Antrian Paspor Online : Cara Daftar, Kendala dan Solusinya !

Antrian Paspor Online : Cara Daftar, Kendala dan Solusinya ! - Dahulu kala, untuk bikin paspor (atau perpanjang paspor) harus mengantri panjang sekali. Sampai-sampai kalau ingin mendapatkan antrian awal, kita harus datang subuh-subuh buta. 

Itupun kadang, ternyata banyak orang yang sudah berdiri antri di Kantor Imigrasi. Karena tak sedikit yang menginap “tidur di mobil”  yang sengaja diparkir dekat Kantor Imigrasi biar sebelum subuh bisa langsung ngantri pertama.


antrian paspor online


Nah, sekarang...di mana eranya semua sudah serba online, Ditjen Imigrasi telah membuat sistem antrian lebih mudah (katanya). Yaitu dengan membuat sistem antrian paspor secara online.

Dengan sistem antrian online ini, untuk mengajukan pendaftaran permohonan paspor, bisa booking via online.

Saat mendaftar antrian online, kamu bisa menentukan Kantor Imigrasi mana yang kamu pilih. Kamu juga bisa menentukan jadwal yang kamu inginkan untuk datang ke Kantor Imigrasi.

Setelah berhasil mendapat kode booking antrian paspor via online, kamu tinggal menyiapkan semua berkas/ dokumen persyaratan. Kemudian kamu datang ke Kantor Imigrasi sesuai dengan jadwal (jam dan tanggal) yang telah kamu dapat via online.

Membayangkan alur pendaftaran antrian paspor via online seperti di atas, kayaknya enak dan mudah banget ya. Datang ke Kantor Imigrasi sesuai pilihan kamu. Jadwal juga sesuai jam dan tanggal yang kamu pilih.

Namun, Apa Benar Semudah Itu Mendaftar Antrian Paspor Online ?

Sayang..faktanya tidak segampang itu kawan !

Di artikel ini saya akan bahas semua, seluk beluk antrian online paspor, prosedur dan permasalahan-permasalahannya. Tentunya akan saya bahas juga solusi dari permasalahan tersebut.

Untuk membahas dengan komplit dan sejelas-jelasnya. Agar kamu paham dengan sepaham-pahamnya, sedetail-detailnya, artikel ini akan cukup panjang. Stay tune...

Berikut Daftar Bahasan Artikel “Antrian Paspor Online”  

    1# Cara Daftar Antrian Paspor Online

    2# Masalah Utama Antrian Online Paspor  (dan Solusinya)

    3# Info Tambahan Terkait Paspor Online


1# Cara Daftar Antrian Paspor Online (Wajib Tahu Detailnya)

Sebelum masuk ke detail cara mendaftar antrian paspor online, perlu saya jelaskan bahwa daftar antrian secara online berlaku bukan hanya untuk kamu yang mau bikin paspor baru. Tapi juga berlaku bagi kamu yang akan memperpanjang paspor.

Namun untuk kasus kehilangan paspor atau paspor rusak, sistem antrian online ini tidak berlaku.

Daftar antrian paspor online ini berlaku baik untuk pembuatan/ perpanjangan paspor biasa ataupun e-paspor (paspor elektronik).

Baik, sekarang mari saya bahas cara mendaftar antrian online paspor. Di mana cara mendaftar antrian paspor secara online bisa dilakukan 3 cara :
  1. Via Whatsapp (WA)
  2. Daftar lewat aplikasi smartphone
  3. Daftar melalui website imigrasi


1.1# Daftar Antrian Online Paspor Via WA

Langkah-langkah cara mendapatkan antrian online lewat whatsapp :
  • Tentukan dulu di Kantor Imigrasi mana kamu mau buat paspor.
  • Setelah itu cari info no. whatsapp/ WA kantor imigrasi tersebut. Yang digunakan sebagai nomor layanan paspor whatsapp gateway service.
  • Kirim WA ke nomor tersebut dengan format #Nama#TanggalBulanTahun lahir#Tanggal Kedatangan ke Kantor Imigrasi
Contoh 
Budi mau daftar antrian online lewat WA. Budi lahir di tanggal 17 Agustus tahun 1992. Budi mau pilih jadwal kedatangan ke Kantor Imigrasi di tanggal 2 Januari 2020. Maka format WA yang harus diketik Budi :
#Budi#17081992#02012020

Update per Agustus 2019 : Sebelumnya ada 26 Kantor Imigrasi yang menerima pendaftaran paspor lewat WA, namun sekarang Kantor Imigrasi Jakarta pusat mulai memindahkan sistem pendaftaran lewat WA ke pendaftaran via web dan via aplikasi. 

Untuk aplikasi pendaftaran antrian paspor bisa kamu unduh di playstore.

Jadi pendaftaran via WA (khususnya di Imigrasi Jakarta Pusat) dihapus dan dialihkan ke pendaftaran via aplikasi atau web. Informasi resmi perubahan ini bisa kamu  cek di situs Dirjen Imigrasi di laman berikut:

https://jakartapusat.imigrasi.go.id/layanan-publik/pendaftaran-layanan-paspor-online

1.2# Cara Daftar Antrian Paspor Online Via Aplikasi

Berikut ini step by step mendapatkan antrian paspor dengan menggunakan aplikasi smartphone. Cuman, saat ini hanya tersedia di aplikasi android.

Buat kamu pengguna iPhone, silahkan pinjam smartphone android punya kakak, adik atau saudara. Tapi tidak usah khawatir, kedepannya juga akan dikembangkan aplikasi pendaftaran paspor secara online berbasis iOS.

Langkah-langkah pendaftaran antrian online paspor lewat aplikasi smartphone :
  • Buka google playstore dan ketikan di pencarian “layanan paspor online” (tanpa tanda petik), lalu muncul seperti di bawah.
aplikasi antrian paspor online


  • Kemudian pilih INSTALL. Tunggu proses download dan instal hingga selesai. Setelah terinstall, buka aplikasinya dan akan muncul seperti gambar di bawah.
Antrian Paspor Online website

  • Centang kotak “Saya setuju” dan “izinkan” aplikasi layanan paspor online untuk ambil foto dan rekam.
cara daftar antrian paspor online aplikasi

  • Selanjutnya ada ketentuan ‘BACA TERLEBIH DAHULU”, lalu pilih lanjutkan dan akan muncul gambar berikut.


  • Silakan daftar dengan akun google atau facebook yang kamu punya. Setelah daftar, kemudian login  dengan akun google atau facebook tersebut. Berikutnya kamu harus mengisi form seperti gambar berikut. Isi data diri kamu sesuai KTP !

cara daftar  paspor online via aplikasi

  • Setelah berhasil daftar, silakan PILIH KANTOR. Pilihlah Kantor Imigrasi yang akan kamu gunakan untuk pengajuan permohonan paspor.

cara daftar antrian oline aplikasi android


  • Kemudian isi jumlah pemohon (satu pendaftaran bisa untuk 5 pendaftaran) dan isi juga jadwal permohonan yang tersedia.

  • Setelah berhasil mendaftar, akan muncul barcode. Simpan barcode tersebut dengan cara di screenshoot atau di pdf-in dan bawa saat kamu datang ke Kantor Imigrasi.


Langkah selanjutnya kamu datang ke Kantor Imigrasi sesuai jadwal yang sudah kamu dapat dengan membawa semua dokumen persyaratan plus barcode antrian online.


1.3# Cara Daftar Antrian Paspor Online Via Website

Untuk proses akses lebih mudah, sangat disarankan memakai browser google chrome.
  • Buka browser chrome, kunjungi laman berikut,  https://antrian.imigrasi.go.id/
  • Kemudian masuk dengan akun atau password (jika sudah punya) atau pilih salah satu untuk masuk, bisa lewat akun google atau akun facebook. Jadi kamu harus punya akun google atau facebook sebelumnya.
antrian paspor online lewat website

  • Saran saya, menggunakan akun google saja. Karena untuk aktivasi nanti bisa sekalian menggunakan email google itu.
  • Setelah masuk (dalam contoh ini saya menggunakan akun google) akan tampil pengumuman PERHATIAN !. Baca semuanya dengan detail dan ikuti apa yang tercantum di pengumuman tersebut. Setelah itu pilih “OK, Mengerti”
cara daftar antrian paspor online lewat website

  • Selanjutnya muncul Registrasi Form. Isi semua data diri SESUAI DENGAN KTP !
  • Setelah semua Registrasi Form terisi lengkap, pilih "Simpan". Jika registrasi berhasil pilih OK.
  • Dan kini saatnya, kamu tinggal memilih kantor imigrasi yang akan kamu gunakan untuk pengajuan pembuatan paspor. Caranya dengan pilih “Buat Permohonan” di Kantor Imigrasi yang kamu pilih.

  • Selanjutnya pilih jadwal pembuatan paspor (tanggal dan jam).

cara pendaftaran kuota antrian paspor online lewat situs imigrasi



2# Antrian Paspor Via Online, Masalah Utama (dan Solusinya)

Kalau melihat tata cara pendaftaran paspor online seperti pembahasan di atas, rasa-rasanya mudah sekali membuat paspor dengan mendapatkan antrian-nya secara online. Tanpa harus datang pagi-pagi ke Kantor Imigrasi buat rebutan nomor antri.

Namun, perlu kamu ketahui ada masalah utama yang hampir selalu di alami para calon pendaftar paspor. Yang kadang bikin stres dan frustasi. Dan akhirnya, ujung-ujungnya nyerah buat paspor sendiri, lalu menyerahkan urusan paspor ke Biro Jasa.

Kendala atau masalah utama yang sering (bahkan selalu) ada ketika hendak mengambil antrian online adalah Susahnya Mendapatkan Kuota Antrian Paspor Online !

Mendapatkan kuota antrian online paspor  itu gampang-gampang susah. Tapi hingga tulisan ini diterbitkan, lebih banyak susahnya….hehehe..ini nyata. Suerrr....

Kalau lagi beruntung, sekali daftar langsung bisa mendapatkan kuota. Tapi kalau lagi apes, seminggu bahkan sebulan lebih, belum tentu kamu bisa mendapatkan kuota antrian online.

Ketika hendak memilih jadwal antrian online di Kantor Imigrasi yang akan kamu tuju, yang sering terjadi adalah KUOTA BELUM DIBUKA dan KUOTA HABIS.

Bahkan yang lebih parah, seringkali antrian online paspor baru buka, belum ada setengah jam sudah langsung habis.

Sehingga antrian paspor online tidak bisa pilih tanggal !

Ya...karena bagaimana mungkin kita akan pilih tanggal / jadwal ? sementara antrian online kuotanya belum dibuka atau kuota habis.

kuota antrian paspor online habis tidak bisa pilih tanggal

Dalam seharinya, rata-rata tiap kantor imigrasi memberikan kuota sebanyak 200 pendaftaran paspor. Yang sering terjadi, begitu kuota antrian dibuka, dalam hitungan menit biasanya langsung habis.

Ini terjadi (mungkin) karena begitu banyaknya pendaftar paspor, sementara pihak imigrasi hanya menyediakan kuota 200/hari. Sehingga banyaknya pendaftar paspor tidak bisa tertampung semua.

Solusi Masalah Kuota Antrian Online Paspor 

Jika kamu sudah bolak balik buka website atau aplikasi pendaftaran antrian paspor, namun belum juga mendapatkan kuota, berikut 2 cara yang harus kamu lakukan.

Pertama, Pantau Terus Twitter Kantor Imigrasi

Ya,kamu bisa memantau twitter milik Kantor Imigrasi. Bagi kamu yang di Jakarta, silakan pantau twitter kantor imigrasi Jaktim, Jakut, Jakpus, Jakbar dan Jaksel. Masing-masing punya akun twitter sendiri.

Pantau status kapan kuota baru akan dibuka. Tapi saran terbaik dari saya adalah kamu yang proaktif, dengan menanyakan langsung via twitter, kapan kuota antrian baru akan dibuka lagi.

Kedua, Cek Tiap Jam Status Langsung di Website Pendaftaran Antrian Online

Cara kedua  ini lebih efektif. Caranya, dari mulai jam 5 Sore hingga jam 5 pagi, kamu buka laptop dan tiap jam cek status kuota di BEBERAPA KANTOR IMIGRASI di daerah kamu.

Karena mendapatkan kuota antrian online begitu susahnya, kamu tidak usah sok-sok an, hanya mau mendaftar paspor di Kantor Imigrasi yang dekat dengan lokasi atau rumah kamu.

Misal kamu di Jakarta, pantaulah status semua Kantor Imigrasi yang berada di Jakarta.


Detailnya ikuti langkah berikut :
  • Dari jam 5 sore, kalau kamu baru pulang kerja malam, bisa mulai dari jam 8 malam, bukalah website pendaftaran antrian online dan login di akun antrian paspor yang sudah kamu punya.
  • Sebaiknya buka lewat laptop, bukan lewat HP. Karena lebih enak di mata untuk memilih-milih Kantor Imigrasi.
  • Di bagian search, pilihlah JAKARTA (saya lingkari mereah gambar di bawah). Lalu tampil semua Kantor Imigrasi yang ada di Jakarta.

  • Nah setiap jam sekali, cek status buat permohonan di tiap-tiap Kantor Imigrasi.
  • Tonkrongin itu website pendaftaran paspor online hingga jam 5 pagi. Kalau lagi beruntung, sekitar jam 10 hingga jam 12 malam, kamu sudah bisa mendapat satu slot kuota di salah satu Kantor Imigrasi.

3# Info Tambahan (Penting) Terkait Paspor Online

Berikut beberapa informasi terkait paspor yang sering kali menjadi batu sandungan bagi beberapa orang, karena ketidaktahuan mereka.

Hindari pembatalan antrian paspor online !

Kita sudah bahas panjang lebar prosedur mendapatkan kuota antrian online paspor dan Kita tahu betapa sulitnya mendapatkan antrian online.

Jika Anda sudah mendapatkan antrian,maka sungguh disayangkan kalau kemudian Anda membatalkannya.

Selain itu, jika Anda membatalkan antrian online atau tidak hadir ke Kantor Imigrasi saat jadwal pengumpulan dokumen, foto dan interview maka selama 30 hari ke depan Anda tidak akan bisa mendaftar lagi.

Selama 30 hari akun Anda sama sekali tidak bisa digunakan untuk mendaftar. Jika Anda meng-akali dengan cara membuat akun baru, tetap saja tidak akan bisa mendaftar antrian online. Karena nomor KTP Anda sudah terdata.

Wajib Ikuti Aturan Pakaian Saat ke Kantor Imigrasi 

Jangan sampai Anda sudah capek-capek dan susah-susah berjuang mendapatkan kuota antrian online, giliran tiba waktunya pengumpulan berkas persyaratan, foto dan interview, Anda ditolak memasuki Kantor Imigrasi.

Dengan alasan, pakaian Anda tidak sesuai dengan aturan yang ditetapkan Kantor Imigrasi !

Di larang pakai sandal jepit. Tidak boleh pakai celana pendek. Tidak boleh pakai kaos tanpa kerah. Wanita dilarang pakai rok mini. Dilarang pakai baju tanpa lengan.

Membuat Paspor Online TIDAK SAMA Dengan E-Paspor

Beberapa orang salah kaprah. Dikira mendaftarkan paspor secara online, berarti nanti paspor yang dibuat adalah paspor elektronik atau E-Paspor.

Perlu saya tegaskan lagi, Paspor Online hanyalah sistem cara mendapatkan antrian untuk membuat atau memperpanjang paspor. Di mana dahulu, orang harus antri di Kantor Imigrasi, sedang sekarang untuk mendapatkan nomor antrian cukup secara online.

Adapun jenis paspor yang akan Anda dapatkan, tergantu Anda mau membuat paspor jenis apa.

Perpanjang Paspor TIDAK SAMA Dengan Penggantian Paspor

Salah kaprah yang juga sering terjadi adalah memperpanjang paspor dianggap sama dengan mengganti paspor. Padahal hal ini adalah 2 hal berbeda.

Perpanjang paspor berarti nomor paspor Anda masih menggunakan paspor lama. Tetapi karena masa berlaku habis, maka Anda harus memperpanjangnya.

Sedangkan mengganti paspor, nomor paspor yang Anda dapatkan adalah nomor paspor baru. Berbeda dengan nomor paspor Anda yang sebelumnya.

Mengurus Paspor Tidak Harus Sesuai Domisili

Banyak yang mengira bahwa bikin paspor harus sesuai domisili. Padahal, untuk membuat paspor bisa di luar domisili.

Tentunya bagi Anda yang membuat paspor di luar domisili, ada beberapa persyaratan tambahan yang harus disertakan.

Semoga artikel “Antrian Paspor Online : Cara Daftar, Kendala dan Solusinya” bisa membantu memecahkan permasalahan kamu-kamu sekalian yang selama ini selalu kesusahan mendapatkan kuota antrian online.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel