Visa Ke Korea Selatan, Bikin di Kedubes or KVAC ?

Visa Ke Korea Selatan, Bikin di Kedubes or KVAC ? - Umumnya negara-negara di dunia, untuk pengajuan visa ke Wilayahnya bisa dilakukan melalui Kedutaan Besar.

visa ke korea selatan


Tapi, Korea Selatan mengikuti trend pengurusan visa dunia, yaitu menyerahkan pengurusan visa ke agency swasta yang diberi kewenangan mengelola pengurusan visa sebagai perwakilan dari Kedutaan Besar Korea.

Langkah seperti ini juga diambil oleh Jepang (meski baru sebagian), yaitu dengan JVAC-nya, Japan Visa Application Center dan China yang menggunakan CVASC (China Visa Application Service Center).

Berdasarkan pengumuman dari Kedutaan Besar Korea di Indonesia, per tanggal 2 Mei 2019, pembuatan visa Korea tidak lagi di lakukan di Kedutaan Besar. Dialihkan ke KVAC (Korean Visa Application Center).

Jadi bagi kamu yang akan membuat visa Korea, yang kamu kunjungi adalah KVAC, bukan ke Kedubes.

Hanya saja, untuk visa-visa tertentu, pengajuan visa  Korea Selatan masih di tangani oleh Kedutaan Besar Korea.

Visa ke Korea Selatan yang Ditangani Kedutaan Besar

Per 2 Mei 2019, Kedutaan Besar Korea Selatan hanya menangani visa-visa khusus seperti berikut:

Visa Diplomatik (A1)

Yaitu visa yang khusus diberikan kepada seseorang untuk misi diplomatik. Pemohon visa diplomatik ini tentunya juga ber-paspor diplomatik, bukan paspor biasa seperti umumnya warga negara yang lain.

Visa Pejabat Pemerintah (A2)

Kalau visa diplomatik adalah visa untuk tujuan kunjungan diplomatik. Sedang visa pejabat pemerintah adalah visa yang digunakan oleh pejabat dalam rangka kunjungan dinas (bukan atas nama pribadi).

Visa Grup

Yaitu visa yang diajukan oleh satu grup wisatawan (minimal 5 orang). Dengan visa grup ini persyaratan lebih dimudahkan. Salah satunya tidak perlu melampirkan dokumen keuangan (yang selama ini menjadi momok bagi pemohon visa secara individu).

Proses pembuatannya di KVAC, namun pengambilan visa setelah jadi di Kedubes Korea Selatan.


Visa ke Korea yang Ditangani KVAC

Semua visa  ke Korea Selatan selain visa di atas, pembuatannya dilakukan di KVAC.
Seperti misal:

  • Visa kunjungan sementara
  • Visa wisata (individu bukan group)
  • Visa kursus bahasa korea
  • Visa bisnis sementara
  • Dll...


Alamat Kedutaan Besar Korea dan KVAC

Bagi kamu yang harus mengurs visa di Kedutaan Besar Korea, berikut alamatnya:

Jl. Jenderal Gatot Subroto, Kav.57 RT 1/ RW 4, Kuningan Timur - Setiabudi, Jakarta Selatan 12950.

Waktu operasional dari Senin - Jum'at, Sabtu - Minggu dan tanggal merah tutup. Untuk jam pelayanan 08.30 - 12.00, kemudian lanjut 13.30 - 17.00.

Alamat KVAC (Korean Visa Application Center)

Untuk KVAC, berlokasi di Lotte Shoping Avenue, Ciputra World Unit 5F-05A, Lantai 5, Jl. Prof Dr. Satrio No.1, Karet Kuningan - Setiabudi, Jakarta Selatan 12940.

Waktu operasional dari Senin - Jum'at, Sabtu - Minggu dan tanggal merah tutup. Jam pelayanan 09.00 - 17.00.

Btw...hingar bingar Korean Wave juga melanda Indonesia. Para bintang K-Pop dan drama Korea membikin penasaran para pemirsa mengenai Korea. Jadi lumrah, kalau makin ke sini, jumlah kunjungan WNI ke negeri ginseng ini melonjak drastis.

Untuk itulah di KVAC ini, sebelumnya hanya ada 5 loket, sekarang diperbanyak menjadi 12 loket pelayanan visa. Sehingga meminimalisir antrian panjang para pemohon visa Korea Selatan. 

Info (Tambahan) Penting !

Visa Korea merupakan visa yang termasuk susah permohonannya, dibanding negara-negara Asia lainnya. Persyaratan cukup banyak, plus pengecekan yang ketat.

Selain tentunya kamu harus menyiapkan semua dokumen persyaratan yang diminta, kamu juga harus ngerti hal-hal yang bisa menyebabkan pengajuan visa Korea di tolak.

Berikut ini wajib kamu baca: 
7 Penyebab Visa Korea Ditolak + Solusinya
Step by Step Pengajuan Visa Korea


Demikian info aplikasi visa ke Korea Selatan.

Ingat, jangan sampai salah lokasi ya bro..sist..Semoga info ini bermanfaat dan selamat mencoba membuat visa Korea Selatan !

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel