Persyaratan Visa Taiwan (Lengkap), Plus Prosedur Pengurusannya

Persyaratan Visa Taiwan (Lengkap), Plus Prosedur Pengurusannya - Terkenal dengan wisata kulineran "night market", pemandangan alam dan pemandian mata air panas, Taiwan mampu menyedot banyak wisatawan dari Singapura, Jepang dan China.

PERSYARATAN VISA TAIWAN

Sebelum lanjut, saya ucapkan selamat telah mendarat di PakarDokumen.com, blog paling detail, akurat dan update untuk semua urusan dokumen resmi seperti : SIM, STNK-BPKB, Paspor, Visa dan dokumen resmi lainnya.

Pun ternyata, diam-diam dari negara kita, Indonesia mulai banyak lho yang berkunjung ke Taiwan. Kalau sebelumnya kita mungkin tahunya orang-orang kita banyak berbondong ke sana sebagai TKI, akhir-akhir ini banyak masyarakat yang ke sana jadi turis.

Kamu mungkin juga akan menjadi next turis asal Indonesia yang mau melancong ke Taiwan. Hal yang wajib kamu siapkan selain biaya dan paspor, tentunya adalah Visa.

Taiwan saat ini memang memberlakukan bebas visa. Namun hanya untuk negara-negara tertentu. Dan sayangnya, negara kita tidak termasuk negara yang bebas visa untuk masuk ke Taiwan.

Ok, di artikel ini akan saya tunjukin persyaratan apa saja yang kudu siapin untuk mengajukan permohonan visa Taiwan. Tentunya juga akan saya sertakan petunjuk langkah-langkah pengurusannya.

Persyaratan Visa Taiwan

Jalur pembuatan visa ke Taiwan ada 2, yaitu: Jalur mudah banget dan jalur mudah. Saya sebut kedua-duanya mudah, karena memang dibanding pembuatan visa ke US, UK, Australia, Jepang, Taiwan relatif lebih mudah.

Persyaratan Visa Taiwan Jalur Mudah Banget

Persyaratan visa Taiwan jalur mudah banget, ini berlaku jika kamu memiliki visa atau izin tinggal yang saat ini masih berlaku untuk salah satu negara berikut: USA, Uni Eropa, UK, Australia, New Zealand, Jepang.

Jika kamu memiliki izin tinggal atau visa yang masih berlaku untuk salah satu negara di atas, maka syarat dan proses pembuatan visa ke Taiwan mudah banget. Kamu hanya mempersiapkan syarat tambahan sebagai berikut:
  1. Paspor yang masa expirednya masih di atas 6 bulan (terhitung dari pas awal kamu datang ke Taiwan nanti.
  2. Tiket pergi dan pulang Indonesia-Taiwan.
Sudah, cukup dua syarat dokumen di atas. Dan ada ketentuan, kamu sebelumnya belum pernah jadi pekerja pabrik di Taiwan. Juga tidak pernah memiliki catatan kriminal atau hal-hal buruk/ pelanggaran saat berkunjung ke negara lain.

Selanjutnya kamu tinggal daftar visa via online. Kabar bagusnya lagi, pengisian visa lewat online ini sangat mudah dan cepat. Mungkin cuma butuh waktu 7 menit. Biayanya gratis. Dan begitu selesai daftar kamu bisa langsung dapat E-Visa (Visa Elektronik Taiwan) yang tinggal langsung kamu print.

Detail cara pembuatan Visa Taiwan online dengan jalur mudah banget, bisa kamu baca di artikel saya yang berjudul: Mudahnya Bikin Visa Taiwan Online, Cepat dan Gratis !

Jika kamu tidak punya izin tinggal atau visa negara-negara yang saya sebutin di atas, ga usah khawatir. Meski tidak bisa mengajukan visa lewat jalur mudah banget, kamu bisa mengajukan visa lewat jalur mudah.

Berikut syarat-syaratnya...

Syarat-Syarat Visa Taiwan Jalur Mudah

Untuk membuat visa Taiwan jalur mudah (jalur normal), berikut berkas dokumen yang harus kamu persiapkan:
  1. Pas foto ukuran 4x4 sebanyak 2 lembar. Pas foto harus berwarna dengan background putih. Pas foto juga harus yang terbaru, maksimal di ambil tidak lebih dari 6 bulan terakhir.
  2. Paspor dengan masa berlaku 6 bulan sebelum expired (untuk visa Taiwan single entry) dan 12 bulan (visa Taiwan multiple entry). Hitungnya bukan sejak kamu ngajuin visa, tapi dari awal kedatangan di Taiwan.
  3. Bukti tiket pesawat pulang pergi.
  4. Bukti reservasi hotel.
  5. Rekening koran/ tabungan 3 bulan terakhir.
  6. Surat keterangan kerja (bagi kamu kaum pekerja), keterangan mahasiswa atau pelajar, jika pengusaha buktikan dengan SIUP.
  7. Fotokopi KK (Kartu Keluarga).


Harga/ Biaya Visa Taiwan

Kalau visa Taiwan lewat jalur mudah banget biayanya nol rupiah, alias gratis. Sedangkan visa Taiwan jalur mudah ini dikenakan biaya. Untuk besaran biaya, dikenakan pakai kurs dollar US yaitu sebesar:
  • 50 USD - Visa Single Entry
  • 100 USD - Visa Multiple Entry
Ini berlaku untuk layanan visa reguler yang jadinya sekitar 3-5 hari kerja. Sedang untuk layanan ekspress (jadi 1-2 hari kerja) biaya ditambah 50% lebih mahal.

Cara Membuat Visa Taiwan

PERSYARATAN VISA TAIWAN - tempat pengajuan


Seperti yang sudah saya terangkan sebelumnya, pembuatan visa Taiwan bisa lewat dua jalur. Jalur mudah banget dan jalur mudah. Untuk jalur mudah banget bisa ikuti petunjuknya di SINI.

Di postingan ini akan saya tunjukin cara yang lewat jalur mudah, hanya 4 langkah ! Berikut langkah-langkah cara pembuatn visa Taiwan:

1. Penyiapan Dokumen Persyaratan Visa Taiwan

Untuk dokumen-dokumen persyaratan yang harus kamu siapkan, bisa lihat lagi di atas. Jika semua sudah terkumpul, selanjutnya lakukan permohonan visa Taiwan via online.

2. Pendaftaran Visa Taiwan Online

persyaratan visa taiwan - form pengajuan

Untuk pendaftaran visa Taiwan, kamu harus mengisi formulir pendaftaran online di link berikut ini: https://visawebapp.boca.gov.tw/BOCA_EVISA/

Silakan kamu buka link tersebut dengan cara copy paste di browsermu. Setelah terbuka, tinggal kamu isi data-data pada kolom-kolom yang tersedia.

Setelah semua data terisi, kemudian kamu cek lagi apakah semua data yang kamu isikan sudah valid. Jangan buru-buru kamu submit. Karena kalau sudah di-submit tidak bisa diedit lagi. Jadi pastikan dulu, priksa dulu data yang kamu isiin udah benar-benar valid.

Setelah yakin bahwa semua datamu sudah valid, sekarang baru kamu pencet tombol submit.

Kemudian akan muncul bahwa formulir mu sudah tersubmit dan silakan kamu klik tombol print pdf. Setelah itu, formulir pendaftaranmu sekarang sudah menjadi pdf. Silakan kamu  print out formulir pendaftaran yang sudah berupa pdf tadi.

Hasil print out, kamu bawa ke TETO (Taipei Economic and Trade Office), yaitu tempat di mana kamu mengajukan permohonan visa Taiwan.

3. Pergi Ke TETO Buat Pengajuan Visa Taiwan

Dengan membawa print out formulir pendaftaran visa Taiwan online dan semua dokumen persyaratan, kamu pergi ke TETO.

Alamat Pembuatan Visa Taiwan (TETO): Gedung Artha Graha di lantai 12, Jl. Jendral Sudirman Kav. 52-53, Jakarta.

Serahkan semua dokumen ke loket pendaftaran visa. Kemudian kamu lakukan pembayaran sesuai dengan jenis visa yang mau kamu bikin (single or multiple entry) dan sesuai jenis service yang kamu pilih (reguler or express).

Selesai bayar, kamu akan menerima bukti pembayaran. Kemudian di loket lain, kamu minta nomor pengambilan visa.

Waktu Pengajuan dan Pengambilan Visa:
  • Pengajuan Visa 08.30 - 11.30, Senin - Jum'at (tanggal merah libur)
  • Pengambilan Visa 13.30 - 14.00, Senin - Jum'at (tanggal merah libur)

4. Pengambilan Visa Yang Sudah Jadi


Untuk layanan reguler, visa jadi 3-5 hari kerja. Sedangkan untuk layanan express visa jadi dalam waktu 1-2 hari kerja.

Pastikan dulu untuk menghubungi petugas TETO, apakah visa sudah jadi atau belum.

Setelah visa jadi, kamu bisa datang ke TETO lagi sesuai jadwal pengambilan visa. Bawa bukti pembayaran plus nomor pengambilan visa yang sudah kamu dapatkan sebelumnya.

Demikianlah list persyaratan visa Taiwan beserta prosedur cara pengurusannya. Sekarang giliran waktunya jalan-jalan ke Taiwan.



Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel