Formulir Visa China: Begini Contoh Cara Mengisinya

Formulir Visa China: Begini Contoh Cara Mengisinya - Tulisan ini saya tunjukkan bagi kamu yang baru pertama kali ke China. Sehingga tidak usah bingung, tidak perlu browsing-browsing lagi di internet bagaimana cara ngisi formulir visa China.


Akan saya jelaskan dari awal, data-data apa saja yang harus kamu isikan di kolom-kolom yang tersedia. Tinggal kamu perhatikan dan ikuti langkah-langkahnya.

Formulir Visa China

Untuk formulir, sebelumnya kamu harus mendownloadnya terlebih dahulu. Kamu bisa mendownloadnya di halaman website berikut: https://tinyurl.com/form-visa-china (copy paste di browsermu)

File yang kamu download bentuknya pdf. Setelah kamu download, isi kolom-kolom sesuai data yang diminta. Isi dengan cara mengetiknya, kemudian setelah selesai kamu print.

Karena sekarang ini China Visa Application Service Center (CVASC) tidak menerima formulir yang diisi dengan cara tulis tangan.

Isi kolom-kolom di formulir dengan HURUF BESAR. Ingat ya, isi kolom-kolom yang ada di formulir dengan huruf kapital.

Data-data yang sifatnya pilihan (ada tanda kotak kecil), pilih dengan cara meng-klik kotak kecil tersebut hingga muncul tanda centang.

Langkah-Langkah Mengisi Formulir Visa China

Formulir Bagian Ke-1 : Data Pribadi

formulir visa china 1.1-1.10

Catatan:
  • Untuk Marga/ Nama keluarga, isi pakai nama belakang kamu. 
  • Nama tengah kamu isi, bila nama kamu terdiri 3 suku kata atau lebih. Karena nama saya hanya 2 suku kata "Agan Dores", maka saya kosongin nama tengah.
  • Untuk kolom-kolom formulir yang kamu kosongi, kasih tanda strip/ minus 3x.
  • Untuk jenis paspor, klik (hingga muncul tanda centang) yang "Umum". paspor Diplomatik khusus buat duta besar atau utusan kedutaan. Visa dinas, jika kamu ke China dalam rangka kunjungan dinas pemerintah.

formulir visa china 1.11-1.17

Catatan:
  • Karena saya kerja sebagai tukang dokumen di sebuah biro jasa, saya centrang bagian Pekerjaan "Wiraswasta". Silakan kamu pilih sesuai pekerjaanmu.
  • Poin 1.17 Kantor/ Sekolah itu tidak hanya bermaksud sekolah. Tapi maksudnya bisa berupa sekolah/ universitas, nama perusahaan ataupun nama toko usaha kamu. Jika kamu karyawan perusahaan, maka isi nama dan alamat perusahaanmu. Jika kamu usaha toko kelontong, maka isi dengan nama dan alamat toko kelontong.

formulir visa china 1.18-1.25

Catatan:
  • Alamat rumah, isi sesuai yang ada di E-KTP mu.
  • Anggota Keluarga, isi sesuai di KK (Kartu Keluarga).
  • Di poin 1.25, negara atau wilayah pemohon mengajukan visa, isi dengan Negara dan Kota lokasi China Visa Center tempat kamu ngajuin visa. Misal INDONESIA - JAKARTA, INDONESIA - DENPASAR.

Formulir Visa China Bagian Ke-2: Informasi Perjalanan

formulir visa china 2.1

formulir visa china 2.2-2.6

Catatan:
  • Silakan isi tujuan kunjungan sesuai tujuan kamu ke China.
  • Di poin 2.6, isi rencana perjalanan (itinerary yang simpel saja), misal tanggal sekian kamu ke mana. Tulis alamatnya. Seperti contoh, saya tanggal 11 Oktober 2021 saya berada di hotel dan Disney Land Shanghai.
  • Jika kolom rencana perjalanan yang tersedia di formulir kurang (karena mungkin jumlah hari kunjunganmu cukup banyak), kamu bisa ketik di kertas terpisah dan kemudian kamu lampirkan.

form visa china

Catatan:
  • Poin 2.8, kamu isi jika kamu ke China atas undangan, baik teman, saudara atau suatu instansi. Jika ke sana kamu atas inisiatif sendiri, maka kosongin saja.
  • Di poin 2.10 jika sebelumnya kamu pernah ke luar negeri, silakan isikan. Karena saya sebelumnya umroh, maka di poin ini saya isi Arab Saudi.

Formulir Visa China Bag. Ke-3

Catatan:

Jika di antara poin 3.1 sampai 3.5 ada jawaban "Iya" maka ada kemungkinan pengajuan visa China kamu ditolak. Terutama pada poin 3.4. Orang yang berpenyakit seperti di poin 3.4, hampir pasti ditolak untuk masuk wilayah China.

Atau jika dalam 30 hari terakhir kamu pernah berkunjung di wilayah yang terjangkit wabah penyakit menular, hampir pasti permohonan kamu ditolak.

Toh begitu, kamu harus tetap menjawab dengan jujur. Jangan hanya gara-gara pengen pengajuan visa kamu disetujui, kamu memberikan informasi tipu-tipu.



Catatan:
  • Poin 3.7 Jika tidak ada info yang sangat penting terkait data diri kamu, kosongin saja (dengan mengetik tanda strip/ minus 3x).
  • Poin 3.8 kamu isi jika kamu membawa anak-anak atau keluarga, isikan data diri dan fotonya.

Formulir Visa Bag. Ke-4


Formulir Visa Bag. Ke-5


Catatan:
  • Bag. ke-5 kosongin saja, karena kamu mengisi formulir sendiri.
  • Selanjutnya baca ulang semua yang telah kamu isikan. Jika dirasa sudah OK, tidak ada informasi data diri yang salah, kamu print.
  • Kemudian kamu tanda tangan di poin 4.3 (Bag. Ke-4 formulir) secara manual dengan pulpen. Tidak boleh menggunakan tanda tangan model cap. Tidak boleh juga tanda tangan pakai pensil.

Ingat !

Di PDF, biasanya ada tanda tangan menggunakan fitur signature.

Dalam hal visa China ini, kita tidak boleh tanda tangan dengan fitur tersebut.

Setelah formulir yang terisi lengkap kamu print, baru tanda tangan pakai pulpen.

Baca Juga:
Step by Step Pengajuan Visa China
Daftar Biaya Pembuatan Visa China

Demikian tutorial bagaimana cara mengisi formulir visa China dan semoga permohonan kamu disetujui.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel