Tips Dan Cara Mendapatkan Penghasilan Tambahan Dengan Mudah


Jangan meletakkan telur dalam satu keranjang. Meski pepatah ini sering dipakai dalam dunia investasi, sebetulnya bisa juga Anda terapkan sebaliknya, yaitu dalam mencari sumber penghasilan.

Ya, janganlah kita menggantungkan diri kita hanya dari satu sumber pendapatan saja. Jika Anda tanya mengapa ?

Tidak perlu jauh-jauh, pandemi yang berlangsung sejak 2020 menjadi contoh nyata. Banyak dari mereka yang menggantungkan hanya satu sumber penghasilan tumbang karena dirumahkan tanpa digaji, bahkan lebih parah di-phk.

Mereka bingung mencari sumber penghasilan pengganti. Sementara mereka yang memiliki 2 atau bahkan sumber pendapatan lain mereka bisa bertahan dengan swicth dari sumber penghasilan utama ke sumber pendapatan lain. Bahkan tidak sedikit yang malah memperoleh pendapatan lebih besar dari penghasilan utama sebelumnya.

Bagi Anda yang saat ini masih bertahan dengan penghasilan utama saat ini dan ancang-ancang untuk menambah sumber income baru, berikut ada beberapa cara yang layak untuk Anda coba.

Menjadi Freelancer

Saat ini, mendapatkan job freelance sebagai sampingan semakin mudah. Karena saat ini tersedia banyak situs freelancing. Ada banyak orang, pemilik bisnis ataupun organisasi-organisasi yang membutuhkan jasa freelance daripada harus membayar karyawan untuk jenis pekerjaan tertentu di situs-situs tersebut.

Tugas kamu hanyalah mencari job-job di situs tersebut yang sesuai dengan skill yang kamu miliki.

Berikut beberapa situs freelancing terpopuler di Indonesia:

·         Fiverr

·         Fastwork

·         Upwork

·         Superproof

·         Sribulancer

 

Bikin Blog Untuk Passive Income

Meski kamu seorang pekerja Jam 8-17, masih bisa loh kamu mendapatkan penghasilan sampingan. Malam hari ataupun sabtu minggu bisa kamu gunakan untuk membuat sebuah blog sebagai mesin penghasil uang.

Yang paling populer di Indonesia yaitu memfungsikan blog untuk digunakan sebagai website affiliate ataupun kerjasama dengan google dipasangi slot iklan adsense.

Jika kamu serius, penghasilan dari affiliate ataupun adsense bisa berkali lipat lebih besar daripada pekerjaanmu saat ini.

Jika ingin mendapatkan penghasilan besar dari blog yang dimonetize (difungsikan sebagai penghasil uang) dengan affiliate atau adsense, blog yang kamu buat setidaknya memiliki 3 faktor krusial ini:

1.       Kredibilitas

2.       Mampu menampung visitor dalam jumlah banyak

3.       Loadingnya cepat

Netizen saat ini tentu lebih cerdas daripada 5 atau 10 tahun yang lalu. Mereka prefer  mengkonsumsi konten dari situs-situs terpercaya. Salah satu ciri situs terpercaya adalah menggunakan top level domain (TLD).

TLD adalah domain dengan ekstension atau akhiran seperti .com, net, co.id. Bukan blog dengan platform gratisan yang ekstensionnya seperti blogspot.com, wordpress.com, wix.com, livejournal.com.

Faktor berikutnya adalah jumlah visitor. Ya, misal untuk blog adsense. Untuk setidaknya bisa gajian dari google adsense tiap bulan (Minimal 1.3 Juta) setidaknya kamu memiliki sekitar 3000 an visitor/day. Untuk bisa menampung jumlah visitor yang banyak, maka kapasita bandwith hosting blog kamu juga harus besar.

Faktor krusial yang terakhir adalah loading blog harus cepat. Segala cara sudah kamu kerahakan agar bisa mendapatkan banyak visitor namun akan amat sayang jika kemudian loading blog kamu lemot. Visitor akan menekan tombol back, ketika blog kamu loadingnya lama.

Yang menjadi andalan para pemain blog affiliate ataupun adsense untuk menampung visitor besar dengan loading cepat adalah VPS hosting. Masalahnya, VPS hosting biasanya cukup mahal. Umumnya hanya mereka yang sudah mapan sebagai profesional blogger yang mau menginvestasikan uangnya untuk VPS hosting.

Nah, bagi kamu para pemula jangan khawatir, karena saat ini niagahoster sudah menyediakan VPS murah dengan kecepatan yang tinggi. Ini merupakan layanan niagahoster bagi mereka yang menginginkan performa situs yang wass wuss, loading cepat, tapi dananya cekak.

Menjadi Dropshiper atau Reseller

Di beranda IG atau mungkin FB kamu mungkin sudah tidak asing jika, teman atau kenalan kamu tiba-tiba posting dagangan.

Memang fenomena jualan online semakin ke sini semakin ramai. Dahulu untuk mulai jualan setidaknya butuh modal dalam angka jutaan. Internet benar-benar sudah mengubah segalanya. Sekarang ini, hanya dengan modal beberapa ratus ribu, kamu bisa menjadi dropshiper ataupun reseller, yaitu menjual produk orang lain.

Fokus kamu hanya mengiklankan produk-produk yang kamu dropship di sosmed ataupun situs yang kamu punya. Ketika ada pembeli kamu tinggal info si pemilik produk dan kemudian si pemilik produk tersebut akan mengirimkan produknya ke pembeli.

 

Melakukan Investasi

Salah satu sumber passive income yang menggiurkan adalah investasi. Entah itu investasi ke saham, emas, tanah ataupun property.

Kamu bisa mengalokasikan dana kamu untuk investasi daripada hanya kamu simpan di bank yang nantinya nilainya akan surut.

Yang perlu kamu perhatikan adalah kamu harus benar-benar paham cara mainnya. Cara investasi di saham tentu akan berbeda dengan cara investasi kos-kosan ataupun ruko. Jika kamu hanya ikut-ikutan dan tidak faham detailnya, bukan dapat passive income malah justru rugi banyak.

Itulah 4 pilihan bagaimana kamu bisa mendapatkan penghasilan tambahan. Selanjutnya kamu mau tekunin yang mana ?

 

 

 

 

 


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel