Visa Australia Ditolak, Padahal Dokumen Lengkap (List Penyebab)

Visa Australia Ditolak, Padahal Dokumen Lengkap (Sebab + Solusi) - Dengan berlakunya pengajuan Visa Australia secara online sejak pertengahan 2017, sebenarnya lebih mempermudah warga Indonesia yang mau berkunjung ke Australia.

visa australia ditolak

Tetapi, untuk persyaratan dokumen dan proses persetujuan masih tergolong ketat. Ini jika dibanding dengan visa tujuan negara-negara Asia semisal China, Jepang ataupun Korea.

Angka penolakan pengajuan Visa Australia masih lumayan banyak. Yang bikin nyesek, biaya pengajuannya yg cukup mahal akan hangus. Tidak bisa balik ketika permohonan Visa Australia ditolak.

Untuk visa kunjungan (kunjungan wisata/ turis, bisnis) biaya visa sebesar AUD 145 atau 145 Dollar Australia. Yang kalau dirupiahin, per-tulisan ini diterbitkan kira-kira sebesar 1,4 jutaan. Belum lagi ada tambahan biaya kurang lebih Rp. 200 ribuan jika kalian daftar melalui VFS Global (Btw pembuatan Visa Australia bisa lewat online atau offline lewat VFS Global).

Yang tambah bikin sedih lagi, terkadang segala persyaratan sudah dilengkapi, tapi ada-ada saja penyebab-penyebab di luar dugaan yang bikin pengajuan visa ditolak.

Nah, buat kalian yang sedang ancang-ancang mengajukan Visa Ausralia, wajib baca penyebab-penyebab yang memungkinkan permohonan visa ditolak. Berikut daftarnya:

Penyebab Pemohonan Visa Australia Ditolak

1# Dokumen Persyaratan Kurang Lengkap, Visa Australia Pasti Ditolak

Ini biasanya terjadi untuk kasus-kasus yang perlu dokumen tambahan. Tapi si pemohon lupa atau tidak tahu kalau sebetulnya perlu dokumen tambahan sebagai pendukung.

Contoh: Jika kamu ke Australia dengan dana sponsor dari keluarga. Entah itu ayah, ibu, kakak adik atau anak. Otomatis juga perlu syarat tambahan seperti:

  • Surat sponsor dari si penanggung dana/ si sponsor.
  • Rekening koran 3 bulan dan juga surat referensi bank pihak sponsor.
  • Data diri resmi si sponsor seperti KTP, KK dan Akte Lahir si sponsor dan juga paspor (jika punya). Ini untuk memperjelas status hubungan kamu dengan si sponsor.
  • Si sponsor tidak pernah memiliki catatan buruk dengan kedutaan/ imigrasi Australia sebelumnya.
Nah kadang syarat tambahan ini yang kelupaan.

Contoh lainnya adalah jika kamu seorang freelancer atau pekerja lepas yang tidak memiliki slip gaji. Tapi kemudian kamu membiarkannya dengan alasan tidak punya slip gaji begitu saja. Seharusnya kamu bisa menggantinya dengan bukti transaksi pembayaran klien terhadap jasa kamu sebagai freelancer.

2# Pernah Memiliki Masalah Keimigrasian, Kemungkinan Besar Visa Australia Ditolak

Jika kamu sebelumnya sering ke luar negeri tetapi pernah meninggalkan catatan buruk seperti mungkin pernah overstay, pernah punya kasus kriminal di negeri orang, atau mungkin kamu pernah tinggal di negeri orang dengan cara illegal.

Kasus-kasus keimigrasian seperti di atas bisa menjadi batu sandungan saat kamu mengajukan Visa Australia. Sehingga berakhir ditolaknya Visa Australia yang kamu ajuin.

3# Dokumen Keuangan Bermasalah 

visa australia ditolak - saldo rekening kurang

Dokumen keuangan yang kamu sertakan kurang lengkap atau bermasalah sehingga tidak meyakinkan pihak imigrasi Australia untuk menyetujui Visa kamu.

Contohnya: Saldo rekening koranmu dianggap terlalu kecil. Bisa juga data rekening koran kamu mencurigakan, misal dalam 3 bulan terakhir ada uang keluar masuk yang tidak wajar. Misal biasanya per bulan ada uang masuk 15 juta. Tapi tiba-tiba di bulan ke-3 rekening kamu menerima transferan 50 juta.

Ini membuat pihak imigrasi Australia curiga kalau kamu sengaja meminta orang untuk transfer dana yang besar agar pengajuan visa bisa disetujui.

4# Adanya Ketidak Jelasan Dokumen, Memungkinkan Visa Ditolak

Semua dokumen yang kamu submit sebagai persyaratan harus jelas dan terang. Ketidak jelasan akan membuat ragu petugas Visa Australia, sehingga visa ditolak.

Contoh ketidak jelasan:

Adanya beda nama antara di paspor dan KTP kamu. Contoh namamu di paspor Mohammad Misbachul Munir. Tapi nama di KTP kamu adalah Muhamad Misbahul Munir. Atau mungkin ada beda nama di dokumen yang lain seperti akte lahir dan KK.

Ini bisa bikin pengajuan visa Ausralia ditolak !

Contoh lain dari ketidak jelasan adalah surat keterangan kerja kamu kurang jelas. Lupa tidak mencantumkan kamu kerja di perusahaan saat ini sejak kapan, posisi/ jabatan kamu di perusahaan sebagai apa.

Hal lain yang bisa bikin Visa Australia ditolak adalah surat keterangan kerja kamu tidak pakai kop perusahaan. Ini dianggap perusahaanmu tidak jelas, fiktif sehingga terkesan abal-abal.

5# Problem Saat Interview Telepon Dari Pihak Imigrasi Australia

Di dokumen kamu tercantum no handphone atau telepon yang bisa dihubungi. Nah ini kadang pihak imigrasi Australia telepon untuk mengecek atau konfirmasi.

Saat kamu mungkin ditelepon oleh pihak imigrasi, kamu jawab dengan terbata-bata dan ragu-ragu. Ini bisa nyebabin visa Australia ditolak.

visa australia ditolak - interview bermasalah

Yang sering terjadi juga, pihak imigrasi menelepon nomor yang tertera di surat keterangan kerja, tapi pas ditelepon tidak ada yang ngangkat. Jadi sebaiknya pakai saja nomor telepon HRD atau atasanmu. Dan bilang ke mereka mohon kalau ada yang telepon dari nomor yang tidak mereka kenal agar tolong diangkat dan ditanggapi.

Karena mungkin itu nomor telepon dari pihak imigrasi Australia.

Inilah daftar penyebab pengajuan Visa Australia ditolak. Untuk itu sebelum kamu benar-benar mengajukan harus mengantisipasinya.

Hal Berikut Perlu Kamu Tambahkan

Satu hal lagi, bagi kamu yang belum pernah keluar negeri sama sekali, ini terkadang bisa menyebabkan keraguan imigrasi Australia. Dan mungkin bisa menjadi penyebab visa ditolak. 

Untuk menghindari penolakan, perkuat dokumen kamu dengan dokumen-dokumen pendukung. Misal jika ada teman atau keluarga di Australia, minta mereka untuk bikin invitation letter (surat undangan), sehingga meningkatkan kepercayan imigrasi Australia untuk menyetujui permohonan kamu.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel