Syarat Visa Australia Untuk Kunjungan Wisata Atau Bisnis (Komplit)

Syarat Visa Australia Untuk Kunjungan Wisata Atau Bisnis - Btw jenis tipe Visa Australia itu  seabreg-banyak banget. Namun umumnya, warga Indonesia ke Australia buat urusan jalan-jalan liburan, belajar (sebagai mahasiswa), kunjungan bisnis dan bekerja.

syarat visa australia


Kali ini PakarDokumen.com akan me-listing, syarat-syarat Visa Australia yang diperlukan jika tujuan kunjungan kalian ke sana buat urusan jalan-jalan atau kunjungan bisnis. Untuk syarat Visa Australia pelajar atau calon pekerja, bisa lihat di artikel kami lainnya.

Tipe Visa Australia Kunjungan Wisata Atau Bisnis

Buat kamu yang ke Australia dengan tujuan wisata atau bisnis, masuknya kategori tipe visa visitor subclass 600.

Bagi warga Indonesia, visa visitor subclass 600 yang berlaku ada 3 jenis:
  1. Visa Australia Subclass 600 – Tourist Stream (Kunjungan Wisata)
  2. Visa Australia Subclass 600 – Business Visitor Stream (Kunjungan Bisnis)
  3. Visa Australia Subclass 600 – Sponsored Family Stream (Kunjungan Dengan Dana Disponsori Keluarga)

Daftar jenis Visa Australia di atas berdasarkan sumber resmi dari Kedutaan Besar Australian di Indonesia dan Departemen Imigrasi Australia. Bisa kamu cek di laman website berikut:

https://indonesia.embassy.gov.au/jaktindonesian/Checklists.html

https://immi.homeaffairs.gov.au/visas/getting-a-visa/visa-listing/visitor-600

Di artikel ini akan kami bahas syarat-syarat Visa Australia yang diperlukan untuk pengajuan visa yang nomor 1 dan 2, yaitu: Visa keperluan kunjungan wisata atau kunjungan bisnis.

Visa Australia Kunjungan Wisata (Subclass 600 – Tourist Stream) 

syarat visa australia - turis kunjungan wisata


Visa ini bisa kamu pakai untuk memasuki Australia dengan tujuan wisata, mengunjungi keluarga, teman atau jika kamu melakukan pelayaran dengan kapal pesiar dan memasuki Australia.

Masa Berlaku visa ini 3-12 bulan. Bisa single entry ataupun multiple entry.

Yang menentukan kamu mendapat jatah 3 atau 12 bulan, single atau multiple entry adalah pihak keimigrasian Australia. Karena untuk masa berlaku Visa dan jenis single atau multiple entry ditentukan kasus per-kasus (tidak dipukul rata untuk semua pemohon) oleh pihak Imigrasi Australia berdasarkan durasi dan alasan kunjungan kamu ke Australia.

Bahkan untuk beberapa kasus, misal kamu adalah orang tua atau orang tua tiri dari anak kamu yang sekarang jadi warga Australia atau penduduk tetap (permanent resident), kamu bisa dapat jatah berlaku visa 12 bulan lebih bahkan hingga 3-5 tahun.

Selanjutnya akan saya bahas syarat Visa Australia untuk kunjungan wisata beserta biayanya.

Biaya dan Syarat Visa Australia Kunjungan Wisata Subclass 600

biaya visa australia


Kamu bisa mengajukan visa Australia kunjungan wisata subclass 600 lewat online atau datang ke kantor VFS Global di Jakarta. Tepatnya di Kuningan City di Lantai 2 No. L2-19. Bisa juga ke VFS Global yang ada di Denpasar - Bali.

Bagi kamu yang daftar sendiri lewat online, harus benar-benar kamu perhatikan syarat-syarat visa Australia yang akan kami jabarkan di bawah. Karena jika syarat Visa Australia kamu kurang, maka rencana liburan plus uang pengajuan visa kamu bisa melayang sia-sia. Akibat visa kamu ditolak.

Lain halnya jika kamu daftar lewat VFS Global, kamu bisa Tanya-tanya dan minta dicek ulang ke petugas apakah syarat Visa Australia yang sudah kamu siapin ada yang kurang atau tidak memenuhi ketentuan.

Dokumen-dokumen sebagai syarat Visa Australia dibagi 2, yaitu: REQUIRED & RECOMMENDED. Required artinya wajib dan recommended artinya sangat disarankan.

Meski tidak wajib, dokumen reccommended ini sangat membantu sekali untuk approval Visa Australia kamu.

Untuk biayanya sendiri sebesar 145 Dollar Australia. Dan jika kamu daftar lewat VFS Global, akan kena charge tambahan biaya Rp. 165.000,-.

Berikut list dokumen syarat Visa Australia yang harus kamu siapin untuk apply via online ataupun VFS Global.

Daftar Syarat Visa Australia Kunjungan Wisata 

1. Paspor. Sebelum tanggal keberangkatan, pastikan paspor kamu masa berlakunya di atas 6 bulan sebelum expired.

Copy paspor di halaman identitas dan halaman-halaman visa yang sudah kamu pakai bepergian ke negara lain. Jika kamu belum pernah pergi ke luar negeri (halaman visa masih kosong), tetap kamu copy juga.

Jika kamu mendaftar online, tentu paspor tidak perlu kamu copy. Tapi harus kamu scan.

2. E-KTP. Copy E-KTP atau scan jika kamu daftar lewat online.

3. Kartu Keluarga (KK), Akte Kelahiran, Buku/ Akte Nikah. Copy atau scan dokumen tersebut. Jika kamu masih single, tentu kamu tidak perlu ngelampiri buku nikah.

4. Dokumen Bukti-Bukti Keuangan. Bukti keuangan, silakan kamu siapkan surat referensi bank, rekening koran 3 bulan terakhir dan slip gaji 3 bulan terakhir juga.

Surat referensi bank dan rekening koran ini minta ke pihak bank agar dibuatin dalam Bahasa Inggris. Bilang saja sebagai kebutuhan pengajuan syarat Visa Australia.

Untuk nominal saldo tabungan lebih aman menggunakan rumusan berikut:

Saldo tabungan = Jumlah hari kunjungan x 1 Juta + Perkiraan Harga Tiket Pesawat

Penting !

Rekening koranmu harus terlihat normal, jumlah uang keluar dan masuk dalam 3 bulan terakhir tidak terlalu beda mencolok. Misal ada uang masuk bulan 1 dan 2 sebesar 12 dan 13 juta tapi tiba-tiba di bulan ke-3 masuk uang 25 juta.

Ini bisa bikin curiga pihak imigrasi Australia. Mereka menganggap kalau kamu mau mengakali saldo rekening agar pengajuan visa kamu disetujui.

Jika saldo rekening tidak mencukupi ?

Jika memang saldo kamu tidak mencukupi, kamu bisa minta keluarga atau teman untuk menjadi sponsor dengan menyertakan :
  • Surat sponsor. 
  • Data diri pihak sponsor seperti KTP dan Paspor.
  • Jika sponsor adalah keluarga (orang tua atau anak), lampirkan juga kartu keluarga yang menjelaskan hubungan kamu dengan si sponsor dan juga akta lahir si sponsor.
  • Surat referensi bank dan rekening koran 3 bulan terakhir atas nama si sponsor.

5. Surat Keterangan Kerja. Minta ke HRD perusahaanmu untuk dibuatkan surat keterangan kerja dalam bahasa Inggris. Surat harus menggunakan kop resmi perusahaan kamu.

Jika kamu pemilik usaha, maka kamu harus scan atau fotokopi SIUP dan NPWP usaha kamu.

6. Surat Undangan/ Invitation Letter. Jika kamu punya kerabat atau teman berkwarganegaraan Australia atau sudah permanent resident, sangat disarankan minta invitation letter dari mereka.

Invitation letter tersebut disertai dengan scan paspor dan KTP/ ID card kwarganeraan mereka. Semuanya dalam bentuk pdf dan bisa kamu minta kirim via email.

Jika kamu daftar lewat VFS Global, print out surat dan dokumen-dokumen syarat visa Australia tersebut.

Dokumen ini sifatnya tidak wajib. Tapi sangat membantu sekali agar pengajuan visa kamu disetujui.

7.  Bukti Reservasi Hotel. Pilih hotel yang bayarnya pas kamu sudah di sana. Yang penting kamu sudah ada bukti bahwa kamu sudah booking hotel di sana. Jangan lupa ya, tanggal booking hotel sesuaikan dengan waktu tiba dan pulang kamu dari Australia.

Kecuali jika kamu punya saudara atau kerabat, kamu tidak butuh bukti booking ini. Karena kamu akan menginap di rumah mereka.

8. Itinerary/ Rencana Perjalanan Selama di Australia. Itinerary cukup buat yang simpel. Yang penting jelas. Maksud jelas di sini adalah, pada tanggal tertentu agenda liburanmu apa, lokasinya di mana dan menginapnya di mana.

9. Form Aplikasi Visa. Isi dan print out form aplikasi visa yang dikenal dengan form 1419. Setelah diisi lengkap bawa formulir ini saat pergi ke VFS Global.

Jika kamu daftar visa via online, maka form 1419 diisi secara online.

10. Foto 3.5 x 4.5 Cm. Foto berbackground putih. Jadi disarankan kamu foto dengan pakain berwarna yang kontras dengan warna putih.

Jika kamu mendaftar online, foto bisa kamu ambil dengan smartphone dengan berlatar belakang tembok putih. Yang penting foto terlihat formal, seperti layaknya foto lamaran pekerjaan. Bukan kayak foto pas kamu selfie ya ...

11. Dokumen-Dokumen Pendukung yang direkomendasikan. Inti dari pemerintah Australia bagi warga asing yang berlibur ke negara mereka adalah memastikan bahwa warga asing tersebut benar-benar berlibur. Tidak cari pekerjaan, tinggal lama dan nggembel di Australia.

Untuk itu dokumen-dokumen yang menyatakan kepemilikan aset, seperti aset rumah, mobil, tanah dalam bentuk sertifikat atu surat resmi kepemilikan aset tersebut sangat membantu untuk aproval visa kamu.

Dengan adanya dokumen-dokumen seperti ini, pihak Imigrasi Australia jadi yakin bahwa kamu memang akan balik lagi ke Indonesia, karena punya aset-aset tersebut.

12. Membayar Biaya Pengajuan Visa. Biaya pengajuan visa sebesar 145 Dollar Australia, jika kamu daftar lewat online.

Jika kamu bikin visa lewat VFS Global maka ada tambahan biaya sebesar Rp. 165.000,-.

13. Jika kamu akan tinggal di Australia 3 bulan lebih, atau kunjunganmu ke fasilitas kesehatan atau umur kamu 75 tahun ke atas, maka harus menyertakan surat keterangan sehat dokter atau klinik layanan kesehatan yang ditunjuk oleh Kedubes Australia.

14. Jika kunjunganmu menyertakan anak-anak di bawah 17 tahun, selain melengkapi semu dokumen persyaratan untuk anak kamu. Juga menambahkan formulir 1229.


Visa Australia Kunjungan Bisnis (Subclass 600 – Business Visitor Stream)

syarat visa australia - kunjungan bisnis


Kunjungan bisnis yang dimaksud di sini adalah kunjungan bisnis yang tidak menghasilkan uang. Seperti misal untuk kebutuhan meeting, kunjungan ke salah satu rekanan pabrikan di Australia atau kunjungan untuk presentasi bisnis.

Lama berlaku visa kunjungan bisnis Subclass 600 ini adalah 3 bulan. Kamu bisa mengajukan permohonan visa ini lewat VFS Global atau via online.

Untuk biaya dan syarat Visa Australian kunjungan bisnis, bisa kamu cek di bawah ini.

Biaya dan Syarat-Syarat Visa Australia Kunjungan Bisnis Subclass 600

Untuk biaya sebesar 145 Dollar Australia. Jika daftar lewat VFS Global kena tambahan Rp. 165.000,-.

Persyaratannya sendiri hampir sama dengan visa kunjungan wisata Subclass 600. Hanya saja di sini surat undangan dari perusahaan pihak/ rekan bisnis yang berada di Australia harus ada.

Juga untuk formulir pendaftarannya beda. Kalau kunjungan wisata pakai formulir 1419 sedangkan visa kunjungan bisnis pakai formulir pendaftaran 1415. Formulir ini harus kamu isi dan print out, lalu kamu bawa beserta dokumen persyaratan lainnya ke VFS Global.

Sedangkan jika mendaftar online, kamu tinggal mengisi langsung formulir ini via online.
Inilah daftar lengkap syarat-syarat Visa Australia yang perlu kamu siapkan agar pengajuan visa kamu GRANTED ! alias APPROVED !

Oya...untuk pendaftaran via VFS Global, bawa semua dokumen syarat-syarat Visa Australia yang asli dan fotokopinya. Kalau daftarnya via online, maka semua dokumen dalam bentuk soft copy, dalam bentuk file pdf.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel