Bukan Hanya Gaji, Ini Alasan Para TKI Taiwan

Bukan Hanya Gaji, Ini Alasan Para TKI Taiwan -  Bagi masyarakat Indonesia Negara Taiwan tentu tidak asing lagi, Negara yang melepaskan diri dari China ini merupakan salah satu tujuan utama penduduk Indonesia untuk mengais pundi-pundi rejeki.

TKI TAIWAN


Hal ini tidak mengherankan karena Taiwan memiliki pertumbuhan ekonomi yang begitu pesat. Kini bersama Hongkong, Korea Selatan, dan Singapura memprioritaskan pembangunan mereka kearah industri.

Selain pertumbuhan ekonomi Taiwan yang cukup menjanjikan, TKI (Tenaga Kerja Indonesia) tertarik untuk kerja sebagai TKI Taiwan karena amannya kerja disana. Walau dengan seleksi ketat, tapi TKI yang kerja di Taiwan akan dijaga hak-hak mereka, berikut kami sajikan beberapa hak-hak tersebut. Yang bikin alasan para TKI Taiwan.

Alasan TKI Taiwan Betah Kerja di Sana

Ketentuan Jam Kerja, Hari Libur dan Cuti Jam Kerja

TKI sektor formal diatur dalam undang-undang ketenagakerjaan Taiwan, TKI tidak boleh bekerja lebih dari 8 jam per hari atau 48 jam selama seminggu. Diluar ketentuan tersebut pihak majikan harus membayar uang lembur kepada TKI sebagai ganti hari libur.

TKI berhak mendapatkan libur 1 hari dalam seminggu dan hari libur nasional 19 hari dalam setahun. Cuti khusus sebanyak 7 hari dalam setahun, setelah 1 tahun bekerja.

Ijin sakit dapat diberikan selama 30 hari dan TKI masih menerima pembayaran setengah bulan gaji pokok. Ijin cuti pribadi sebanyak 14 hari dalam satu tahun tanpa gaji. Cuti karena kecelakaan kerja dapat diberikan selama masih dalam masa pengobatan atau penyembuhan dan tidak ada batasan waktu.

Gaji Pokok TKI Taiwan dan Lembur

Besaran gaji pokok para TKI di sektor formal dan informal di Taiwan sama, yaitu berkisar NT $ 15.840 per bulan, namun demikian TKI sektor formal akan dikurangi sebesar NT $ 2.500 per bulan untuk biaya konsumsi (berdasarkan ketentuan CLA).

Saat majikan memberikan gaji, TKI harus meminta daftar perincian gaji yang ditulis dalam 2 bahasa ,Indonesia dan Mandarin, tentang besarnya gaji pokok, gaji lembur, potongan biaya untuk agen penyalur di Taiwan, untuk PPTKIS, asuransi kesehatan, asuransi tenaga kerja, dan pajak.

Perhitungan kerja lembur bagi para pekerja TKI sektor informal di kisaran NT $ 528 per hari.

Perselisihan Atau Sengketa

Apabila terjadi perselisihan atau sengketa antara majikan dengan TKI, maka TKI dapat menghubungi Petugas Pusat Konseling setempat atau kantor dagang Ekonomi Indonesia (KDEI) di Taipei.

Selain itu, dalam urusan belanja, jikalau saat berbelanja para TKI berselisih dengan pegawai toko ataupun kasir, maka TKI dapat mengadukan kepada pemilik toko atau kepada ”Consumer Protection Commission, Executive Yuana” (dengan nomor telepon khusus 1950).

Jadi hukum dan hak-hak para TKI benar-benar terlindungi selama bekerja di Taiwan.

tki taiwan hak-haknya


Indahnya Alam Taiwan

Selain daripada itu, Taiwan juga terkenal dengan sebutan formosa yang berarti pulau yang indah. Maka tidaklah mengherankan jika Taiwan selain menjadi tujuan dari TKI, negara ini juga menjadi tujuan dari para wisatawan yang haus akan keindahan alamnya.

Keindahan alam di Taiwan memang tidak perlu diragukan lagi, menyuguhkan wisata kelas dunia Taiwan mencoba menyerap para wisatawan asing. Negara yang berpenduduk 22 juta lebih ini tengah menggenjot segala bidang untuk menumbuhkan ekonomi mereka yang sehat dan mampu bersaing dengan negara-negara maju, termasuk yang lagi naik daun, negeri tirai bambu "China".

Proses Pembuatan Visa Taiwan

visa tki taiwan


Walaupun negara Taiwan tidaklah mempunyai kedutaan besar di Indonesia, proses pembuatan visa tidaklah terlalu sulit. Hal ini terjadi karena kerjasama Indonesia dan Taiwan sudah berlangsung sejak lagi, khususnya dalam bidang ketanakerjaan, TKI Indonesia benyak yang ke Taiwan dan menyumbang devisa negara yang cukup besar.

Jika anda tertarik kerja sebagai TKI Taiwan, maka anda perlu paspor, visa dan uang sebagai modal ke sana. Untuk masalah visa bisa anda bikin sendiri atau biasanya bisa diurus biro jasa yang terpercaya.

Cara yang lebih smart lagi, cari kenalan salah satu TKI taiwan. Kemudian dekati mereka sebagai teman. Tanya-tanyalah dengan detail bagaimana cara menjadi TKI taiwan. Saya yakin pasti mereka dengan senang hati akan memberikan info dan wejangan terkait kerja sebagai TKI Taiwan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel