Arti Investasi dan Tujuan Melakukannya

 Arti Investasi dan Tujuan Melakukannya - Meskipun saat ini sudah begitu banyak masyarakat yang melakukan investasi, namun masih banyak yang belum terlalu memahami mengenai arti dari investasi itu sendiri

Sebenarnya, investasi ini sudah lama dipraktikkan oleh banyak masyarakat dari seluruh penjuru dunia dan termasuk ke dalam sistem memperoleh uang yang sangat praktis. 

Lantas, apakah arti investasi yang sesungguhnya?

Mengenal Arti Investasi Secara Ringkas

arti investasi dan tujuannya


1. Apa Itu Arti Investasi?

Secara singkat, investasi bisa diartikan sebagai suatu kegiatan yang dilakukan oleh beberapa pihak baik itu individu maupun perusahaan dalam memperoleh keuntungan tertentu tergantung dengan nilai investasi yang sudah mereka lakukan. Meskipun begitu, arti investasi dalam sudut pandang finansial memiliki beberapa penjelasan yang sedikit berbeda.

Menurut bidang finansial, investasi merupakan aktivitas menanam modal seperti aset ataupun uang terhadap aset finansial lainnya dalam kurun waktu tertentu. Dari pengertian tersebut, bisa dilihat bahwasanya investasi mengandalkan uang dan aset agar perusahaan dan individu tersebut mampu meraih keuntungan yang besar.

Uang atau aset tersebut dapat diartikan sebagai modal yang dikeluarkan. Sementara itu, aset finansial lain merupakan tempat di mana individu atau perusahaan tersebut menanamkan modal mereka, dan aset finansial itupun harus dipilih setelah mereka melakukan beberapa penelitian terdahulu agar mereka tidak mengalami kerugian dalam bentuk apa pun.

2. Beberapa Tujuan Investasi 

Secara keseluruhan, tujuan investasi memang untuk memperoleh keuntungan yang besar setelah mengeluarkan modal tertentu. Namun, tujuan dari investasi tidak hanya itu saja melainkan ada pula beberapa hal seperti di bawah ini:

• Untuk Dana Pendidikan Anak

Meskipun beberapa orang yang melakukan investasi masih belum menikah ataupun memiliki anak, namun banyak di antara mereka yang berharap agar anak mereka kelas dapat menempuh bangku pendidikan yang layak. Hal itu dikarenakan saat mereka sudah menikah dan memiliki anak, pengeluaran tentu akan semakin besar dan dikhawatirkan mereka tidak akan mampu menabung lagi.

Karena itulah, berinvestasi secara dini merupakan hal yang paling tepat untuk dilakukan. Biaya pendidikan setiap tahunnya pun mengalami kenaikan, sehingga ketika berinvestasi dengan tawaran return yang lebih tinggi maka investor pun bisa mempersiapkan dana pendidikan anak mereka dengan lebih mudah.

• Menyelamatkan Kekayaan dari Ancaman Inflasi

Tidak bisa dipungkiri, nilai mata uang akan senantiasa mengalami penurunan setiap tahunnya. Dengan begitu, harga barang-barang di pasaran pun akan mengalami kenaikan sehingga hal tersebut akan membuat inflasi terjadi tanpa bisa dihindari lagi.

Apabila Anda melakukan investasi, maka Anda pun kemungkinan besar mampu menekan laju penurunan harga barang-barang tersebut. Akibatnya, kekayaan yang Anda miliki pun bisa selamat dan bisa tahan dalam waktu yang lama tanpa terkena efek dari inflasi itu.

• Untuk Dana Pensiun

Meskipun usia Anda masih cukup muda, namun hal itu tidak menjamin bahwa Anda akan senantiasa bekerja hingga masa tua nanti ketika fisik sudah tidak mumpuni lagi. Pada masa tersebut, tentu Anda masih tetap membutuhkan uang yang cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, sehingga dengan melakukan investasi sejak lama hal itu pun bisa Anda penuhi di masa mendatang.

Pada dasarnya, investasi menawarkan berbagai macam manfaat dan kelebihan yang bisa diperoleh ketika Anda melakukannya. Karena itulah, tidak mengherankan apabila banyak orang yang berinvestasi sebagai suatu media alternatif ketika mereka ingin memperoleh penghasilan tambahan yang berbeda dari gaji pekerjaan yang saat ini sedang mereka lakukan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel