Cara Screenshot Samsung J2 Prime (Screenshot Biasa & Panjang)

Cara Screenshot Samsung J2 Prime (Screenshot Biasa & Panjang) - Samsung Galaxy J2 Prime termasuk golongan HP samsung yang terlaris. Banyak penggunanya di Indonesia.

2 cara screenshot samsung j2 prime


Menyasar konsumen kelas low-end, harga smartphone ini dibanderol cukup murah. Saat rilis pertama kali di tahun 2016, ponsel ini dibanderol dengan harga kisaran 1.5 Juta rupiah. Dan di tahun 2019, harganya berkisar di 800 ribuan rupiah.

Namun tampaknya, meski sudah beredar di Indonesia sejak 2016, hingga saat ini masih banyak peminatnya.

Tapi sayang..

Di antara banyak pemilik Samsung J2 Prime (mungkin kamu salah satunya) masih banyak yang belum bisa menggunakan salah satu fitur dasar, yaitu fitur screenshot. Ini dibuktikan dengan adanya 5.500 an pencarian di google dengan kata kunci "Cara Screenshot di Samsung J2 Prime".

Dan selamat kamu berada di halaman yang tepat !

Karena sebentar lagi saya akan tunjukin cara screenshot pada smartphone Samsung J2 Prime. Plus bonus bagaimana cara screenshot panjang, fitur screenshot istimewa yang dimiliki Samsung J2 Prime.

Cara Screenshot Samsung J2 Prime (Screenshot Biasa)


Untuk melakukan screenshot biasa, screenshot yang umumnya banyak diandalkan pemakai  smartphone, di Samsung J2 Prime caranya cukup mudah.

Cara screenshot di HP Samsung J2 Prime hanya perlu menenkan tombol Power dan tombol Home secara bersamaan.

Biar kamu  lebih mudah paham,berikut langkah-langkahnya secara lebih mendetail :

1. Buka Layar Samsung J2 Prime Milik Kamu

Ya, sebelum di-screenshot tentu layar HP kamu harus tebuka lebih dulu. Alias sedang kondisi aktif. Setelah layar terbuka, selanjutnya kamu atur letak/ posisi bagian yang akan di-screenshot.

Untuk hasil screenshot yang lebih bagus, kamu juga bisa mengatur intensitas cahaya layar terlebih dahulu. Bila tingkat keterangan cahaya sudah pas, baru kamu lakukan screenshot

2. Tekan Tombol Power + Tombol Home Bersamaan

Untuk screenshot Samsung J2 Prime, caranya cukup dengan menekan tombol power dan tombol home secara bersamaan. Lihat gambar di bawah:

cara screenshot samsung j2 prime


Ingat ya, harus bersamaan !

Bukan bergiliran. Karena kalau bergiliran, layar tidak akan ter-screenshot.

Bagi sebagian pengguna smartphone, ada yang agak kesusahan bila harus menekan tombol Home dan Power secara bersamaan. Alasan inilah yang biasanya menjadi dasar kuat, kenapa mereka menggunakan aplikasi screenshot dari google playstore.

3. Sesaat Setelah Screenshot, Layar Berkedip Dan Muncul Suara "Cekrek"

Sesaat setelah kamu tekan tombol Power dan tombol Home secara bersamaan, layar Samsung J2 Prime akan berkedip. Dan juga muncul suara "cekrek", seperti suara orang memotret.

4. Hasil Screenshot Samsung J2 Prime

Setelah layar samsung J2 Prime ter-screenshot, maka akan muncul notifikasi di bagian layar atas. Kamu bisa men-tap notifikasi tersebut untuk langsung melihat hasil screenshot. Kamu juga bisa melihat hasil screenshot di menu Gallery.

Cara Screenshot Panjang Samsung J2 Prime

Apa Itu Screenshot Panjang ?

Bagi kamu yang belum tahu, apa itu screenshot panjang, berikut gambarannya...

Kadang untuk melihat isi WA (whatsapp) atau suatu halaman website, kamu perlu sampai men-scrollnya. Karena isinya yang panjang, tidak muat dalam satu layar. Sehingga kamu harus men-scroll untuk bisa membaca seluruh isinya.

Nah, saat kamu ingin men-screenshot isi whatsapp atau isi halaman website yang panjang itu. Yang kamu kamu perlu men-scrollnya itu. Itulah yang disebut screenshot panjang.

Tidak semua smartphone bisa melakukan screenshot panjang. Samsung J2 Prime ini dibekali dengan salah satu keunggulan ini, bisa screenshot panjang.

Jadi dengan screenshot panjang ini, seluruh isi whatsapp atau suatu halaman web bisa ter-screenshot semuanya tanpa terpotong. Lihat contohnya di bawah ini:

cara screenshot panjang samsung j2 prime

Untuk melakukan screenshot panjang Samsung J2 Prime, berikut caranya:

  • Kamu harus membuka terlebih dulu menu Setting atau Pengaturan.
  • Selanjutnya cari dan pilih menu Advance Features.
  • Setelah itu, aktifkan menu Smart Capture.
  • Saatnya kamu melakukan screenshot, yaitu dengan menyiapkan halaman yang akan di-screenshot terlebih dahulu.
  • Tekan tombol Power dan Home secara bersamaan dan tahan selama beberapa detik.
  • Layar akan berkedip dan muncul bunyi "cekrek". Hasil screenshot akan tampil disertai dengan munculnya beberapa menu: Capture More/ Scroll Capture, Crop dan Share.
  • Untuk melakukan screenshot panjang, pilih menu Capture More atau Scroll Capture. Lalu kamu akan diinstruksikan untuk melakukan beberapa screenshot lagi.
  • Setelah proses screenshot panjang selesai, akan muncul notifikasi di atas layar. Kamu bisa tap notifikasi tersebut untuk melihat hasil screenshot.
  • Kamu juga bisa melihat hasil screenshot di menu Gallery.

Demikian 2 cara screenshot Samsung J2 Prime: Screenshot biasa dan Screenshot panjang. Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel