Cara Screenshot Samsung A50 / A50S/ A51- Tombol or Fitur

Cara Screenshot Samsung A50, A50S, A51 (Tombol or Fitur) - Samsung Galaxy A50 rilis di bulan Maret 2019 dan  6 bulan setelahnya A50S hadir sebagai generasi penyempurnanya. Kemudian di Januari 2020 muncul penerusnya, Samsung A51

Samsung Varian A50-an ini menyasar segmen pasar kalangan menengah dan anak muda, smartphone ini diperkuat fitur-fitur khas anak muda.

cara screenshot samsung a50 2 cara


Fitur yang menonjol seperti kamera, diberi spek yang tergolong tinggi. Tidak tanggung-tanggung, kamera belakang yang dihadirkan langsung 3 buah, dengan resolusi 25 MP (kamera utama), 8 MP (kamera ultrawide) dan 5 MP (kamera depth lens).

Kamera selfie pun dihadirkan dengan spek tinggi 25 MP dengan aperture f1.7. Plus dilengkapi screen optimizer, yang mampu menghasilkan objek gambar sesuai objek yang dikenali.

Didukung prosesor Exynos 9610 octa-core dengan RAM 4/ 6 GB, performa cukup memuaskan untukk para gamer. Dicoba untuk main PUBG, sama sekali tidak nge-lag. Sangat lancar.

Plus dilengkapi baterai 4000 mAh, kapasitas ini cukup besar, sehingga gamer tidak perlu bolak-balik nge-charge smartphone ini.

Tidak cukup dengan spek yang super gahar, Samsung kemudian merilis Samsung A50S yang lebih maut dari sisi spek dibanding A50.

Tapi Sayang....

Jika dengan performa sekuat itu, kamu (para pemilik Samsung A50 / A50s/ A51), tidak tahu bagaimana menggunakan salah satu fungsi dasar, yaitu fungsi "Screenshot".

Untuk itu simak cara screenshot di HP Samsung A50/ A50S/ A51 berikut ini, di mana bisa kamu lakukan dengan 2 cara:

Btw, meski untuk urusan screenshot tidak ada beda antara Samsung A50, A50S ataupun A51. Simak di bawah ini tutorialnya...

1# Cara Screeshot Smartphone Samsung A50/ A50S/ A51 (Pakai Tombol)

Cara screenshot HP Samsung A50 tanpa aplikasi sangat mudah. Kamu cukup tekan secara bersamaan tombol power dan volume down (volume yang untuk memperkecil suara).

Lihat gambar di bawah berikut ini...

cara screenshot samsung a50


Cara Screenshot HP Samsung A50/ A50S Dengan Tombol Power & Volume Down

  • Tekan secara bersamaan Tombol Power + Volume Down 
  • Saat kamu screenshot, layar samsung A50 akan berkedip
  • Setelah tampilan di layar ter-screenshot, akan muncul notifikasi di pojok kiri atas. Kamu bisa melihat hasil screenshot dengan meng-klik notifikasi itu.
  • Kamu  juga bisa lihat hasil screenshot di Gallery

2# Screenshot Samsung A50/ A50S Dengan Fitur Palm Swipe Gesture (Tanpa Tombol)

Cara ini terbilang lebih praktis. Namun di awal, kamu harus mengaktifkan dulu fitur ini. Jika kamu ingin menggunakan cara ini setiap kali screenshot, kamu harus biarkan fitur ini aktif selamanya.

Salah satu keunggulan menggunakan fitur ini adalah tidak mudah mempercepat kerusakan tombol power dan tombol volume HP Samsung.

Bagi orang yang seperti saya, yang berprofesi sebagai tukang dokumen dan tukang grafis, urusan screenshot adalah makanan sehari-hari. Jadi kalau mengandalkan pencat-pencet tombol, mungkin 2 bulan tombol HP Samsung Saya yang A50 udah bisa jebol. Rusak tidak berfungsi lagi.

Jadi setelah mengaktifkannya, kamu biarkan (tanpa perlu me-nonaktifkan). Sehingga jika kamu butuh untuk screenshot lagi, kamu tidak perlu melakukan pengaktifan fitur ini lagi.

Cara Mengaktifkan Fitur Screenshot Samsung A50/ A50S/ A51 "Palm Swipe Gesture"

  • Buka menu Setting atau Pengaturan
  • Selanjutnya buka menu Advance Features
  • Lalu buka menu Motion and Gestures
  • Setel fitur "Palm Swipe to Capture" dalam mode ON

Cara Melakukan Screenshot Samsung A50/ A50S/ A51

Setelah fitur Palm Swipe Gesture aktif, kamu bisa melakukan screenshot. Lihat gambar di bawah ini, biar kamu mudah memahaminya...

cara screenshot samsung a50 fitur palm swipe to capture



Cara melakukan screenshot sangat mudah. Tempelkan samping telapak tangan pada layar samsung A50. Kemudian buat gerakan sapuan dari kanan ke kiri. Nanti layar akan berkedip. 

3# Bisakah Screenshot Panjang Di Smartphone Samsung A50/ A50S/ A51 ?

Bagi sebagian kamu yang belum tahu apa itu screenshot panjang, begini gambarannya...

Misal pada halaman web yang akan kita screenshot. Kan kadang ada tu halaman web yang kita buka cukup panjang. Yang untuk melihat semua isinya (dari paragraph awal sampai akhir) perlu di-scroll.

Nah kadang di antara pengguna smartphone ada yang butuh men-screenshot 1 halaman website secara penuh tanpa terpotong. Jadi proses screenshot sambil men-scroll. Sehingga ter-screenshot 1 halaman website penuh tanpa terpotong.

Inilah yang disebut screenshot panjang !

Tapi sayang, pada Samsung A50 atau A50S, tidak dilengkapi fitur untuk bisa screenshot panjang. Mungkin inilah salah satu kelemahan dari Samsung A50 dan A50S.

Tapi...

Bukan berarti kamu tidak bisa melakukan screenshot panjang di Samsung A50/ A50S. Kamu tetap bisa melakukannya. Caranya yaitu dengan menggunakan aplikasi android yang bisa kamu unduh di google playstore.

Salah satu aplikasi screenshot panjang yang saya rekomendasikan adalah LongShot

Kalau kamu punya inisiatif sendiri untuk mencari yang lain, cukup ketikkan "Long Screenshot" di kolom pencarian google playstore.

Semoga artikel cara screenshot Samsung A50/ A50S ini bisa membantu kamu yang lagi kebingungan untuk melakukannya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel