Apply Visa Jepang Ditolak ? Ini 10 Penyebabnya !

Apply Visa Jepang Ditolak ? Ini 10 Penyebabnya ! - Jangan sampai ya, liburan ke Jepang yang sudah kamu impikan selama 7 purnama musnah berantakan.

Hanya gara-gara aplikasi visa Jepang kamu ditolak !

visa jepang ditolak

Demi alasan tersebut, tulisan ini saya buat untukmu kawan. 10 Hal yang harus kamu hindari, agar permohonan visa Jepang kamu disetujui.

Cap cusss...langsung saja, berikut daftar 10 penyebab yang memungkinkan permohonan visa Jepang kamu tidak di-approve alias DITOLAK !

1# Dokumen Persyaratan Tidak Lengkap

Seharusnya, kasus pengajuan visa Jepang ditolak karena tidak lengkapnya dokumen persyaratan tidak terjadi. Namun, nyatanya ada saja yang ditolak dengan alasan ini.

Hal yang paling sering terjadi, yang bikin ga sadar si pemohon bahwa persyaratannya tidak lengkap adalah persyaratan tambahan !

Misal:

Ketika kamu berkunjung ke Jepang dengan tujuan kunjungan bisnis. Tiba-tiba pengajuan visa kamu ditolak dengan alasan syarat kurang lengkap.

Sementara kamu merasa sudah melengkapi semua persyaratan yang diperlukan. Usut punya usut, ternyata masih ada persyaratan tambahan yang belum kamu penuhi.

Selain persyaratan umum yang sudah kamu lengkapi, ada juga syarat tambahan yang juga kamu harus penuhi. Yaitu, surat undangan atau invitation letter dengan kop resmi dari perusahaan partner bisnis kamu yang ada di Jepang.

Jika kunjunganmu wisata, tentu kamu tidak perlu melampirkan invitation letter ini.

Poin pentingnya...

Selain melengkapi persyaratan umum, kamu juga harus cari info tentang "persyaratan tambahan khusus" untuk  tujuan kunjungan kamu yang spesifik.

2# Dokumen Persyaratan Tidak Sesuai

Langsung saja, ini saya contohin yang sering terjadi, yang bikin gagal pengajuan visa Jepang. Yaitu, tidak sesuainya nama di KTP dengan nama di bukti reservasi tiket pesawat atau hotel.

Di KTP, nama kamu tertulis "Achmad Ganteng". Sedangkan reservasi di tiket pesawat atau hotel tertulis "Ahmad Guanteng".

3# Wilayah Yurisdiksi Tidak  Sesuai, Aplikasi Visa Jepang Ditolak !

Kamu ber-KTP Tabanan (Bali). Tapi saat ini kamu kerja di Surabaya. Kemudian kamu apply visa Jepang di Konsulat Jenderal Jepang yang di Surabaya.

Tentu aplikasi visa kamu akan ditolak. Karena tidak sesuai wilayah yurisdiksi.

Kamu hanya bisa mengajukan visa Jepang di Konsulat Jenderal Jepang Denpasar. Yang sesuai dengan wilayah yurisdiksi KTP kamu.

Baca Juga: Daftar Wilayah Yurisdiksi Pengajuan Visa Jepang


4# Itinerary Rencana Perjalanan Kamu Tidak Lengkap

visa jepang ditolak turis

Memang itinerary kamu cukup dibikin simpel, tidak perlu terlalu detail. Tetapi tetap harus lengkap agar permohonan visa kamu tidak ditolak.

Biar lebih mudah, silakan kamu download form itinerary visa Jepang di laman berikut: https://tinyurl.com/form-itinerary-visa-jepang (copy paste-kan link ini di browsermu)

Selanjutnya, isi form tersebut sesuai yang di minta. Misal: tanggal, kamu isi 13 Oktober 2021. Tempat yang akan dikunjungi, kamu isi Universal Studio Japan di Osaka. Tempat menginap, kamu isi Hotel Taiyo Osaka.

Intiny harus kamu isi semua ketiga kolom itinerary: tanggal, tempat kunjungan dan tempat menginap.

5# Salah Satu Dokumen Persyaratan Kamu Palsu

Kalu ini no comment lah. Karena terkait kejujuran kamu.

Contoh dokumen palsu adalah surat sponsor dari perusahaan, kamu palsu, kamu bikin sendiri. Bukan surat sponsor yang benar-benar dikeluarkan oleh HRD atau pihak berwenang di perusahaan tempat kamu kerja .
Pesan bijak dari saya (Agan Dores), janganlah menjadi penganut jamaah yang berprinsip "Jujur Ajur". Yakinlah bahwa "Jujur itu Mujur".

6# Kamu Mantan Pelaku Kriminal

Meskipun saat ini kamu sudah tobat, tapi jika rekam jejak kriminal kamu diketahui oleh kedubes atau konsulat Jenderal Jepang, maka amat mungkin pengajuan visa kamu ditolak.

Pemerintah Jepang jaga-jaga dan waspada. Jangan sampai ada warga negara asing yang bisa berpotensi menjadi biang keonaran di wilayahnya.

7# Kamu Pernah Bikin Masalah di Jepang

Kita semua tahu, Jepang adalah negara yang paling menjunjung tinggi nilai-nilai disiplin dibanding negara manapun di dunia.

Jika kamu pernah bikin masalah di Jepang hingga masalah kamu diketahui oleh pihak imigrasi di Jepang sana, hampir dipastikan pengajuan visa Jepang ditolak.

Contoh kasus yang sering terjadi adalah overstay.

Ya, ini adalah kasus yang sering menimpa WNI. Mereka tinggal di Jepang melebihi dari durasi tinggal yang diijinkan.

8# Paspor Kamu Memasuki Masa 6 Bulan Menuju Expired

6 Bulan sebelum expired adalah persyaratan yang umumnya diberlakukan oleh negara-negara di dunia untuk pengajuan visa bagi warga asing.

Bahkan negara tertentu, seperti Australia, mewajibkan usia paspor minimal 12 bulan (1 tahun) sebelum expired.

Jika paspor kamu memasuki 6 bulan sebelum expired, dijamin aplikasi visa Jepang akan ditolak.

9# Hanya 1 Halaman Paspor Yang Kosong

Meski nanti yang ditempelin visa hanya 1 halaman paspor, namun Kedubes Jepang melalui websitenya mensyaratkan sekurang-kurangnya ada 2 halaman paspor yang kosong untuk mengajukan visa Jepang.

Jadi, untuk menjamin aplikasi visa Jepangmu tidak ditolak, kamu harus menyediakan halaman paspor kosong minimal 2 halaman.

10# Saldo Minimal Tabungan Tidak Mencukupi

visa jepang ditolak-saldo kurang

Salah satu syarat pengajuan visa Jepang adalah melampirkan rekening koran 3 bulan terakhir. Namun, bukan berarti setelah kamu lampirkan, aplikasimu pasti disetujui.

Juga karena, ada syarat jumlah saldo minimum di rekening kamu.
Beberapa sumber mengatakan saldo minimal adalah jumlah hari kunjungan dikali 1-1.5 juta. Tapi, saya pribadi (based on my pengalaman) menyarankan sebaiknya saldo minimal kamu adalah jumlah hari x 1.5 juta.
Misal kamu mengunjungi adikmu yang lagi kuliah di Jepang selama 10 hari. Maka saldo minimal adalah 10 hari x 1.5 juta...Jadi 15 juta minimal saldo yang harus kamu miliki.

Kesimpulannya...

WASPADAiLAH ! 10 hal di atas penyebab aplikasi visa Jepang ditolak 


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel