Cara Membuat SIM Mobil / SIM A (Mudah Tanpa Calo)


Cara Membuat SIM Mobil / SIM A (Mudah Tanpa Calo) - Meski kamu bisa nyetir mobil sejago Frank Martin dalam film The Transporter, yakinlah jika kamu tidak menunjukkan SIM saat dihentikan Pak Polisi, kamu pasti akan kena tilang.

cara membuat sim mobil - sim A

Surat izin mengemudi adalah bukti legalitas, bahwa kamu punya kompetensi berkendara di jalan raya. Kompetensi yang dimaksud bukan cuman kamu lancar nyetir mobil. Tapi juga paham aturan lalu lintas cara mengendarai mobil di jalan raya. Plus mental tidak bermasalah.

Coba bayangin...

Orang yang agak stres, meskipun dia pandai nyetir, tapi sangat riskan kalau bawa mobil di jalan raya. Karena jika terjadi stresnya kumat, tentu tidak terkendali dalam mengendarai mobil. Dan ini bisa membahayakan pengendara lain.

Maka salah satu syarat membuat SIM mobil (ataupun motor), selain sehat secara jasmani juga harus sehat secara rohani atau mental.

Di postingan ini akan saya terangkan secara lengkap dan detail bagaimana cara membuat surat izin mengemudi (SIM). Khususnya SIM mobil atau SIM A. Untuk pembuatan SIM motor bisa kamu baca di artikel ini:

(Komplit) Panduan Membuat SIM Motor Tanpa Calo 100% Lulus

Yuk tengok dulu daftar isinya...

Daftar Isi Artikel:

1# Syarat-Syarat Membuat SIM Mobil / SIM A

2# Biaya Pembuatan SIM Mobil / SIM A
3# Langkah-Langkah Cara Membuat SIM Mobil
4# Hal-Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Bikin SIM Mobil

Selanjutnya mari saya bahas satu persatu sub bahasan yang ada pada daftar isi di atas.

1# Syarat-Syarat Membuat SIM Mobil (SIM A)

Syarat-syarat membuat SIM terdiri dari 4 klasifikasi. Yaitu, syarat usia, syarat administratif, syarat kesehatan jasmani dan rohani, syarat ujian. Untuk lebih detail dari masing-masing syarat, lanjut baca artikel di bawah.

a) Syarat Usia Pembuatan SIM Mobil

syarat membuat sim mobil sim A-syarat usia

Dari gambar di atas, bisa kita lihat bahwa usia minimal untuk membuat SIM adalah:
  • 17 Tahun Untuk SIM A Perorangan
  • 20 Tahun Untuk SIM A Umum

b) Syarat Administrasi Pembuatan SIM Mobil

  • E-KTP Asli (siapkan juga fotokopinya 5 lembar)
  • Dokumen keimigrasian untuk WNA
  • Mengisi formulir permohonan pembuatan SIM

c) Syarat Kesehatan Fisik & Mental

  • Sehat secara fisik. Dibuktikan dengan keterangan/ KIR dokter. Ini didapat di klinik Polres/ SATPAS (Satuan Penyelenggara Administrasi SIM)
  • Sehat Mental/ Rohani. Dibuktikan dengan lulus tes psikologi. Tes psikologi untuk SIM A umum. Tetapi khusus wilayah Polda Metro Jaya, baik SIM A Perorangan ataupun Umum semuanya harus ikut tes psikologi.

d) Lulus Ujian Pembuatan SIM

  • Ujian teori
  • Ujian praktek
  • Ujian simulator (ini untuk SIM A Umum)

2# Biaya Pembuatan SIM Mobil (SIM A)

cara membuat sim mobil sim A - biaya

Perlu kamu ingat, biaya yang dicantumkan di atas adalah biaya riil pembuatan SIM jika kamu bikin sendiri. Jika melalui calo tentu harga bisa 3 sampai 4 kali lebih mahal.

Selain biaya di atas, Siapkan juga biaya lainnya. Seperti saat tes psikologi dan tes kesehatan kamu dikenai biaya administrasi. Ada juga biaya formulir dan tambahan biaya asuransi.

Detail kisaran rincian biaya tambahan lain sebagai berikut:
  • Biaya formulir Rp. 3000,-
  • Biaya tes kesehatan Rp. 25.000,-
  • Biaya tes psikologi Rp. 35.000,-
  • Biaya asuransi Rp. 30.000,-
Note:
Biaya tambahan tersebut mungkin tidak seragam di seluruh Indonesia.


3# Langkah-Langkah Cara Membuat SIM Mobil / SIM A

Pergi ke Polres atau SATPAS (Satuan Administrasi Penyelenggara SIM) terdekat. Kalau dahulu, kamu harus ke Polres sesuai domisili KTP. Tapi untuk saat ini kamu bisa bikin SIM di Polres mana saja asal membawa E-KTP.

Menyiapkan Syarat Kesehatan Jasmani dan Rohani

Cari ruang klinik Polres untuk mengikuti tes kesehatan. Setelah tes kesehatan, kamu membayar biayanya sebesar kisaran Rp. 25.000,-. Kemudian kamu akan mendapatkan surat keterangan dari dokter.

Setelah tes kesehatan, bagi kamu yang akan membuat SIM A Umum. SIM mobil untuk pengemudi angkutan umum, seperti angkot. Diharuskan ikut tes psikologi. Tapi untuk wilayah kerja yang masuk dalam wilayah Polda Metro Jaya, untuk saat ini semua jenis golongan SIM (tidak terbatas pada SIM Umum) diharuskan mengikuti tes psikologi.

Melakukan Registrasi Pendaftaran SIM Mobil

Setelah mengikuti tes kesehatan dan tes psikologi, datangi loket pendaftaran/ registrasi SIM. Serahkan semua dokumen administrasi yang sudah kamu dapatkan ke bagian registrasi/ pendaftaran SIM. Petugas kemudian menyerahkan formulir registrasi permohonan pembuatan SIM.

Kamu isi formulir tersebut dengan lengkap. Setelah selesai pengisian, serahkan lagi formulir registrasi tersebut ke bagian pendaftaran. Selanjutnya kamu akan diarahkan untuk mengikuti ujian teori pembuatan SIM mobil.

Ujian Teori Pembuatan SIM Mobil

Tunggu antrian hingga kamu dipanggil untuk mengikuti ujian teori pembuatan SIM mobil. Giliran kamu dipanggil, kamu akan disuruh oleh petugas memasuki ruangan ujian. Hampir sebagian besar Polres ataupun SATPAS sistem ujian sudah menggunakan komputer. Dahulu ujian teori menggunakan ujian tulis.

Ujian teori pembuatan SIM mobil terdiri dari 30 soal. Dengan waktu yang tersedia 15 menit. Jadi untuk tiap soal, waktunya adalah 30 detik. Ujian berupa pertanyaan yang dengan pilihan jawaban hanya ada dua opsi yaitu "benar" atau "salah".

Ke 30 pertanyaan ujian teori harus kamu jawab semua ! Dan untuk bisa lulus, skor minimal adalah 70 atau jawaban benar ada 21 soal.
Kamu yang belum lulus ujian teori, diberi kesempatan mengulang hingga 3x di hari yang lain.

Ujian Praktek SIM Mobil

cara membuat surat izin mengemudi mobil - ujian praktek


Setelah ujian teori, jika kamu lulus, selanjutnya kamu harus mengikuti ujian praktek untuk pembuatan surat izin mengemudi mobil.

Sama seperti pembuatan SIM Motor / SIM C, ujian praktek pada pembuatan SIM mobil juga menjadi momok kegagalan para peserta.

Banyak manusia Indonesia yang harus mengulang ujian praktek ini 3 hingga 5 kali untuk bisa lulus ujian praktek ini.

Ujian praktek untuk membuat SIM mobil terdiri dari:
  1. Nyetir mobil jalan lurus (maju dan mundur)
  2. Nyetir mobil dengan jalur zig-zag (maju dan mundur)
  3. Praktek memarkir mobil secara seri atau parkir mundur
  4. Praktek memarkir mobil secara paralel
  5. Uji berhenti di tanjakan

Saya sendiri merasa yang paling susah adalah ujian praktek no. 2 dan 3. Yaitu, nyetir mobil dengan jalur zig-zag dan ujian praktek parkir paralel.

Jika kamu gagal ujian praktek, kamu bisa mengulang di hari lain yang ditentukan oleh petugas Polres/ SATPAS.

Uji Tambahan Untuk SIM A Umum

Untuk pemohon SIM A umum, SIM mobil angkutan umum, ada uji tambahan. Yaitu ujian simulator.

Pembayaran Biaya Penerbitan SIM / PNBP SIM

Setelah kamu berhasil lulus uji praktek kamu akan diberi berkas oleh petugas. Kemudian kamu diarahkan ke loket pembayaran untuk membayar biaya PNBP SIM. Singkatan PNBP sendiri yaitu Penerimaan Negara Bukan Pajak.

Saat akan membayar, jangan lupa bawa berkas yang diberi petugas setelah ujian praktek tadi. Besar biaya penerbitan SIM A Perorangan maupun Umum sama saja. Yaitu sebesar Rp. 120.000,-

Rekam Sidik Jari dan Foto

Setelah membayar, kamu pergi ke bagian penerbitan SIM. Di situ kamu akan diverifikasi atau diindentikasi data diri kamu (nama, umur, alamat). Lalu difoto dan diambil sidik jarimu.

Menunggu Panggilan Untuk Menerima SIM Mobil

Selesai rekam sidik jari dan foto. Selesai sudah prosesi pembuatan SIM Mobil. Kini kamu tinggal menunggu petugas mencetak SIM.

Setelah SIM tercetak, petugas akan memanggilmu dan menyerahkan SIM kepadamu.

Untuk beberapa kasus, semisal printer bermasalah atau habisnya blangko SIM, maka petugas akan memberi kamu surat keterangan sementara. Yang nantinya bisa kamu tukarkan surat tersebut untuk mengambil SIM jika SIM sudah jadi.

Surat keterangan ini harus selalu kamu bawa dan jangan sampai hilang. Jika di jalan raya ada tilangan Polisi, kamu cukup menunjukkan surat keterangan sementara pengganti SIM ini ke Pak Polisi.

4# Hal-Hal Yang Perlu Kamu Perhatikan Saat Bikin SIM Mobil

Saat kamu akan membuat SIM mobil, datanglah ke Polres atau SATPAS dengan pakain yang sopan dan rapi. Maksud pakaian rapi dan sopan di sini adalah:
  • Pakai baju berkerah. Tidak boleh pake kaos oblong.
  • Pakai celana panjang. Celana pendek dilarang, kamu akan disuruh balik pulang.
  • Memakai sepatu. Dilarang pakai sandal cepit.
Selain itu kamu juga diharap membawa uang lebih. Jangan ngepas seperti yang sudah saya cantumin di atas. Karena di semua Polres dan SATPAS biaya PNBP seragam. Namun biaya tambahannya bisa berbeda-beda.

Bawalah bolpen sendiri dari rumah atau beli di toko terdekat Polres. Jangan ngandelin pinjam orang, karena ini bikin buang-buang waktu.

Demikianlah step by step prosedur cara membuat SIM mobil atau SIM A. Semoga membantu dan mencerahkan. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel