Cek Plagiarism Artikel Kamu Di Sini ! (Alternatif Copyscape)

Cek Plagiarism Artikel Kamu Di Sini ! (Alternatif Copyscape) - Postingan ini khusus buat kamu yang serius ngeblog atau membangun sebuah website. 

Entah itu ngeblog buat keperluan cari duit ataupun untuk branding. Dan tidak cocok buat kamu yang ngeblog hanya sekedar mengisi waktu luang ataupun iseng-iseng belaka.

Mengapa ?

Karena ulasan di postingan ini terkait erat dengan hidup dan matinya blog atau website kamu. Khususnya buat kamu yang mengandalkan trafik/ visitor dari google.

Sebuah website dikatakan hidup jika bisa mendapatkan trafik/ pengunjung sesuai yang ditargetkan. Sebagus apapun tampilan website kamu, kalau tidak ada pengunjung (atau jumlah pengunjung sangat kecil dibanding target yang kamu ingin capai), maka bisa dikatakan website kamu adalah website mati !

Misal kamu punya toko online, tapi tidak ada trafik, maka bisa dikatakan toko online kamu mati. Toko online kamu bisa hidup tentu jika terjadi penjualan. Dan penjualan hanya terjadi jika ada trafik ke toko online kamu.

Itulah mengapa di awal artikel saya sebutkan bahwa tulisan ini khusus buat kamu yang ngeblog atau bikin website untuk keperluan serius, misalnya buat cari duit. 

Bagi kamu yang sekedar iseng tentu tak begitu peduli apakah website kamu ada pengunjungnya atau tidak. Akan tertanam di benakmu, “kalau ada pengunjung ya syukur Alhamdulillah, kalau ga ada ya ga masalah”.

Cek Plagiarism Online


Artikel Original, Jantungnya Website Kamu

Untuk bisa mendapatkan trafik (sekali lagi, yang saya maksud trafik dari google), maka website kamu harus ada di top 10 hasil pencarian google untuk kata kunci tertentu, lebih baik lagi kalau bisa top 3. 

Karena percayalah, akan amat sedikit (bahkan seringnya tidak ada) trafik yang kamu dapat jika web kamu berada di luar dari 10 besar hasil pencarian google

Nah, untuk bisa masuk 10 besar hasil pencarian ada banyak faktor yang harus website kamu penuhi. Salah satu faktor yang menentukan adalah Artikel Original, Artikel yang 100% unik.

Google hanya akan me-rangking halaman dari website kamu, jika kontennya original. Meskipun dalam beberapa kasus (tapi ini sangat amat jarang) kadang ada konten plagiat malah lebih tinggi posisinya di hasil pencarian google dibanding konten originalnya.


Hukuman Bagi Web Yang Berisi Konten Plagiat

Setelah membahas arti pentingnya artikel unik, jika kamu masih ngeyel untuk mengisi web kamu dengan artikel plagiat, maka cek akibat-akibat terburuk di bawah ini yang sangat mungkin menimpa situs kamu:

  • Artikel plagiat, jangankan bisa meraih rangking bagus di google, bahkan untuk bisa di-indeks pun saat ini sangat sulit. Jadi kerja keras kamu menulis atau uang yang kamu keluarkan buat beli artikel (jika artikel kamu hasil beli) akan sia-sia. Karena begitu diposting tidak diindeks sama sekali oleh google.
  • Web kamu beresiko dipenalti. Jika kamu mengisi website kamu dengan artikel-artikel copy paste, website kamu sangat beresiko dipenalti oleh google. Google akan men-deindex website kamu.
  • Akun adsense kamu rawan dibanned. Ya, jika website kamu terhubung dengan akun adsense, mengisinya dengan konten-konten plagiat bisa menyebabkan akun adsense kamu dibanned.


Cek Plagiarism Artikel Dengan Tools Online Ini 

Nah, untuk memastikan artikel yang akan kamu posting di website benar-benar 100% original, no plagiat, kamu harus mengeceknya dengan sebuah tools.

Karena konten yang kamu buat sendiri, yang sudah kamu usahakan tulis manual tanpa copy paste sedikitpun, kadang secara tidak sengaja ada kemiripan dengan konten yang ada di website lain. Sehingga kamu perlu memastikannya dengan mengecek menggunakan tools plagiarism.

Itu untuk kasus artikel yang kamu buat sendiri, apalagi untuk artikel hasil beli, tentu lebih wajib bagi kamu buat mengeceknya. Mengingat tidak sedikit jasa penulis nakal yang memberikan artikel copas ataupun spin ke customernya.

Copyscape, Tools Cek Plagiarism Online Paling Populer Saat ini

Untuk saat ini, bisa dibilang copyscape adalah tools untuk mengecek plagiat artikel paling populer. Karena hasilnya memang paling akurat.

Namun ada tapinya…

Tools ini cukup mahal, untuk cek artikel per 200 kata, kena biaya 3 Sen USD. Atau kalau dirupiahkan sekitar Rp. 450 (dengan kurs 1 USD = Rp.14.500).

Bagi kamu, yang mengelola web dengan serius, yang benar-benar memanfaatkan SEO untuk mengalirkan trafik google ke blog kamu, tentu ini akan cukup menguras kantong. Mengingat kamu perlu banyak mengecek plagiarism artikel backlink untuk membuat artikel utama kamu bisa naik di halaman pertama google.

Alternatif Solusi Copyscape Premium

Melihat harga copyscape premium yang sering dikeluhkan para pengelola blog dan pemain SEO, Tim CovenantLinks melaunching tools cek plagiarism online bernama UniqueText. Linknya cek DI SINI.

Akurasi tools ini boleh dikatakan cukup mumpuni. Ini dibuktikan dengan penggunaan tools ini untuk mengecek ratusan artikel sebelum diposting pada puluhan PBN (Privat Blog Network) pada sebuah PBN Grup, di mana hasilnya PBN-PBN yang ada aman dari deindex.

Bahkan banyak anggota PBN grup yang meningkat trafiknya hasil dari suntikan backlink-backlink yang ada di PBN Grup tersebut untuk website-website mereka. 

Harganya ?  Yang namanya solusi alternatif, tentu jauh lebih murah dibanding copyscape premium.

Untuk artikel 50.000 kata cuma dikenai Rp.75.000. Artinya untuk pengecekan plagiarism 200 kata, hanya dikenai Rp. 300. Coba bandingan dengan copyscape premium Rp.450 per 200 kata, cukup jauh bukan ?

Btw, sebelum diposting, artikel yang sedang kamu baca ini juga saya cek menggunakan tools ini loh. Di bawah ini hasilnya...

cek plagiarisme online free


Apakah tersedia versi cek plagiarisme online free nya ?

Berita bagusnya, iya !

Tools dari CovenantLiks ini menyediakan versi gratisan untuk pengecekan 2000 kata. Caranya dengan sign up free di link yang sudah saya sebutkan di atas. Namun setelah kuota 2000 kata habis, untuk bisa lanjut menggunakan, kamu harus bayar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel