7 Penyebab Visa Korea Ditolak (Plus Solusinya)

7 Penyebab Visa Korea Ditolak (Plus Solusinya) - Di antara visa untuk negara tujuan Asia seperti mungkin China, Jepang, India, visa tujuan Korea (selatan) ini termasuk yang paling susah.

Persyaratan dan pengecekan persyaratan cukup ketat. Sehingga cukup sering kita mendengar para aplikan visa Korea ditolak dengan berbagai macam alasan.

visa korea ditolak


Kamu yang mungkin baru saja ditolak mengajukan aplikasi visa Korea atau yang baru mau mengajukan permohonan visa, wajib tahu alasan-alasan kenapa suatu permohonan visa Korea bisa ditolak.

Di artikel ini, akan saya list (plus saya kasih keterangan) semua penyebab atau alasan visa Korea ditolak. Dari penyebab paling sepele, sampai penyebab yang cukup rumit.

Intinya, semua hal yang berpotensi menjadi penyebab visa Korea ditolak saya share di sini. Dan berita gembiranya, saya beri solusi atas penyebab pengajuan visa ditolak.

Berikut list penyebab-penyebab yang memungkinkan aplikasi visa Korea kamu ditolak:

1# Dokumen Persyaratan Tidak Lengkap atau Ada yang Tidak Sesuai

visa korea ditolak - dokumen tidak lengkap

Penyebab seperti ini sih sebetulnya remeh. Maksudnya, yang namanya persyaratan ya wajib dipenuhi semuanya dan harus sesuai.

Tapi tidak sedikit juga para pemohon visa Korea ditolak dengan alasan ini.

Umumnya yang ditolak karena alasan persyaratan tidak lengkap adalah orang yang bandel bin nekat. Sudah tahu dokumen persyaratan kurang, tapi masih nekat saja mengajukan aplikasi.

Sedang penyebab persyaratan visa tidak sesuai, biasanya si aplikan kurang teliti membaca daftar persyaratan. Terutama di bagian persyaratan tambahan.

Misal, Si Asep sudah menyiapkan persyaratan umum pembuatan visa Korea. Di mana, dengan persyaratan tersebut dia bisa ke Korea dengan tujuan kunjungan wisata.

Tapi ternyata Si Asep ke Korea karena undangan perusahaan. Nah, tentu ada dokumen tambahan yang harus disiapkan Si Asep, seperti misal surat undangan dari pihak perusahaan pengundang yang di Korea.

Syarat tambahan inilah yang kadang terlewat oleh Si aplikan.

Solusi dari di poin 1 ini, ya tentu harus melengkapi persyaratan dan menyesuaikan semua persyaratan sesuai yang diminta.

2# Nama Yang Berbeda Di Dokumen Satu Dengan Lainnya

Misal ada penambahan nama di paspor kamu (dulunya kamu pakai untuk haji atau umroh). Sehingga nama kamu di paspor berbeda dengan di kartu keluarga (KK).

Atau bisa juga beda penulisan nama. Misal di paspor tertulis "Ahmad", sedang di kartu keluarga tertulis "Achmad".

Hal seperti ini sering menjadi batu sandungan bagi para pemohon visa Korea. Bikin permohonannya ditolak.

Solusinya, jika ada perbedaan nama di dokumen kamu yang satu dengan lainnya, kamu harus minta surat keterangan dari kelurahan atau pengadilan.

Minta surat keterangan yang menyatakan bahwa nama-nama yang ada di dokumen-dokumen kamu merujuk ke 1 orang, yaitu kamu.

3# Sponsor yang Beda KK (Kartu Keluarga)

Jika kamu berangkat ke Korea dengan biaya sponsor, maka pastikan sponsor itu masih dalam hubungan keluarga langsung. Misal, ayah, ibu, kakak atau adik.

Dan ingat !
Yang masih satu Kartu Keluarga (KK).

Jika kakakmu sudah punya keluarga sendiri dan sudah tidak satu kartu keluarga dengan kamu, maka jika kakak menjadi sponsormu pengajuan visa Koreamu berpotensi ditolak.

4# Mahasiswa Tidak Cukup Hanya Menggunakan Kartu Mahasiswa

visa korea ditolak tidak ada keterangan mahasiswa


Jika kamu seorang mahasiswa, salah satu syarat yang harus kamu tunjukkan sebagai bukti kamu seorang mahasiswa adalah kartu mahasiswa.

Selain itu juga harus melampirkan surat keterangan resmi dari kampus, bahwa kamu adalah mahasiswa di kampus tersebut. Yaitu "Surat Keterangan Mahasiswa"

5# Semua Kontak yang Tercantum di Dokumen Harus Bisa Dihubungi

agar visa korea tidak ditolak


Dokumen seperti surat keterangan kerja dari HRD atau mungkin surat keterangan sponsor, biasanya menyertakan no HP/ kontak yang bisa dihubungi.

Pihak KVAC (Korea Visa Application Center) biasanya mengecek no kontak tersebut. Untuk konfirmasi status kamu kepada mereka.

Ketika mereka menghubungi no kontak tersebut dan tidak ada yang mengangkat. Maka ini bisa menjadi masalah besar. Pengajuan visa Korea kamu bisa ditolak !

Solusinya, pastikan kontak tersebut adalah kontak yang paling aktif (biasanya beberapa orang punya no HP lebih dari satu). Dan minta tolong agar nama-nama yang kontaknya dicantumin di dokumen kamu agar selalu stand by mengaktifkan HP nya.

6# SPT Pajak (Penyebab Terbesar Visa Korea Ditolak)

Ini bukan hanya batu sandungan, tapi kalau boleh saya katakan adalah tembok penghalang.

Ya SPT adalah penjegal terbesar para pemohon visa Korea. Banyak kasus visa Korea ditolak karena masalah SPT ini.

Jika kamu tidak punya SPT, maka bisa saya prediksi, ya 99% pengajuan visa Korea bakal ditolak.

SPT (Surat Pemberi Tahuan) laporan pajak tahunan, biasanya menjadi masalah bagi para karyawan baru. Yang masa kerjanya belum ada setahun, tentu belum pernah melaporkan pajaknya bukan ?

Terus, karyawan honorer di dinas atau kantor-kantor pemerintahan. Mereka juga tidak memiliki SPT.

Kemudian para freelancer, seperti desainer grafis, fotografer freelance, programer freelance, mereka semua tidak memiliki SPT.

Solusinya ?

Kamu harus membuat surat keterangan. Kemudian perkuat dengan aktivitas keuangan (duit keluar masuk rekeningmu) yang bagus. Dan ini nanti dibuktikan dengan print rekening koran 3 bulan terakhir.

Bagus di sini maksudnya, selama 3 bulan (sebelum rekening koran diprint), duit keluar masuk rekeningmu jumlahnya besar. Dan juga saldo akhir rekening koranmu juga besar, misal di atas 30 juta.

Dengan cara ini, peluang di-approve nya pengajuan visa Koreamu jadi lebih besar.

7# Dokumen Bukti-Bukti Keuangan

Agar aplikasi visa Korea tidak ditolak, lengkapilan dokumen bukti-bukti keuangan yang diminta seperti rekening koran dan slip gaji 3 bulan terakhir.

dokumen keuangan syarat visa korea

Yang bikin visa Korea ditolak adalah:

  1. Kamu karyawan, tapi tidak melampirkan slip gaji.
  2. Saldo di rekening terlalu kecil.
  3. Aktivitas keuangan yang aneh di rekening koranmu.

Jika kamu karyawan, maka harus melampirkan slip gaji. Slip gaji yang kamu lampirkan adalah slip gaji 3 bulan terakhir sebelum pengajuan visa Korea.

Saldo rekening agar visa Korea tidak ditolak itu minimal berapa ?

Sebetulnya tidak ada patokan pasti ya. Cuma berdasar pengalaman, minimal saldo rekening 15 juta atau Rp. 1 Juta x jumlah hari kunjungan kamu di Korea. Ambil nilai yang paling besar dari 2 parameter tersebut.

Contoh:

Rencana kunjunganmu di Korea adalah 7 hari. Maka minimal saldo yang kamu sediakan agar aman adalah 15 juta. Karena kalau 7x1 juta = 7 juta, ini terlalu kecil.

Tapi jika kunjunganmu di atas 15 hari, misal 20 hari. Maka baru, kamu kalikan Rp.1 Juta x 20, yaitu 20 juta.

Intinya ambil nilai paling besar antara 15 juta atau jumlah hari x 1 Juta.

Aktivitas Rekening Mencurigakan, Visa Korea Ditolak !

Ketika petugas melihat rekening koranmu dan melihat data aktivitas di rekening koranmu mencurigakan, maka visa Korea kamu hampir pasti ditolak.

Aktivitas mencurigakan misalnya, adanya transferan yang sangat besar di 2 minggu terakhir sebelum rekening koran dicetak. 

Petugas sudah hafal betul trik-trik para pemohon. Salah satunya mengakali rekening koran.

Biasanya para pemohon, agar syarat rekening koran terpenuhi, minta tolong temannya untuk mentrasfer uang dalam jumlah besar agar saldo rekening koran mencukupi.

Trik seperti ini akan terbaca oleh petugas KVAC (Korean Visa Application Center).

Solusinya ?

Kamu harus jujur saja apa adanya. Apalagi jika posisimu sebagai karyawan.

Karena nanti slip gaji tentu akan dibandingkan dengan data di rekening koran. Misal gaji kamu tiap bulan cuma 5 Juta rupiah, maka akan tidak wajar jika banyak transferan beberapa kali sebesar 10 Juta.

Jika posisimu adalah pekerja lepas atau pengusaha, yang tidak memiliki slip gaji. Ini masih bisa diakali.

Caranya dengan melakukan aktivitas rekening (transfer masuk dan keluar rekening) yang cukup besar selama 3 bulan terakhir. Dan menyisakan jumlah saldo yang besar, misal 30 Juta di rekening koranmu.

Demikian penyebab-peyebab serta solusi pengajuan visa Korea ditolak. Semua solusi yang sudah saya sebutkan tidak menjamin 100% visa Korea kamu pasti disetujui.

Tetapi dengan solusi-solusi tersebut, peluang permohonan visa Korea kamu menjadi lebih besar. Akhir kata, selamat mencoba !

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel