Persyaratan Visa India Untuk WNI, Lengkap - Detail & Update

Persyaratan Visa India Untuk WNI, Lengkap - Detail & Update - Terhitung sejak bulan Juni 2018, pemerintah India langsung  melalui Perdana Menterinya (Narendra Modi) menggratiskan visa India untuk WNI.


persyaratan visa india untuk wni


Pengajuan visa bisa kamu lakukan di Embassy of India di Jakarta atau cukup lewat online (E-Visa India). Namun, pihak Kedubes India lebih menyarankan pendaftaran lewat online.

Selain lebih mudah (cukup ketak-ketik laptop) tanpa perlu datang ke Kedubes India, E-Visa atau Visa online India memberikan durasi ijin tinggal lebih lama dibanding visa yang didapat lewat Kedubes.

Dengan E-Visa kita diberi durasi izin tinggal di India selama 60 hari. Sedangkan visa yang kita dapat lewat Kedubes, hanya memberi durasi selama 30 hari.

Sebelum membuat visa India, tentu kamu harus menyiapkan dulu semua dokumen-dokumen persyaratan.

Belum tahu persyaratan apa saja yang diperlukan untuk pengajuan visa India ?

Berikut saya kasih detail, lengkap dan update semua persyaratan untuk pengajuan visa India.

Info ini sebenernya bisa kamu lihat langsung di situs tempat pendaftaran E-Visa India, https://indianvisaonline.gov.in

Tapi ga ada salahnya saya tampilin biar lebih memudahkan kamu-kamu semua. Sehingga nantinya, kamu kunjungi situs tersebut tinggal langsung isi formulir pengajuan visa India.

Tanpa perlu cari-cari lagi, googling sana-sini tentang  syarat-syarat visa India yang harus disiapin.

Daftar Persyaratan Visa India Untuk WNI

  • E-Visa ini hanya berlaku bagi kamu yang pergi ke India dengan tujuan sebagai berikut : Berwisata, kunjungan bisnis, ikut seminar/ konferensi/ workshop yang diadakan dibawah naungan dinas pemerintah India, ikut program yoga, pengobatan medis yang berada di bawah sistem kesehatan India.
  • Paspor dengan masa minimal 6 bulan sebelum kadaluwarsa saat tanggal kunjungan kamu di India nanti.
  • Paspor harus tersedia minimal 2 halaman kosong. Saran saya, untuk lebih aman minimal 3 halaman kosong.
  • Jika kamu memiliki keturunan Pakistan, tidak boleh mengajukan Visa India secara online. Harus datang langsung ke Kedubes India.
  • Bukti booking hotel di India. Harus ada data nama hotel, no kontak dan alamatnya. Ini nanti digunakan sebagai referensi kamu, jika tidak punya kenalan yang saat ini tinggal di India.
  • Tiket pulang pergi India - Indonesia.
  • Untuk tujuan bisnis, harus kamu sertakan invitation letter dari perusahaan yang ada di India dan kamu juga harus menyiapkan surat sponsor dari perusahaan kamu di Indonesia. Juga harus menyiapkan SIUP perusahaan yang ada di India. Semuanya dalam bahasa Inggris dan dibuat file dengan format pdf ukuran minimal 10 Kb dan maksimal 300 Kb. Siapkan juga kartu nama bisnis dan fotokopi tanda daftar perusahaan (TDP) tempat kamu kerja.
  • Jika kamu pengusaha (bukan pekerja kantoran), siapkan rekening koran selama 3 bulan terakhir.
  • Siapkan scan pas foto. Ketentuan pas foto : ukuran 5 x 5 Cm, foto harus warna dengan background putih, format berbentuk file JPEG, ukuran minimal 10 Kb dan maksimal 1 Mb, Resolusi minimal 350x350 pixel.
  • Siapkan scan halaman depan paspor yang berisi foto dan biodata diri. Ketentuan paspor : format pdf, ukuran min 10 Kb dan maks 300 Kb.

Bawa Hasil Print E-Visa dan Semua Persyaratan Visa India Saat Terbang Ke Sana !


Semua dokumen persyaratan visa India di atas, selain kamu pdf-in juga siapkan bentuk fisiknya. Karena nantinya harus kamu bawa beserta print E-Visa yang sudah di-approve. Kemudian kamu tunjukkan ke pihak imigrasi sesampainya di India nanti.

Yang juga harus kamu perhatiin, untuk bisa masuk India dengan E-Visa gratis, kamu harus masuk lewat salah satu dari 28 bandara atau 5 pelabuhan yang sudah ditetapkan pemerinta India. Daftarnya bisa kamu lihat di SINI


Belum tahu langkah-langkah pengajuan E-Visa India Online ? ikuti caranya di bawah.

Baca Juga : Visa India Online, Gini Cara Bikinnya (Panduan Detail)


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel