3 Cara Screenshot di PC/ Laptop (No.3 Paling Mudah+Praktis)

3 Cara Screenshot di PC/ Laptop (No.3 Paling Mudah+Praktis) - Sebetulnya ada banyak cara screenshot di laptop maupun PC komputer. 

Namun 2 cara ini yang umumnya dilakukan.

Nah di postingan ini akan saya share 3 cara screenshot di laptop atau PC. 2 cara  yang umum dilakukan, ini khusus bagi kamu yang pengguna OS Windows.

Saya juga kasih bonus 1 cara screenshot yang paling mudah dan praktis. Cara ini bisa kamu pakai apapun OS yang kamu pakai. Bisa untuk Windows ataupun Mac.


2 Cara Screenshot di PC/ Laptop Yang Umum Dilakukan

Pertama, Cara Screenshot di PC/ Laptop Pakai Print Screen

Print screen, simbol tombolnya di keyboard PrtSc. Terkadang di beberapa keybor laptop atau PC, simbolnya PrtSc atau PrtSc SysRq. Bisa kamu lihat seperti gambar di bawah:

cara screenshot di laptop pc

tombol screenshot di laptop pc

Lihat gambar di atas, tombol print screen di laptop/ keyboard PC yang kadang beda. Tapi intinya kamu sekarang sudah tahu kan tombol print screen yang mana.

Untuk melakukan screenshot di laptop ataupun PC, caranya cukup mudah :
  • Tekan tombol Print Screen + Windows secara bersamaan. Lihat gambar di bawah:



  • Selanjutnya kamu buka program Microsoft Paint (bawaan Windows), lalu klik menu paste. Hasil screenshotmu akan tampil di Paint.


screenshot di laptop pc windows dengan paint

  • Setelah hasil screenshot tampil di paint. Selanjutnya bisa kamu edit (di-crop, di-rotate, di-resize).


Kedua, Screenshot Menggunakan Snipping Tool

Aplikasi ini sebenarnya bawaan Windows sejak masih Windows Vista. Tapi banyak yang belum tahu/ masih jarang yang menggunakan snipping tool.

Bagi kamu yang perlu banyak proses kreatif, snipping tool lebih praktis dan aplikatif. Karena kamu bisa langsung olah/ edit hasil screenshot tanpa harus buka aplikasi lain seperti paint.

Untuk membuka snipping tool, bisa kamu cari di START WINDOW. Bisa kamu lihat di bawah ini:


Setelah itu klik 2x untuk mengaktifkan aplikasi snipping tool. Selanjutnya, ara screenshot di laptop/ pc pakai snipping tool, cukup klik kanan menu "New" pada kotak snipping tool. Lihat contoh di bawah ini:


cara screenshot di laptop pc pakai snipping tool

Setelah klik menu "New", klik  kanan mouse dan tahan. Lalu tarik untuk memilih area yang akan di screenshot.

Hasil screenshot kemudian bisa kamu langsung diedit. Karena di snipping tool ada menu-menu yang bisa untuk mengedit hasil screenshot.


(Bonus) 1 Cara Screenshot Paling Mudah, Cepat dan Praktis


Btw, cara screenshot ini sudah saya pakai sejak 4 tahun lalu. Saya masih setia dengan cara ini karena kemudahan, kecepatan dan kepraktisan.

Cara ini menggunakan aplikasi screenshot yang bernama "Lightshot Screenshot". Jangan khawatir, aplikasi ini sangat ringan, ukuran file hanya sebesar 2.7 Mb. Selain itu, aplikasi ini bisa kamu gunakan baik untuk Windows ataupun Mac.

Kamu bisa download aplikasi Lightshot Screenshot di link berikut...

https://app.prntscr.com/en/download.html (kamu copy paste link ini di browsermu). Setelah kamu copy paste, akan muncul halaman download.

Di halaman download tersedia lightshot screenshot untuk Windows dan Mac. Silakan download sesuai OS laptop atau PC yang kamu gunain.

Kemudian install aplikasi ini dan siap kamu gunakan. Untuk lebih detail cara instalasi dan penggunaan bisa kamu baca di postingan saya yang lain. 

Wajib kamu baca ini gaes, sist,, :

Cara Screenshot di Laptop dan PC - Bisa Semua OS (Paling Mudah dan Efektif Sedunia)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel