Cara Membuat SIM Online (Mudah Only 7 Langkah)

Cara Membuat SIM Online (Mudah Only 7 Langkah) - Efek pesatnya teknologi digital merambah ke dunia administrasi kependudukan. Termasuk dalam hal ini pembuatan surat izin mengemudi alias SIM.

surat izin mengemudi online

Dahulu untuk membuat SIM kita harus capek-capek lama mengantri untuk mendaftar. Sehingga bagi yang malas akhirnya mengambil jalan pintas, yaitu membuat SIM melalui jasa calo. Yang biasanya banyak berkeliaran di sekitar Polres.

Korps Lalu Lintas (Korlantas) membuat terobosan baru dengan menghadirkan layanan online dalam pembuatan SIM. Sebelumnya di tahun 2017, layanan ini hanya diperuntukkan untuk perpanjangan SIM saja. Tapi sekarang juga berlaku untuk pembuatan SIM.

Selain lebih cepat dalam pembuatan SIM, dengan sistem online tidak perlu membuat SIM sesuai domisili KTP. Pemohon bisa membuat SIM di Polres atau SATPAS (Satuan Penyelenggara Administrasi SIM) mana saja asal memiliki e-KTP.

Di artikel ini akan saya tunjukkan mudahnya dan simpelnya cara membuat SIM. Bahkan cukup dengan 7 langkah, kamu sudah bisa mendapatkan SIM. Asal kamu harus memenuhi persyaratan dan ketentuan-ketentuan.

Wajib Baca : Jenis-Jenis SIM Mobil & Motor Serta Daftar Persyaratannya

Di bawah ini 7 langkah, step by step cara membuat SIM dari mulai mendaftar SIM secara online hingga SIM bisa kamu pegang di tangan.

1# Langah Pertama, Mendaftar Pembuatan SIM Melalui Online

Langkah awal untuk membuat SIM online adalah mengunjungi website Korlantas di laman berikut:

http://sim.korlantas.polri.go.id/

Setelah kamu kunjungi laman tersebut, akan muncul halaman website seperti di bawah ini.

cara membuat surat izin mengemudi online-daftar

Kemudian kamu melakukan pendaftaran/ proses registrasi. Bila kamu belum paham bagaimana cara registrasinya, di laman ini juga diberi tahu tentang registrasi, prosedur dan panduan pembayaran SIM online.

Kamu bisa baca-baca dulu, setelah paham baru kamu lakukan registrasi/ pendaftaran SIM online.

Untuk pendaftaran kamu tinggal memilih menu pendaftaran. Selanjutnya pilih jenis permohonan yaitu pembuatan SIM baru. Kecuali jika kamu hanya akan perpanjang, ya pilihlah jenis permohonan perpanjangan SIM.

Jika kalian masih bingung, bisa ikuti contoh registrasi Surat Izin Mengemudi (SIM) Online di artikel ini:

Contoh Cara Registrasi SIM Online 

Jika kalian sudah melakukan registrasi secara online, maka kalian akan menerima email secara otomatis sebagai bukti kalian telah melakukan registrasi SIM online.

Isi emailnya adalah nomor registrasi, tanggal kedatangan kalian ke Samsat Polres atau SATPAS atau SIM keliling yang sudah kamu pilih dan besaran biaya yang harus kamu transfer. Lihat contoh emailnya di bawah ini...

contoh bukti registrasi sim online

Beberapa data di atas sengaja ada beberapa bagian dihapus demi menjaga privasi.

2# Pembayaran Pendaftaran SIM Online

Setelah kamu berhasil mendaftar, lakukanlah pembayaran. Pembayaran bisa kamu lakukan di ATM, EDC atau teller seluruh bank BRI.

Besar biaya pembayaran pendaftaran surat izin mengemudi online (SIM Online) yang harus kamu transfer adalah sesuai yang tertera di email bukti registrasi online di atas.

Sebagai gambaran, buat persiapan dana sebelum melakukan registrasi SIM online, berikut besaran biaya untuk pembuatan atau perpanjangan SIM online:

biaya cara pembuatan surat izin mengemudi online

Sebagai catatan, hingga tahun 2020 ini biaya pembuatan SIM masih menggunakan dasar hukum tarif PP No. 60 tahun 2016.

Setelah membayar, jangan lupa simpan bukti pembayaran untuk di bawa saat ke SATPAS/ Samsat Polres/ SIM Keliling nanti.

3# Cek Kesehatan Di Klinik atau Puskesmas

Salah satu syarat mendapatkan SIM adalah sehat jasmani dan sehat rohani. Yang bisa menyatakan kamu sehat atau tidak adalah dokter.

Untuk itu, sebelum mengajukan permohonan SIM kamu harus membuat surat keterangan dari dokter atau KIR dokter. Ini bisa kamu lakukan di klinik atau puskesmas terdekat. Bilang saja mau cek kesehatan untuk keperluan pembuatan SIM.

4# Datang Ke Polres / SATPAS / Gerai SIM Keliling Terdekat

Setelah berhasil mendapatkan surat keterangan sehat dari dokter, kamu datangi Samsat Polres atau SATPAS. Bisa juga ke layanan SIM keliling.


Ingat ya ! 

Sambil membawa KIR dokter, datanglah ke Polres atau SATPAS atau SIM keliling yang sudah kamu pilih saat kamu melakukan pendaftaran online sebelumnya.

Selain itu kamu juga harus membawa berkas-berkas berikut:
  • KTP Asli dan fotocopy-nya.
  • SIM Asli dan fotocopy-nya (jika akan memperpanjang SIM)
  • KIR Dokter
  • Bukti registrasi pembuatan SIM Online
  • Bukti pembayaran Surat Izin Mengemudi Online

5# Identifikasi / Verifikasi Oleh Petugas Pelayanan SIM

Sesampai di tempat pembuatan SIM, kamu datangi petugas. Selanjutnya data-data diri kamu akan diidentifikasi atau diverifikasi.

Proses ini untuk memastikan apakah data-data yang sudah kamu input saat pendaftaran SIM secara online sudah benar atau belum.

Setelah itu langsung diadakan sesi foto dan pengambilan sidik jari serta tanda tangan elektronik.

6# Ikut Ujian Teori dan Praktek Untuk Pembuatan SIM Online

Setelah foto, rekam sidik jari dan tanda tangan elektronik selesai, kamu akan diarahkan petugas untuk mengikuti ujian teori maupun praktek.

Ujian teori terdiri dari 30 soal yang harus kamu jawab dalam waktu 15 menit. Skor minimal agar lulus yaitu 70. Artinya minimal ada 21 jawaban kamu yang benar.

Untuk uji praktek sendiri ada uji praktek melewati penghalang (biasanya dilakukan di ruang lapang milik SAMSAT atau SATPAS) dan uji berkendara langsung di jalan raya.

Agar kalian bisa lulus saat ujian teori, carilah info soal-soal ujian SIM sesuai golongan SIM yang akan kalian bikin. Bisa kalian cari lewat google. Akan kalian temukan banyak bocoran soal-soal tes ujian SIM.

Untuk ujian praktek (di mana ini adalah faktor terbesar yang bikin GAGAL), agar kalian bisa lulus berlatihlah terlebih dahulu. Contoh-contoh latihan ujian praktek pembuatan SIM bisa kalian cari lewat youtube.

Catatan:
Baik ujian teori ataupun praktek, jika kalian gagal maka kalian bisa mengulang seminggu kemudian. Jika masih gagal juga, kalian bisa mengulang 14 dan 30 hari kemudian.

Terus jika masih gagal lagi, dana pembayaran akan dikembalikan dengan cara ditransfer balik ke rekening yang sudah kamu cantumkan saat registrasi SIM online.

Untuk SIM Umum, ada tambahan tes simulator.

7# SIM Online Kamu Sudah Berhasil Dicetak

Ketika kamu berhasil lulus mengikuti ujian teori maupun praktek. Maka SIM pun akan diterbitkan dan diserahkan oleh petugas kepada dirimu.

Selamat, hanya dengan 7 langkah "Cara Membuat SIM Online", SIM sudah berhasil kamu dapatkan.

Beginilah Cara Membuat Surat Izin Mengemudi (SIM) Online !

Mudah, Simpel dan Cepat Bukan ?

Dan yang perlu saya tekankan sekali lagi adalah dalam pembuatan atau perpanjang SIM Online, kalian tetap datang ke SAMSAT Polres/ SATPAS/ Gerai SIM Keliling. Jadi bukan hanya sekedar online.

Sistem online hanya untuk pendaftarannya saja !

Dengan cara ini, bisa mempercepat proses administrasi yang biasanya mengantri mengular di SAMSAT Polres. Selain itu bisa mengurangi praktek percaloan.

Plus yang paling penting bagi kita adalah tidak terikat dengan KTP domisili. Sehingga bisa membuat Surat Izin Mengemudi Online di mana saja tanpa harus pulang kampung ke daerah KTP asal.

Dan sebagai catatan tambahan, langkah-langkah di atas bisa saja tidak sama 100% plek di tiap daerah. Mungkin saja ada beberapa perbedaan. Tapi setidaknya tulisan ini bisa menjadi gambaran bagi kalian yang akan membuat SIM Online.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel