Visa India Untuk Indonesia, Gratis !

Visa India Untuk Indonesia, Gratis ! - Setelah melakukan kunjungan ke Indonesia di bulan Mei 2018, PM India Narendra Modi memberi hadiah kepada warga Indonesia.

Hadiahnya berupa visa gratis untuk warga Indonesia yang berkunjung ke India.

visa india indonesia


Berkunjung ke India, selain bisa melihat warisan budaya masa lampau seperti Taj Mahal, kamu-kamu terutama generasi millenial bisa belanja "inspirasi" dari negeri Bollywood ini.

Ya betul, inspirasi !

Perlu kamu tahu, sains dan teknologi India melesat jauh dan siap bersaing dengan negara-negara maju Asia bahkan dunia. India terkenal sebagai pengekspor saintis dan insinyur-insinyur top ke penjuru dunia.

Tentu sudah tidak asing, bagaimana diaspora warga India berhasil meraih sukses besar di Amerika.

Tercatat beberapa perusahaan teknologi top di Amerika, untuk posisi CEO-nya dipegang orang-orang India. Contoh kecilnya, Satya Nadella yang sekarang menjabat CEO Microsoft dan Sundar Pichai yang saat ini menduduki CEO google.

kunjungan teknologi pakai visa india indonesia

Jadi tunggu apalagi, yuk kita jalan-jalan ke India. Dan omong-omong, jalan-jalan ke India modalnya lumayan ngirit, karena harga-harga di sana masih cukup murah.

Tapi..siapin visanya dulu kawan.

1# Mengurus Visa India di Indonesia Gratis

Untuk mengurus visa India di Indonesia, bisa ditempuh dengan 2 cara :
  1. Kamu bisa membuat visa India di Kedutaan Besar India.
  2. Bisa juga membuat visa India via online.
Sebagaimana saya sampaikan di awal paragraf, biaya mengurus visa India bagi warga Indonesia adalah gratis !

Ini berlaku sejak Juni 2018. Sebelumnya, biaya mengurus visa India sekitar 51 dollar. Kalau dirupiahkan kurang lebih 700 ribuan.

2# Perbedaan Mengurus Visa India di Kedubes dan Online

Yang jelas dari segi cara berbeda.

Mengurus visa di Kedubes, tentu kamu harus datang ke Kedubes India di Jakarta. Tepatnya di Jl. H.R Rasuna Said, Kav. S-1, Kuningan - Jakarta Selatan.

Cara ini tentu buang waktu dan biaya (cukup besar) bagi kamu yang tinggal di luar Jakarta. Terlebih lagi buat kamu yang tinggal di luar Jawa.

Bayangkan, misal kamu tinggal di Sulawesi, kalau harus ke Jakarta untuk mengurus visa India. Berapa habis ongkos buat beli tiket pesawat PP. Ditambah dengan biaya makan dll selama perjalanan bolak balik Jakarta - Sulawesi.

Yang paling enak, efektif dan tentu biaya murah, membuat visa India online. Yang sering disebut dengan e-Visa. Modalnya hanya paket data/ koneksi internet.

Buat kamu yang tinggal di manapun, di seluruh Indonesia, asal ada koneksi internet bisa daftar visa India online.

3# Kelebihan e-Visa India (Selain Biaya Murah)

Meski keduanya (visa India online dan visa India lewat Kedubes) sama-sama gratis, ongkos mengurusnya sudah pasti lebih besar lewat Kedubes.

Selain biaya lebih murah, keuntungan membuat visa India via online adalah durasi ijin tinggal di India lebih lama.

Jika visa India kamu buat lewat Kedubes, maka kamu cuma mendapatkan ijin keliling India selama 30 hari. Sedangkan jika kamu pakai e-visa India, alias bikin visa India online, maka kamu bisa tinggal di India selama 60 hari.

4# Lalu, Bagaimana Cara Membuat e-Visa India di Indonesia ?

Asal kamu melek internet, sudah biasa bikin akun-akun online atau sudah terbiasa belanja online, seharusnya bikin visa online India adalah perkara yang cukup mudah.

Yang mungkin sedikit mengganjal adalah soal bahasa. Tapi ganjalan ini khusus bagi kamu yang bahasa inggrisnya di bawah pas-pasan.

Tapi tenang saja, kan sekarang sudah ada google translate...heh he he.

Baik, berikut cara membuat Visa India Online secara gratis :
  1. Kunjungilah situs berikut indianvisaonline.gov.in , PERHATIAN hanya kunjungi situs ini ya ! Karena banyak beredar di beranda google situs-situs yang sangat mirip dengan situs ini. Di mana isinya penipuan.
  2. Siapkan scan foto berwarna kamu dengan ukuran 5 x 5 cm dengan format file jpeg dan ukuran maksimal 1 Mb.
  3. Scan halaman paspor depan yang memuat foto dan data diri kamu dengan format pdf dan ukuran maksimal 300 Kb.
  4. Isilah semua data-data yang diminta di formulir online Visa India yang ada di situs tersebut. Termasuk kamu nanti diminta meng-upload scan foto dan paspor yang sebelumnya sudah kamu siapin.
  5. Saat ngisi formulis e-visa India online, kamu juga diminta mengisi siapa pihak India yang menjadi referensi kamu. Isilah dengan nama kenalan kamu di India. Jika tidak punya, isi saja dengan hotel di India yang sudah kamu booking.
  6. Setelah kolom-kolom formulir e-visa India online sudah kamu isi lengkap, cek lagi, pastikan semua data sudah sesuai. Jika kamu yakin data yang kamu isikan semuanya sudah ok, selanjutnya tinggal pilih confirm.
  7. Proses pembuatan e-visa India sudah selesai. Kamu tinggal tunggu 1 hingga 3 hari. Bahkan ada kenalan saya yang 5 hari baru mendapat jawaban status pengajuan e-visa India.
Untuk langkah detail cara membuat e-visa India di Indonesia dengan disertai gambar, bisa kamu lihat di bawah.

Baca Juga : Step by Step Cara Membuat Visa India Online (100% Disetujui)

Tidak usah khawatir, asal semua data yang kamu isikan sudah sesuai, pengajuan e-Visa India  kamu bisa di-approve.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel