5 Cara Mendapatkan Uang dari Youtube (Bisa MILIARAN)

Cara Mendapatkan Uang dari Youtube
Cara mendapatkan uang dari Youtube sebenarnya sangat mudah. Namun, kamu harus tahu beberapa hal dasar agar memuluskan jalan untuk mendapatkannya.

Kalau asal membuat konten tanpa arah yang jelas, yang didapatkan hanyalah rasa lelah saja.

Itulah kenapa kita semua wajib untuk belajar bagaimana cara menjadi seorang youtuber dengan benar, meski saat ini masih pemula. Kalau sejak awal sudah menapaki jalan yang tepat, kemungkinan untuk berkembang dan mendapatkan banyak uang Adsense bukan lagi sebuah impian semu.

Nah, kalau kamu berniat mencari penghasilan dari Youtube baik itu penghasilan utama atau sampingan, simak dulu cara menghasilkan uang dari Youtube berikut ini. 

Selanjutnya, lakukan dengan semangat dan jangan menyerah.

1# Cara Mendapatkan Uang Milyaran dengan Jadi Youtuber

Cara Mendapatkan Uang Milyaran Jadi Youtuber
Semua orang yang menjadi seorang Youtuber memulai semuanya dari nol. Dari subscriber yang jumlahnya hanya beberapa puluh saja sampai jadi ribuan, ratusan ribu, dan jutaan. 

Untuk berada di posisi ini tentu tidak mudah karena membutuhkan perjuangan yang sangat besar. Setelah sukses mendalami profesi sebagai Youtuber, uang bukanlah perkara yang sulit. 

Mengapa? 

Karena memiliki akun youtube dengan kategori berkembang, komisi iklan yang didapatkan tidak sedikit. Tidak tanggung-tanggung, mulai dari puluhan juta sampai ratusan juga bisa didapatkan.

Kalau tidak percaya, coba cek website Social Blade dan masukkan nama salah satu Youtuber ternama di Indonesia. Penghasilan harian dari youtuber ini bisa ratusan juta. Bahkan, sebulan bisa beberapa miliar rupiah, berikut contohnya.

Atta Halilintar

Atta Halilintar adalah orang pertama di Asia yang mampu mendapatkan 20 juta subscriber. Dia juga memiliki banyak penggemar yang loyal. Tidak mengherankan kalau (saat tulisan ini terbit) ada sekitar 25,8 juta orang berlangganan kontennya.

Sudah ada 1.000 lebih video yang diunggah oleh Atta. Dengan jumlah itu, dia mampu mengeruk penghasilan sampai Rp 7 miliar sebulan atau dalam setahun bisa lebih dari Rp 70 miliar. Jumlah ini adalah perkiraan dari situs Social Blade.

Ria Ricis

Kalau Atta mendapatkan julukan raja Youtube dari Indonesia, ratunya adalah Ria Ricis. Mengapa? Karena saat ini dia memiliki 22,6 juta subscriber. Total videonya ada 1.070-an dan sudah dilihat sampai 3 miliar kali.

Dengan prestasi yang hebat ini, Ria Ricis mampu menghasilkan uang per bulan sampai Rp5 miliar. Jumlah ini bisa saja naik mengingat Ricis sering memposting video secara rutin dan sering bercokol di posisi viral.

Rans Entertainment

Raffi dan Nagita memang dikenal sebagai artis yang wara-wiri di layar kaca. Namun, di sela kesibukannya, mereka berhasil membangun kerajaan hiburan secara online di Youtube. Saat ini ada sekitar 17,6 juta subscriber.

Penghasilan bulanan dari orang yang sering dijuluki Sultan Andara ini memang hanya Rp4,5 miliar saja sebulan. 

Namun, dia juga menjalin kerja sama dengan stasiun TV dan juga beberapa brand. Jadi, dipastikan per bulan bisa lebih dari itu.

Baim Paula (BaPau)

Channel BaPau atau Baim Paula baru memulai Youtube secara serius saat mereka hendak menikah tahun 2018 akhir atau 2019 awal. Meski demikian, mereka mampu mendongkrak popularitasnya dengan beberapa program menarik.

Saat ini mereka memiliki penghasilan sekitar Rp5 miliar per bulannya. Jumlah ini kemungkinan meningkat mengingat kontennya juga dipakai di stasiun TV dan banyak produk yang mereka endorse.

The Onsu Family

Ruben Onsu dan keluarga juga tidak mau ketinggalan latah main Youtube. Saat ini, dia dan tim mampu mengumpulkan sampai 6,7 juta subscriber. Dengan pengikut ini, dia mampu menghasilkan Rp3 miliar per bulannya dari iklan.

Jumlah ini terlihat lebih rendah dari yang lain. Namun, Onsu memiliki cabang bisnis lain di Youtube yakni MOP Channel. Channel ini punya 5,7 juta subscriber dan penghasilan bulannya bisa sampai Rp3,76 miliar.

Deddy Corbuzier

Nama Deddy terus menanjak di kalangan content creator di Indonesia. Om botak ini ditahbiskan sebagai The Father of Youtuber Tanah Air.

Beliaunya sering mengundang orang yang sedang “viral” atau memiliki “kasus” untuk melakukan klarifikasi. Tidak heran kalau videonya sering viral.

Saat ini om yang juga ahli sulap ini punya sekitar 11,9 juta subscriber. Dengan pengikut yang sebanyak ini dia mampu menghasilkan uang dari Adsense hingga Rp8 miliar dalam satu bulan.

Nex Carlos

(Mungkin banyak yang belum kenal pria satu ini) Youtuber kuliner yang sering disebut sebagai pesugihan online ini memiliki subscriber 3,5 jutaan orang. 

Dengan konten makan yang unik dan berkualitas, Nex mampu menggaet banyak penggemar yang loyal, apalagi videonya ada unsur komedi.

Dengan kemampuan yang hebat ini, dia mampu menghasilkan uang maksimal Rp1,5 miliar dalam sebulan. Jumlah ini sudah sangat wajar mengingat video yang dia posting sering sekali viral.

Banyak yang mengira kalau menjadi seorang youtuber penghasilannya hanya bisa didapatkan dari iklan Adsense saja. Padahal, ada banyak sumber penghasilan yang bisa didapatkan dan nilai bisa fantastis.

Youtuber bisa memberikan endorsement yang dibayar. Biasanya mereka akan minta dikirimi barang untuk dicoba. Dengan cara ini, exposure yang didapatkan akan naik. Jadi, peluang mendapatkan penjualan akan besar.

Kerja sama dengan beberapa brand atau lembaga juga bisa dilakukan. Tujuannya tetap sama, menukar exposure dengan uang. 

Jadi, semakin besar channel yang dibuat, semakin banyak pula tawaran endorsement dan kerja sama lainnya.

2# Menghasilkan Uang dari Youtube Adsense dengan Video-Video Kreatif

Menjadi seorang youtuber yang terkenal memang akan memberikan banyak privilege atau kelebihan. Uang mudah didapatkan, apalagi memiliki banyak sekali penggemar yang loyal. 

Lantas, kalau bukan seorang youtuber besar, apakah masih bisa mendapatkan cuan miliaran ?

Jawabannya adalah bisa !

Karena syarat untuk melakukan monetisasi hanya 1.000 subscriber dan juga memiliki 4.000 jam total orang yang melihat. Misal kamu memiliki 50 ribu pengikut, sudah cukup untuk mendapatkan penghasilan sampingan dan uang jajan, sebagai langkah awal untuk mencapai miliaran.

Caranya dengan membuat video-video kreatif yang disukai oleh banyak orang. Kita ambil contoh saja video tentang traveling, kulineran, atau hal lain yang menghibur, misal sketsa komedi. 

Selama memiliki ide yang baik dan bisa direalisasikan, sejuta viewer bukanlah hal yang mustahil.

Sebelum kamu memutuskan untuk membuat video kreatif, perhatikan dahulu beberapa hal di bawah ini:

  • Cari tema dari channel yang akan dibangun. Misal ingin membangun tema kuliner atau sketsa komedi. Usahakan membuat channel yang bisa dikelola dengan baik di kemudian hari.
  • Selalu buat rencana dengan matang di setiap video yang dibuat. Mulai dari konsep, pengambilan gambar, sampai editing, dan posting.
  • Amati tiru modifikasi. Kadang memiliki ide sendiri yang benar-benar orisinal itu susah. Yang perlu dilakukan dengan mengamati, meniru, dan memodifikasi channel yang sudah ada dan diberi aksen/ gaya yang “kamu banget”.
  • Pastikan membuat konten yang “aman” dan tidak melanggar ketentuan dari Youtube. Kalau sampai melanggar, video yang sudah dibuat bisa di-take down dan ada kemungkinan akun yang kamu miliki ditangguhkan.

Setelah semua persiapan dilakukan, kamu bisa segera membuat video sesuai dengan keinginan.

Jangan lupa untuk melakukan promosi agar lebih dikenal. Kalau nantinya viral, bersiaplah panen pengikut baru. Dan otomatis, mendapat tambahan peluang mengalirnya pundi-pundi rupiah.

3# Cara Mendapatkan Duit dari Youtube dengan Jualan Produk Sendiri

Sebenarnya Youtube sama saja dengan media sosial lain seperti Facebook atau Instagram. Bedanya, Youtube berbasis video yang panjang. Interaksi juga bisa dilakukan di sana sehingga ada “market” yang bisa jadi sasaran untuk berjualan.

Sebelum kamu memutuskan untuk jualan produk pribadi, ada beberapa hal yang harus diperhatikan.

  • Pertama, kamu melakukan promosi hanya dengan media ini saja (Youtube saja).
  • Kedua, kamu melakukan promosi dengan bantuan alat promosi lainnya.

Promosi dengan Youtube Saja

Kalau kamu ingin melakukan promosi dengan menggunakan Youtube saja, pastikan untuk memiliki followers yang jumlahnya adalah banyak. Kalau hanya memiliki sedikit subscriber saja, cukup sulit untuk melakukan promosi, kamu juga akan buang-buang waktu untuk membuat materi video.

Saat memiliki subscriber yang banyak, misal di atas 10 ribu, promosi bisa dilakukan. Dari jumlah itu pasti ada beberapa persen yang sesuai dengan target market produkmu. Misal kamu menjual produk fesyen yang sesuai dengan anak-anak kekinian.

Jenis video promosi yang diposting di Youtube bisa terbagi menjadi dua: Pertama, yang full berisi promosi. Misal dengan membuat semacam ulasan atau pembahasan mendalam. Kedua, dengan menyelipkannya dalam konten yang sebelumnya dibuat.

Para youtuber yang namanya sudah sangat terkenal biasanya memilih opsi kedua. Mereka akan menyisipkan iklan atau jualannya ke dalam video di bagian depan, tengah, atau belakang. Durasinya juga tidak lama agar orang yang melihat Youtube tidak bosan diiklanin melulu.

Promosi dengan Alat Bantu Lain

Selanjutnya, Youtube juga digunakan untuk promosi produk, tapi memakai alat lain untuk bantuan. Alat itu adalah media sosial dan website. Jadi, video diunggah ke Youtube, tapi dipakai promosi ke tempat lain.

Cara ini cocok kalau kamu belum memiliki subscriber dalam jumlah banyak. Jadi, memanfaatkan media lain yang lebih potensial. Selanjutnya, kalau ada orang memutar video atau menekan link, jumlah viewer akan meningkat.

Dengan menggunakan Youtube, kamu bisa menjual dua jenis barang:

Pertama adalah barang yang harganya tidak terlalu tinggi. Namun, penjualannya baik sehingga peluang mendapatkan revenue atau keuntungan sangat tinggi.

Kedua menjual produk yang harganya tinggi tapi hanya perlu terjual beberapa unit saja. Barang itu terdiri dari perumahan, hewan koleksi yang mahal, barang berharga, dan lainnya. 

4# Mendapatkan Penghasilan dari Youtube Hingga Milyaran dengan Promosi Jasa

Mendapatkan Penghasilan dari Youtube
Selain bentuk barang, jasa juga bisa dipromosikan melalui Youtube. Proses dan prosedurnya kurang lebih sama dengan barang. Kamu bisa melakukan promosi langsung atau melakukan promosi yang digabungkan dengan medsos lain dan website.

Misal kamu memiliki follower yang sangat banyak dan loyal. Lalu kamu menyediakan beberapa jasa yang bisa digunakan oleh mereka. Misal jasa jastip barang dari luar negeri atau jasa lain dalam bidang profesional seperti konsultan.

Contoh jasa dengan potensi omzet miliaran: Jasa kontraktor kolam renang, jasa cleaning service untuk gedung-gedung pencakar langit, jasa penyewaan alat berat (buldozer dkk).

Asalkan kamu memiliki personal branding yang baik, dihormati oleh banyak subscriber, serta memiliki kredibilitas tinggi. Jual jasa apa pun di Youtube bisa kamu lakukan. Bahkan, bisa mendulang keuntungan sampai miliaran rupiah setiap bulannya.

Namun, perhatikan lagi penempatan dari promosi jasanya. Apakah berdiri sendiri dalam bentuk video pendek atau tergabung dengan video utama. Misal kamu ada jasa kontraktor, bisa ditambahkan ke video dalam bentuk narasi, video pendek, atau caption.

Semua jasa bisa dipromosikan di sini asal sesuai atau masih nyambung dengan channel yang dibuat. Kecuali kamu membuat Youtube yang dikhususkan untuk perusahaan tidak masalah. Isi kontennya semua bisa berhubungan dengan jasa yang sedang dijual.

5# Cara Menghasilkan Uang dari Youtube dengan Menjadi Makelar

Poin terakhir ini sebenarnya sama dengan poin keempat. Bedanya, produk atau jasa yang ditawarkan bukan milik sendiri. Misal kamu promosi tentang mobil seken yang masih sangat menarik dan membuat konten check body sampai test drive.

Saat produk akhirnya terjual dengan referensi dari kamu, komisi bisa didapatkan dalam jumlah banyak. 

Contoh makelar dengan potensi penghasilan miliaran: Makelar mobil mewah, makelar tanah untuk persewaan lahan industri, makelar property.

Kalau kamu saat ini adalah Youtuber yang sedang memulai karier di dunia digital, pilih produk atau jasa yang sekiranya mudah dipromosikan. Selain itu, pilih juga produk yang memang bisa dibuat kontennya, jadi sekalian promosi kamu juga punya konten yang bisa dimonetisasi.

Selain otomotif, masih ada produk lain seperti properti yang sudah jadi, tanah untuk industri, sampai ke produk fesyen yang mewah. Semua bisa dijual di Youtube meski kamu tidak memilikinya secara langsung.

Oh ya, demi keamanan dan sama-sama untung, lakukan kerja sama dengan pihak yang tepat. Bila perlu ada hitam di atas putih dan perjanjian tertulis lain. Misal mereka memberikan komisi sebesar berapa persen atau sebesar tertentu kalau berhasil melakukan promosi.

Kalau akun Youtube yang kamu miliki pengikutnya sudah banyak, kamu juga bisa meningkatkan nilai jual, misal tetap membebankan biaya exposure. Jadi, bisa dapat uang komisi dan juga bayaran lain dari berapa orang yang melihat.

Kesimpulan: Youtube Alat Promosi yang Powerful

Hingga pertengahan 2020, jumlah pengguna aktif dan unik di Indonesia ada 93 juta orang atau sekitar sepertiga jumlah penduduk. Jumlah ini hanya yang berusia di atas 18 tahun, pengguna dengan usia di bawah itu ada banyak sehingga 100 juta orang pun bisa tembus.

Melihat tingginya jumlah pengguna Youtube di Indonesia, kita bisa membuat kesimpulan kalau media ini memiliki market yang besar. 

Untuk mencari calon pembeli produk di sini juga mudah asalkan konten yang diberikan sesuai dengan kebutuhan.

Saat ini, pengguna Youtube sudah mulai cerdas dan bisa memilih sendiri mana saja konten yang sesuai dan tidak. Kalau konten yang kamu pakai untuk promosi “ngena di hati” banyak pengguna, peluang untuk melakukan penjualan atau closing  akan besar. 

Kuncinya hanya dua kalau ingin sukses jualan di Youtube:

  • Pertama, kamu harus menyajikan konten yang baik dan relevan dengan produk yang akan dijual. Jangan asal membuat konten, karena nantinya malah dianggap spam.
  • Jadilah seorang influencer dengan personal branding yang kuat dan positip. Dengan ini, apa pun yang kamu jual atau promosi, kemungkinan terjualnya lebih besar.

Ada banyak cara mendapatkan uang dari Youtube. Mulai dari mengais komisi dari iklan adsense yang diperoleh dari konten berkualitas. Melakukan jualan produk, promosi produk, sampai jadi makelar. Semua bisa dilakukan asal kamu kreatif

Selama akun yang dimiliki terus berkembang, subscriber terus naik, video diposting secara rutin, dan memiliki relasi baik dengan orang, kamu bisa jadi youtuber terkenal. Kalau sudah ada pada tahap ini, kamu akan punya nilai jual yang baik di hadapan brand besar yang mau mengajak kerja sama.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel