Memperpanjang STNK Online, Ternyata Cuma Begini Doang !

Memperpanjang STNK Online, Ternyata Cuma Begini Doang ! - Ada banyak cara yang dilakukan pemerintah guna mempermudah masyarakat untuk membayar pajak kendaraan atau perpanjang STNK.

perpanjangan stnk online bayar pajak kendaraan


Salah satunya perpanjang STNK secara online. Cara perpanjang STNK online sangat mudah dan praktis tak perlu mendatangi kantor Samsat untuk mengantri. Kamu hanya datang ke kantor Samsat setelah nanti mendapatkan bukti pembayaran.

Aplikasi Perpanjang STNK Online Berlaku Nasional

Cara perpanjang STNK online merupakan program nasional. Menurut keterangan Kasi STNK Ditlantas Polda Metro Jaya, Kompol Arif fazlurrahman menegaskan, pembayaran pajak secara online berlaku di seluruh wilayah Indonesia.

Terdapat bermacam cara perpanjang STNK secara online di antaranya yaitu lewat e-samsat dan aplikasi smartphone yang dirilis Korlantas POLRI dengan nama Samolnas (Samsat Online Nasional).

Di artikel ini akan saya bahas pembayaran yang lewat aplikasi Samolnas. Karena aplikasi ini bersifat nasional. Beda dengan e-Samsat yang merujuk ke masing-masing daerah, semisal e-Samsat Sambara yang khusus untuk Jawa Barat.

Sebelumnya memang hanya untuk beberapa area Jawa dan Sumatra, tapi sejak pertengahan 2019, perpanjang STNK online dengan aplikasi Samolnas sudah berlaku seluruh Indonesia.

Bukan cuman buat bayar pajak kendaraan bermotor, aplikasi STNK Online Samolnas bisa juga dipakai buat pengesahan STNK (Surat Tanda Nomor Kendaraan) tahunan secara elektronik dan bayar SWDKLLJ (Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan).

Berikut langkah-langkah cara perpanjang STNK online yang telah saya rangkum dari sumber terpercaya (di antaranya website resmi Korlantas NTMC POLRI).

Namun, sebelum perpanjang STNK secara online, pastikan dulu syarat dan ketentuan berikut ini seperti yang tercantum di website resmi NTMC POLRI:
  • Pembayaran pajak kendaraan bermotor/ perpanjang STNK online HANYA berlaku untuk perpanjang STNK tahunan.
  • Kendaraan (mobil atau motor) sudah dalam kondisi pengesahan STNK selama setahun penuh.
  • Kendaraan tidak sedang dalam kondisi ganti STNK.
  • Kendaraan memiliki dokumen kelengkapan asli seperti BPKB, STNK dan KTP pemilik.
  • Pajak kendaraan tidak dalam kondisi terlambat lebih dari setahun.
  • Kendaraan tidak dalam posisi hilang, dijual, rusak atau tersangkut kasus kriminal.

Jika kendaraan bermotor mu memenuhi kriteria syarat dan ketentuan di atas, maka baru bisa melakukan pembayaran pajak atau perpanjang STNK  secara online.

Sekilas Perpanjang STNK Online dengan Samolnas

Langkah pertama kamu diwajibkan untuk mendownload aplikasi samolnas di google playstore untuk pemilik smartphone android. Sedangkan untuk pengguna iPhone bisa cari di apps store.

Kemudian lakukan pendaftaran. Kamu wajib mengisi data nomor polisi (NIK) dan 5 digit nomor rangka terakhir.

Setelah itu kamu akan mendapat kode bayar yang berlaku selama 2 jam. Selanjutnya dalam jangkan maksimal 2 jam kamu harus melakukan pembayaran.

Pembayaran melalui ATM bank, internet banking atau modern channel (seperti traveloka, bukalapak). Terdapat biaya administrasi perbankan Rp 5.000.

Nantinya  kamu akan mendapatkan E-TBPKP (E-Tanda Bukti Pelunasan Kewajiban Pembayaran) dan E-Pengesahan STNK yang berlaku selama 30 hari.

Setelah itu pemohon mendapatkan TBPKP atau SKPD dan stiker pengesahan STNK yang dikirim melalui ekspedisi ke alamat sesuai dengan yang tertera pada STNK.

Detail Mekanisme Samsat Online Nasional Untuk Perpanjang STNK Tahunan

Pertama pemohon melakukan download aplikasi Samsat Online Nasional (Samolnas) melalui App Store pada iPhone dan Playstore pada Android. Kemudian buka aplikasi tersebut dan lakukan pendaftaran.

pendaftaran pembayaran pajak perpanjang stnk online


Pemohon mengisi data pada aplikasi Samsat Online Nasional, berupa NRKB atau No. Polisi kendaraan, Nik KTP atau TDP, No. rangka kendaraan (5 digit terakhir), kontak atau No. HP dan email.

aplikasi bayar pajak perpanjang stnk online


Sistem akan memverifikasi data dan bila data yang dimasukkan cocok maka akan tampil data pemilik dan data kendaraan bermotor. Selanjutnya sistem melakukan request data hasil Penetapan pajak PKB, SWDKLLJ dan PNBP pengesahan masing-masing Samsat.

Kemudian pemohon akan mendapatkan notifikasi atau SKKP elektronik dan kode billing system yang berlaku maksimal 2 jam.

Bila tidak dilakukan pembayaran maka sistem akan tertutup dan kode billing tidak berlaku. Jika ini terjadi, pemohon harus mengulang pendaftaran lagi.

Pemohon melakukan pembayaran melalui ATM bank terdekat atau internet banking sesuai dengan kode billing system yang sudah didapat sebelumnya.

Pembayaran dapat dilakukan pada 9 bank nasional dan swasta dan 28 Bank Pembangunan Daerah di seluruh Indonesia. Selain itu pembayaran Samsat online dapat dilakukan melalui modern channel seperti Bukalapak, Indomaret, Alfamart dan Traveloka.

perpanjang stnk online - pembayaran bank


Setelah dilakukan pembayaran, kamu akan menerima notifikasi E-TBPKP (E-Tanda Bukti Pelunasan Kewajiban Pembayaran) dan E-Pengesahan STNK yang akan dikirim melalui email atau muncul di  aplikasi Samsat Online Nasional.

Setelah itu kamu datang ke kantor Samsat dan menunjukkan E-TBPKP dan E-Pengesahan yang kamu terima tadi ke petugas.

Lihat Juga: 

Daftar Biaya Perpanjang STNK Mobil dan Motor

Syarat Perpanjang STNK Mobil dan Motor (Tahunan or 5 Tahunan)

Selanjutnya petugas Samsat akan mencetak pengesahan STNK dan TBTKP yang asli. Jangka waktu kamu ke Samsat untuk cetak pengesahan STNK dan TBTKP asli adalah 3 hari dan maksimal tidak boleh lewat dari 30 hari (terhitung dari hari kamu menerima E-TBPKP).

Gimana bro n sist ? gampang bukan perpanjang STNK secara online ? selamat mencoba.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel