Cara Mendinginkan iPhone Yang Cepat Panas (Totally Works)

Cara Mendinginkan iPhone Yang Cepat Panas (Totally Works) - Dari sejak kemunculannya yang membuat heboh banyak orang (terutama gadget freak) hingga sekarang, iPhone masih dianggap smartphone terbaik - paling berkelas.

Namun...

Jangan kira, smartphone terbaik bebas dari yang namanya kepanasan atau overheating. Bahkan di situs apple support sendiri memberikan petunjuk penanganan ketika perangkat apple (termasuk apple) sedang kepanasan.

Ini nunjukin kalau iPhone bisa kepanasan.

Beda Pendingin HP iPhone dan Android

beda pendingin hp iphone dan android

Berbeda dengan android, yang sangat banyak tersedia aplikasi pendingin HP otomatis. Di iPhone, keberadaan pendingin otomatis di App Store sangat jarang ditemui. Kalau ada pun aplikasi tersebut tidak bertahan lama, sebelum akhirnya di-remove dari App Store.

Ataupun kalau ada, aplikasi tersebut tidak benar-benar works.

Jadi solusi jitu, yang totally works, untuk mendinginkan iPhone yang sedang kepanasan, ya menggunakan cara-cara manual.

Sebelum membeberkan cara-cara untuk mendinginkan iPhone, saya akan terangkan cara kerja pendingin HP otomatis (seperti pada android). 

Dengan memahami cara kerjanya, nanti terlihat beberapa kesamaan prinsip mendinginkan HP dengan aplikasi (otomatis) dan dengan cara manual.

Bedanya hanya di kemudahan dan ke-simpel-an. Kalau yang otomatis tinggal 1-2 kali tap, aplikasi bekerja mendinginkan HP, sedang cara manual kita harus melakukannya tahap per tahap secara manual.


Cara Kerja Aplikasi Pendingin HP 

cara kerja aplikasi pendingin hp iphone

Cara kerja aplikasi pendingin yaitu dengan memonitoring kinerja CPU, RAM dan baterai. Di aplikasi akan tertangkap aplikasi-aplikasi mana saja yang bikin berat kerja CPU. Selain itu aplikasi juga mengecek kondisi memori atau RAM.

Setelah itu, secara otomatis akan mematikan atau mengoptimasi aplikasi-aplikasi smartphone yang bikin berat CPU. Juga akan membersihkan memori dari junk file dan cache-cache yang tidak berguna. Sehingga memori bersih dan lebih ringan.

Penyebab Smartphone Panas

Ada berbagai faktor penyebab iPhone cepat panas. Tapi secara umum terbagi menjadi 2, yaitu faktor masalah pada hardware dan pada software.

Di antara masalah pada hardware yang bikin iPhone panas, yang paling sering dijumpai adalah masalah di baterai dan charger.

Sedangkan untuk software, biasanya muncul demam pada iPhone karena dipakai untuk aplikasi super berat seperti main game dengan grafis yang tinggi. Bisa juga karena membuka banyak aplikasi sekaligus dalam satu waktu. Penyebab yang lain biasanya aktifnya aplikasi-aplikasi sosmed meskipun tidak sedang dipakai.

Solusi Cara Mendinginkan HP iPhone Baik Karena Hardware Ataupun Software

Tentukan Dulu Penyebabnya, Karena Software or Hardware

Cara yang saya pakai dalam menentukan apakah HP iPhone panas karena masalah hardware atau software adalah dengan melihat performance CPU dan Baterai.

Untuk lebih memudahkan memantau kinerja CPU dan Baterai secara real time, cukup instal aplikasi yang bisa diunduh di App Store. Salah satu aplikasi populer untuk monitor CPU dan Baterai yang tersedia di App Store adalah System Status Pro: hw monitor.


aplikasi pendingin hp iphone - cek cpu dan baterai

Untuk menentukan apakah penyebab iPhone panas adalah software atau hardware, bisa cek lewat aplikasi monitoring CPU dan Baterai iPhone ini. Caranya tinggal lihat status Baterai, CPU dan Disk Usage.

Jika CPU dan Disk Usage rendah, baterai juga masih penuh tapi iPhone sudah panas, berarti yang bermasalah hardwarenya.

Sebaliknya jika CPU dan Disk Usage tinggi, kemudian timbul panas, maka ini wajar. Ini panas karena kerja berat CPU. Penyebabnya adalah software atau aplikasi-aplikasi yang bikin CPU kerja berat.

Solusi Cara Mendinginkan iPhone

Jika yang bermasalah adalah hardware, solusinya sangat simple. Bawa saja iPhone ke service center untuk dicek dan diperbaiki komponen yang bermasalah. Yang bikin iPhone cepat panas.

Jika iPhone panas karena kerja berat CPU akibat aplikasi-aplikasi yang sedang running atau fitur-fitur dengan setingan yang tidak optimal, berikut cara-cara yang bisa kamu pakai:
  • Update iOS iPhone kamu, juga aplikasi-aplikasi yang terinstal. Bug yang ada pada iOs atau aplikasi bisa bikin CPU berat.
  • Matikan aplikasi yang berjalan di belakang backgroud. Aplikasi yang selalu aktif padahal tidak dipakai, biasanya adalah aplikasi sosmed dan messenger. Meski tak dipakai, tapi selalu memunculkan notif jika ada pesan masuk atau update aplikasi.
  • Uninstall aplikasi yang tidak dipakai, karena bikin boros dan berat RAM/ Memori.
  • Jika kamu pakai iPhone dalam ruangan, setting kecerahan dengan mode low.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel