CEK IMEI SAMSUNG, (Waspada Diblokir Pemerintah)

CEK IMEI SAMSUNG, (Waspada Diblokir Pemerintah) - Di akhir april 2020, hampir mayoritas netizen +62 pada heboh. Pasalnya per-20 April pemerintah akan memblokir smartphone ilegal.

Cek Imei Samsung

Maksudnya ilegal yaitu yang masuk Indonesia secara tidak resmi. Lewat jalur belakang, biar tidak terkena bea cukai. Untuk memberantas praktek semacam ini, pemerintah per-20 April 2020 akan memblokir smartphone ilegal.

Efek Smartphone Yang Diblokir Pemerintah

Smartphone yang terblokir, otomatis tidak bisa dipakai telepon, SMS, menggunakan paket data buat internetan.

Meski HP kamu termasuk kelompok high-end, plus kamu lagi melimpah pulsa, tetap saja tidak akan bisa dipakai. Hanya bisa dipakai buat foto-foto, kalkulator dan internetan tapi pakai wifi (bukan paket data).

Tapi tenang saja, aturan ini hanya berlaku untuk HP ilegal yang diaktifkan setelah 20 April 2020. Jika HP kamu (misal SAMSUNG) adalah barang BM, masih bisa dipakai. Asal sudah aktif sebelum 20 April 2020.

Cek IMEI SAMSUNG Pas Baru Beli

Jadi yang perlu kamu waspadai adalah saat mau beli HP Samsung. Kamu harus cek resmi atau tidak Samsung yang kamu beli. Agar nanti jangan sampai terkena blokir pemerintah (jika ternyata Samsung kamu tidak resmi).

Cara mengecek Smartphone Samsung yang kita punya itu resmi atau tidak, bisa dilihat dari nomor IMEI nya. Cari tahu nomor IMEI Samsung yang kamu beli, kemudian cek IMEI tersebut di websitenya Kementrian Perindustrian (Kemenperin).

Jika nomor IMEI terdaftar, maka HP Samsung kamu adalah resmi. Dan sebaliknya, jika nomor IMEI tidak terdaftar maka Samsung kamu adalah Samsung tidak resmi. Meski mungkin kamu beli dari salah satu merchant di marketplace yang punya reputasi bagus.

Lalu jika HP Samsung kamu tidak terdaftar nomor IMEI nya di website Kemenperin, kamu balikin saja HP kamu ke si penjual di Marketplace. Kemudian minta refund uang yang sudah kamu transfer.

Dengan cara ini kamu lebih aman saat membeli Smartphone Samsung.

Selain resmi atau tidak nya Samsung yang kamu beli, dengan cek IMEI kamu juga bisa memastikan apakah Samsung yang kamu beli palsu atau tidak.

Untuk detail caranya, ikuti langkah-langkahnya seperti berikut...

Cara Cek IMEI SAMSUNG

Untuk mengecek nomor IMEI ponsel Samsung (berlaku untuk Smartphone Samsung Seri apapun) bisa kamu lakukan dengan 2 cara:
  1. Mengecek IMEI Samsung dengan kode dial
  2. Cek dengan melihat "About" di Sistem Settings
Langsung saja, kita bahas masing-masing cara dari 2 cara di atas...

1# Mengecek IMEI Samsung Dengan Kode Dial

Untuk melihat Samsung dengan Kode Dial sangat mudah. Tinggal di keypad Smartphone nomor angka dan kode *#06# , nanti akan muncul nomor IMEI nya.
Kode Dial untuk cek IMEI Samsung *#06#
Supaya lebih jelas, bisa kamu perhatikan gambar step by stepnya seperti ini...

cek IMEI Samsung Dengan Kode Dial

Yang saya kotakin merah di atas adalah nomor IMEI. Kebetulan Samsung punya saya A50 punya 2 slot sim card. Jadi nomor IMEI nya ada 2. oya, nomor sebagian saya coret biru biar rahasia ya..😊

Karena pesan dari Pemerintah, agar kita menjaga nomor IMEI. Tidak mudah-mudah men-share nya ke orang lain apalagi ke publik. Agar tidak dimanfaatkan oleh pihak-pihak tertentu.

2# Cek IMEI Samsung Dengan Melihat About Phone

Pada about phone HP Samsung, umumnya terdapat IMEI, status, Software dan Battery Information. Untuk melihat IMEI pada About Phone, caranya seperti ilustrasi gambar di bawah ini.

cek nomor IMEI HP Samsung - About Phone

Perhatikan gambar di atas..step - step nya adalah...
Pilih menu Setting > Klik About Phone > Akan Muncul Menu About Phone yang ada IMEI nya.
Jika settingan bahasa yang dipakai HP Samsung kamu adalah bahasa Indonesia, maka nama-nama menunya tinggal menyesuaikan ya...

Cek Samsung Resmi atau Tidak di Website Kemenperin

Setelah kamu mendapatkan nomor IMEI melalui salah satu dari 2 cara sebelumnya, sekarang saatnya cek apakah HP Samsung kamu resmi atau ilegal.

Caranya...
  • Buka website kemenperin ini  di alamat ini https://imei.kemenperin.go.id/
  • Ketikkan nomor IMEI Samsung kamu ke kolom yang tersedia
  • Klik Search
  • Akan muncul laporannya apakah IMEI kamu terdaftar atau tidak
cek imei di website kemenperin


Contoh IMEI yang Tidak Terdaftar

Di bawah ini  contoh kalau IMEI kita tidak terdaftar di database kemenperin...

IMEI tidak terdaftar di kemenperin

Cek HP Samsung Asli Atau Palsu/ Rekondisi

Selain bisa dipakai untuk cek resmi atau tidaknya HP kita, cara cek IMEI Samsung juga bisa digunakan untuk mengetahui apakah Samsung kita Asli atau Palsu.

Caranya, tinggal cocokkan nomor IMEI yang sudah kita dapat sebelumnya dengan nomor IMEI yang tercantum di dus box. Beberapa tipe Samsung (termasuk punya saya Galaxy A50), menyematkan nomor IMEI di belakang bodi.

Jika IMEI antara hasil cek dengan kode dial dan about phone tidak cocok dengan yang tetera di dus box dan di bodi, maka bisa dipastikan Samsung yang kita miliki adalah PALSOE.

Inilah manfaat Cek IMEI Samsung yang paling utama: Cek ke-resmi-an dan Ke-asli-an.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel