Cara Menambahkan Subtitle di Youtube, Naikin Waktu Tayang

Cara Menambahkan Subtitle di Youtube
Cara Menambahkan Subtitle di Youtube, Naikin Waktu Tayang  - Sebuah channel Youtube yang terkenal umumnya memiliki pemirsa dari dalam dan luar negeri. Karena yang melihat ada banyak, kita disarankan untuk menambahkan subtitle baik yang sudah menempel langsung atau yang perlu disetel dahulu dengan pilihan bahasa tertentu.

Dengan menambahkan subtitle, pemirsa dari berbagai negara bisa memahami maksud dari tayangan video youtube. Selain itu, kamu yang lagi nonton di tempat bising atau pemirsa tunarungu masih bisa memahaminya dengan baik. 

Tentunya dengan memberi fasilitas lebih (adanya subtitle), tidak menghambat mereka yang tunarungu dan yang keseharian kerja di tempat bising (seperti pasar dan terminal) untuk menikmati sajian video dari channel youtube kamu.

Sehingga memberi peluang video kamu untuk meningkatkan jumlah viewer dan waktu tayang. Ujung-ujungnya juga naikin pendapatan (adsense) youtube kamu.

Inilah alasan-alasan mengapa pemberian teks di video itu sangat penting. Untuk itu youtuber harus tahu cara menambahkan subtitle di Youtube. 

Step by Step Cara Menambahkan Subtitle di Youtube

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar subtitle bisa muncul dan bisa dinikmati oleh semua pengguna. 

Pertama dengan memberikan subtitle langsung ke video saat mengeditnya. Kedua, dengan menambahkan setelah video selesai diunggah.

Nah, pada pembahasan ini kita akan membahas cara menambahkan subtitle di Youtube yang videonya sudah selesai diunggah.

1. Membuat Subtitle Langsung di Youtube

Cara ini dilakukan dengan masuk ke pengaturan video dan melihat transkripsi sesuai dengan timeline yang diberikan Youtube. Berikut beberapa langkah yang bisa dilakukan:

  • Login atau masuk ke Youtube Studio melalui PC.
  • Pada deretan menu yang ada di sidebar kiri pilih Subtitle.
  • Akan muncul beberapa video yang sudah kamu unggah sebelumnya. Pilih video yang akan diberi subtitle, misal video paling baru yang viewer-nya terus meningkat.
  • Klik Add Language atau Tambahkan Bahasa yang sesuai dengan bahasa yang dipakai untuk subtitle.
  • Akan muncul video dengan timeline di bagian samping. Kamu bisa memutar setiap timeline untuk membuat teks yang sesuai.
  • Youtube sengaja membuat partisi ini untuk memudahkan pemberian subtitle. Jadi, apa yang terdengar dari video bisa segera kamu tulis. Kalau misal ada efek lain seperti suara tepuk tangan atau lainnya, bisa kamu beri jadi begini [suara tepuk tangan].
  • Lakukan berkali-kali langkah di atas sampai semua bagian dari gambar selesai ditranskripsi.
  • Apabila semua video sudah dibuat teksnya, segera lakukan publikasi. Klik tombol Publish atau Publikasikan.

2. Mengunggah File Subtitle Yang Sudah Jadi

Kalau kamu terbiasa membuat subtitle atau cc dari film atau video panjang, bisa langsung menambahkannya ke Youtube tanpa pakai editornya. Ikuti langkah di bawah ini:

  • Login atau masuk ke Youtube Studio.
  • Pastikan sudah memiliki subtitle dengan ekstensi standar seperti .srt
  • Pada menu di sebelah kiri, kamu bisa memilih Video.
  • Akan muncul beberapa thumbnail video, pilih yang akan diberikan subtitle.
  • Pada video, klik Opsi Lainnya, berlanjut ke Upload Subtitle/CC.
  • Akan muncul pilihan yang berhubungan dengan penunjuk waktu, pilih salah satu yang sesuai lalu klik Next atau Lanjutkan.
  • Pilih file subtitle atau CC yang sudah kamu miliki untuk diunggah.
  • Tunggu sampai selesai lalu Simpan.

3. Subtitle Otomatis

Kalau video yang kamu buat menggunakan Bahasa Inggris, kemungkinan besar subtitle bisa muncul secara otomatis.Youtube akan melakukannya secara otomatis dengan mengenali suara yang keluar dari video dan mengubahnya jadi teks.

Sayangnya untuk Bahasa Indonesia belum ada. Jadi, kamu harus membuatnya secara manual dengan menggunakan Youtube Studio atau mengunggah subtitle yang sudah jadi.

Menambahkan subtitle pada video yang ada di Youtube memang sedikit melelahkan dan merepotkan. Apalagi, kamu melakukannya sendiri dan tidak ada tim di belakangnya. Satu video bisa memakan waktu lama untuk melakukan transkripsi.

Meski lama, penambahan subtitle juga memberikan beberapa keunggulan bagi penggunanya. Misal seperti meningkatkan jumlah subscriber, video bisa dilihat oleh banyak orang di seluruh dunia. 

Untuk itu, tambahkan minimal satu subtitle Bahasa Inggris ke dalam video. Sukur kalau ada waktu luang, bisa kamu tambahkan juga subtitle dalam Bahasa Indonesia.

Sekian dan selamat mencoba !

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel