Posisi Pemain Sepak Bola (Plus Nama-Nama Top Di Tiap Posisi)

posisi pemain sepakbola dan tugasnya

Banyak lho, yang ngaku hobi bola. Tapi ga tahu posisi-posisi pemain bola dan tugasnya. Untuk itulah tulisan ini saya posting.

Jumlah anggota tim dari sebuah squad sepakbola ada 11 orang. Makanyan diberi nama kesebelasan.
Dari satu tim kesebelasan itu terdiri atas satu kiper dan sepuluh pemain yang dibagi menjadi berbagai peran sesuai posisinya dalam formasi tim.

Dari masing-masing posisi tersebut tentunya mempunyai tugas yang berlainan. Dimana dari tiap posisi tersebut mempunyai andil masing-masing dalam memenangkan permainan sepak bola tim yang dibelanya.

Yang kesemuannya itu membutuhkan kerja sama tim dan  harus kompak satu sama lain.

Dalam permainan sepak bola ada bermacam-macam posisi pemain dengan tugas yang berbeda-beda. 

Pada pembahasan kali ini kami memaparkan apa saja posisi pemain dalam permainan sepak bola beserta tugas dari masing-masing pemain tersebut.

Berikut ini beberapa macam posisi pemain dan tugasnya. 

Posisi Pemain Sepak Bola dan Tugasnya

Dari berbagai macam posisi pemain sepak bola, mari kita bahas lebih mendalam tentang macam-macam nama posisi pemain sepak bola beserta tugasnya secara lengkap dan jelas.

Penjaga Gawang

Pemain yang berada pada baris pertama inilah yang dinamakan penjaga gawang atau goal Keeper.

Goal keeper mempunyai empat peran yaitu: mengarahkan pertahanan, saving, clearing dan memberikan bola.

Seorang keeper wajib mempunyai tendangan yang kuat mengingat tugasnya ialah mengarahkan bola ke para pemain timnya.

Secara fisik, umumnya postur seorang keeper bertubuh tinggi dan punya kecepatan, serta refleks yang bagus dalam menangkap atau menghalau bola yang mengancam gawangnya.

Nama-nama penjaga gawang terbaik sepanjang masa, masing-masing pakar bola punya pendapat. Namun kiranya tidak jauh dari nama-nama ini: Gianluigi Buffon, Lev Yashin, Peter Schmeichel, Gordon Banks, Dino Zoff, Edwin Van Der Sar.


Pemain Bertahan/ Bek/ Defender

Pemain bertahan bertugas sebagai benteng pertahanan awal dari serangan lawan yang mengancam gawang.

Jadi pelindung kiper, memblok tendangan lawan, dan menahan arus serangan lawan. Selain itu, defender juga menjadi motor awal dalam membangun serangan.

Biasanya para bek memiliki postur fisik yang kuat (bek tengah) dan cepat dalam mengatasi pergerakan dan membangun serangan (bek sayap). Juga, seorang bek tengah dituntut untuk tangguh dalam setiap duel udara.

Pemain bertahan/ bek sendiri dibagi-bagi lagi tergantung formasinya. Kadang bek dibagi menjadi 2 center-back dan 2 full-back (wing back kanan dan kiri). Kadang 2 center-back dan 1 libero/ sweeper.

Walaupun di era sepak bola modern ini, hampir sangat jarang tim yang mengusung libero pada formasi pertahanan mereka.

Untuk jenis-jenis formasi bek/ defender, bisa kamu lihat skema di bawah ini…

posisi bek defender 4-4-2

formasi posisi bek defender

formasi posisi bek defender libero


Untuk nama-nama top di posisi ini adalah: Paolo Maldini (ini mungkin yang terhebat), Franz Beckenbauer, Franco Baresi, Daniel Pasarella, Frank Rijkard, Roberto Carlos, Sergio Ramos.

Posisi Gelandang Sepakbola

Posisi pemain yang mempertemukan  pemain bertahan dan pemain serang disebut gelandang. 

Mencegah serangan lawan sampai ke daerah pertahanan dan membawa bola sampai ke depan ketika melakukan penyerangan adalah tugas utama dari posisi ini.

Macam-macam pemain posisi gelandang:


Gelandang Bertahan

Berada di depan garis pertahanan adalah tugas dari posisi ini untuk mencegah bola supaya tidak melampaui garis pertahanan.

Gelandang Tengah

Posisi gelandang tengah tentunya ada di tengah lapangan. Menghentikan serangan lawan dan membuat peluang bagi striker adalah tugas seorang gelandang tengah. Posisi ini biasanya ditempati oleh pemain yang cerdik, kuat dan cepat.

Gelandang Serang

Berada di tengah adalah posisi gelandang serang. Posisi ini ditempati oleh pemain yang pintar terutama dalam melakukan penyerangan. Pemain pada posisi ini juga memiliki teknik penguasaan dan kemampuan kontrol yang bagus.

Gelandang Sayap

4-5-1 dan bentuk 4-3-3 adalah formasi yang sering dipakai pada posisi ini. Sifat pemain pada posisi gelandang sayap fleksible, dia bisa sebagai penyerang. Pemain pada posisi gelandang sayap wajib mempunyai kemampuan dribbling yang baik. Tugas dari posisi ini adalah melakukan serangan dari sisi lapangan baik kiri maupun kanan.

Para gelandang top dunia sepanjang masa, ini nama-namanya...Johan Cruyff, Zinedine Zidane, Xavi, Iniesta.

Peyerang/ Forwards

Posisi pemain sepak bola yang satu ini adalah posisi pemain yang kedudukannya sangat berpengaruh dalam terciptanya keberhasilan gol. Ketepatan tembakan, kelincahan dan kecepatan serta pengendalian bola yang baik sangat dibutuhkan dalam posisi ini.

Cuma terkadang yang sering salah kaprah, orang sering menyamakan antara penyerang dan striker. Padahal ini mirip tapi tidak sama. Seorang striker sudah pasti dia adalah penyerang (forward). Tapi seorang forward belum tentu seorang striker.

Tugas striker sangat spesifik, yaitu mencetak goal. Sedangkan penyerang, tidak mesti mencetak goal. Tapi lebih ke posisi bermain yang dominan untuk membantu terciptanya goal.

Posisi forward/ penyerang formasinya bermacam-macam. Sama halnya dengan posisi bertahan/ defender. Tergantung dari masing-masing taktik, strategi dan formasi tim secara utuh.

Berikut beberapa formasi posisi penyerang sepakbola…


posisi pemain sepakbola formasi menyerang


Pemain depan terbaik sepanjang masa tidak terlepas dari nama-nama ini...Diego Maradona, Pele, Lionel Messi, Ronaldo (Brazil), Christiano Ronaldo. 

3 Nama terdepan (Maradona, Pele, Lionel Messi) dianggap sebagai pemain bola terbaik sepanjang masa. Selalu menjadi perdebatan siapa yang terhebat di antara mereka bertiga.

Demikianlah macam-macam posisi pemain dalam permainan sepak bola dan tugasnya. Yang perlu kamu garis bawahi, keterangan di atas tidak baku atau saklek.

Karena pada faktanya pada masing-masing tim (termasuk tim top dunia) dengan masing-masing pelatih, memiliki strategi dan selera masing-masing.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel