Aplikasi Antrian Paspor Online, Salah Pilih Tidak Bisa Diakses Lho..

Aplikasi Antrian Paspor Online, Salah Pilih Tidak Bisa Diakses Lho.. - Banyak yang mengeluh soal ini. Setelah saya cek,  ternyata penyebab mereka yang mengalami masalah ini cukup (bahkan) sangat sepele.


Antrian Paspor Online Tidak Bisa Diakses


Para pendaftar antrian paspor online yang menggunakan aplikasi android, mengeluh tidak bisa mengakses aplikasinya. Telusur punya telusur penyebabnya adalah mereka masih mengakses aplikasi antrian paspor versi lama !



Apliasi Antrian Paspor Online Lama Tidak Bisa diakses
Aplikasi Antrian Online Versi Lama (ANTREAN PASPOR)

aplikasi antrian paspor online terbaru mudah diakses
Aplikasi Paspor Online Versi Terbaru (APAPO)


Sebagai info, terutama bagi kamu-kamu yang belum tahu dan mungkin masih terkendala susah mengakses antrian online, Direktorat Jendral Imigrasi telah merilis aplikasi paspor online terbaru yang diberi nama APAPO.

Aplikasi antrian paspor terbaru ini dirilis sejak 21 Januari 2019, untuk menggantikan aplikasi terdahulu yang bernama ANTREAN PASPOR.

Jadi sudah barang tentu, jika kamu masih menggunakan aplikasi lama, tentu tidak akan bisa diakses. Segera uninstall aplikasi lama dan install aplikasi paspor terbaru.

1# ANTREAN PASPOR Sering Tidak Bisa Diakses

Pada aplikasi lama, sering muncul laporan masyarakat tentang susahnya mengakses aplikasi ini. Bahkan sering tidak bisa sama sekali. 

Masyarakat biasanya lapor melalui situs lapor.go.id. Jawaban yang seringkali diutarakan oleh CS/ humas Ditjen Imigrasi adalah kuota penuh sehingga susah diakses.

Dengan segenap permasalahan tersebut, Ditjen Imigrasi merilis aplikasi terbaru. Harapannya beberapa masalah, salah satunya masalah "tidak bisa akses" ini bisa diatasi.

Karena di aplikasi terbaru, untuk masalah kuota akan ada keterangan. Jika dulu dengan kuota penuh menyebabkan pendaftar kesulitan mengakses aplikasi antrian paspor, sedang sekarang tetap bisa mengaksesnya dan bisa melihat status kuota.

3# Inovasi Aplikasi Antrian Paspor Online Terbaru

Hal yang wajar jika (seharusnya) aplikasi terbaru memiliki fitur lebih baik daripada aplikasi  paspor online lama. Harapan ini diamini oleh Alif Suaidi, Direktur Information Technology Ditjen Imigrasi.

Menurut Alif Suaidi, aplikasi terbaru ini lebih aman dan lebih baik.

Berikut Beberapa Perbedaan Fitur Aplikasi Paspor Online Versi Baru dengan Versi Lama :

Pada aplikasi antrian online versi lama, pendaftar paspor tidak bisa mengakses aplikasi jika kuota antrian penuh. Di aplikasi baru, sekalipun kuota sudah habis, pendaftar tetap bisa mengakses aplikasi tersebut.

Pada aplikasi baru, pendaftar bisa mengecek status kuota paspor di tanggal-tanggal yang ditampilkan di kalender. Fitur status kuota ini tidak terdapat di aplikasi sebelumnya.

Status kuota diberi warna merah, artinya kuota antrian paspor sudah habis. Status berwarna hijau, artinya kuota antrian paspor tersedia. Warna kuning menandakan kuota antrian belum dibuka. Warna abu-abu menunjukkan status hari libur layanan dan status warna biru, menunjukkan tanggal yang telah dipilih oleh pendaftar.

Selain fitur status kuota, di aplikasi antrian online terbaru juga pendaftar tidak hanya bisa melihat status kuota. Tapi juga bisa melihat berapa banyak jumlah kuota yang tersedia.

Kembali saya ingatkan agar tidak salah install aplikasi. Untuk aplikasi paspor online terbaru atau APAPO, berwarna dominan merah. Sedang aplikasi lama berwarna dominan hijau biru.

3# Kekurangan Aplikasi Antrian Paspor Terbaru

Over all, aplikasi paspor online terbaru sudah bisa mengatasi permasalahan signifikan yang terjadi di aplikasi versi lama, yaitu aplikasi antrian online yang kerap tidak bisa diakses. Plus dengan ditambahnya fitur-fitur yang lebih memudahkan pendaftar, aplikasi terbaru jauh lebih baik dari versi lama.

Namun, kekurangan dari aplikasi paspor online terbaru tetap masih ada. Yang cukup mencolok adalah, belum tersedianya aplikasi untuk smartphone yang berbasis iOS. 

Per tulisan ini diterbitkan (Agustus 2019), aplikasi antrian online hanya tersedia untuk pengguna smartphone android.

So, bagi kamu pengguna iPhone, sabar dulu ya. Semoga ke depannya, aplikasi paspor online juga tersedia bagi pemakai iPhone.

Baca Juga : (Detail) Cara Mendaftar Antrian Paspor Online Via Web & Aplikasi

Dan tentunya harapan dari rilisnya aplikasi terbaru ini, masalah seperti aplikasi antrian paspor online tidak bisa diakses sudah tidak ada lagi. Mari kita semangati Ditjen Imigrasi dan beri saran serta kritik membangun...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel