5 Trik, Hack, Fitur Tersembunyi YouTube yang Jarang Kamu Ketahui

 

Sumber: Pexels/ Cottonbro

 

YouTube merupakan media sosial yang menjadi media hiburan bagi hampir setiap orang.  Aplikasi yang memiliki logo berwarna merah itu kini menjadi ‘raja’ untuk penyedia informasi terbaru dalam bentuk video.

Saat ini, mengakses YouTube semakin mudah dilakukan, mengingat zaman sekarang kebanyakan orang menggunakan gadget berupa telepon pintar seperti Android seperti HP Xiaomi, Samsung, Vivo dan iPhone. Hanya dengan download aplikasi YouTube di App Store atau Google Play Store video-video beragam dan unik yang ada di dalam YouTube sudah dapat dinikmati.

Di samping menggunakan YouTube sebagai hiburan untuk menonton atau mem-posting video, apakah kalian pernah mengutak-atik fitur tersembunyi lainnya yang telah disediakan? Ternyata, YouTube memiliki banyak fitur menarik yang bisa Anda coba.

Namun ada beberapa hal keren yang dapat Anda lakukan dengan YouTube, tetapi mungkin  belum diketahui sebelumnya. Misalnya, YouTube memiliki setelan Virtual Reality (VR) sendiri untuk melihat video apa pun dalam 360 derajat. Selain itu, YouTube juga memiliki fitur membuat tautan waktu yang membawa penonton dan subscribers ke momen tertentu pada suatu video. Jika kalian penasaran fitur apa saja yang telah disediakan oleh YouTube, yuk segera simak langsung beserta trik dan hacknya!

 

1. Ubah Video YouTube Menjadi GIF Menggunakan URL

GIF merupakan format gambar bitmap yang umumnya ditampilkan dalam bentuk tampilan gambar yang bergerak. Banyak orang yang menyukai GIF ini karena terkesan hidup. Melihat banyak yang berminat, YouTube telah menyediakan fitur mengubah video menjadi GIF hanya menggunakan URL. Untuk membuat GIF dari video YouTube, ikuti cara berikut:

1. Pilih video untuk ditonton di YouTube dan temukan URL di bagian atas browser Anda.

2. Tambahkan kata "gif" tepat sebelum nama domain sehingga terbaca.

3. Pastikan Anda terbawa ke laman gifs.com, dengan video Anda yang sudah siap diunggah dan diedit.

4. Klik menu opsi di sisi kiri. Hal ini akan menandakan format garis waktu di sepanjang pada video GIF Anda.

5. Anda dapat mengatur durasi GIF, memotong bingkainya, menambahkan teks, dan banyak lagi opsi lainnya.

2. Membuat tautan memulai video YouTube pada waktu tertentu

Pernah Anda ingin mengirim video YouTube tetapi ingin mengambil menit tertentu saja dari video tersebut? Jangan khawatir, YouTube telah memudahkan penggunanya dengan memberikan link atau tautan untuk waktu tertentu yang Anda inginkan. Cara mengaturnya sebagai berikut.

1. Buka video dan klik "Bagikan" di ujung kanan judul video.

2. Pada jendela opsi yang muncul, klik centang kotak di samping "Mulai dari" dan ketik waktu (dalam jam:menit:detik) yang Anda inginkan.

3. Setelah beberapa saat, Anda akan melihat tag pada link YouTube (serta dalam hitungan detik tertentu).

4. Salin (copy) tautan itu dan tempel (paste) di mana pun Anda ingin memberikan video tersebut.

3. Melihat Transkripsi Video Unggahan Pengguna Lainnya

YouTube secara otomatis membuat transkripsi tertulis untuk setiap video yang diunggah. Jadi, setiap pengguna dapat mengakses transkrip tersebut, kecuali jika pengunggah video sengaja menyembunyikannya secara manual dari pengguna lainnya.

Sistem ini memudahkan pengguna yang ingin menuliskan kutipan dari sebuah video, tetapi tidak memiliki banyak waktu untuk menjeda berulang kali pada video. Atau jika kasusnya Anda ingin menemukan bagian tertentu dari sebuah video, tetapi tidak ingin menonton ulang semuanya. Berikut ini cara melihat transkripsi video yang ingin Anda tonton.

1. Buka video di YouTube dan tekan tab "Lainnya" di bawah judul video.

2. Pilih "Transkrip" dari menu tarik-turun (drop-down).

3. Jika Anda tidak melihat opsi ini, itu karena pengguna memilih untuk menyembunyikan transkrip.

4. Transkrip di video Anda telah muncul!

 


Sumber: Pexels/ Joshua Miranda

 

4. Video Lebih Mudah Ditemukan dengan Adanya Transkrip

Baik YouTube maupun perusahaan induknya, Google, telah melakukan deteksi untuk video Anda dan transkrip dalamnya. Oleh karena itu, YouTube lebih menyarankan Anda untuk menempelkan transkripsi di setiap video yang Anda unggah sehingga mudah ditemukan dalam pencarian. Adapun cara menambahkan transkrip ke video, yakni sebagai berikut.

1. Buka video di YouTube dan Anda akan melihat deretan ikon tepat di bawah tombol putar.

2. Klik ikon di paling kanan untuk "Subtitel/CC." (CC adalah singkatan dari Closed Caption).

3. Atur bahasa jika Anda belum pernah mengatur bagian ini.

4. Kemudian, Anda akan diminta untuk memilih di antara tiga cara berbeda untuk menambahkan sub titel ke video Anda.

5. Unggah transkripsi teks yang Anda telah ditulis sebelumnya atau file sub titel yang telah kalian siapkan sebelumnya.

6. Set transkripsi video, di mana pengaturan waktu sub titel akan diatur secara otomatis.

5. Mendapatkan Transkripsi Video dan File Audio Gratis

Seperti yang Anda ketahui pada tips dan trik nomor tiga, YouTube secara otomatis menambahkan transkrip ke setiap video. Namun, jika Anda mencari transkripsi dari file audio atau video dan tidak ingin membayar biaya langganan, sistem teks bawaan YouTube akan menampilkan susunan kata yang sulit dimengerti. Untuk mendapatkan transkripsi otomatis yang rapi dan baik untuk video, dengan cara sebagai berikut.

1. Unggah video Anda ke YouTube.

2. Buka di situs web YouTube.

3. Tekan tab "Lainnya" di bawah judul video.

4. Pilih "Transkripsi" dari menu dan otomatis Transkripsi akan muncul.

Adapun jika Anda ingin mendapatkan transkripsi otomatis untuk file audio, cukup mulai dengan mengunggah rekaman audio ke YouTube menggunakan layanan seperti TunesToTube. Setelah itu, YouTube akan membutuhkan waktu antara 2–30 menit untuk mengunggahnya. Kemudian, ikuti petunjuk untuk mendapatkan transkripsi otomatis untuk video seperti telah diuraikan di atas.

Itulah lima trik, hack, dan fitur YouTube yang dapat kalian lakukan. Apakah kalian sudah siap mempraktikkannya sekarang?

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel