Contoh Hak Paten Karya Anak Bangsa Yang Mendunia (Big Wow)

Contoh Hak Paten Karya Anak Bangsa Yang Mendunia (Big Wow) - Bicara tentang bakat dan kemampuan, Indonesia tak kekurangan talenta-talenta yang menakjubkan.

contoh hak paten

Bahkan beberapa karyanya (bukan hanya) mempengaruhi, tapi menentukan arah teknologi yang ada di dunia saat ini. Meskipun beberapa dari mereka, namanya tidak terlalu populer di negeri sendiri.

Di postingan ini akan saya tampilkan contoh hak paten karya anak bangsa yang memberikan sumbangsih nyata bagi kemajuan teknologi. Bukan hanya untuk Indonesia, tapi juga dunia.

1# Contoh Hak Paten Teknologi Kesehatan

Adalah Dr. Warsito Purwo Taruno, sang penemu teknologi ECVT (Electrical Capacitance Volume Topography). Yaitu teknologi berbasis medan listrik statis yang berfungsi sebagai pemindai dari suatu dinding dalam ke dinding luar.

Teknologi ini banyak digunakan diberbagai bidang seperti teknologi komputasi aliran fluida dalam reaktor kimia, pemindai tabung gas alat pencitraan sistem dan cara kerja otak.

Terutama untuk mendeteksi aktivitas kerja otak, ECVT ini benar-benar teknologi inovatif yang jauh lebih unggul dibanding teknologi pemindai otak yang umum saat ini seperti CT-Scan ataupun MRI.

Keunggulannya adalah bebas radiasi, biaya lebih murah, portable, bagian tubuh si pasien yang dicek tidak perlu dikurung pada ruang tertentu.

hak paten dr warsito

Atas penemuannya ini Dr. Warsito mendapatkan penghargaan yang bergengsi yaitu BJ Habibie Technology Award di tahun 2015.

Selanjutnya, teknologi ini dikembangkan sebagai penghasil gelombang listrik yang bisa menghambat sel kanker.

Namun sayang, pengembangan teknologi ini dilarang oleh pemerintah melalui Kementrian Kesehatan. Klinik terapi kanker Dr. Warsito dihentikan ijin operasinya dan terpaksa ditutup di awal 2016.

Alasannya, pengembangan teknologi ini untuk riset terapi kanker tidak sesuai dengan metode riset yang telah ditetapkan oleh Badan Pengembangan dan Penelitian Kemenkes.

Dan sangat disayangkan, hak paten dari ECVT ini sekarang dipegang oleh Amerika. Lebih disayangkan lagi, kabar terakhir, Dr. Warsito mengembangkan klinik riset kankernya di Polandia.

Benar-benar talenta besar yang disia-siakan di negerinya sendiri.

2# Contoh Hak Paten Putra Bangsa Bidang Konstruksi

Di dunia konstruksi sipil, Indonesia menancapkah dua nama hebat yaitu Ir Tjokorda R. Sukawati dan Prof. Dr. Ir. Sedyatmo.

Profesor Sedyatmo terkenal dengan karyanya yang bernama "Teknik Pondasi Ceker Ayam". Yaitu teknik desain pondasi struktur bangunan untuk daerah yang bertanah lembek.

Jadi jika suatu daerah yang tanahnya lembek (misal daerah rawa) akan dibangun sebuah menara, tidak usah khawatir. Karena dengan pondasi ceker ayam, bisa menjamin kekuatan menara tersebut.

Sedangkan Ir. Tjokorda, seorang putra Pulau Dewata, memiliki hak paten atas temuannya berupa Teknik Konstruksi Sosrobahu. Apa itu ?

Kalau kalian saat ini sering lewat tol Jakarta - Cikampek, tentu banyak kalian lihat pembangunan jalan layang bukan ? nah di situlah Teknik Sosrobahu ini digunakan. Dengan menggunakan teknik ini, sangat meminimalisir kemacetan jalan.

Btw..negara-negara di Asia banyak yang menggunakan teknik ini untuk membangun jalan-jalan atau jembatan layang.

3# Hak Paten di Bidang Motor Listrik

Mungkin beberapa tahun silam, kamu para netijen yang aktif mengamati perkembangan politik maupun pembangunan di negeri kita tercintah Indonesia, tahu siapa itu Ricky Elson.

Pria ini digandeng oleh menteri BUMN kala itu, yang begitu memiliki visi cemerlang plus kinerja yang sangat luar biasa, bapak Dahlan Iskan.

Bang Ricky Elson ini diminta pulan ke tanah air untuk melakukan riset pengembangan kendaraan listrik. Tapi sayang, lagi-lagi semangat anak bangsa pupus oleh kebijakan pemangku jabatan. Nasibnya bahkan lebih buruk dari Dr. Warsito.

Pasalnya proyek mobil listrik ini diperkarakan dengan tudingan merugikan keuangan negara. Rekan sesama engineer Ricky Elson bahkan sampai dimasukkan penjara atas kasus ini.

Btw...kendaraan listrik adalah kendaraan masa depan. Prediksi pakar teknologi, di tahun 2035, Eropa dan Amerika sudah total meninggalkan kendaraan berbahan bakar minyak dan beralih ke kendaraan listrik.

Hingga saat ini, Ricky Elson sendiri memiliki 14 hak paten atas temuannya yang diakui dunia internasional pada bidang motor listrik. Contoh hak paten miliknya adalah mobil listrik selo.

contoh hak paten mobil listrik

Saat ini kesibukan Bang Ricky Elson adalah beternak domba, mengembangkan listrik tenaga angin sambil membina calon-calon insinyur muda yang belajar di padepokannya Lentera Bumi Nusantara, di Ceheras - Tasikmalaya.

4# Hak Paten Manusia Paling Jenius di Indonesia

Dialah mantan presiden RI, Bapak BJ Habibie. Yang mungkin manusia paling jenius di Indonesia hingga saat ini.



Banyak rumor yang menyatakan Bapak BJ Habibie ber-IQ 200 dan 1 dari 10 orang ber-IQ tertinggi di dunia. Entah itu benar atau hoax, lebih baik kita fokus ke hasil karyanya saja. Oke kawan ?
Penemuan fenomenal Almarhum Bapak BJ Habibie adalah teknik perhitungan pesawat hingga tingkat paling kecil (atom). Tekniknya dipakai oleh sejumlah pabrikan pesawat terbang top, dari mulai Boeing hingga Airbus.

Bapak BJ Habibie akan selalu dikenang sebagai bapak teknologi bangsa Indonesia.

5# Contoh Hak Paten yang Menggebrak Dunia Internet dan Telekomunikasi

Tepatnya di tahun 2005, Dr. Khairul Anwar (sekarang sudah menjadi profesor) mematenkan temuannya. Yaitu, teknologi Fast Fourier Transform (FFT). 

Konsep teknologi FFT ini kemudian menjadi standar yang dipakai ITU (International Telecommunication Union ) dan menjadi salah satu standar yang diaplikasikan pada sistem 4G LTE.

Salah satu keunggulan sistem 4G LTE yang mengaplikasikan teknologi FFT adalah konsumsi daya yang rendah sehingga lebih menghemat baterai.

Baca Juga: Hak Atas Kekayaan Intelektual (HAKI), Prinsip dan Klasifikasinya

Bagaimana Pendapatmu Tentang 5 Contoh Hak Paten Anak Bangsa di Atas Kawan ?

Kalau dari saya, cukup 2 kata untuk karya-karya anak bangsa di atas "BIG WOW"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel