Cara Mengecek Penghasilan Youtuber (Langsung Contoh)

Ada beberapa cara mengecek penghasilan youtuber yang bisa dilakukan secara mudah di internet. Dengan menggunakan cara ini, kamu bisa mengecek berapa kira-kira penghasilan mereka dalam sebulan.
Cara Mengecek Penghasilan Youtuber
Jadi, kita bisa tahu kira-kira berapa gaji bulanan para content creator yang hebat ini.

Misal, kamu ingin cari tahu berapa kira-kira penghasilan dari para youtuber makanan yang sangat terkenal. Cukup cek secara langsung dengan memasukkan kata kunci yang tepat. 

Selanjutnya, perkiraan uang iklan yang didapatkan bisa langsung muncul keluar.

Langkah-Langkah Cara Melihat Penghasilan Youtuber

Kalau pengen tahu langsung dengan menghubungi para content creator-nya langsung tentu nggak etis, kan? 

Untuk itu, ada situs yang menyediakan perkiraan penghasilan dari para Youtuber itu secara real-time. Pada artikel ini kita akan menggunakan Socialblade sebagai medianya.

1. Buka Situs Social Blade

Buka situs Social Blade dengan menggunakan alamat https://socialblade.com. Kamu bisa membukanya melalui browser di HP atau PC. Tapi, sangat disarankan melalui PC saja karena banyak data yang ditampilkan dan akan repot kalau layarnya kecil.

Membuka dari HP pun website juga masih dalam tampilan PC. Jadi, kamu akan melakukan zoom in zoom out lalu geser kiri kanan kalau ingin menyimak semuanya dengan baik. Pokonya kalau kamu lihat pakai smartphone, ibet dah.

2. Masukkan Kata Kunci atau Username Youtube

Kalau mau mulai mengecek penghasilan dari youtuber, kamu bisa memasukkan kata kunci yang berhubungan dengan mereka. Atau bisa masukkan username atau namanya secara langsung. Selanjutnya, tekan Search untuk mulai pencarian.

Website akan memunculkan apa saja yang berhubungan dengan kata kunci. Biasanya akan muncul lebih dari 10 situs. Pilih mana yang sesuai dengan keinginan. Selanjutnya, tunggu data-data dari youtuber itu keluar.

3. Cek Penghasilan Youtuber

Setelah memilih, akan keluar informasi dari youtuber itu, mulai dari berapa banyak video yang diunggah, subscriber, jumlah view dari video, negara, jenis channel, dan kapan youtuber mulai membuat videonya. Semua akan muncul di bagian atas bersebelahan dengan foto profil.

Selanjutnya di bagian bawah ada grade dari channel. Misal grade-nya B+ atau A-. Di bagian sampingnya ada perkiraan penghasilan dari youtuber itu untuk kategori bulanan dan juga tahunan. Secara default, nilai penghasilannya dalam USD atau dolar Amerika.

4. Melihat Informasi Lain (Selain Data Penghasilan Youtuber)

Selain melihat berapa banyak penghasilan yang didapatkan oleh seorang Youtuber, kita juga bisa melihat informasi lain yang berhubungan dengan channel. Misal, berapa jumlah orang yang melihat channel dalam sehari dan juga penghasilannya.

Agak ke bawah juga ada grafik yang menunjukkan berapa banyak view dari video selama sebulan dan juga subscriber. Dari sini akan terlihat kemajuan dari channel melalui grafik yang naik dan turun secara berkala.

5. Bisa Cek Similar Channel

Sudah puas dengan informasi youtuber yang kamu kepoin penghasilannya? Sekarang kamu juga bisa melihat channel yang hampir sama. Coba bar atas dan temukan tulisan Similar Channels. Setelah masuk, kamu akan melihat deretan channel baru yang bisa dicek juga.

Perlu diingat kalau angka yang tersaji di atas hanya perkiraan saja, karena aplikasi juga tidak mungkin tahu penghasilan yang 100% pasti sama dengan penghasilan aktual yang diterima para youtuber. 

Namun setidaknya bisa jadi sedikit gambaran, untuk itu data ditampilkan dengan adanya rentang penghasilan, mulai dari yang paling rendah sampai yang tinggi.

Contoh Mengecek Pendapatan Channel Youtube

Contoh kita akan mengecek berapa sih pendapatan Jess No Limit (Channel Youtuber Game milik Justin Tobias).

Lihat step by step dengan melihat gambar tutorial di bawah...

1. cek penghasilan youtube

2. cara melihat penghasilan youtube

3. cara melihat penghasilan youtube sendiri
Note:
  • Yang mempengaruhi besar kecilnya pendapatan adalah jumlah video views (jadi bisa saja youtuber yang subscriber lebih gede penghasilan lebih kecil karen video views-nya lebih sedikit)
  • Penghasilan youtuber per bulan naik turun, tergantung naik turunnya jumlah video views-nya.

Dengan menggunakan cara menghitung penghasilan youtuber di atas, kita jadi tahu kalau pekerjaan ini tidak bisa dianggap remeh. Apalagi kalau setiap video yang dibuat penontonnya sampai jutaan. 

Jadi, kamu ingin banting setir jadi seorang youtuber tidak?

Intip Metode Mendapatkan Penghasilan Ratusan Juta - Miliaran dari Youtube


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel