Cara Edit Foto Di Lightroom, Bikin Fotomu Se-Level Selebgram

Cara Edit Foto Di Lightroom, Bikin Fotomu Se-Level Selebgram - Lightroom adalah aplikasi edit foto populer yang gratis dengan fitur super lengkap plus tampilan yang mudah digunakan. 

Cara Edit Foto Di Lightroom


Karena kelengkapan fitur dan kemudahan pengoperasiannya, Lightroom bisa diandalkan untuk mempermak foto biasa menjadi spektakuler dan tidak akan memalukan dipamerkan di media sosial.

Sekarang banyak apliaksi edit foto untuk smartphone di Playstore, namun Adobe Lightroom adalah salah satu yang terbaik dan bahkan direkomendasikan oleh editor Google Play. 

Melalui aplikasi ini, kamu bisa eksplor bakatmu dalam seni fotografi hingga maksimal. 

Sekilas Tentang Adobe Lightroom

Adobe Lightroom – Photo Editor adalah aplikasi utilitas yang dikembangkan oleh Adobe dan telah diandalkan oleh lebih dari 100 juta pengguna Android. Melalui aplikasi ini, kamu tidak butuh PC/laptop lagi jika hanya untuk edit foto. 

Ya, Lightroom memang memiliki fitur lengkap yang sama persis dengan software editor foto di PC/ Laptop. 

Editor Google Play tidak hanya iseng merekomendasikan Lightroom untuk diunduh oleh pengguna Android. 

Aplikasi ini memang memiliki kualitas dan fitur yang jempolan, misalnya saja fitur Haze dan Grain yang berguna untuk membuat foto tajam meski berada dalam kualitas cahaya yang buruk. Pengguna juga bisa mendapatkan efek foto yang beraneka ragam berkat fitur copy-paste setting.

Intinya, aplikasi ini cocok digunakan oleh fotografer amatir maupun profesional berkat fitur editing foto RAW serta fitur yang lebih kompleks lainnya. 

Apabila kamu sudah bisa menguasai skill edit foto menggunakan Lightroom, maka kamu bisa menghasilkan konten foto yang menarik. Begitu kamu upload di media sosial, foto tersebut akan terlihat estetik dan mengundang banyak like.

Menu-Menu Pada Aplikasi Adobe Lightroom

1. Menu Lightroom Untuk Koreksi Cacat (Healing)

Menu atau fitur pertama yang bisa kamu manfaatkan di aplikasi Adobe Lightroom adalah Healing. Fitur ini bisa digunakan untuk memperbaiki dan mengoreksi semua cacat yang terlihat pada foto, misalnya saja noda, jerawat dan masih banyak lagi. Melalui fitur ini, foto akan terlihat lebih bersih dan sempurna karena objek foto tidak terlihat ‘cacat’ lagi.

2. Menu Selective

Berikutnya ada Selective, yang bisa kamu gunakan untuk menyeleksi bagian tertentu pada foto agar bisa diaplikasikan efek tertentu. 

Menu Selective ini memungkinkanmu bisa berkreasi menciptakan foto yang lebih hidup dan penuh warna karena banyaknya detail berbeda dalam foto tersebut.

3. Menu Cropping

Sesuai namanya, menu ini bisa dimanfaatkan untuk memotong, memutar dan mengembalikan foto sesuai keinginan pengguna. 

Dalam kegiatan edit foto, pasti ada beberapa bagian dalam foto yang ingin kamu hilangkan. Nah, melalui fitur ini kamu bisa mudah memotong bagian foto yang tidak perlu tanpa terlalu mengurangi kualitasnya.

4. Menu Penyuntingan Foto Otomatis (Profile)

Bagi kamu yang tidak ingin ribet dalam penyuntingan foto, maka bisa menggunakan fitur Profile di Adobe Lightroom. 

Ya, melalui  fitur ini kamu bisa menyunting foto secara otomatis karena telah ada beraneka preset yang disediakan oleh Lightroom. Jadi kamu tinggal pilih salah satu preset yang cocok untuk kemudian menerapkannya.

5. Fitur Pengaturan Cahaya (Light)

Menu Light memungkinkan pengguna untuk mengatur pencahayaan foto agar lebih maksimal dan proporsional. 

Kamu bisa memanfaatkan fitur Exposure, Contrast, White & Black, Shadown, Curve dan Highlight dan menerapkannya ke dalam foto agar tercipta foto yang jauh lebih bagus dibandingkan dengan aslinya.

6. Adjust Pewarnaan (Color)

Apabila kamu tidak puas dengan sebaran warna pada foto, maka bisa menggunakan fitur Color. 

Fitur ini memungkinkanmu bisa mengatur pewarnaan pada foto agar terlihat lebih menarik, beberapa kombinasi warna yang bisa dipilih adalah Vibrance, Tint, White Balance, Temperature dan lain sebagainya.

7. Effect

Menu ini memungkinkan pengguna untuk menerapkan berbagai macam efek ke dalam foto agar foto menjadi berbeda secara instan. Beberapa efek foto yang bisa digunakan adalah Clarity, Grain, Vignate, Dehaze dan masih banyak lagi.

8. Detail dan Optics

Apabila kamu ingin menajamkan foto dan mengurangi noise di dalamnya, maka bisa menggunakan fitur Detail. Sedangkan jika ingin memperbaiki jenis lensa yang digunakan untuk memotret, maka bisa memanfaatkan fitur Optics.

Step by Step Cara Edit Foto di Lightroom Android

Step by Step Cara Edit Foto di Lightroom Android
  • Download dan jalankan aplikasi Lightroom
  • Login menggunakan akun Google/ Facebook
  • Selanjutnya buat album dengan klik “New Item” lalu “Album” dan tulis nama folder penyimpanan kemudian klik “OK
  • Sekarang tambahkan foto yang ingin disunting, bisa foto langsung atau impor dari penyimpanan smartphone
  • Tekan lama foto yang akan di-edit lalu klik “Add
  • Setelah foto di-impor ke Lightroom, maka otomatis kamu telah berada di halaman penyuntingan
  • Sekarang edit foto tersebut menggunakan fitur yang tersedia, semisal Crop, Detail, Preset, Effect, Color dan lain sebagainya
  • Jika sudah puas dengan hasil penyuntingan, kamu bisa pilih titik tiga lalu klik “Save to Device” untuk menyimpannya
  • Selanjutnya pilih resolusi yang kamu inginkan lalu klik “OK

Cara edit foto di Lightroom sangatlah mudah dan siapapun bisa menguasainya dengan cepat asal serius berlatih dengan tekun. 

Lebih-lebih aplikasi ini bisa diunduh secara gratis dan memiliki fitur editing yang super lengkap meski hanya melalui smartphone. Jadi sekarang kamu bisa pamer foto kekinian yang sedang trend di internet tanpa kesulitan. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel