Visa India Online, Gini Cara Membuatnya (WNI Gratis)

Visa India Online, Gini Cara Membuatnya (Warga Indonesia Gratis) - Untuk destinasi di Asia, tujuan yang (mungkin) lagi booming bagi warga Indonesia adalah Jepang, Korea Selatan dan China. Namun bagi kamu yang mencoba selera lain, bisa kunjungi India.

visa india online


Ya..India ! Negerinya bintang Bollywood. Yang terkenal dengan kegagahan, ketampanan serta kecantikan para pemainnya.

Tapi jangan salah, wisata India tidak melulu hanya soal film. Seperti dengan China, Mesir, Yunani, Roma (Italia), India memiliki riwayat sejarah panjang dan memiliki budaya yang tinggi di masa lampau. Budaya masa lampau tersebut masih tercermin pada tradisi India masa kini.

Dan berita bagusnya, yang mungkin bisa jadi alasan kenapa kamu, warga Indonesia pecinta jalan-jalan luar negeri, mencoba berlibur ke India adalah Visa India Sekarang Gratis !

Pada pertengahan Juni tahun 2018, pemerintah  India menggratiskan Visa India baik yang online (E-Visa) atau yang mengurus di Kedubes.

Penggratisan ini berlaku untuk beberapa negara, termasuk warga Indonesia.

Lumayan bukan ? karena sebelumnya biaya Visa India (di tahun 2017) sekitar 1.3 Juta an.

1# Persyaratan Visa India Online Untuk Indonesia dan Ketentuannya

Untuk pengajuan visa online yang gratis ini, ada persyaratan dan ketentuan yang tentu harus kamu mengerti dan patuhi.

Syarat-Syarat Visa India Online 

  • Siapkan file foto dengan ukuran 2x2 Inch (5x5 Cm). Foto harus berwarna dengan background putih. Ukuran file tidak lebih dari 1 Mb tidak kurang dari 10 Kb. Foto ini harus berbentuk file JPEG dan nantinya akan di-upload ke form pengajuan Visa Online India.
  • File hasil scan halaman depan paspor yang memuat data diri dan foto kamu. File ini juga nanti di-upload saat mengisi form aplikasi Visa Online India. Format dalam pdf dengan ukuran min 10 Kb dan maksimal 300 Kb.
  • Masa berlaku paspor kamu minimal 6 bulan sebelum expired. Tersedia halaman paspor yang kosong minimal 2 halaman.
  • Kamu harus sudah punya tiket  pulang pergi Indonesia - India.
  • Kamu harus punya uang cukup selama di India. Ini nanti dibuktikan dengan rekening koran 3 bulan terakhir (bisa minta ke bank tempat kamu simpan duit). Info per pertengahan Juni dari kedubes India, minimal saldo 10 juta rupiah. Untuk update, bisa kamu pastikan dengan telepon langsung ke Kedubes India.
  • Daftar aplikasi Visa Online India  minimal 4 hari sebelum keberangkatan ke India. Untuk aman-nya mending seminggu sebelumnya. Misal Kamu mau ke India tanggal 8 Agustus 2020, maka sebaiknya daftar Visa Online India tanggal 1 Agustus 2020.

Ketentuan Visa Online India

  • Masa berlaku E-Visa ini 60 hari. Terhitung mulai dari tanggal kedatangan kamu pertama kali di India. 
  • E-Visa bisa kamu gunakan 2x bolak-balik masuk India. Asal masih dalam masa berlaku, yaitu 60 hari sejak kedatangan kamu pertama kali di India. 
  • E-Visa Online India secara gratis berlaku untuk visa kunjungan turis, kunjungan medis, program yoga, workshop atau seminar dan kunjungan bisnis.
  • Visa Online India ini hanya berlaku jika kamu memasuki India lewat 28 bandara dan 5 pelabuhan India yang sudah ditentukan pemerintah India. Untuk daftarnya bisa kamu baca di sini "Pakai Visa Online India, Harus Lewat 28 Bandara dan 5 Pelabuhan Ini"

2# Panduan Cara Membuat Visa  India Online (E-Visa)

Berikut langkah-langkah detail membuat Visa India secara online yang harus kamu ikuti :

Silakan kamu kunjungi laman situs berikut : indianvisaonline.gov.in  

PERHATIAN ! 
Kamu tidak perlu googling lagi untuk mencari situs pengajuan Visa Online India. Karena banyak beredar di google situs-situs tiruan. Situs yang resmi milik pemerintah India adalah yang sudah saya sebutin tadi.

Ciri situs tiruan adalah diakhir pendaftaran, setelah kita konfirm, kita akan dimintai biaya. Situs ini adalah situs-situs pendaftaran Visa Online India  milik para calo visa.

Ketika kamu sudah mendarat di situs resmi pendaftaran Visa Online India, akan tampil seperti gambar di bawah ini.


Visa Online India Situs Resmi


Untuk pendaftaran visa, pilih seperti yang saya lingkari tanda merah di atas. Kemudian akan muncul seperti berikut.

visa online india formulir


Isi data-data formulir seperti keterangan di atas. Setelah semua terisi, masukkan kode captcha. Lalu centang kotak "I have read the instruction...". Setelah itu continue. Dan akan tampil seperti berikut.
Isi semua form, seperti contoh dari saya di bawah.


visa online india aplikasi


Ketika form applicant dan passport detail sudah terisi, save dan continue dan akan tampil seperti halaman berikutnya. Isi form kotak-kotak tersebut. Untuk form permanent addres, jika alamat sama dengan present adress, ketik aja sehingga akan muncul dan tinggal save and continue.


e-visa india online gratis indonesia

Berikutnya, isi data famili. Data ayah dan ibu kamu. Lihat contoh di bawah.


visa india indonesia gratis


Selanjutnya pengisian form status pernikahan dan pekerjaan kamu.




Lalu, isi data-data nama kota pertama yang akan kamu kunjungi dan kota nomor dua yang akan kamu kunjungi (jika ada). Isi juga data-data lain seperti bandara dan kota yang dulu pernah kamu singgahi di India, jika kamu sebelumnya pernah ke sana. Jika belum, maka isi pertanyaan "Have you ever visited India before ?" pilih "No"




Selanjutnya, untuk form berikut, hal yang penting adalah masalah nama referensi kamu di India. Isi nama teman atau kenalan kamu di India. Jika tidak ada, isi saja nama hotel yang kamu pesan di India.




Berikutnya, kamu disuruh upload foto yang telah kamu siapin sebelumnya. Ingat ! foto tidak boleh lebih dari 1 MB.




Setelah foto ter-upload. Kamu juga harus meng-upload halaman pertama paspor, yang terlihat foto dan data diri kamu.




Setelah semuanya, kamu cek semuanya. Dan pastikan kamu telah mem-verifikasi bahwa semua data yang kamu masukkan sudah valid. Jika kamu sudah yakin semua data valid, pilih confirm.

Ya..kamu telah membuat Visa Online India !

 TAPI...

Kamu tidak boleh senang dulu, sebelum ada kepastian dari pihak kedubes India bahwa visa kamu disetujui. Tapi tidak usah khawatir, jika semua langkah sudah kamu ikuti sesuai dengan prosedur dan persyaratan.

Kamu harus menunggu email sekitar 1x24 jam, apakah visa kamu disetujui atau tidak. Bahkan dalam beberapa kasus, ada yang sampai 5x24 jam.

Dengan alasan itu, saya di awal menyarankan, paling aman adalah mendaftar aplikasi Visa Online India seminggu sebelumnya. Walaupun secara resmi, pihak Imigrasi India mensyaratkan minimal 4 hari sebelum keberangkatan ke India.

Selanjutnya, jika pengajuan E-Visa atau Visa Online India kamu disetujui, akan ada balasan email dengan status  GRANTED !

Alias permohonan Visa India kamu disetujui. Di bawah ini contoh E-Visa Online India yang disetujui atau berstatus GRANTED.



Print E-Visa India Online yang sudah kamu dapatkan. Dan lampirkan dengan paspormu. Bawa saat terbang bersama semua dokumen persyaratan. Kemudian kamu tunjukin ke petugas Imigrasi setibanya di India nanti.

Selamat berkunjung ke negeri Bollywood !



Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel