Sejarah Sepak Bola Dunia dan Indonesia (CHINA BERPERAN)

Sejarah Sepak Bola Dunia dan Indonesia

Sejarah Sepak Bola Dunia dan Indonesia – Olahraga atau permainan? Atau mungkin pertandingan? Hayoo apa sih sepak bola itu?

Ringkasan Materi Sepak Bola

Kalau difikir secara simpel, arti dari kata sepak bola itu sendiri ialah gerakan menyepak atau memukul bola dengan kaki.

Caranya dengan mengayunkan kaki dan menendang ke arah mana yang hendak kita tuju.

Lalu bagaimana jika dikatakan sebagai olahraga sepak bola?

Apakah pengertian sepak bola itu masih utuh?

Jawabannya tentu YA.

Mengapa demikian? 

Dikatakan sebagai olahraga sepak bola tentu saja karena poin utamanya adalah sepak bola itu sendiri, yaitu gerakan menyepak atau memukul bola dengan kaki.

Hanya saja, disebut olahraga karena dalam sepak bola itu sendiri terdapat gerakan badan yang menguatkan dan menyehatkan tubuh. Selain gerakan menendang dan mengayun, dalam sepak bola juga terdapat gerakan berlari.

Disamping sepak bola dianggap sebagai olahraga, sepak bola juga masuk dalam kategori permainan.

Mengapa?

Permainan adalah suatu perbuatan yang dilakukan dengan tidak sungguh-sunggguh, jadi hanya untuk main-main saja. Tujuannya untuk menghibur diri, mengisi waktu luang ataupun sebagai kegemaraan atau hobi. Jadi bukan sesuatu yang menjadi seperti pekerjaan utama.

Nah, kemudian apa hubungannya sepak bola dengan pertandingan?

Selain untuk olahraga dan permainan, sepak bola juga bisa dijadikan ajang pertandingan.

Pertandingan merupakan perlombaan dalam olahraga yang menghadapkan dua pemain atau regu untuk bertanding (Sumber: KBBI).

Di dalam pertandingan sepak bola, persaingan dilakukan oleh dua regu atau tim yang masing-masing tim terdiri dari 11 orang.

Peralatan yang dibutuhkan dalam sepak bola juga tidak begitu neko-neko, hal ini yang menjadikan sepak bola sangat diminati untuk dilakukan.

Tidak hanya para lelaki saja yang menjadi penggemar sepak bola loh. Beberapa kaum wanita juga ada yang menyukai sepak bola.

Alasan lain mengapa sepak bola banyak diminati adalah ya tadi, karena sepak bola termasuk olahraga yang menggerakan seluruh anggota tubuh. Pergerakan seluruh anggota tubuh tentu saja memiliki manfaat yang sangat baik.

Berbagai macam manfaat bisa kamu dapatkan dari olahraga sepak bola. Mulai dari meningkatkan kekuatan otot, membantu melatih jantung agar tetap sehat dan melatih koordinasi tubuh serta melatih kekuatan tulang.

Sejarah Sepak Bola Dunia

Sejarah Sepak Bola Dunia

Dulu bermain sepak bola menggunakan bola kulit yang gawangnya juga sangat sempit tanpa adanya jaring-jaring. Lapangannya pun masih belum rapih. Kondisi tanahnya yang naik turun dan diselimuti rumput hijau masih cukup menyenangkan.

Jauh berbeda dengan kondisi lapangan sepak bola sekarang ini yang rapih, bersih, nyaman dan aman.

Seiring  berjalannya waktu, olahraga sepak bola ini pun mulai dibawa ke Eropa, tepatnya Inggris. Nah, di Inggris sepak bola menjadi berkembang dengan sangat cepat. Kemudian mulai ditetapkan peraturan-peraturan.

Setelah Inggris menetapkan peraturan-peraturan dasar , permainan sepak bola modern mulai berkembang dan menjadi begitu disukai oleh berbagai kalangan. Lalu mulai diadakan pembangunan lapangan-lapangan sepak bola dan sering menyelenggarakan pertandingan sepak bola.

Tidak lama  setelah itu, sepak bola pun menjadi semakin populer sampai pada akhirnya memiliki kompetisi sendiri.

Federasi Sepak Bola Internasional atau yang sering kita kenal dengan nama FIFA dibentuk setelah sepak bola berkembang di Inggris dan Eropa, pada tahun 1904.

Setelah terbentuknya FIFA, olahraga sepak bola semakin menyebar meluas. Kemudian FIFA juga mengatur sistem dan struktur yang baik untuk berjalannya kompetisi. 

Seperti kompetisi-kompetisi sepak bola yang selama ini kita saksikan, ada Liga Champions, Liga Inggris, Liga Spanyol , Liga Italia dan yang paling besar adalah Piala Dunia.

Sejarah Sepak Bola Indonesia

Sejarah Sepak Bola Indonesia

Sejarah masuknya sepak bola di Indonesia di duga karena bangsa Tiongkok. Bangsa Tiongkok menjadi aktor utama dalam masuknya olahraga sepak bola ke Indonesia. 

Tapi tidak sedikit juga yang menyebutkan bahwa Belandalah yang menjadi pihak pertama memperkenalkan masyarakat pribumi dengan sepak bola.

Terdapat banyak anggota suatu perkumpulan sepak bola yang didirikan di tahun 1915 oleh warga Tionghoa. Kemudian tahun 1920 berdiri klub lagi seperti UMS Surabaya dan Jakarta yang menjadi anggota perkumpulan hebat dalam persepakbolaan Hindia Belanda.

Untuk mengatur jalannya sistem dan struktur permainan sepak bola, akhirnya diresmikanlah Federasi Sepak Bola Indonesia yang bernama PSSI.

Kemunculan (PSSI)

Pada tanggal 19 April 1930 Organisasi PSSI diresmikan. Sebelum Timnas Indonesia ikut serta di ajang Piala Dunia 1938 di Perancis. 

Minat  masyarakat terhadap sepak bola semakin tinggi semenjak dibentuknya PSSI, sehingga akhirnya PSSI membentuk sebuah kompetisi yang bernama Kompetisi I Perserikatan. 

Kompetisi sepak bola utama yang ada di Indonesia yang dibawah naungan PSSI terdiri dari Liga 1, Liga 2, dan Liga 3.

Demikianlah bahasan sejarah sepak bola dunia dan Indonesia. Semoga bermanfaat. Terima kasih sudah berkunjung. .

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel