap bisa menambahkan sorotan dengan cerita yang menarik. Misalnya saja cerita perjalanan hiking, sunset dan lain sebagainya. Nah berikut ini cara membuatnya:

  1. Masuk pada Profil Instagram kalian, untuk masuknya tinggal ketuk ikon Profil di sudut kanan bawah
  2. Ketuk ikon (+) di sebelah username Instagram kalian, terus pilih pada menu “Sorotan Cerita”


    langkah 1 - Cara Membuat Highlight Instagram
  3.  Berikutnya kalian tinggal pilih mau pakai arsip cerita yang mana, kalau sudah ketemu ketuk tulisan “Selanjutnya”
  4. Kemudian masukkan Nama dan Sampul sorotan, opsi krusial yang wajib diisi adalah Nama Sorotan. Jika sudah tekan tulisan “Selesai”

    langkah 2 - Cara Membuat Highlight Instagram
  5. Secara otomatis sorotan yang kalian buat akan ditampilkan di bawah bio Instagram.

Cara Membuat Highlight Lebih dari Satu

Pembuatan sorotan Instagram dapat kalian kreasikan sendiri, mulai dari mengubah gambar untuk cover, mengubah nama dan menambah sorotan baru lagi.

Menambahkan sorotan baru sama saja membuat sorotan yang lebih dari satu. Hal ini dapat kalian lakukan dengan langkah-langkah yang sederhana seperti berikut:

  1. Seperti biasa kalian harus masuk pada profil Instagram
  2. Ketuk pada opsi (+) Baru yang letaknya berada disamping sorotan lama kalian

    langkah 3 - Cara Membuat Highlight Instagram
  3. Nantinya kalian akan diperlihatkan arsip cerita IG lagi, disini tinggal memilih arsip cerita yang ingin kalian tambahkan ke sorotan
  4. Lalu ketuk pada opsi Berikutnya kemudian tambahkan nama ataupun cover highlight sesuai keinginan kalian
  5. Terakhir tinggal ketuk opsi Selesai

Sekarang coba kalian lihat pada halaman profil, disana sudah ada dua sorotan yang baru saja kalian tambahkan. Apabila kalian ingin menambahkan sorotan baru lagi tinggal ikuti langkah-langkah tadi.

Baca Juga: Cara Download Video Instagram Tanpa Aplikasi

Selebihnya kalian dapat mengkreasikan sendiri pada cover sorotan. Karena cover sorotan yang menarik dapat menjadi daya tarik orang lain untuk melihat isi sorotan tersebut. Ini tidak terlalu berguna bagi pemilik akun personal, hanya saja kalian wajib mencobanya agar terlihat kekinian.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel