Ciri IC Power Laptop Rusak, Penyebab dan Cara Menggantinya

Laptop adalah perangkat yang kompleks, dimana di dalamnya terdapat berbagai jenis komponen. Sebagian besarnya bahkan merupakan komponen berukuran kecil.

Contoh salah satunya adalah komponen IC. IC adalah singkatan dari integrated circuit, sebuah sirkuit kecil yang memiliki fungsi tersendiri sesuai jenisnya.

Khusus pada tema artikel ini kami ingin membahas mengenai IC power pada laptop, beserta jenis kerusakan dan penggantiannya.

Apa itu IC Power Laptop? 

IC Power Laptop

IC power merupakan komponen laptop yang bekerja sebagai jembatan untuk menghubungkan laptop dengan sumber daya baterai.

IC power juga punya peran dalam mengatur daya, yaitu membagi daya yang didapat dari sumber listrik ke komponen-komponen lain.

Alurnya kurang lebih, baterai memberi daya ke IC power, kemudian IC power mengatur dan membaginya sesuai kebutuhan masing-masing komponen.

Ciri IC Power Laptop Rusak 

Ciri IC Power Laptop Rusak

IC power laptop bisa rusak. Hal ini akan membuat masalah tertentu tiba-tiba muncul pada laptop yang Anda pakai. Contohnya seperti:

1. Baterai Tidak Bertambah Saat Dicas

Yang pertama baterai tidak bertambah saat dicas. Misalnya Anda mengecas baterai laptop dari pagi, kemudian sore harinya Anda cek, daya masih tetap sekian persen.

Kadang juga baterai masih bisa terisi daya, hanya saja prosesnya lama sekali. Bisa memakan waktu berjam-jam hanya untuk beberapa persen daya saja.

2. Indikator yang Sering Berubah

Indikator baterai pada laptop sering berubah, baik itu ketika posisi laptop sedang dicas, maupun ketika sedang menggunakan baterai.

Indikator yang berubah ini munculnya acak. Contohnya pertama sisa baterai sekitar 30%, kemudian tiba-tiba bertambah 40%, padahal posisi laptop sedang tidak di cas.

Atau mungkin indikator baterai berkurang cepat sekali dayanya. Hingga ketika mencapai 0%, laptop tidak mati. Selain itu muncul juga pesan plugged, in not charging ketika dicoba di cas.

3. Laptop Mati Total

Ketika IC power laptop benar-benar rusak, hal yang akan terjadi ialah laptop menjadi tidak bisa dinyalakan kembali (mati total).

Sebabnya karena IC power yang sudah tidak bisa menghantarkan serta membagi-bagi daya kembali.

Penyebab IC Power Laptop Rusak 

Penyebab IC Power Laptop Rusak

IC power merupakan komponen yang relatif cukup awet. Tapi, tetap ada beberapa hal yang bisa saja membuat IC power mengalami kerusakan.

1. Laptop yang Panas

Pertama pemakaian laptop dengan suhu yang tidak sebagaimana mestinya. Normalnya suhu pemakaian maksimum laptop adalah 60 sampai 70 derajat. Tergantung dari tipe laptopnya.

Di atas itu, laptop akan mengalami overheat dan tiba-tiba mati. Hal ini jika terus berlanjut dalam jangka panjang akan membuat IC power laptop rusak.

2. Memakai Laptop di Ruangan Lembab

Meskipun laptop adalah perangkat yang tertutup komponennya, tapi tetap saja udara masih bisa masuk dari celah-celah ventilasi.

Jadi jika Anda sering berada di ruangan yang lembab, dalam jangka panjangnya ini bisa saja merusak IC power laptop.

3. Memakai Laptop Tidak di Permukaan Rata

Seperti yang sudah disebut, laptop memiliki celah-celah ventilasi yang berfungsi untuk mengalirkan udara panas, dan memasukkan udara dingin.

Ketika kamu memakai laptop di permukaan yang tidak rata, maka celah-celah ventilasi tersebut bisa saja tertutup. Ini bisa membuat suhu laptop menjadi lebih panas, dan dalam jangka panjangnya bisa membuat IC power rusak.

4. Pemakaian Charger yang Tidak Original

Pemakaian charger laptop bagusnya yang langsung bawaan pabrik. Alasannya karena charger bawaan pabrik sudah memiliki spesifikasi yang disesuaikan dengan kebutuhan daya laptop.

Nah, jika Anda memakai charger yang tidak original, bisa saja spesifikasi yang dibutuhkan laptop justru jadi tidak sesuai. Hal ini bisa membuat IC power rusak.

Cara Mengganti IC Power Laptop

Anda tidak bisa mengganti IC power laptop sendiri. Alasannya karena IC power ini di setiap laptop letaknya berbeda-beda. Selain itu kamu juga harus bisa membedakan mana IC power dan mana IC komponen lain, dan dibutuhkan alat khusus untuk membuka ICnya.

Solusinya Anda bisa meminta jasa perbaikan di tempat service. Dilansir dari situs Uplotify.id perbaikan IC power laptop berkisar antara 200 ribuan. Memang relatif agak mahal, tapi mengingat pentingnya komponen ini, lebih baik perbaikannya disegerakan.

Itulah pembahasan mengenai IC power laptop. Termasuk ciri dan penyebab kerusakan yang biasa terjadi. Kirimkan pesan ke kami jika Anda punya pertanyaan seputar IC power laptop.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel