Cara MENGHAPUS Akun Google/ Gmail di HP Android

Cara Menghapus Akun Google/ Gmail di HP Android (Semua Merek) - Saya akan menunjukkan caranya sekaligus contoh prakteknya.

Kebetulan HP yang saya pakai adalah Samsung. Tapi cara ini bisa diaplikasikan ke HP Android lainnya seperti HP Xiaomi, Vivo, Oppo dan lain-lain asal masih Android.

Cara menghapus akun google


Meski caranya tidak sama plek, persis, tapi mirip-miriplah.

Oya, inget ya !
Akun google itu sama dengan akun gmail. Jika kamu menghapus akun gmail di HP mu, it means kamu juga menghapus akun google.

Alasan Netizen Hapus Akun Google/ Gmail

Setelah kamu membeli HP atau smartphone android baru, yang paling pertama harus kamu lakukan adalah menambahkan akun google ke HP android kamu.

Karena untuk bisa mengunduh dan menjalankan aplikasi-aplikasi yang akan dipasang di HP kamu lewat google playstore, harus ada akun google yang sudah terpasang di HP kamu.

Jadi mungkin terdengar aneh, kok ada yang mau menghapus akun google di HP android ya...

Tenang, ada beberapa alasan yang bikin orang mau menghapus akun google-nya. Misal: dalam 1 HP android sudah kebanyakan akun, mau ganti akun google dengan yang baru. Ini baru 2 contoh alasan dan mungkin masih banyak alasan yang lain.

Nah kamu sendiri punya alasan apa ingin menghapus akun google di HP mu ? apapun alasannya, berikut saya ulas step-by step menghapus akun google di HP android.

Cara menghapus akun google di HP android bisa menggunakan banyak cara. Tapi di sini saya cukupkan 2 cara termudah, yaitu:
  1. Hapus akun melalui menu account
  2. Hapus akun google lewat Gmail
Oya, di akhir juga saya kasih bonus bagaimana cara menghapus akun google secara permanen. Artinya, akun google bukan cuma terhapus di HP kamu saja, tapi juga benar-benar hilang di perangkat manapun.


Ok, langsung saja kita praktekkan...

1# Cara Menghapus Akun Google Lewat Menu Account

Silakan siapkan HP android kamu dan ikuti langkah-langkah yang gampang banget di bawah ini:

1. Buka HP kamu dan cari menu Settings. Lihat gambar di bawah, menu Settings ditampilkan dengan roda gerigi.


2. Setelah ketemu, pilih menu Settings tersebut dan akan muncul tampilan seperti di bawah. Selanjutnya pilih menu Accounts and backup. Pada contoh gambar di bawah simbolnya gambar kunci kuning.


3. Masuk menu Accounts and backup, pilih menu Accounts



4. Setelah masuk menu Accounts, tampil beberapa akun-akun yang tertanam di HP android kamu.  Kamu pilih akun google yang akan kamu hapus. Pada contoh ini, saya akan hapus akun marjunthil@gmail.com. Jadi saya klik akun ini.


5. Maka tampil seperti gambar di bawah ini. Lalu klik tombol Remove account


6. Setelah saya klik tombol Remove account, tampil notifikasi yang intinya menanyakan apakah kamu yakin akan menghapus atau me-remove akun ini. Dan muncul tombol Cancel dan Remove account.

Selanjutnya karena memang saya akan menghapus akun ini, jadi saya klik atau pilih Remove account.



Nah, hasilnya...sekarang akun marjunthil@gmail.com sudah terhapus dari HP android saya.

2# Cara Menghapus Akun Google Via Gmail

Selain melalui menu Account, menghapus akun google juga bisa dilakukan lewat menu Gmail, maksudnya menu gmail yang ada pada smartphone kita.

Berikut langkah-langkah menghapus akun google via Gmail.

Langkah pertama, klik menu di bagian pojok kanan atas (samping search mail). Pada contoh tampilan di bawah, gambarnya bintang biru (ini karena saya pasang logo). Kalau yang tidak dipasang logo di akun gmailnya, biasanya simbolnya pakai huruf depan dari nama akun.


Langkah dua, Setelah klik menu pojok atas, lalu muncul tampilan seperti di bawah. Klik Manage accounts on this device.


Langkah tiga, Selanjutnya muncul tampilan berikut dan sebagai contoh lagi, saya akan menghapus akun marjunthil@gmail.com. Maka saya klik akun marjunthil@gmail.com.



Langkah empat, akun yang saya pilih, marjunthil@gmail.com  siap dihapus. Caranya tinggal klik tombol Remove account.



Langkah ke-lima, setelah memilih Remove akun, akan muncul notifikasi untuk meyakinkan apakah kamu beneran akan Remove account atau cancel. Silakan lanjutkan Remove account.

Dan sekarang akun google marjunthil@gmail.com sudah terhapus dari smartphone android saya.

Mudah bukan cara menghapus akun google dari HP android ?


3# Cara Menghapus Akun Google/ Gmail Secara Permanen

Jika 2 cara di atas hanya menghapus akun google di HP yang sedang kamu pakai saja, artinya tidak terhapus hilang. Akun tersebut masih bisa dipasang di HP kamu lagi atau HP lainnya.

Namun jika hapus permanen, akun google benar-benar terhapus hilang. Tidak bisa ditambahkan di HP kamu, HP lain dan tidak bisa dibuka di perangkat lainnya seperti laptop, tab dan PC.

Karena memang sudah hilang, lenyap tanpa sisa.

Istilah hapus sementara itu maksudnya remove. Sedangkan hapus permanen maksudnya delete.

Untuk lebih lengkap, cara menghapus/ mendelete akun google secara permanen, karena caranya cukup panjang, saya bahas di artikel tersediri. Klik artikel di bawah ini...


Saya cukupkan sekian dan silakan coba dan mempraktekkan !

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel