CEK IMEI HP XIAOMI, Pastikan Resmi dan Asli !

CEK IMEI HP XIAOMI, Pastikan Resmi dan Asli ! - Pakar Dokumen dalam 3 kesempatan terakhir ini mengulas bagaimana cara cek IMEI HP.

CEK IMEI XIAOMI

Kali ini Pakar Dokumen mengulas bagaimana caranya mengecek IMEI HP Xiaomi.

Tujuan utama dari artikel-artikel ini adalah untuk menyambut atauran baru pemerintah yang aktif per 18 April 2020. Yang menyatakan akan memblokir smartphone ilegal. Di mana tandanya adalah nomor IMEI nya tidak terdaftar di database pemerintah melalui Kementrian Perindustrian (Kemenperin).

Dan Xiaomi adalah satu jenis smartphone yang menguasai pangsa pasar Indonesia. Di kwartal ketiga tahun 2019 saja, menurut survey Canalys, pangsa pasar Xiaomi di Indonesia terbesar nomor 2 mengalahkan Samsung.

Kita semua tahu, sebagai pemain terkenal biasanya juga akan muncul banyak barang bajakan. Termasuk Xiaomi ini. Bajakannya banyak beredar. Pun juga banyak ponsel BM Xiaomi yang masuk nylonong membanjiri Indonesia (tanpa bayar pajak), dan cukup laris di masyarakat.

Makanya, bagi kamu yang akan berniat membeli HP Xiaomi, cek dulu resmi atau tidak,asli atau palsu.

Cek IMEI HP Xiaomi

Untuk mengecek IMEI HP Xiaomi, cukup mudah. Di sini Pakar Dokumen akan memberikan 3 opsi untuk mengecek nomor IMEI Xiaomi.

Pertama, Cek IMEI Xiaomi Dengan Kode Dial USSD

Cara ini sebetulnya bisa dipakai oleh semua pengguna Android, bukan hanya untuk Xiaomi. Caranya sangat-sangat mudah yaitu dengan mengetikkan di keypad smartphone Xiaomi kamu dengan kode dan angka sebagai berikut *#06#.
Setelah mengetikkan kode dial USSD *#06# di layar Smartphone, akan muncul di layar tampilan nomor IMEI Xiaomi.

Perhatikan langkah detailnya di bawah dengan ilustrasi gambar..

cek imei xiaomi - kode dial ussd

Contoh di atas terdapat 2 nomor IMEI, karena HP yang digunakan memiliki 2 slot sim card. Jika HP Xiaomi kita hanya satu slot sim card, maka nomor IMEI nya juga cuman 1.

Kedua, Cek Nomor IMEI Xiaomi Pakai Menu About Phone

Selain menggunakan kode dial USSD *#06#, mengecek nomor IMEI Xiaomi juga bisa pakai menu About Phone.
Cara cek IMEI Xiaomi dengan menu About Phone adalah Klik Settings (Setelan) > About Phone (Tentang Ponsel) > Status > Informasi IMEI 


Cara Ketiga, Lihat Dus Kemasan/ Belakang Bodi

Ketika kamu beli Xiaomi tentu ada dus kemasannya dong. Di dus kemasan tersebut biasanya juga tercantum stiker yang berisi nomor IMEI produk. Biasanya nomor IMEI Xiaomi terletak di bawah barcode stiker.

Jika di box kemasan tidak tercantum kode IMEI, kamu bisa mencarinya juga di bagian belakang bodi HP Xiaomi.

Inilah 3 cara mengecek nomor IMEI Xiaomi yang bisa kamu lakukan. Selanjutnya, dengan kode IMEI ini kita bisa mengecek apakah HP Xiaomi kamu ini ORI atau PALSOE. Juga bisa cek apakah Xiaomi kamu ini RESMI atau ILEGAL.

Maksudnya ilegal yaitu barang-barang BM. Masuk Indonesia lewat jalur belakang.

Berikut cara cek keaslian dan ke-resmi-an HP Xiaomi...

Cek IMEI Xiaomi Untuk Mengetahui Resmi atau Tidak

Untuk mengetahui sebuah HP Xiaomi itu resmi atau produk non resmi (barang BM), caranya tinggal cek apakah nomor IMEI nya terdaftar di database Kementrian Perindustrian (Kemenperin) atau tidak.

Jika terdaftar maka resmi dan sebaliknya, jika tidak berarti non resmi.

Cara cek terdaftar atau tidak, tinggal masukkan IMEI Xiaomi kamu ke websites Kemenperin dengan alamat berikut...


Berikut ini contoh nomor IMEI yg terdaftar (resmi) dan tidak terdaftar (tidak resmi):

cek imei xiaomi kemenperin resmi atau tidak

Lihat yang dikotakin merah di atas. Yang kiri terdaftar dan yang kanan tidak terdaftar. Jika tidak terdaftar/ tidak resmi maka akan diblokir pemerintah. HP tidak bisa kamu gunakan.

Tapi ini aturan mulai 18 April 2020, artinya berlaku untuk HP yang diaktifkan setelah 18 April 2020. Jika HP kamu tidak resmi, tapi sudah aktif sebelum berlakunya aturan ini (sebelum 18 April 2020), maka HP kamu tetap bisa digunakan.

Cek Keaslian Xiaomi

Untuk keaslian Xiaomi bisa dilihat dari kesesuaian antara nomor IMEI di dus kemasan dengan IMEI yang dicek melalui kode dial *#06# atau melalui menu About Phone.

Jika IMEI nya sama berarti asli. Jika beda, berarti Palsu.

Cara lain juga bisa dengan mencocokkan kode IMEI ke verifikasi Xiaomi dengan alamat URL bisa kamu klik di SINI.

Lewat website ini juga bisa cek resmi atau tidaknya Xiaomi yang kamu cek. Lihat ilustrasi di bawah ini.


Perhatikan gambar di atas...
  1. Pertama, masukkan nomor IMEI Xiaomi kamu
  2. Kemudian masukkan kode catpcha
  3. Klik verify
Lalu akan muncul hasil seperti di bawah ini...

cek xiaomi asli atau palsu, step 2


Perhatikan gambar di atas, hasil dari pengecekan, menunjukkan Xiaomi Redmi 6, 4G, Ram 3GB dan memory 32GB. Sesuaikan dengan spek Xiaomi yang kamu cek. Jika sama berarti Xiaomi yang kamu cek adalah asli.

Selanjutnya di bawah spesifikasi, ada keterangan bahwa "Perangkat yang kamu beli bukanlah versi global yang resmi". Berarti Xiaomi yang kamu cek masuk Indonesia lewat jalur black market. Tidak melalui jalur resmi.

Demikianlah cara cek IMEI Xiaomi untuk menentukan asli tidaknya dan resmi tidaknya HP Xiaomi. Silakan share dan baca-baca artikel menarik lainnya di blog PakarDokumen.com.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel