Daftar Google Adsense Youtube Buat Hasilin Duit (Pemula)

Daftar Google Adsense Youtube Buat Hasilin Duit (Pemula) - Dalam beberapa tahun terakhir, dunia Youtube terus maju dan banyak kreator baru bermunculan. Bahkan, artis pun memiliki channel sendiri untuk menghasilkan banyak pundi-pundi uang.

Daftar Google Adsense Youtube

Mereka membuat konten tentang kehidupannya atau membuat acara sendiri selain di TV.

Penghasilan youtuber melalui Youtube Tidak main-main, bahkan ada yang di atas 5 miliar sebulan. Mereka mendapatkannya melalui Adsense (iklan google yang dimunculkan Youtube). Dari iklan inilah, komisi yang jumlahnya besar didapatkan.

Kalau kamu ingin mendapatkan penghasilan juga dari Youtube, coba simak cara daftar Google Adsense Youtube di bawah ini dengan baik.

Persyaratan Sebelum Daftar Google Adsense Youtube

persyaratan daftar adsense youtube

Sebelum memutuskan daftar Google Adsense Youtube, ada beberapa syarat utama dan tambahan yang harus dipenuhi oleh pemakai.

Syarat ini harus ada agar proses ACC bisa berjalan dengan lebih lancar.

1. Akun Telah Diverifikasi

Syarat pertama yang harus dipenuhi kalau kamu ingin membuat akun Adsense adalah verifikasi akun Youtube. 

Dengan melakukan verifikasi, kamu sudah membuktikan kalau akun itu asli dan dijalankan untuk keperluan yang benar.

Proses verifikasi membutuhkan satu nomor ponsel yang aktif. Usahakan nomor yang memang sering digunakan dan tidak akan diganti. Hal ini wajib diperhatikan untuk menghindari terjadinya masalah di kemudian hari. Dengan begitu, akun bisa diamankan dengan baik.

Setelah melakukan verifikasi, kamu juga mendapatkan beberapa benefit. Salah satu yang akan kamu dapatkan adalah  resminya jadi partner Youtube. Kedua, video yang akan kamu buat bisa lebih dari 15 menit, sehingga konten yang dibuat tidak terbatas.

2. Jam Tayang Mencapai 4.000 Jam

Syarat ini terlihat sangat menyeramkan bagi banyak pemula yang akan mulai mengais dolar dengan menggunakan Youtube. Empat ribu jam bukan sesuatu yang mudah. Namun, kalau kamu bisa membuat satu atau beberapa konten viral, kemungkinan besar bisa cepat tercapai.

Misal kamu buat konten dengan durasi 10 menit. Lalu mendadak jadi viral dan dilihat oleh 100 ribu orang. Dari sini kamu bisa mendapatkan akumulasi sebesar 10 x 100 ribu atau 1 juta menit atau setara dengan 16.667 jam. Dari sini saja sudah terpenuhi satu syaratnya.

Kalau konten sulit viral, usahakan untuk dapat 10 ribu view per video dengan durasi 10 menit. Dari sini kamu sudah dapat sumbangan 1.600-an jam. Punya tiga yang viral saja sudah lebih dari cukup untuk memenuhi syarat monetisasi yang diberikan oleh Youtube.

3. Sudah Punya 1.000 Subscriber

Syarat ini juga termasuk sulit untuk didapatkan secara organik. Namun, kembali lagi ke konten yang kamu buat saat ini. Kalau sangat menarik dan disukai banyak orang, sehari mendapatkan 10 subscriber bukan hal yang sulit.

Jadi, kalau ingin mendapatkan sekitar 1.000 orang akan dibutuhkan waktu sepanjang 3 bulan. Namun, bisa lebih cepat lagi kalau video yang kamu buat bisa viral dan disukai oleh banyak orang. Biasanya, kalau satu video disukai, viewer juga tidak segan untuk menekan tombol subscribe.

Agar mendapatkan 1.000 subscriber dengan mudah, ada beberapa hal yang harus kamu lakukan. Pertama, cari niche atau tema yang benar-benar bagus. Dengan begitu, konten yang dibuat akan dicari oleh banyak orang.

4. Hindari Melakukan Spam

Sistem penyaringan pendaftar dari Adsense biasanya sangat ketat dan tidak semua orang disetujui dengan mudah. Itulah kenapa beberapa orang memberikan syarat tambahan ini. Hal ini dilakukan untuk membuat traffic di channel kamu sehat.

Spam yang bisa dilakukan adalah terus melakukan refresh pada video sendiri atau terus membuat komen yang tidak perlu. Lakukan aktivitas yang tidak dianggap melanggar agar proses persetujuan bisa berjalan cepat.

Cara Daftar Google Adsense Youtube

Langkah cara mendaftar google adsense youtube
Untuk melakukan monetisasi ada beberapa langkah yang harus dilakukan. Namun, hal pertama yang bisa dilakukan adalah masuk ke Creator Studio > Other Features > Monetization. 

Selanjutnya, ikuti langkah di bawah ini:

1. Setuju Menjadi Partner Youtube

Begitu kamu menekan Monetization, akan muncul halaman baru berisi beberapa perjanjian/ ketentuan. Kalau ingin menjadi partner dari Youtube, baca baik-baik dari atas sampai bawah. Biasanya bahasa dari persyaratan mengikuti bahasa dari Youtube yang dipakai.

Setelah kamu baca dan akhirnya setuju, segera lakukan klik pada tombol I Agree. Sebelumnya, centang semua yang disyaratkan. Selanjutnya tombol bisa ditekan dan kamu resmi menjadi partner dari Youtube.

2. Menghubungkan Youtube dengan Adsense

Ada dua jenis orang yang menggunakan Youtube, pertama yang sudah memiliki akun Adsense dan kedua yang belum memilikinya. Kalau kamu sudah memiliki akun Adsense sebelumnya, proses yang bisa dilakukan adalah menghubungkan secara langsung.

Kalau sebelumnya belum memiliki akun Adsense, jangan khawatir. Kamu tetap bisa melakukannya kok. Kita akan mulai dengan melakukan pendaftaran. 

Youtube akan memandu kamu untuk membuatnya dari awal dengan memberikan pengalaman intuitif.

  • Setelah setuju dengan persyaratan, kamu akan dibawa ke halaman baru. Cari bagian Sign Up Adsense  dan tekan tombol Start. Isikan semua persyaratan dan data yang diminta. Selanjutnya segera tekan Create Account. 
  • Kamu akan diarahkan ke halaman AdSense dan diminta lagi mengisikan beberapa data Ikuti semuanya dengan baik.
  • Saat mengisikan alamat, lakukan sedetail-detailnya dan jangan sampai salah. Nantinya alamat ini akan digunakan untuk mengirimkan kode verifikasi Adsense. Kalau sampai alamatnya salah, akun tidak akan bisa aktif.
  • Selanjutnya tekan tombol Submit.
  • Tunggu sampai akun aktif dan sampai kamu dapatkan kode verifikasi yang dikirim ke alamat.

3. Memilih Jenis Monetisasi

Pilih jenis monetisasi yang akan dipakai. Secara umum terbagi jadi empat jenis, yakni:

  1. Display ads, iklan di sidebar kanan.
  2. Overlay ads, iklan mengambang di atas video.
  3. Sponsored card, iklan berupa kotak-kotak agak besar di video.
  4. Skippable video ads, iklan dalam bentuk video yang biasa kita lihat.

Untuk mengaturnya, gunakan langkah ini: Creator Studio > Other Features > Monetization.

4. Verifikasi Syarat

Setelah semua proses di atas dilakukan, tahap selanjutnya adalah melakukan verifikasi syarat utama untuk Google Adsense. Syarat itu adalah memiliki jam tayang di atas 4.000 jam dan juga memiliki lebih dari 1.000 Subscriber.

Usahakan untuk sudah memenuhi semua syaratnya baru mulai menyambungkan akun Youtube dengan iklan. Dengan melakukan itu, proses verifikasi bisa berjalan dengan lebih mudah dan juga cepat. Apalagi memenuhi syarat pun kadang masih bisa ditolak.

Biasanya berita diterima atau ditolak membutuhkan waktu sekitar seminggu atau bisa lebih. Kalau ditolak, kamu bisa melakukan evaluasi terkait apa saja yang salah sehingga bisa diperbaiki dan mengajukan kembali.

Memahami prosedur daftar Google Adsense Youtube akan memudahkan kamu untuk mengelola channel dengan baik. Dengan begitu, kamu bisa mempersiapkan semua dengan matang, sehingga dalam beberapa bulan atau maksimal setahun bisa mendapatkannya.

Setelah channel yang kamu miliki aktif iklannya, kamu bisa mengotak-atik sendiri dan mendapatkan traffic yang banyak. Selama orang yang melihat channel kamu meningkat, penghasilan bisa didapatkan dengan mudah. Bahkan, jadi pendapatan utama yang bisa diandalkan.

Jangan lewatkan artikel Alternatif Strategi Mendapatkan Penghasilan YouTube Selain Adsense

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel